Contoh kasus-kasus pelanggaran HAM dan identifikasi bentuk pelanggaran HAM yang terjadi di lingkungan-lingkungan tersebut

PPKN Questions and Answer Keys Class 11 2013 Revised 2017 Curriculum Group Tasks 1.3 Examples of cases of human rights violations and identification of forms of human rights violations that occur in these environments Page 20-22 Chapter 1 (Harmonization of Human Rights and Obligations in the Perspective of Pancasila) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tugas Kelompok 1.3 Contoh kasus-kasus pelanggaran HAM dan identifikasi bentuk pelanggaran HAM yang terjadi di lingkungan-lingkungan tersebut Halaman 20-22 Bab 1 (Harmonisasi Hak dan Kewajiban Asasi Manusia dalam Perspektif Pancasila) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Tugas Kelompok 1.3

Nah, setelah kalian membaca uraian di atas, kalian kerjakanlah tugas-tugas berikut ini.

1. Carilah kasus-kasus pelanggaran HAM lainnya dari berbagai macam sumber seperti buku, surat kabar, majalah, dan intemet. Kemudian lakukan analisis terhadap kasus-kasus tersebut dengan mengisi tabel di bawah ini kemudian kalian presentasikan di depan kelas.

No. Kasus Hak yang Dilanggar Penyebab Penyelesaian
1. Tragedi Trisakti tahun 1998 Hak bebas berpendapat oleh mahasiswa dan rakyat yang direnggut pemerintah. Adanya desakan dari mahasiswa untuk menggulingkan pemerintahan Soeharto. Sampai saat ini belum ada upaya penuntasan yang konkrit dari peristiwa ini.
2. Penculikan dan Penghilangan Orang secara paksa yaitu 23 aktivis pada tahun 1998 Hak untuk menyampaikan pendapat dan hak hidup seseorang. Para aktivis tersebut dianggap mempengaruhi dan memprovokasi rakyat untuk melawan pemerintahan Soeharto. Belum ada kepastian namun kasus masih sedang diusut.
3. Tragedi Semanggi I dan Semanggi II Hak seseorang untuk merasakan keamanan dan anti terhadap kekerasan. Karena adanya kekerasan oleh aparat dan mengakibatkan 5 orang tewas sehingga memicu kemarahan yang luar biasa. Masih dalam penanganan jaksa agung namun diperkirakan bisa berlangsung lama karena kasus tergolong masa lampau dan sulit untuk mencari sisa bukti yang ada.
4. Tanjung Priok pada tahun 1984 Hak kelangsungan hidup seseorang dan derajat martabatnya. adanya penolakan untuk mengurusi makam setempat dan terjadi intimidasi oleh oknum. pelaku akhirnya dibebaskan oleh pengadilan sehingga menimbulkan kekecewaan dari korban.
5. Aktivis Munir yang diracuni Hak kelangsungan hidup seseorang. Munir yang seringkali mengecam pemerintahan menjadi momok bagi pemerintah sehingga dibentuklah skenario meracuni Munir. Pelaku ditangkap dan hanya dipenjara selama 20 tahun dibandingkan keinginan keluarga Munir yang menuntut hukum pelaku seumur hidup.
6. Pembantaian di Talangsari, Lampung pada tahun 1989 Hak kelangsungan hidup seseorang dan kebebasan menganut agama yang diyakini. Adanya tuduhan kelompok islam radikal kepada kelompok Warsidi sehingga ada oknum yang melakukan pembantaian terhadap kelompok ini dan menewaskan setidaknya 130 orang. Menghasilkan sebuah deklarasi perdamaian untuk menghindari perkara di pengadilan.
7. Pembunuhan pejuang HAM Marsinah Hak kebebasan menyampaikan pendapat dan kelangsungan hidup seseorang. Keterlibatan Marsinah dalam aksi memperjuangkan hak buruh sehingga beliau dianggap sebagai ancaman bagi oknum tertentu. Penangkapan para petinggi tempat Marsinah bekerja dan dihukum selang waktu 4 tahun hingga 17 tahun saja.
8. Penembakan buruh PT Freeport Hak untuk melangsungkan hidup dengan nyaman. Sekelompok oknum yang menyerang secara brutal terhadap buruh PT Freeport saat di terminal bus gorong-gorong. Pidana hukuman mati bagi tersangka.
9. Babeh baekuni Hak asasi perlindungan anak Terjadinya pembunuhan terhadap 7 orang bocah jalanan dengan 3 orang dimutilasi dan pembunuhan 4 orang Pemerintah meningkatkan pengawasan terhadap anak-anak jalanan dan memiliki tanggung jawab agar anak-anak jalanan tidak dieksploitasikan sehingga tidak terjadi pembunuhan dan mutilasi.
10. Bom bali Hak untuk hidup Terjadinya terorisme di bali Menghukum pelaku bom seberat-beratnya sesuai dengan ketentuan hokum sehingga para terorisme memiliki efek jerah
11. Perambah hutan deregister 45 kabupaten Mesuji lampung Melanggar undang-undang perkebunan nomor 18 tahun 2004 Terjadi konflik akibat pihak perkebunan sawit merampas dan menguasai tanah warga dalam waktu yang lama 10-17 tahun. Perkara sengketa lahan harus diselesaikan di pengadilan

2. Pelanggaran hak asasi manusia terjadi juga di lingkungan sekitar tempat tinggal kalian seperti di keluarga, sekolah, ataupun masyarakat. Nah, coba kalian identifikasi bentuk pelanggaran HAM yang terjadi di lingkungan-lingkungan tersebut. Tulislah hasil temuan kalian pada tabel di bawah ini dan informasikan kepada teman yang lain.

