Breaking News

Contoh Efektivitas dan Efisiensi yang Terjadi Sebagai Akibat dari Globalisasi

Questions and Answer Key Grade 9 Social Sciences Curriculum 2013 Revised 2018 Activities Individual Effectiveness and Efficiency Example Happens As a result of Globalization Page 126 Chapter 2 (Socio-cultural Change and Globalization) ~ Assalamualikum Semuanya, Kembali lagi Bersama laguasyik.com. Pada Kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Aktivitas Individu Contoh Efektivitas dan Efisiensi yang Terjadi Sebagai Akibat dari Globalisasi Halaman 126 Bab 2 (Perubahan Sosial Budaya dan Globalisasi) Kepada Para Siswa/Siswi Yang melihat Artikel Ini. Yuk, Kita Langsung saja ke Soal dan Jawabannya. ~

Aktivitas Individu

Agar kalian dapat mendeskripsikan dampak positif dari globalisasi, lakukanlah kegiatan berikut!

1. Amatilah dampak positif dari globalisasi yang terjadi di Indonesia!

2. Setelah kamu amati, apa yang ingin kamu ketahui?

3. Carilah informasi mengenai contoh efektivitas dan efisiensi yang terjadi sebagai akibat dari globalisasi di bidang berikut!

  1. Iptek
  2. Komunikasi
  3. Budaya

4. Tulislah jawaban kalian di buku tugas!

5. Kumpulkan hasilnya pada guru!

Efektivitas dan Efisiensi
No. Aspek Contoh
1. IPTEK
  • Membuat mobil : dengan adanya teknologi robot maka mobil bisa dibuat dengan lebih baik dan bermutu (efektif) dan dengan tenaga kerja yang lebih sedikit serta waktu yang lebih singkat (efisien).
  • Pertanian : teknologi bisa membuat hasil panen sesuai dengan target (efektif) dan waktu tanam yang lebih singkat serta tenaga kerja yang lebih sedikit (efisien)
  • Mudahnya akses memperoleh segala informasi yang tak terbatas menggunakan teknologi internet, membuat generasi saat ini semakin terbuka wawasannya. Mereka dapat mengakses informasi-informasi terbaru yang berada di belahan bumi manapun.
  • Teknologi semakin berkembang dan maju dengan pesat dari jaman dahulu ketika revolusi industry. Semua sector seperti kendaraan menjadi lebih canggih dengan mesin mesin yang baru dan kita tak lagi perlu bertemu dengan orang secara langsung untuk bisa berbicara.
2. Komunikasi
  • SMS : Pesan bisa langsung dan tepat ke penerima yang dituju (efektif) & biaya pesan lebih murah dan lebih cepat sampai (efisien)
  • Video Call : Pesan bisa dilakukan secara tatap muka sehingga maksud dan tujuan pesan mudah diterima oleh penerima pesan (efektif) & biaya lebih murah dan cepat (efektif)
  • Mudahnya proses telekomunikasi antara individu atau kelompok dengan individu atau kelompok lainnya di berbagai belahan bumi. Hal ini dikarenakan teknologi telefon pintar sudah semakin canggih. Kini kita dapat berkomunikasi dengan menggunakan fitur “video call”, dimana kita dapat secara langsung bertatap muka menggunakan telefon pintar dalam berkomunikasi.
  • Komunikasi dan informasi yang telah disupport adanya pemanfaatan teknologi yang dapat dikerjakan secara efisien dan gampang. Pada teknologi komunikasi dan informasi telah memberikan efektivitas dan efisiensi yang sangat bermanfaat. TV, radio kini sudah lebih canggih
3. Budaya
  • Festival Budaya Internasional : Bisa membina perdamaian dunia (efektif) & bisa dilakukan dalam waktu yang relatif singkat : misalnya 1 atau 2 hari, hal ini tidak terlepas dari dukungan alat transportasi udara sehingga peserta cepat sampai ditempat festival meskipun berada di negara yang berbeda (efisien).
  • Promosi Budaya Nasional : tujuannya bisa diketahui oleh masyarakat dunia (efektif) & bisa menggunakan iklan di media elektronik dan internet sehingga lebih cepat dilaksanakan (efisien)
  • Penggunaan teknologi musik digital semakin memudahkan pertunjukan-pertunjukan budaya yang sebelumnya menggunakan alat-alat tradisional yang berat, mahal, dan banyak. Dengan teknologi musik digital, musik yang dihasilkan akan sangat bervariasi hanya dengan menggunakan satu alat saja.
  • Untuk bisa mengenalkan budaya kita kinin bisa dengan mudah dengan menggunakan adanya internet yaitu dengan meng uploadnya di youtube dan di tonton oleh banyak orang sehingga secara otomtis akan terpublikasi ke seluruh dunia tanpa batasan. Kita juga dapat mempelajari budaya dari luar negeri dan kita filter dengan mengambil yang baik dan membuang yang buruk.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Aktivitas Individu Contoh Efektivitas dan Efisiensi yang Terjadi Sebagai Akibat dari Globalisasi Halaman 126 Bab 2 (Perubahan Sosial Budaya dan Globalisasi)”, Dan Terima Kasih Sudah Berkunjung Blog Yang Sederhana. Semoga Kunci Jawaban Ini Bisa Membantu Kalian Yang Belum Menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Aktivitas Individu Contoh Efektivitas dan Efisiensi yang Terjadi Sebagai Akibat dari Globalisasi Halaman 126 Bab 2 (Perubahan Sosial Budaya dan Globalisasi). Jika ada Kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun Salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika Ada Pertanyaan Dan Ada Saran Untuk kelebihan dan kekurangan Selain Ini Bisa Komen Di Kolom Komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal dari fosil secara berlebihan? Coba jelaskan!

[Kunci Jawaban] Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!