Breaking News

Coba kamu identifikasikan peninggalan sejarah berupa benda dan karya seni yang dapat dikategorikan sebagai tinggalan masa proto sejarah. Adakah manfaat dari peninggalan tersebut bagi kehidupan manusia sekarang? Menurut pendapat kamu, bagaimana peninggalan tersebut bisa menyebar ke berbagai wilayah di Indonesia bahkan sampai ke luar wilayah Indonesia?

Questions and Answer Keys for Indonesian History Class 10 Curriculum 2013 Revised 2017 Competency Test Identify problems that you think are interesting to research, namely formulating problems such as where do preliterate humans usually live Page 44-45 Chapter 1 (Traveling Early Civilizations in the Indonesian Archipelago) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Sejarah Indonesia Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Uji Kompetensi Identifikasi permasalahan yang menurut kamu menarik untuk diteliti, yaitu merumuskan masalah seperti dimanakah manusia praaksara biasanya tinggal Halaman 44-45 Bab 1 (Menelusuri Peradaban Awal di Kepulauan Indonesia) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Uji Kompetensi

Coba kamu identifikasikan peninggalan sejarah berupa benda dan karya seni yang dapat dikategorikan sebagai tinggalan masa proto sejarah. Adakah manfaat dari peninggalan tersebut bagi kehidupan manusia sekarang? Menurut pendapat kamu, bagaimana peninggalan tersebut bisa menyebar ke berbagai wilayah di Indonesia bahkan sampai ke luar wilayah Indonesia? Untuk mengerjakan soal di atas maka kamu dapat melakukan beberapa tahapan sebagai berikut:

1. Identifikasi permasalahan yang menurut kamu menarik untuk diteliti, yaitu merumuskan masalah (biasanya dalam bentuk kalimat pertanyaan), seperti dimanakah manusia praaksara biasanya tinggal? Bagaimana mereka bisa mempertahankan kehidupannya? dan lain-lain sebagainya, kamu dapat mendiskusikan dengan teman-teman kamu!

  • Apa pola hidup manusia purba?
  • Bagaimana cara manusia purba mendapatkan makanan?
  • Kapan masa manusia purba bercocok tanam?
  • Siapa manusia purba yang memiliki volume otak 300cc?
  • Mengapa manusia purba menciptakan menhir?

2. Setelah itu carilah sumber-sumber yang menjelaskan tentang permasalahan yang akan diteliti. Caranya dengan mencari dari internet, buku-buku bacaan, kliping koran, foto-foto, ilustrasi dan wawancara dengan tokoh masyarakat yang kamu anggap mengetahui permasalahan.

Masyarakat modern ialah  himpunan orang yang hidup bersama di suatu tempat dengan ikatan-ikatan aturan tertentu yang bersifat mutakhir. Deliar Noer menyebutkan ciri-ciri masyarakat modern :

  • Bersifat rasional,pendapat dan logika
  • Berpikir untuk masa depan yang lebih jauh
  • Menghargai waktu
  • Bersikap terbuka
  • Berpikir obyektif

Masyarakat modern memiliki permasalahan sama halnya masyarakat tradisional yaitu teknologi yang ingin selalu meraka kuasai pada masyarakat tradisional adalah teknologi yang muncul sulit untuk mereka kuasai.

3. Setelah kamu temukan sumber-sumber tersebut, lakukan perbandingan antara sumber yang satu dengan yang lain untuk mencari kebenaran. Jika dari bacaan terdapat dua atau lebih sumber yang menyatakan hal yang sama maka bisa saja kita anggap sumber tersebut mendekati kebenaran.

Pesawat tanpa awak gantikan tukang pos.

DHL dilaporkan sedang menguji coba kinerja drone yang dapat digunakan untuk mengirim barang, seperti obat-obatan ke lokasi terpencil. Dalam uji coba ini, DHL menggunakan quadcopter mungil untuk mengantar paket obat dari apotik yang berlokasi di dekat kantor pusat DHL, Bonn City. 

