Breaking News

Dampak Globalisasi di Bidang Pendidikan dan Sekolah

Social Science Questions and Answer Keys for Class 9 2013 Revision 2018 Curriculum Impact of Globalization in Education and Schools Page 142 Chapter 2 (Socio-Cultural Change and Globalization) ~ Assalamualikum Semuanya, Kembali lagi Bersama laguasyik.com. Pada Kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Dampak Globalisasi di Bidang Pendidikan dan Sekolah Halaman 142 Bab 2 (Perubahan Sosial Budaya dan Globalisasi) Kepada Para Siswa/Siswi Yang melihat Artikel Ini. Yuk, Kita Langsung saja ke Soal dan Jawabannya. ~

Aktivitas Kelompok

1. Buatlah kelompok yang terdiri dari 5 siswa!

2. Amatilah dampak yang terjadi di sekolah kalian sebagai akibat dari globalisasi!

3. Tulislah dampak-dampak tersebut!

4. Apa yang ingin kalian ketahui dari hasil pengamatan kalian?

5. Carilah dari berbagai sumber belajar mengenai upaya yang harus dilakukan untuk menghadapi globalisasi!

6. Diskusikan dengan kelompok mengenai upaya tepat yang harus dilakukan oleh pihak sekolah untuk menghadapi globalisasi!

7. Tulislah hasil usulan kalian tentang upaya tersebut!

8. Presentasikan didepan kelas!

9. Tulislah kesimpulan dari diskusi untuk direkomendasikan ke sekolah melalui OSIS tentang program yang bisa digunakan sebagai upaya untuk menghadapi globalisasi!

Dampak Positif Globalisasi dalam Pendidikan :

  • Pendidikan semakin berkembang melalui berbagai sarana dan prasarana selaku media yang digunakan dalam proses belajar mengajar.

Contohnya: internet. Sekolah-sekolah pada era globalisasi seperti sekarang ini, telah menggunakan fasilitas internet sebagai media belajar siswa. Hal tersebut menandakan adanya kemajuan teknologi yang mempengaruhi kemajuan di bidang pendidikan. Karena baik siswa maupun tenaga pendidik mampu mengakses ilmu dari berbagai sumber yang dapat menunjang bahan ajar untuk para siswa. Sehingga ilmu yang diperoleh dapat berkembang dan menghasilkan cikal bakal generasi muda Indonesia yang lebih unggul dan berkompeten.

  • Mengembangkan pola pikir siswa dan tenaga pendidik secara progresif.

Contohnya: Siswa dapat mengembangkan nalar berpikir secara ilmiah seperti menyusun karya-karya ilmiah yang digunakan untuk kemaslahatan umat.

  • Sistem Belajar Mengajar yang Tidak Selalu Tatap Muka

Dampak positif pertama di bidang pendidikan yang disebabkan oleh arus globalisasi adalah sistem pembelajaran secara online atau biasa disebut e-learning. Sistem pembelajaran ini tidak mengharuskan pendidik dan peserta didik untuk saling bertatap muka secara langsung. Tentu hal ini bisa menjadi opsi bagi peserta didik yang mempunyai kesibukan yang tinggi, karena sistem e-learning biasanya dapat diakses kapan saja dan bersifat fleksibel.

Selain itu, sistem pembelajaran ini bisa menghemat biaya transportasi baik bagi pendidik dan peserta didik, berbeda dengan sistem pembelajaran konvensional yang membutuhkan biaya transportasi sebagai penunjang pendidikan. Komputer atau laptop dan jaringan internet merupakan elemen penting yang dibutuhkan untuk mengakses sistem pembelajaran online ini, oleh karena itu sistem pembelajaran ini masih terbatas penggunaannya.

  • Kemudahan dalam Mengakses Informasi Pendidikan

Dampak positif globalisasi selanjutnya dalam bidang pendidikan adalah mudahnya mengakses informasi pendidikan. Internet memberi kemudahan bagi pendidik dan peserta didik untuk mengakses materi belajar, katakanlah hadirnya situs-situs yang menyediakan buku dalam bentuk digital yang dapat diunduh dan dijadikan referensi dalam proses belajar mengajar. Buku-buku elektronik atau e-book ini bisa diunduh dan langsung dibaca tanpa harus mencetaknya terlebih dahulu, sehingga bisa menghemat pemakaian kertas.

