Coba pikirkan bagian mulut manakah yang berperan dalam pencernaan secara mekanis dan kimiawi

Questions and Answers for Natural Science Class 8 Curriculum 2013 Revised 2017 Which part of the mouth plays a role in mechanical and chemical digestion Page 182 Chapter 4 (Human Digestive System) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bagian mulut manakah yang berperan dalam pencernaan secara mekanis dan kimiawi Halaman 182 Bab 4 (Sistem Pencernaan Manusia) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Ayo, Kita Pikirkan!

Coba pikirkan bagian mulut manakah yang berperan dalam pencernaan secara mekanis dan kimiawi? Coba jelaskan jawabanmu!

Adapun pencernaan makanan dalam rongga mulut terjadi secara mekanik akan dibantu oleh gigi dan lindah. Sedangkan secara kimiawi pencernaan ini dibantu oleh enzim amilase yang ada pada saliva.

  • Gigi

Gigi tersusun oleh dentin dan email. Bagian-bagian gigi yang menyusun adalah mahkota gigi dan akar gigi. Pada umumnya, gigi terbenam dalam rongga tulang rahang dan bentuknya memiliki ukuran berbeda-beda namun memiliki bentuk yang sama disebut dengan homodont. Sedangkan gigi yang memiliki bentuk berbeda-beda sesuai dengan fungsinya disebut dengan heterodont.

Ada berbagai macam bentuk gigi antara lain, gigi seri (incisor), gigi taring (canine), gigi geraham (premolar), dan gigi geraham sejati (molar). Kendati demikian, gigi sangat rentan terhadap kerusakan, dikarenakan di dalam mulut terdapat banyak bakteri selain itu juga makanan yang dimakan akan berpotensi merusak lapisan email gigi.

Hal ini membuat kita perlu untuk merawat gigi dengan baik dan ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar gigi tetap sehat dan terawat yaitu dengan menyikat gigi dan gusi secara rutin. Menggosok gigi sebaiknya dilakukan pada waktu pagi hari dan sebelum tidur, juga setelah makan. Hal ini bertujuan agar menghilangkan partikel makanan yang menempel pada gigi.

  • Lidah

Lidah adalah organ berotot yang menempel pada dasar rongga mulut. Pada permukaan atas lidah banyak terdapat ribuan tonjolan kecil yang disebut papilla, yang banyak terdapat rangkaian kompleks saraf yang membentuk alat indra pengecap dan perasa.

Selain sebagai indra pengecap, lidah juga berfungsi untuk membantu dalam mengunyah makanan. Lidah mampu melumatkan makanan dan menempatkan makanan agar bisa dikunyah dengan baik oleh gigi.

Disamping itu, lidah juga membantu dalam proses menelan makanan, gerakan lidah menyebabkan makanan masuk ke kerongkongan. Yang terakhir, lidah berperan dalam membantu berbicara.

Lidah mampu mendeteksi berbagai rasa makanan yang berbeda, hal ini dikarenakan pada papilla terdapat suatu sel yang peka terhadap rasa. Dimana, untuk rasa manis berada diujung lidah, rasa pahit ada dipangkal belakang lidah, rasa asing terdapat pada bagian samping depan lidah, rasa asam terdapat pada bagian samping belakang, dan bagian tengah lidah sangat peka terhadap rangsang sentuhan dan panas.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bagian mulut manakah yang berperan dalam pencernaan secara mekanis dan kimiawi Halaman 182 Bab 4 (Sistem Pencernaan Manusia)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bagian mulut manakah yang berperan dalam pencernaan secara mekanis dan kimiawi Halaman 182 Bab 4 (Sistem Pencernaan Manusia). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Apa perbedaan antara suhu dan kalor?

[Kunci Jawaban] Apa perbedaan antara suhu dan kalor? Pertanyaan: Apa perbedaan antara suhu dan kalor? …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!