Contoh Peran dan Fungsi Kebudayaan di Indonesia

Questions and Answer Keys to Social Sciences Class 8 Curriculum 2013 Revised 2017 Group Activity Examples of the role and function of culture in Indonesia Page 115 Chapter 2 (The Effect of Social Interaction on Social Life and Nationality) ~ Assalamualikum Semuanya, Kembali lagi Bersama laguasyik.com. Pada Kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas Kelompok Contoh Peran dan Fungsi Kebudayaan di Indonesia Halaman 115 Bab 2 (Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Kehidupan Sosial dan Kebangsaan) Kepada Para Siswa/Siswi Yang melihat Artikel Ini. Yuk, Kita Langsung saja ke Soal dan Jawabannya. ~

Aktivitas Kelompok

1. Bentuklah kelompok dengan anggota 3-4 orang.

2. Carilah sumber dari buku atau internet tentang contoh peran dan fungsi keragaman budaya di Indonesia.

3. Tuliskan kesimpulanmu di dalam kertas.

4. Presentasikan hasil simpulan di dalam kelas.

5. Tulisan simpulan hasil diskusi kelas dan bagikan ke seluruh siswa

  • Sebagai daya tarik wisatawan asing

Pariwisata menjadi sektor unggulan dalam menghasilkan devisa negara. Menyadari akan hal tersebut, setiap daerah di Indonesia berbenah berusaha menampilkan keunikan budaya daerahnya masing-masing kepada para wisatawan.Masing-masing daerah melakukan berbagai atraksi dan promosi kebudayaan.Keragaman budaya yang di tampilkan menjadikan daya tarik bagi wisatawan asing.

Contoh,di era 80 an,wisatawan hanya mengenal Bali sebagai destinasi wisata terbaik di Indonesia.Bahkan,mereka lebih mengenal Bali di banding negara Indonesia.Namun,saat ini banyak destinasi wisata selain Bali yang bertaraf internasional,seperti Raja Ampat di Papua,Labuan Bajo di NTT,Banyuwangi di Jawa Timur.    

  • Mengembangkan kebudayaan nasional

Keanekaragaman budaya daerah merupakan bukti kekayaan budaya bangsa Indonesia.Kekayaan budaya tersebut menunjukkkan identitas budaya secara nasional yang disebut dengan kebudayaan nasional.

Kebudayaan nasional adalah suatu kebudayaan yang didukung oleh seluruh elemen suatu negara,yang bersifat khas dan dibanggakan,dan mewakili identitas suatu negara.

Contoh : Setiap daerah di Indonesia mempunyai produk batik masing-masing dengan corak khas yang berbeda.Sehingga batik yang tadinya merupakan budaya lokal,ditetapkan sebagai pakaian nasional sebagai wujud kebudayaan nasional.

  • Tertanamnya sikap toleransi

Perbedaan menyebabkan manusia menjadi saling mengenal dan tahu caranya bersikap menghargai orang lain.

Demikian halnya keragaman budaya yang ada di Indonesia yang terdiri dari berbagai suku.Setiap suku memiliki budaya yang berbeda-beda.Bangsa Indonesia harus mengenal keragaman budaya yang dimiliki agar dapat menghormati dan menghargai perbedaan diantara suku-suku di Indonesia.

Kalau setiap suku saling menghargai, maka akan muncul sikap kebersamaan untuk saling mendukung kebudayaan lain untuk berkembang.

  • Saling melengkapi hasil  budaya

Indonesia yang terdiri dari berbagai suku bangsa,hidup bersama dan menjalankan aktivitas kehidupan bermasyarakat memunculkan asimilasi budaya. Budaya yang dibawa dari daerah asal seseorang bercampur dengan budaya setempat melengkapi kekayaan budaya Indonesia.

Contoh: Batik yang berasal dari Jawa Tengah, berinteraksi dengan budaya dari daerah lain sehingga kini motif Batik kian beragam bergantung daerah mana yang membuatnya.

  • Mendorong Inovasi Kebudayaan

Inovasi artinya perubahan atau pembaharuan dari sesuatu yang sudah ada dan berkembang sebelumnya sebagai akibat dari asimilasi atau akulturasi kebudayaan.

Contoh : Musik Keroncong, merupakan hasil perpaduan antara musik pop Spanyol dengan musik Melayu.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas Kelompok Contoh Peran dan Fungsi Kebudayaan di Indonesia Halaman 115 Bab 2 (Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Kehidupan Sosial dan Kebangsaan)”, Dan Terima Kasih Sudah Berkunjung Blog Yang Sederhana. Semoga Kunci Jawaban Ini Bisa Membantu Kalian Yang Belum Menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas Kelompok Contoh Peran dan Fungsi Kebudayaan di Indonesia Halaman 115 Bab 2 (Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Kehidupan Sosial dan Kebangsaan). Jika ada Kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun Salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika Ada Pertanyaan Dan Ada Saran Untuk kelebihan dan kekurangan Selain Ini Bisa Komen Di Kolom Komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Kalor lebur es adalah 80 kal/g. Apa maksudnya?

[Kunci Jawaban] Kalor lebur es adalah 80 kal/g. Apa maksudnya? Pertanyaan: 3. Kalor lebur es …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!