Breaking News

Dayu menarik sebuah gerobak berisi pasir dengan gaya sebesar 500 N sehingga gerobak tersebut berpindah sejauh 10 m. Berdasarkan pernyataan tersebut, besar usaha yang dilakukan Dayu adalah

Questions and Answer Key Natural Sciences Grade 8 curriculum in 2013 Revised 2017 Dayu pulling a wagon filled with sand with a force of 500 N so that the cart moves as far as 10 m Pages 99-101 Chapter 2 (Enterprises and Aircraft Simple in Everyday Life) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Dayu menarik sebuah gerobak berisi pasir dengan gaya sebesar 500 N sehingga gerobak tersebut berpindah sejauh 10 m Halaman 99-101 Bab 2 (Usaha dan Pesawat Sederhana dalam Kehidupan Sehari-hari) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Uji Kompetensi

Pilihlah satu jawaban yang paling tepat!

1. Perhatikan pernyataan berikut dibawah ini !

(1) Edo mendorong meja dengan gaya sebesar 30 N sehingga meja berpindah sejauh 2 m.

(2) Seekor kuda menarik delman dengan gaya sebesar 4.000 N sehingga delman berpindah sejauh 15 m.

(3) Sebuah mobil menghantam sebuah pohon dengan gaya 2.000 N sehingga pohon tumbang di tempat.

Pernyataan di atas yang merupakan contoh usaha dalam IPA adalah . . . .

A. (1) dan (2)

B. (2) dan (3)

C. (3) dan (1)

D. (1), (2), dan (3)

Jawaban: A. 1) dan 2)

Pembahasan

Poin nomor 1 dan 2 merupakan usaha karena terdapat gaya yang diberikan pada sebuah benda dan benda tersebut mengalami perpindahan. Sedangkan untuk poin 3, pohon tetap diam di tempat dan tidak mengalami perubahan sehingga bukan termasuk ke dalam usaha. Pengertian usaha sendiri yaitu energi yang disalurkan gaya ke sebuah benda sehingga benda tersebut bergerak.

2. Dayu menarik sebuah gerobak berisi pasir dengan gaya sebesar 500 N sehingga gerobak tersebut berpindah sejauh 10 m. Berdasarkan pernyataan tersebut, besar usaha yang dilakukan Dayu adalah . . . . J.

A. 5

B. 50

C. 500

D. 5.000

Jawaban : D. 5.000

Pembahasan:

3. Jarak yang ditempuh oleh mobil saat melaju dengan usaha sebesar 15.000 J dan gaya sebesar 500 N adalah … m.

A. 3

B. 30

C. 250

D. 25

Jawaban : B. 30

Pembahasan

4. Besar daya yang dilakukan oleh seekor sapi yang menarik gerobak dengan gaya 7.000 N sehingga gerobak tersebut dapat berpindah sejauh 10 m dalam waktu 35 detik adalah … watt.

A. 2.000

B. 5.000

C. 12.500

D. 24.500

Jawaban : A. 2.000

Pembahasan

5. Prinsip kerja pesawat sederhana pada saat seseorang mengangkat barbel adalah . . . .

A. bidang miring

B. pengungkit jenis I

C. pengungkit jenis II

D. pengungkit jenis III

Jawaban : D. Pengungkit jenis III

Pembahasan

Prinsip kerja pengungkit jenis III adalah titik kuasa berada di antara titik tumpu dan titik beban. Pada saat mengangkat barbel, barbel merupakan beban terletak di ujung tangan, tangan yang mengangkat barbel adalah kuasa, sedangkan lengan merupakan titik tumpu karena saat mengangkat barbel, lengan tidak akan bergerak (dikunci), sehingga urutannya adalah beban-kuasa-tumpu (pesawat sederhana jenis III).

6. Prinsip kerja pesawat sederhana pada saat otot betis pemain bulutangkis mengangkat beban tubuhnya dengan bertumpu pada jari kakinya adalah . . . .

A. bidang miring

B. pengungkit jenis I

C. pengungkit jenis II

D. pengungkit jenis III

Jawaban : C. Pengungkit jenis II

Pembahasan

Ketika otot betis pemain mengangkat beban tubuhnya dengan bertumpu jari kakinya, maka hal ini sesuai dengan prinsip pengungkit golongan kedua, yaitu beban berada di antara titik tumpu dan kuasa.

Perhatikan gambar berikut ini! Gambar berikut sebagai acuan untuk menjawab pertanyaan nomor 7 dan 8!

7. Alat yang termasuk ke dalam golongan bidang miring adalah . . . .

A. (1)

B. (2)

C. (3)

D. (4)

Jawaban : B. (2)

8. Alat yang termasuk ke dalam golongan roda berporos adalah . . . .

A. (1)

B. (2)

C. (3)

D. (4)

Jawaban : D. (4)

9. Perhatikan gambar berikut dibawah ini !

Prinsip kerja tangan anak yang sedang menarik koper pada gambar di atas sama dengan prinsip kerja . . . .

A. roda berporos

B. pengungkit jenis ketiga

C. pengungkit jenis kedua

D. pengungkit jenis pertama

Jawaban : C. Pengungkit jenis kedua

Pembahasan

Dari gambar tersebut dapat dilihat bahwa termasuk pengungkit jenis kedua karena urutannya kuasa, beban, dan penumpu sehingga jawabannya adalah D.

10. Berikut merupakan gambaran skematis tangga yang ada di rumah Dayu. Panjang tangga tersebut adalah 8 meter, sedangkan ketinggiannya adalah 4 meter.

Keuntungan mekanis dari penggunaan tangga tersebut adalah . . . .

A. ½

B. 2

C. 8

D. 4

Jawaban : B. 2

Pembahasan

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Dayu menarik sebuah gerobak berisi pasir dengan gaya sebesar 500 N sehingga gerobak tersebut berpindah sejauh 10 m Halaman 99-101 Bab 2 (Usaha dan Pesawat Sederhana dalam Kehidupan Sehari-hari)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Dayu menarik sebuah gerobak berisi pasir dengan gaya sebesar 500 N sehingga gerobak tersebut berpindah sejauh 10 m Halaman 99-101 Bab 2 (Usaha dan Pesawat Sederhana dalam Kehidupan Sehari-hari). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Kota A dan kota B pada peta berjarak 6 cm. Jarak sebenarnya kedua kota tersebut adalah 120 km. Jika Kota B dan Kota C pada peta yang sama berjarak 4 cm, maka tentukan jarak sebenarnya Kota B dan Kota C!

[Kunci Jawaban] Kota A dan kota B pada peta berjarak 6 cm. Jarak sebenarnya kedua …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!