  • Pertukaran Pelajar

Pertukaran pelajar di dunia pendidikan sering terjadi di era globalisasi. Pelajar dalam sebuah negara bisa memiliki kesempatan untuk menempuh pendidikan di luar negeri atau sebaliknya. Siswa yang berkesempatan belajar ke negara dengan pendidikan terbaik dituntut untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan baru dan bisa mengetahui serta mengerti budaya di luar negeri, sehingga siswa diharapkan bisa memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas.

  • Mampu menciptakan karya-karya inovatif yang bersumber dari pemikiran-pemikiran siswa melalui media yang ada serta dibantu oleh tenaga pendidik.
  • Meningkatkan kualitas tenaga pendidik sehingga pendidikan juga semakin berkembang pesat.

Dampak negatif globalisasi dalam Pendidikan :

  • Menurunkan kualitas moral siswa.

Karena melalui media internet, setiap siswa dapat mengakses segala informasi tanpa batas. Sehingga ada kemungkinan siswa terpengaruh akan situs-situs yang kurang baik dan dapat mempengaruhi pola pikir siswa serta tingkah laku siswa.

  • Mengurangi minat baca siswa.

Karena adanya media internet, siswa cenderung malas membaca buku-buku ataupun literatur yang ada. Sehingga, siswa cenderung memiliki pemikiran yang sempit.

  • Menimbulkan kesenjangan sosial

Karena adanya globalisasi yang tidak merata, masih ada daerah-daerah yang jauh dari kemajuan jaman. Hal tersebut mengakibatkan kesenjangan sosial dengan daerah-daerah yang cenderung lebih maju.

  • Tergerusnya Kebudayaan Lokal

Arus globalisasi yang sangat pesat juga bisa menggerus kebudayaan lokal di sebuah negara. Perkembangan teknologi memungkinkan kontak budaya terjadi melalui media massa, akibatnya pengaruh luar negeri dapat masuk dengan leluasa ke sebuah negara. Pengaruh globalisasi dalam bidang pendidikan yang dikuasai dan digerakkan oleh negara-negara maju bisa menjadi masalah bagi negara-negara berkembang, tidak terkecuali bagi Indonesia yang memiliki beberapa pulau yang masuk dalam kategori pulau terbesar di dunia.

Akibat dari arus globalisasi ini, budaya di Indonesia dikhawatirkan akan hilang karena pudarnya rasa nasionalisme, berkurangnya sifat kekeluargaan, serta gaya hidup masyarakat yang kebarat-baratan. Sebagai contoh dapat kita lihat dari gejala-gejala yang muncul dalam kehidupan sehari-hari, remaja-remaja di Indonesia banyak yang berdandan meniru selebritis Korea maupun Amerika. Remaja ini mengenakan pakaian yang tidak pantas dan tidak sesuai dengan kebudayaan yang ada di Indonesia.

  • Munculnya Tradisi Serba Cepat dan Instan

Dampak buruk globalisasi selanjutnya dalam dunia pendidikan adalah munculnya tradisi serba cepat dan instan. Penyikapan arus globalisasi yang tidak tepat bisa menjadikan pendidikan kehilangan orientasi idealnya yaitu proses pembelajaran. Orientasi pendidikan yang awalnya menekankan pada proses telah berubah ke ranah pencapain hasil. Akibatnya banyak orang yang hanya menekankan pada hasil akhir ketika menempuh sebuah pendidikan, bahkan kini makin marak adanya jual beli ijazah palsu karena banyak orang yang ingin cepat mendapatkan keuntungan secara cepat dan instan. Tentu hal ini bisa menjadi masalah yang besar dan merugikan negara jika tidak segera ditangani dengan cepat. Globalisasi di dunia pendidikan perlu disikapi dengan bijak agar nantinya tidak salah arah.

  • Komersialisasi Pendidikan

Dampak buruk dari globalisasi selanjutnya adalah terancamnya kemurnian tujuan dalam pendidikan akibat dari komersialisasi pendidikan. Saat ini banyak instansi pendidikan yang didirikan dengan tujuan utama sebagai tempat bisnis. Sebuah lembaga pendidikan bisa disebut sebagai komersialisasi pendidikan jika mementingkan biaya pendaftaran dan uang gedung, tetapi kewajiban-kewajiban pendidikannya sering diabaikan.

