Contoh Soal Resmi UTBK-SNBT 2023 : Penalaran Umum & Pembahasannya

Contoh Soal Resmi UTBK-SNBT 2023 : Penalaran Umum & Pembahasannya

TPS ini berfungsi untuk mengukur kemampuan kognitif peserta. TPS sendiri memiliki beberapa kategori subtes yang perlu kamu ketahui, mulai dari Penalaran Umum, lalu Pemahaman Bacaan, terus Pengetahuan Umum, dan Pengetahuan Kuantitatif.

Jika di artikel-artikel sebelumnya Mamikos sudah membahas subtes Pemahaman Bacaan dan Pengetahuan Kuantitatif, maka kali ini Mamikos akan membahas seputar subtes Penalaran Umum. Untuk mengetahui info selengkapnya, kamu bisa baca informasi di bawah ini.

Apa itu Tes Penalaran Umum UTBK?

Salah satu subtes yang akan kamu hadapi dalam UTBK nanti adalah materi penalaran umum. Penalaran umum yang dimaksud di sini adalah meliputi hal-hal yang ada di bawah ini:

  • Verbal

Menguji kemampuanmu dalam hal bahasa seperti pengetahuan seputar antonim, sinonim, dan lain sebagainya.

  • Penalaran Matematis

Di sini kamu akan bertemu dengan artimetika, pola baris, geometri, dan lain-lain.

  • Logika

Logika kamu akan ditantang untuk memecahkan soal seperti logika analitik dan logika kuantor.

  • Pola Gambar

Kamu akan berhadapan dengan gambar dengan berbagai pola yang harus kamu selesaikan.

Jenis Soal Pada Tes Penalaran Umum UTBK

1. Kesesuaian Pernyataan

Pada bagian ini, soal-soal yang diberikan akan menuntut penalaran kamu dalam memahami isi dari teks/tabel/diagram/grafik (sesuai konteks pada paragraf yang tersirat).

Memilih pernyataan yang benar di paragraf tertentu dalam sebuah teks.

  • Memilih pernyataan yang paling mungkin benar sesuai isi teks dan data (grafik, tabel, diagram).
  • Menganalisis data (grafik, tabel, diagram) yang terdapat dalam teks.

2. Simpulan Logis

Pada bagian ini, soal-soal yang diberikan akan menuntut kamu untuk dapat menyimpulkan secara logis sesuatu yang mungkin terjadi berdasarkan isi teks.

  • Memilih kesimpulan yang paling mungkin benar (paling masuk akal) sesuai ini teks. Cobalah berpikir secara terstruktur. Pada tahap ini, kemampuanmu menyimpulkan suatu hal sangat dinilai. Apakah kamu itu orang yang cerdas dan cermat melihat suatu persoalan. Atau kamu orang yang terburu-buru dan gegabah dalam mengambil keputusan. Berpikir tenang dan terstruktur adalah kuncinya.
  • Menganalisis sebab akibat, kemudian peserta diminta untuk memberikan kesimpulan yang paling mungkin benar sesuai konteks wacana/teks.

3. Penalaran Analitik

Pada bagian ini, soal-soal yang diberikan akan menuntut kamu untuk dapat menganalisis dan menjawab soal berdasarkan data yang telah disediakan.

  • Disajikan sebuah data berupa teks.

Dari data teks tersebut, kamu harus bisa menganalisisnya. Kuncinya adalah membaca dengan cermat dan jangan terburu-buru. Pahami setiap kata yang ada, kemudian cobalah masing-masing katanya itu dianalisis kandungan maknanya. Setelah itu, kamu pasti mendapatkan maksudnya.

  • Menganalisis dan menjawab soal berdasarkan data yang telah disediakan.

Ketika kita disediakan data, jangan sampai kita terlalu cepat menyimpulkannya. Cobalah untuk fokus dan cermat pada data yang telah disajikan.

