Breaking News

Coba perhatikan struktur tubuh kaktus, apakah kaktus memiliki daun? Di manakah tempat terjadinya fotosintesis pada tumbuhan kaktus?

Questions and Answer Key Natural Sciences Grade 8 curriculum in 2013 Revised 2017 Where are the photosynthesis in plants cactus Page 116 Section 3 (Structure and Function of Plants) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Di manakah tempat terjadinya fotosintesis pada tumbuhan kaktus Halaman 116 Bab 3 (Struktur dan Fungsi Tumbuhan) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Ayo, Kita Pikirkan!

Tahukah kamu tumbuhan kaktus? Jika kamu belum pernah melihatnya perhatikan Gambar 3.8! Coba perhatikan struktur tubuh kaktus, apakah kaktus memiliki daun? Di manakah tempat terjadinya fotosintesis pada tumbuhan kaktus?

Apakah kaktus memiliki daun?

Tanaman kaktus merupakan salah satu tumbuhan yang tumbuh di daerah gurun atau panas. Tumbuhan gurun disebut juga xerofita.

Untuk tetap bertahan hidup di daerah yang panas, penyesuaian diri yang dilakukan oleh tumbuhan-tumbuhannya adalah

  • Bentuk daun seperti duri kecil dengan sedikit stomata. Bentuk daun seperti ini berguna untuk mengurangi penguapan. Tetapi daun pada tanaman kaktus berupa duri karena harus menyesuaikan dirinya di gurun atau di daerah yang panas.
  • Akar yang panjang dan menyebar luas ke dalam tanah. Akar seperti ini berguna untuk memperlebar daerah penyerapan air.
  • Tubuh dilapisi lilin untuk mencegah penguapan berlebih.

Di manakah tempat terjadinya fotosintesis pada tumbuhan kaktus?

Di Batang karena di batang kaktus terdapat zat hijau daun (klorofil) untuk proses fotosintesis pada tumbuhan.

Memang letak klorofil tersebut biasa berada pada daun, tetapi kaktus tidak memiliki daun seperti tumbuhan lainnya melainkan daun berupa duri yang berguna untuk mengurangi proses penguapan.

Oleh karena itu,letak klorofil tidak hanya pada daun tetapi sebenarnya letak klorofil adalah pada bagian tumbuhan yang berwarna hijau.

Karena batang kaktus memiliki warna yg hijau, maka dari itu fotosintesis pada kaktus terjadi pada batangnya tidak pada daunnya.

Proses pembentukan zat makanan oleh tumbuhan yang dikenal dengan fotosintesis ternyata mempunyai perbedaan bagi beberapa golongan tumbuhan. Kaktus, yang dikenal sebagai tanaman hias dan identik dengan habitat yang kering dan tandus, serta morfologi yang berbeda diantara tumbuhan lainnya, ternyata mempunyai mekanismenya yang khas dalam pembuatan makanan dalam hal ini fotosintesis. Fotosintesis merupakan proses pembuatan jenis karbohidrat berupa pati sebagai makananya. Pada umumnya, tumbuhan yang mempunyai kandungan klorofil karena terdapat organel kroroplas dalam selnya mampu berfotosintesis.

Kaktus termasuk dalam famili Cactaceae dan golongan sukulen. Tidak hanya di daerah gurun, kaktus juga bisa ditemukan di daerah yang beriklim tropis dan subtropis. Lingkungan mempengaruhi bentuk adaptasi morfologi dan fisiologi kaktus. Berdasarkan morfologi dan anatominya:

  • Kaktus memiliki duri sebagai modifikasi dari daun yang berfungsi mengurangi penguapan di lingkungan dengan intensitas cahaya matahari tinggi. Selain itu, duri juga berfungsi sebagai alat pertahanan.
  • Batangya dilapisi oleh lapisan lilin
  • Batangnya yang tebal dan banyak menyimpan kandungan air serta kebanyakan mempunyai warna yang hijau. Warna hijau disebabkan karena kandungan klorofil pada batangnya.
  • Pada batang juga ditemukan stomata, karena kebanyakan jenis kaktus tidak mempunyai lembaran daun seperti tumbuhan lain, jadi fungsi daun sebagai tempat fotosintesis dan berlangsungnya pertukaran gas digantikan oleh batangnya yang tebal.
  • Pada batang, terdapat lapisan hipodermis yang menebal terletak dibawah epidermis untuk menyokong tumbuhan. Jaringan pada bagian batang mengandung kloroplas sebagai tempat terjadinya fotosintesis.

Berdasarkan hal tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa kaktus yang morfologinya berbeda dari yang lain bukan berarti kaktus tidak termasuk tumbuhan yang dapat membuat makanannya sendiri. Kaktus tetap saja digolongkan sebagai organisme autotrof karena dapat melakukan fotosintesis.

Hal penting lainnya yang berkaitan dengan bentuk adaptasi fisiologi tanaman kaktus adalah cara kaktus berfotosintesis. Jika tumbuhan lain melakukan fotosintesis di siang hari dengan membukanya stomata daun, konsekuensinya adalah tumbuhan akan kehilangan air dalam bentuk uap air karena uap air akan keluar melalui stomata yang membuka. Kaktus tidak demikian. Jika kaktus melakukan hal itu di siang hari, melihat kondisi lingkunganya yang kurang air maka kaktus bisa kekurangan banyak air. Kematian bisa jadi akibatnya.

Jadi, bagaimana cara kaktus berfotosintesis jika tidak membuka stomata di siang hari untuk mengambil CO2 sedangkan CO2 penting untuk fotosintesis ?

Pada dasarnya cara kaktus berfotosintesis di siang hari hampir sama dengan yang lain seperti penyerapan cahaya ataupun fotofosforilasi. Namun, Kaktus menyerap CO2 disaat malam hari karena disiang hari stomata yang terdapat pada kaktus menutup. Stomata kaktus terbuka saat malam hari sebagai bentuk adaptasinya. Akibatnya mempengaruhi metabolismenya. Metabolisme ini dikenal dengan nama crassulacean acid metabolism atau metabolisme asam crassulacean (CAM). CAM termasuk tumbuhan yang produk awal fiksasi CO2 berupa asam malat yang terbentuk dimalam hari. Adapun tumbuhan CAM mempunyai ciri-ciri umum yaitu:

  • Kebanyakan termasuk tumbuhan sukulen, walaupun tidak semua tumbuhan CAM adalah sukulen.
  • Tidak mempunyai lapisan sel palisade yang teratur
  • Sel mesofil penyusun daun dan ranting merupakan sel bunga karang (spongy)
  • Mempunyai sel bundle sheath, namun tidak jauh berbeda dengan sel mesofil.

Selain famili Crassulaceae, metabolisme CAM ini ditemukan juga pada famili Cactaceae (contohnya kaktus), Orchidaceae, Bromeliaceae, Liliaceae, dan Euphorbiaceae.

Jadi, kaktus sendiri termasuk dalam golongan dengan metabolisme CAM. Sehingga proses fotosintesisnya sedikit berbeda dengan tumbuhan lain.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Di manakah tempat terjadinya fotosintesis pada tumbuhan kaktus Halaman 116 Bab 3 (Struktur dan Fungsi Tumbuhan)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Di manakah tempat terjadinya fotosintesis pada tumbuhan kaktus Halaman 116 Bab 3 (Struktur dan Fungsi Tumbuhan). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal dari fosil secara berlebihan? Coba jelaskan!

[Kunci Jawaban] Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!