No. Lingkungan Contoh Pelanggaran HAM
1. Keluarga a. Pengksplotasian anak untuk bekerja.

  • Penyebab : Faktor ekonomi keluarga yang kekurangan.
  • Penyelesaiaan : Pemberiaan pemahaman kepada orangtua oleh pihak ketiga.

b. Seorang anak yang dilarang untuk menuntut ilmu.

  • Penyebab : Kurangnya pengetahuan orangtua, faktor ekonomi.
  • Penyelesaiaan : Pemberiaan pemahaman kepada orangtua oleh pihak ketiga.

c. Kekerasan dalam rumah tangga baik yang dilakukan ayah terhadap keluarga maupun ibu terhadap anak.

  • Penyebab : Emosi, Ego, Faktor Ekonomi, Kurangnya keharmonisan keluarga, kurangnya iman
  • Penyelesaiaan : Penyelesaiaan secara kekeluargaan, menciptakan suasana keluarga yang harmonis

d. Anggota keluarga yang membunuh anggota keluarga lainnya.

  • Penyebab : Emosi, Ego, balas dendam, Kurangnya keharmonisan keluarga, kurangnya iman
  • Penyelesaiaan : Penjara atau hukuman mati karena sudah menyangkut kejahatan HAM berat.

e. Pemerkosaan anak oleh sang ayah.

  • Penyebab : Kurangnya iman, nafsu, istri yang jauh.
  • Penyelesaiaan : Penjara atau penyelesaiaan secara kekeluargaan.
2. Sekolah a. Kasus bullying antar siswa atau siswi.

  • Penyebab : Watak, merasa lebih kuat maupun senioritas
  • Penyelesaiaan : Guru BK turun tangan, perbaikan watak dan karakter pelaku bullying.

b. Kasus kekerasan yang dilakukan guru terhadap murid tanpa alasan dan tujuan yang jelas.

  • Penyebab : Masalah pribadi yang dibawa kesekolah, tempramen
  • Penyelesaian : Kepala sekolah turun tangan, penyelesaiaan secara kekeluargaan antara guru dan orangtua

c. Tawuran antar kelas, antar tingkatan, maupun antar sekolah.

  • Penyebab : Adu cekcok antar sekolah, masa labil / proses pencarian jati diri yang salah.
  • Penyelesaiaan : Pemberian ilmu agama, perbaikan mental, antar kepala sekolah ikut turun tangan.

d. Guru yang membeda – bedakan siswanya.

  • Penyebab : Watak guru, kurangnya sifat toleran.
  • Penyelesaiaan : Pemahaman oleh orang ketiga terhadap pelaku.

e. Pengkorupsian uang beasiswa oleh guru.

  • Penyebab : Faktor ekonomi, nafsu, kurangnya iman
  • Penyelesaiaan : Peringatan, pemindahan tugas, pemecatan, penjara.
3. Masyarakat a. Tawuran antar RT, RW, antar Kampung

  • Penyebab : Balas dendam, musuh abadi, diadu domba.
  • Penyelesaiaan : Adanya aparat kepolisian sebagai pihak penengah dan pemberi solusi.

b. Penghilangan kebebasan dalam beribadah.

  • Penyebab : Kurangnya sifat toleransi
  • Penyelesaiaan : Pelaku meminta maaf, atau aparat kepolisiaan turun tangan.

c. Pencurian

  • Penyebab : Faktor ekonomi, tingginya sifat konsumtif yang tidak sebanding dengan pemasukan.
  • Penyelesaiaan : Bertaubat, dimasukan dalam sel penjara

d. Pemerkosaan

  • Penyebab : Nafsu birahi, kurangnya iman, tidak memiliki pasangan yang halal, pakaian korban yang memancing nafsu pelaku.
  • Penyelesaiaan : dinikahkan, penjara, bertaubat.

e. Pembunuhan

  • Penyebab : Balas dendam, dendam yang turun temurun, kebencian terhadap suatu individu / kelompok
  • Penyelesaiaan : Penjara, hukuman seumur hidup atau hukuman mati.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tugas Kelompok 1.3 Contoh kasus-kasus pelanggaran HAM dan identifikasi bentuk pelanggaran HAM yang terjadi di lingkungan-lingkungan tersebut Halaman 20-22 Bab 1 (Harmonisasi Hak dan Kewajiban Asasi Manusia dalam Perspektif Pancasila)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tugas Kelompok 1.3 Contoh kasus-kasus pelanggaran HAM dan identifikasi bentuk pelanggaran HAM yang terjadi di lingkungan-lingkungan tersebut Halaman 20-22 Bab 1 (Harmonisasi Hak dan Kewajiban Asasi Manusia dalam Perspektif Pancasila). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Apa perbedaan antara suhu dan kalor?

[Kunci Jawaban] Apa perbedaan antara suhu dan kalor? Pertanyaan: Apa perbedaan antara suhu dan kalor? …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!