Mengutip laman Mail Online, Selasa (10/12/2013), Drone tersebut dapat membawa barang hingga tiga kilogram dan memiliki empat baling-baling, sementara drone milik Amazon dilengkapi delapan baling-baling.

Drone milik DHL yang dijuluki ‘Paketkopter’ ini terbang pada ketinggian 50 meter dan berhasil menempuh perjalanan satu kilometer. Dan hebatnya, pesawat yang dikendalikan dengan remote control itu mampu menyelesaikan perjalanan hanya dalam waktu dua menit. Drone ini juga dilengkapi GPS

Produk Amazon ini belum terealisasikan lantaran belum disetujui oleh Pemerintah AS. Namun Pihak Amazon bersikeras menggunakan produk ini untuk 5 tahun kedepan.

4. Apabila di daerah tempat tinggal kamu terdapat peninggalan sejarah yang diduga tinggalan masa praaksara, kamu bersama teman-teman dapat mengunjungi situs tersebut untuk meyakinkan pendapat kamu. Setelah itu barulah kamu rumuskan dalam bentuk tulisan yang runtut sekitar 3 – 5 lembar tulisan.

Madura, pulau ini juga memilki sejarah. Namun sejarah ini dibagi menjadi dua daerah Barat dan Timur.

Dalam sebuah legenda disebutkan bahwa sejarah Madura barat bermula dari munculnya seorang raja dari Gili Mandangin (lebih dikenal sebagai Pulau Kambing) di daerah Sampang. Nama raja tersebut adalah Lembu Peteng yang masih merupakan putra Majapahit hasil perkawinan dengan putri Islam asal Campa. Lembu Peteng juga seorang santri Sunan Ampel. Dan, Lembu Peteng-lah yang dikenal sebagai penguasa Islam pertama di Madura Barat.Ditemukan bukti  bahwa sebelum Islam, Madura sudah merupakan bagian dari kekuasaan Singhasari dan Majapahit. Bukti peninggalan sejarahnya : sebuah lingga ditemukan di Desa Kemoning yang memuat inskripsi.

Fragmen bangunan kuno (semacam situs candi) yang oleh masyarakat setempat dianggap reruntuhan kerajaan kecil. Juga ditemukan reruntuhan gua yang dikenal masyarakat dengan nama Somor Dhaksan, lengkap dengan candhra sengkala memet bergambar dua ekor kuda mengapit raksasa.

  • Arca siwa dan Arca laki-laki di Desa Patengteng, Kecamatan Modung
  • Arca Dhayani Budha di Desa Dlamba Daja dan Desa Rongderin, Kecamatan Tanah Merah

Temuan lainnya berupa dua buah arca ditemukan di Desa Sukolilo Barat Kecamatan Labang. Selain itu juga ditemuakan arca lainnya di pusat kota Bangkalan.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Sejarah Indonesia Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Uji Kompetensi Identifikasi permasalahan yang menurut kamu menarik untuk diteliti, yaitu merumuskan masalah seperti dimanakah manusia praaksara biasanya tinggal Halaman 44-45 Bab 1 (Menelusuri Peradaban Awal di Kepulauan Indonesia)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Sejarah Indonesia Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Uji Kompetensi Identifikasi permasalahan yang menurut kamu menarik untuk diteliti, yaitu merumuskan masalah seperti dimanakah manusia praaksara biasanya tinggal Halaman 44-45 Bab 1 (Menelusuri Peradaban Awal di Kepulauan Indonesia). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Dalam lahan parkir suatu sekolah, 21 dari 25 sepeda yang terparkir tidak memiliki boncengan di belakang. Persentase dari sepeda yang tidak memiliki boncengan di belakang adalah

[Kunci Jawaban] Dalam lahan parkir suatu sekolah, 21 dari 25 sepeda yang terparkir tidak memiliki …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!