Hal Yang Perlu Dipersiapkan Untuk Menghadapi Tes Penalaran Umum UTBK

Kami telah merangkum 4 hal yang wajib kamu siapkan sebelum menghadapi TPS Penalaran Umum UTBK, yakni:

1. Daya Bernalar

Pada bagian soal-soal Penalaran Umum, umumnya kamu diminta untuk memilih pernyataan yang benar dari suatu paragraf, menganalisis data, hingga mencari kesimpulan dari teks yang diberikan. Hal ini menuntut penalaran kamu dalam memahami isi dari teks/tabel/diagram/grafik sesuai konteks pada paragraf. Oleh karena itu, kamu perlu mengasah kemampuan berpikir kamu. Caranya, bisa dengan memperbanyak membaca dan berlatih soal.

2. Kecermatan Membaca Teks

Umumnya, teks yang diberikan pada subtes penalaran umum akan cukup panjang dan mengandung banyak angka. Untuk itu, kamu dituntut agar lebih cermat atau teliti dalam membaca dan mengambil sebuah informasi. Jangan sampai, kamu tidak teliti dan salah memilih jawaban nantinya. Kamu tidak perlu membaca seluruh teks yang diberikan. Cukup fokus pada hal yang ditanyakan, lalu perhatikan kata kunci yang ada di setiap jawaban, dan cocokkan dengan pernyataan pada teks bacaan.

3. Kemampuan Memahami Maksud dari Isi Teks

Banyak yang mengatakan bahwa soal yang cukup sulit pada tes penalaran umum adalah mencari pernyataan yang benar dan kesimpulan yang paling mungkin benar. Kunci dalam mengerjakan soal ini adalah ketelitian dan sejauh mana kamu mampu memahami maksud dari isi teks. Kamu bisa melatihnya dengan banyak mengerjakan latihan soal.

4. Kemampuan Menganalisis Soal dan Data

Pada subtes penalaran umum, soal-soal yang diberikan akan akan menuntut kamu untuk menganalisis dan menjawab soal berdasarkan data yang telah disajikan. Dalam menganalisis suatu pernyataan, diharapkan kamu tidak terburu-buru untuk membuat kesimpulan. Banyaklah berlatih soal untuk mengasah kemampuan menganalisis kamu. Saat mengerjakan soal, cobalah untuk fokus dan cermat dalam membaca.

Strategi Menghadapi Tes Penalaran Umum UTBK

Selain keempat hal di atas yang bisa kamu jadikan strategi untuk menghadapi subtes Penalaran Umum UTBK nanti, kamu juga perlu tahu tentang kesalahan yang sering muncul saat menjawab soal tes penalaran umum. Kamu perlu berhati-hati terhadap dua hal di bawah ini.

1. Pernyataan yang BENAR

Soal pada subtopik kesesuaian pernyataan akan menguji ketelitian dan penalaran kamu. Pilihan jawaban yang disajikan biasanya hampir sama. Perbedaannya hanya terletak pada satu kata tertentu. Kata tersebut dapat menentukan benar atau salahnya sebuah pernyataan. Jadi, pada bagian ini, ketelitian dan kecermatan sangat diperlukan. Namun, pilihan jawaban yang tepat dapat pula berupa kalimat yang memiliki makna sama dengan teks, meskipun disajikan dengan kata-kata yang berbeda.

2. Kesimpulan yang PALING MUNGKIN benar

Soal pada subtopik simpulan logis akan menguji kemampuan bernalar kamu. Untuk menjawab soal ini, kamu harus mampu memahami isi paragraf terkait hal yang ditanyakan dalam soal, serta menganalisis hal yang mungkin terjadi berdasarkan paragraf tersebut.

Contoh Soal dan Pembahasan Tes Penalaran Umum UTBK

Salah satu subtes yang akan kamu hadapi di UTBK SBMPTN adalah materi penalaran umum. Subtes ini termasuk ke dalam Tes Potensi Skolastik atau TPS lho. Kira-kira seperti apa gambaran contoh soal penalaran umum ini? Cek contohnya di bawah ini ya!

1. Negara T adalah negara kepulauan dengan biaya logistik yang tinggi. Pakar logistik menyebutkan hal ini disebabkan tidak meratanya infrastruktur di negara T sehingga tidak semua wilayah dapat dijangkau dengan mudah.

Manakah pernyataan-pernyataan berikut yang MEMPERLEMAH dan TIDAK MEMPERLEMAH pendapat pakar logistik tersebut?