Komersialisasi pada dunia pendidikan terjadi ketika sebuah instansi pendidikan menetapkan biaya pendidikan yang tidak sebanding dengan pelayanan pendidikannya, sehingga instansi tersebut hanya mengedepankan laba yang diperoleh. Bahkan ada pula sebuah lembaga pendidikan yang melaksanakan praktik pendidikan hanya untuk mendapatkan gelar akademik tanpa melalui proses pendidikan yang ideal, akibatnya biaya pendidikan di lembaga semacam ini sangatlah tinggi.

Oleh karena itu, komersialisasi di bidang pendidikan merupakan hal yang sangat berbahaya dan perlu ditindak lanjuti. Seharusnya sebuah lembaga pendidikan harus memperhatikan mutu pelayanan pendidikan agar dapat menciptakan peserta didik yang bermutu tinggi, sehingga siswa dan pemegang modal bisa mendapatkan keuntungan yang sama.

Carilah dari berbagai sumber belajar mengenai upaya yang harus dilakukan untuk menghadapi globalisasi!

  • Mengambil hal yang positif dari budaya luar dan meninggalkan hal yang negatif
  • Menggunakan atau memakai produk-produk dari dalam negeri untuk menghindari budaya konsumtif
  • Meningkatkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air
  • Peningkatan kemampuan penguasaan ilmu pengetahuan & teknologi melalui pemerataan pendidikan dasar sampai pendidikan tinggi
  • Meningkatkan produksi nasional untuk meningkatkan daya saing ekonomi dan menguasai pasar global
  • Peningkatan karakter bangsa dalam berperilaku sesuai dengan norma hukum, agama, kesopanan dan susila
  • Penggunaan sumber daya alam dengan bijak agar bisa bermanfaat bagi seluruh warga negara
  • Penyaringan atau sensor terhadap informasi yang masuk agar dampak negatif informasi dari luar bisa diminimalisir
  • Pelestarian budaya daerah dan budaya nasional
  • Dapat memenggunakan perkembangan globalisasi secara benar
  • Dapat memilah perkembangan globalisasi yang diterima
  • Memperbannyak ibadah
  • Mengetahui keuntungan dan resiko atas perkembangam yang terjadi
  • Lebih cermat mengikuti perkembangan globalisasi

Tulislah kesimpulan dari diskusi untuk direkomendasikan ke sekolah melalui OSIS tentang program yang bisa digunakan sebagai upaya untuk menghadapi globalisasi !

  • Meningkatkan kemampuan peserta didik pada bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, misalnya pelatihan, workshop atau seminar tentang iptek
  • Memberi pembekalan keterampilan dan  kewirausahaan sehingga peserta didik lebih siap untuk terjun dalam kompetisi global
  • Memberi penyuluhan tentang penggunaan gadget atau alat lainya agar mempunyai dampak positif dan produktif
  • Mempersiapkan peserta didik untuk mempunyai karakter dan mempunyai etos kerja
  • yang baik
  • Memberi motivasi agar tidak mudah menyerah dan selalu bekerja keras
  • Memberi penyuluhan tentang bahaya penyalahgunaan narkoba, tawuran pelajar dan tindakan kriminal lainnya agar peserta didik menjauhi hal-hal tersebut
  • Memberi dan meningkatkan kualitas pendidikan agama dan budi pekerti
  • Membuat kegiatan yang bisa meningkatkan kecintaan terhadap produksi dalam negeri, seperti pameran, pasar murah dan bazar
  • Hal yang harus dilakukan sekolah yaitu memberikan pengarahan terhadap penggunaan perkembangan globalisasi yang baik dan benar sesuai proporsi siswa yang diperlukan

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Dampak Globalisasi di Bidang Pendidikan dan Sekolah Halaman 142 Bab 2 (Perubahan Sosial Budaya dan Globalisasi)”, Dan Terima Kasih Sudah Berkunjung Blog Yang Sederhana. Semoga Kunci Jawaban Ini Bisa Membantu Kalian Yang Belum Menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Dampak Globalisasi di Bidang Pendidikan dan Sekolah Halaman 142 Bab 2 (Perubahan Sosial Budaya dan Globalisasi). Jika ada Kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun Salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika Ada Pertanyaan Dan Ada Saran Untuk kelebihan dan kekurangan Selain Ini Bisa Komen Di Kolom Komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Jika a : b = 3 : 4, maka (6a + b) : (4a + 5b) adalah ….

[Kunci Jawaban] Jika a : b = 3 : 4, maka (6a + b) : …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!