Breaking News

Contoh Soal Resmi UTBK-SNBT 2023 : Pengetahuan dan Pemahaman Umum & Pembahasannya

Contoh Soal Resmi UTBK-SNBT 2023 : Pengetahuan dan Pemahaman Umum & Pembahasannya

Apa itu Pengetahuan dan Pemahaman Umum?

Tes pengetahuan umum itu sederhananya adalah tes yang menilai kemampuan kita dalam memahami suatu bacaan, atau bahasa Inggrisnya sih ‘reading comprehension’. Perlu banget ya ngasih tahu Bahasa Inggrisnya? Iya dong, karena bacaan yang termasuk di Pengetahuan dan Pemahaman Umum ini bukan hanya dalam Bahasa Indonesia, tapi juga dalam Bahasa Inggris.

Materi Pengetahuan dan Pemahaman Umum

Materi soal TPS UTBK Pengetahuan dan Pemahaman Umum (PPU) atau dikenal juga materi penalaran umum TPS adalah teks bacaan. Sebagian besar soalnya mirip dengan Pemahaman Bacaan dan Menulis (PBM).

Hanya saja PBM terfokuskan pada teknik menulis, sedangkan fokus dari materi Pengetahuan dan Pemahaman Umum berada pada pemahaman elo terhadap suatu teks. Secara garis besar, materi dalam TPS UTBK bertujuan untuk menguji kemampuan dalam membaca, mencermati, dan memahami isi teks.

Soal TPS Pengetahuan dan Pemahaman Umum dibagi menjadi dua sub topik, yaitu:

  • Bahasa Inggris, memahami inti bacaan dan membuat kesimpulan berdasarkan pada informasi pada teks.
  • Bahasa Indonesia, elo akan dihadapkan dengan berbagai soal tentang ide pokok, kelebihan, kelemahan paragraf, kesimpulan, penulisan kata, hubungan antar paragraf, makna kata, tanda baca, kata ganti, konjungsi, dan kalimat efektif.

Tipe-tipe Soal TPS Pemahaman dan Pengetahuan Umum (PPU)

Coba yok, lihat dan bahas tipe-tipe soal dan contoh soal pengetahuan dan pemahaman umum di bawah.

1. Mengerti Ide atau Gagasan Utama dari Sebuah Teks

Satu tipe soal yang selalu ada dalam pemahaman bacaan dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris adalah ide utama dan variasinya. Apa aja variasinya? Ada kalimat utama, topik (main topic), judul (title) ataupun kesimpulan.

Terus gimana cara mencari gagasan utama dan teman-temannya dalam suatu paragraf atau teks?

Sekarang bayangkan, elo lagi bersantai di hari Minggu yang cerah sambil baca suatu artikel. Tiba-tiba adik elo nanya, “Kak, lagi baca apa sih?”. Nah, di sini elo berpikir: apa sih yang sedang coba dijelaskan penulis lewat artikel ini dalam satu kalimat? Inilah yang kita namakan ide pokok atau kalau dalam Bahasa Inggris, main idea.

Contoh pertanyaan tentang gagasan utama dari SBMPTN:

Apa gagasan utama paragraf pertama?

(A) penyakit tulang belakang meningkat beberapa tahun terakhir

(B) keluhan pada tulang belakang biasanya dialami orang tua

(C) jumlah anak dan remaja yang mengeluhkan sakit tulang belakang meningkat

(D) anak dan remaja gemar menggunakan gadget dengan cara yang tidak benar

(E) posisi menggunakan gadget menyebabkan nyeri tulang belakang

Bedanya dengan topik utama (main topic) apa? Cuma di susunan kata. Kalau gagasan utama adalah sebuah kalimat, kalau topik biasanya berbentuk suatu frasa.

2. Memahami Informasi yang Bersifat Detail atau Rincian dalam Teks

Contoh soal pengetahuan dan pemahaman umum macam ini juga bukan tipe soal yang asing lagi. Bukan di UTBK aja, soal seperti ini sering banget keluar di Ujian Nasional. Misalnya, kalau kita lagi disuguhkan teks tentang pengangguran di Indonesia, pertanyaannya bisa aja, “Menurut teks, berapa banyak jumlah pengangguran di Indonesia pada tahun 2018?” dan sebagainya.