Pernyataan Memperlemah Tidak Memperlemah
i.    Pemerintah membangun banyak infrastruktur baru untuk memastikan pemerataan pembangunan.
ii.   Pemerintah memberikan kebijakan insentif pajak bagi industri logistik untuk mengurangi beban biaya.
iii.  Masyarakat memilih menggunakan jasa logistik saat berada pada pulau yang sama.
iv.  Perusahaan logistik saat ini memastikan bahwa semua wilayah dapat dijangkau dengan mudah.
v.   Konsumen memilih perusahaan logistik yang memberikan layanan jangkauan pengiriman yang luas.

Jawaban :

A (Memperlemah)

B (Tidak Memperlemah)

C (Tidak Memperlemah)

D (Memperlemah)

E (Tidak Memperlemah)

Pembahasan :

Soal di atas menyajikan kondisi yang diikuti dengan penjelasan dari seorang pakar. Pertanyaan dari soal tersebut adalah peserta menentukan pernyataan-pernyataan yang disajikan menunjukkan memperlemah atau tidak memperlemah. Pernyataan pertama memperlemah karena kondisinya berlawanan dengan yang disampaikan pakar logistik, demikian pula dengan pernyataan keempat yang juga memperlemah karena kondisinya justru dipastikan dijawab oleh perusahaan-perusahaan logistik. Pernyataan lain dianggap tidak memperlemah karena kondisinya memperkuat atau tidak relevan.

Kategori soal di atas merupakan pilihan ganda kompleks sehingga peserta harus menjawab sesuai dengan apakah pernyataan-pernyataan yang disajikan memperlemah atau tidak. Jika memperlemah,  kolom “Ya” harus dicentang, sedangkan jika tidak memperlemah,  kolom “Tidak” harus dicentang.

 

2. Buah mangga mengandung vitamin C dan antioksidan sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh serta membantu melawan infeksi virus. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa mengonsumsi buah mangga dapat mencegah kanker dan menurunkan kadar kolesterol.

Manakah DUA  simpulan yang PALING DIDUKUNG oleh bacaan tersebut?

A. Harga buah mangga menjadi mahal karena memiliki manfaat untuk kesehatan.

B. Jumlah buah mangga yang dikonsumsi memengaruhi khasiat buah mangga untuk mencegah kanker.

C. Banyak penderita kanker yang mencari buah mangga untuk pengobatan.

D. Mengonsumsi mangga disarankan agar dapat terhindar dari risiko penyakit tertentu.

E. Banyak produk kesehatan yang menggunakan bahan dasar ekstrak buah mangga.

Jawaban :

C. Banyak penderita kanker yang mencari buah mangga untuk pengobatan.

Mengonsumsi mangga disarankan agar dapat terhindar dari risiko penyakit tertentu.

Pembahasan :

Soal di atas menyajikan informasi tentang satu hal, lalu disajikan informasi kedua yang memperkuat informasi pertama. Peserta diminta untuk menentukan manakah alternatif jawaban yang merupakan sebuah simpulan yang PALING DIDUKUNG oleh informasi bacaan yang disajikan dalam soal.

Tipe soal di atas merupakan contoh pilihan berganda kompleks, di mana peserta harus memilih DUA simpulan yang PALING DIDUKUNG. Jika salah satu dari opsi yang dipilih ternyata bukan kunci jawaban, jawaban peserta dianggap salah.

 


3. Kebiasaan tidur dengan posisi tengkurap dianggap buruk bagi kesehatan karena dapat memberikan tekanan pada bagian punggung dan leher yang mengakibatkan nyeri. Selain itu, tidur tengkurap juga dapat menyebabkan kesemutan. Meskipun demikian, tidur tengkurap dapat membuka saluran pernapasan sehingga dapat mengurangi dengkuran.

Berdasarkan informasi tersebut, manakah pernyataan berikut yang PASTI BENAR?

