Breaking News

Dalil (ayat atau hadis) yang menyatakan bahwa pernyataan orang tersebut salah

Questions and Answer Keys for Islamic Religious Education and Character Class 11 2013 Revised 2017 Curriculum Student Activities Evidence (verse or hadith) stating that the person’s statement is wrong Page 107 Chapter 7 (The Beloved Apostles of Allah SWT) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas Siswa Dalil (ayat atau hadis) yang menyatakan bahwa pernyataan orang tersebut salah Halaman 107 Bab 7 (Rasul-Rasul Kekasih Allah Swt) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Aktivitas Siswa

1. Berilah tanggapan tentang kasus orang yang mengaku-ngaku diriya sebagai nabi dan rasul, dan carilah dalil (ayat atau hadis) yang menyatakan bahwa pernyataan orang tersebut salah!

Tanggapan dan sikap kita jika ada orang yang mengaku dirinya adalah Nabi dan Rosul, tidak mempercayai pengakuannya, memberitahukan kepada halayak bahwa apa yang diucapkannya (pengakuannya) tidak benar karena bertentangan dengan Firman Allah dan Hadis Nabi, bila perlu melaporkannya pada MUI agar Mui memberikan fatwa pada segenap ummat islam untuk tidak mengikutinya (orang yang mengaku Nabi).

Firman Allah yang menyatakan bahwa Nabi Muhammad adalah Nabi terahir (penutup para Nabi) terdapat dalam surat Al-Ahzab Ayat 40.

مَا كَانَ مُحَمَّدٌ أَبَا أَحَدٍ مِنْ رِجَالِكُمْ وَلَٰكِنْ رَسُولَ اللَّهِ وَخَاتَمَ النَّبِيِّينَ ۗ وَكَانَ اللَّهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمًا

Muhammad itu sekali-kali bukanlah bapak dari seorang laki-laki di antara kamu, tetapi dia adalah Rasulullah dan penutup nabi-nabi. Dan adalah Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.

Dan Hadis Nabi dari Tsauban Radhiallahu ‘Anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

وَإِنَّهُ سَيَكُونُ فِي أُمَّتِي كَذَّابُونَ ثَلَاثُونَ كُلُّهُمْ يَزْعُمُ أَنَّهُ نَبِيٌّ وَأَنَا خَاتَمُ النَّبِيِّينَ لَا نَبِيَّ بَعْدِي

“Sesungguhnya akan datang pada umatku tiga puluh pembohong, semuanya mengaku sebagai nabi, padahal akulah penutup para nabi (khaatam an nabiyyin), tak ada lagi nabi setelahku.” (HR. Abu Daud)

Dari Ayat dan Hadis diatas jelas bahwa Nabi Muhammad adalah Nabi terahir (khatamun anbiya’).

Oleh karena itu jika ada orang yang mengaku Nabi maka sikap saya tidak mengakuinya.

2. Berilah tanggapan tentang kelompok pengajian tersebut, bagaimana sikap kamu apabila aktivitas dakwahnya dianggap salah. Apa yang kamu lakukan?

Tanggapan tentang pengajian tersebut apabila aktivitas dakwahnya diangap salah adalah tabayyun dan jangan serta merta menuduh dan menyebarkan isu kalau dakwahnya salah.

Dakwah merupakan kewajiban dari setiap muslim, inilah yang membedakan kita dengan umat nabi-nabi terdahulu. Umat Rasulullah memiliki tugas untuk meneruskan risalah kenabian yaitu berdakwah kepada manusia. sesuai firman ALLAH dalam surah Ali Imron 110 :

كُنْتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ ۗ

Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah.

Ulama sampaikan pembicaraan terbaik adalah dengan menyampaikan kebesaran ALLAH dan mengajak pada amal, sedangkan dakwah terbaik adalah dakwah yang mendatangi umat secara personal. Sebagaimana dakwahnya Rasulullah, yaitu dengan mendatangi umatnya di kabah dan dirumah-rumahnya untuk menyampaikan kebesaran ALLAH. namun seiring berkembangnya jaman, maka kemudian sarana dakwah mulai bertambah dan sah-sah saja, selama yang disampaikan adalah mengajak kepada ALLAH dan Rasulnya, bukan kepada manusia, kelompok atau aliran tertentu.

Kemudian sikap kamu apabila ada pengajian yang aktivitas dakwahnya diangap salah oleh orang-orang, maka segeralah tabayyun. Seabgaimana firman ALLAH dalam surah al hujurat ayat 6, yang artinya,

“Wahai orang- orang yang beriman, jika ada seorang faasiq datang kepada kalian dengan membawa suatu berita penting, maka tabayyunlah (telitilah dulu), agar jangan sampai kalian menimpakan suatu bahaya pada suatu kaum atas dasar kebodohan, kemudian akhirnya kalian menjadi menyesal atas perlakuan kalian.”

Maksud tabayyun adalah :

  • Tidak mudah menerima perkataan orang lain, dan tidak mudah menolak
  • Bertanya mengenai apa yang kita dengar kepada orang atau kelompok yang dituduh menyimpang, bukan bertanya kepada orang luar yang tidak tahu apa-apa
  • Terjun kedalamnya, dengan menghadiri kajian tersebut untuk mengatahui kebenaran mengenai apa yang orang- orang sampaikan
  • Bersikap diam sampai benar-benar yakin mengenai kebenarannya

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas Siswa Dalil (ayat atau hadis) yang menyatakan bahwa pernyataan orang tersebut salah Halaman 107 Bab 7 (Rasul-Rasul Kekasih Allah Swt)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas Siswa Dalil (ayat atau hadis) yang menyatakan bahwa pernyataan orang tersebut salah Halaman 107 Bab 7 (Rasul-Rasul Kekasih Allah Swt). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Rasio dari dua dua bilangan adalah 3 : 4. Jika masing-masing bilangan ditambah 2, rasionya menjadi 7 : 9. Tentukan hasil kali kedua bilangan itu!

[Kunci Jawaban] Rasio dari dua dua bilangan adalah 3 : 4. Jika masing-masing bilangan ditambah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!