Soal macam ini memastikan bahwa elo bisa memahami informasi yang rinci di suatu teks.

Selain yang benar-benar spesifik kayak contoh tadi, ada juga yang butuh lebih banyak effort berpikir. Contohnya nih, kalau dalam Bahasa Inggris:

The following statements are true based on the passage, except ….

(A) tourism is a potential field in vocational education

(B) every year new areas of vocational education are developed

(C) on-the-job training is a typical component of vocational education programs

(D) retail companies open new opportunities for vocational jobs

(E) nowadays young people prefer practical jobs

“Semua pernyataan di bawah ini benar menurut teks, kecuali…”. Nah, kalau pertanyaannya seperti ini, kita belum tentu bisa secara cepat mencari hanya satu titik dalam bacaan, tapi harus scanning beberapa lokasi sekaligus dalam bacaan untuk dibandingkan dengan masing-masing pilihannya.

Jadi dalam menjawab pertanyaan macam ini, kalian harus hati-hati dalam membaca pertanyaan dan pilihannya. Pastikan kalau yang ditanyakan itu pernyataan yang benar atau salah.

3. Memahami Informasi Tersirat dari Sebuah Teks

Mahasiswa FIB rajin baca buku

Informasi tersirat adalah jenis soal yang sering muncul di Pengetahuan dan Pemahaman Umum (Dok. pixabay.com/Free-Photos).

Pada tipe soal ini, elo akan diminta mengidentifikasi apakah ada makna tersirat atau tersurat pada suatu teks. Lalu apa yang dimaksud dengan informasi tersurat dan tersirat? Informasi tersurat merupakan informasi yang dituliskan secara eksplisit atau dijelaskan secara gamblang, terus terang dan tidak berbelit-belit.

Sedangkan tersirat, biasanya memiliki makna terkandung atau tersembunyi yang perlu dijelaskan.

Gak cuma memahami informasi yang tersurat dari sebuah teks, dalam membaca suatu teks, elo juga diharapkan bisa memahami informasi-informasi tersirat yang gak disebutkan secara eksplisit. Agar lebih jelas mari lihat contoh.

Contoh, kalau ada artikel yang menerangkan bahwa Amerika Serikat adalah negara maju dan Hungaria adalah negara berkembang, elo mungkin bisa berasumsi bahwa ‘Amerika lebih baik secara ekonomi dibanding Hungaria’. Inilah yang dimaksud dengan kemampuan penalaran yang dicoba untuk dinilai dari peserta ujian.

4. Memahami Arti Juga Rujukan Sebuah Kata

Elo pernah gak sih ketemu pertanyaan yang menanyakan ‘padanan kata’ (atau dalam bahasa Inggrisnya ‘synonym’) berdasarkan penggunaan kata tersebut di sebuah kalimat?

Yak, tipe soal ini sering keluar di UTBK. Tujuannya adalah untuk mengukur pengetahuan elo tentang sebuah kata dan penalaran dalam penggunaannya. Jadi, kalau ketemu kata yang familiar, jangan langsung pede karena masih ada next thinking process yaitu mengartikan kata tersebut berdasarkan konteksnya, lalu mencari kata lain yang memiliki arti berlawanan atau serupa.

5. Memahami Koherensi Sebuah Kalimat atau Paragraf

Salah satu contoh soal yang lagi-lagi sering ditanyakan di UTBK adalah ‘koherensi’. Apa sih koherensi ini? Well, pertanyaan macam ini akan menguji kemampuan elo mengerti struktur, organisasi dan hubungan dari sekumpulan kalimat atau paragraf.

Contoh Soal TPS UTBK 2022: Pengetahuan dan Pemahaman Umum dan Pembahasannya

About Muhammad

Check Also

Cara Mengisi Jarak Dari Pusat Kota KIP Kuliah

Cara Mengisi Jarak Dari Pusat Kota KIP Kuliah [Terupdate] Salah satu isian dalam menu rencana …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!