A. Orang yang mengalami kesemutan tidur dengan posisi tengkurap.

B. Kesemutan akibat tidur tengkurap dapat menyebabkan tidur menjadi tidak nyenyak.

C. Orang yang memiliki gangguan pernapasan dapat disembuhkan dengan tidur tengkurap

D. Nyeri punggung dan leher dialami oleh orang yang mendengkur.

E. Dengkuran sebagian orang yang tidur tengkurap berkurang.

Jawaban :

E. Dengkuran sebagian orang yang tidur tengkurap berkurang.

Pembahasan :

Pada soal di atas disajikan informasi yang  diperkuat dengan informasi kedua. Adapun informasi ketiga merupakan informasi yang memperlemah atau tidak sejalan dengan informasi pertama dan kedua. Peserta diminta untuk memilih opsi yang PASTI BENAR dari bacaan pada soal. Opsi E merupakan kunci jawaban karena informasi pada soal menyebutkan bahwa tidur tengkurap dapat mengurangi dengkuran sehingga sebagian orang (tidak semua) yang tidur tengkurap berkurang dengkurannya.

 

4. Apabila sudah siap panen, jeruk akan terasa empuk jika ditekan; kulitnya berwarna kuning langsat; dan jika tergores, keluar aroma wangi. Hal-hal tersebut membuat nilai jual jeruk semakin tinggi.

Jika buah jeruk terasa keras jika ditekan, berwarna hijau, dan tidak mengeluarkan aroma, manakah simpulan yang BENAR?

A. Buah jeruk belum siap dipanen.

B. Buah jeruk harganya murah.

C. Buah jeruk harganya mahal.

D. Buah jeruk tidak bisa dijual.

E. Buah jeruk rasanya masam.

Jawaban :

A. Buah jeruk belum siap dipanen.

Pembahasan :

Pada soal tersebut disajikan fakta jika kategori yang disebutkan terpenuhi, kondisi tertentu dapat tercapai. Namun, soal menyajikan jika kategori-kategori tersebut tidak ada, kondisinya adalah tidak dapat terpenuhi. Dalam soal tersebut kunci jawabannya adalah A karena kategori-kategori tersebut membuat jeruk belum siap dipanen.

 

5. Hadiah wisata ke luar negeri diberikan oleh perusahaan Z jika pekerjanya memiliki penilaian kinerja sangat baik dua tahun berturut-turut dan dinominasikan oleh rekan kerja dan atasannya. Pekerja C disukai oleh rekan kerjanya serta mendapatkan penilaian kinerja sangat baik tahun kemarin.

Simpulan berdasarkan informasi  tersebut adalah pekerja C layak mendapat hadiah wisata ke luar negeri di perusahaan Z

Manakah pernyataan berikut yang menggambarkan kualitas simpulan tersebut?

A. Simpulan tersebut pasti benar.

B. Simpulan tersebut mungkin benar.

C. Simpulan tersebut pasti salah.

D. Simpulan tidak relevan dengan informasi yang diberikan.

E. Simpulan tidak dapat dinilai karena informasi tidak cukup.

Jawaban :

C. Simpulan tersebut pasti salah.

Pembahasan :

Pada soal di atas disajikan informasi kategori sebuah kondisi, lalu terdapat informasi lain yang menggambarkan apakah informasi tersebut memenuhi kategori yang sudah ditetapkan. Selanjutnya, kepada peserta disajikan sebuah simpulan dan diminta untuk menilai simpulan dari informasi yang disajikan. Opsi C menjadi kunci jawaban karena informasi kedua tidak memenuhi kategori yang ditentukan dan simpulannya menyatakan kondisi sebaliknya, sehingga simpulan yang disampaikan adalah pasti salah.

 

6. Dewasa ini pemanfaatan kendaraan yang ramah lingkungan banyak digunakan oleh masyarakat. Dengan pemanfaatan ini, konsumsi bahan bakar minyak di masyarakat mampu mendatangkan efisiensi sebesar 20%–30% setiap tahunnya.

Berdasarkan paragraf tersebut, manakah yang PALING MUNGKIN menjadi asumsi yang mendasari argumen di atas?

A. Masyarakat menjadi lebih hemat ketika menggunakan kendaraan yang ramah lingkungan.

B. Kendaraan yang ramah lingkungan menjadi pilihan sebagian besar masyarakat.

C. Kesadaran masyarakat untuk memanfaatkan teknologi yang ramah lingkungan semakin meningkat.

D. Banyak produsen kendaraan menggunakan teknologi ramah lingkungan pada kendaraan produksinya.

E. Hemat energi menjadi program yang gencar disosialisasikan oleh pemerintah negara X.

Jawaban :

C. Kesadaran masyarakat untuk memanfaatkan teknologi yang ramah lingkungan semakin meningkat.

Pembahasan :

Soal di atas menyajikan sebuah informasi atau argumen. Peserta diminta untuk mengidentifikasi opsi jawaban mana yang merupakan asumsi dari informasi atau argumen tersebut. Opsi jawaban C menjadi kunci jawaban karena kesadaran masyarakat yang meningkat membuat banyak yang menggunakan kendaraan yang ramah lingkungan.

 

7. …, 5, 7, 9, 11, 13.

Angka yang paling sesuai untuk melengkapi deret tersebut adalah . . . .

A. 0

B. 1

C. 2

D. 3

E. 4

Jawaban :

D. 3

Pembahasan :

Pada persoalan tersebut terdapat deret angka dengan pola yang selalu sama yaitu +2. Oleh karena itu, jawaban yang tepat untuk menjawab persoalan tersebut adalah 3 (D).

 

8. Tabel berikut menunjukkan jumlah siswa yang lulus dan gagal pada ujian Bahasa Indonesia yang dilaksanakan dalam lima gelombang.

Pada gelombang berapa persentase kelulusan TERTINGGI terjadi?

A. I.

B. II.

C. III.

D. IV.

E. V.

Jawaban :

B. II.

Pembahasan :

Pada persoalan tersebut, lulusan pada gelombang I adalah 26/40 x 100% = 65%;  gelombang II adalah 28/40 x 100% = 70%;  gelombang III adalah 32/60 x 100% = 53%;  gelombang IV adalah 25/40 x 100% = 63%; dan  gelombang V adalah 14/30 x 100% = 47%. Dengan demikian, persentase kelulusan terbesar terjadi pada gelombang ke II (B)

 

9. Dua dus minuman dibagikan kepada empat kelompok kerja dengan ketentuan sebagai berikut.

  1. Kelompok B mendapatkan 2 kali lebih banyak dibandingkan kelompok C.
  2. Kelompok A mendapatkan ½ bagian keseluruhan.
  3. Kelompok C dan D mendapatkan pembagian sama rata dari minuman yang tersisa.
  4. Setiap dus berisi 24 kotak minuman ringan.

Informasi yang dapat digunakan untuk mengetahui jumlah kotak minuman yang diterima oleh kelompok A adalah . . . .

A. 1 dan 2

B. 1 dan 3

C. 2 dan 3

D. 2 dan 4

E. 3 dan 4

Jawaban :

D. 2 dan 4

Pembahasan :

Pada persoalan tersebut, banyaknya minuman didapatkan dari informasi ke-4, yaitu 24 kotak minuman setiap dus. Lalu, pada informasi ke-2 disebutkan bahwa kelompok A mendapatkan minuman sebanyak ½ bagian dari keseluruhan, yaitu ½ x 2x 24 atau 24 kotak minuman. Dengan demikian, informasi 2 dan 4 adalah yang dibutuhkan (D).

 

10. Berikut ini adalah data pengunjung dua fasilitas umum, yaitu perpustakaan dan museum, pada bulan Januari 2022 dari hari Senin sampai dengan Jumat.

Berdasarkan data tersebut, jumlah pengunjung terendah kedua fasilitas tersebut terjadi pada hari . . . .

A. Senin

B. Selasa

C. Rabu

D. Kamis

E. Jumat

Jawaban :

B. Selasa

Pembahasan :

Pada grafik dapat terlihat bahwa jumlah pengunjung perpustakaan dan museum pada hari Selasa adalah yang terendah, yaitu 180 dan 190 pengunjung. Dengan demikian, jawaban B adalah yang benar.

About Muhammad

Check Also

Cara Mengisi Jarak Dari Pusat Kota KIP Kuliah

Cara Mengisi Jarak Dari Pusat Kota KIP Kuliah [Terupdate] Salah satu isian dalam menu rencana …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!