Breaking News

Coba kamu diskusikan, mengapa manusia purba membuat peralatan dari bahan batu, kayu, dan tulang?

Questions and Answer Keys Indonesian History Class 10 Curriculum 2013 Revised 2017 Competency Test Why early humans made tools from stone, wood, and bone Page 68 Chapter 1 (Traveling Early Civilizations in the Indonesian Archipelago) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Sejarah Indonesia Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Uji Kompetensi Mengapa manusia purba membuat peralatan dari bahan batu, kayu, dan tulang Halaman 68 Bab 1 (Menelusuri Peradaban Awal di Kepulauan Indonesia) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Uji Kompetensi

1. Coba kamu diskusikan, mengapa manusia purba membuat peralatan dari bahan batu, kayu, dan tulang?

Manusia purba membuat peralatan dari bahan batu, kayu, dan tulang karena:

  • Peralatan digunakan manusia dalam kehidupannya untuk berburu dan mengolah makanan
  • Bahan-bahan tersebut mudah didapat dan mudah dibentuk
  • Manusia saat itu belum menemukan cara pembuatan alat dari logam dan gerabah

Peralatan yang pertama kali digunakan oleh manusia terbuat dari kayu, batu dan tulang. Penyebabnya adalah material atau bahan ini mudah ditemukan. Batu dapat mudah ditemui di aliran sungai. Kayu didapat dari pepohonan. Sedangkan tulang didapat dari hewan yang dimangsa.

Selain itu, bahan kayu, batu dan tulang mudah dibentuk. Batu dapat dibuat menjadi kapak genggam dengan membelah batu sesuai retakanya. Batu kemudian bisa diasah menjadi tajam dengan dipotong tepiannya. Tulang dapat dilubangi dan dipotong dengan mudah menggunakan batu menjadi peralatan seperti sisir, jarum dan mata panah. Alat-alat ini menjadi alat-alat awal manusia.

Penggunaan alat batu dan tulang berkurang seiring dengan kemajuan peradaban manusia.

Pada masa Neolitikum (Jaman Batu Muda) manusia mulai mengembangkan alat dari tanah liat berupa gerabah. Alat dari tanah liat lebih mudah dibentuk dan lebih beragam hasilnya. Alat tanah liat pertama berupa tempat penyimpanan makanan dan sabit dari tanah liat untuk memanen tanaman.

Kemudian pada masa Jaman Perunggu dan Jaman Besi, manusia menemukan metalurgi, atau pengolahan logam. Dengan adanya alat logam yang lebih kuat dan awet, penggunaan alat dari batu dan tulang hampir hilang, sedang alat kayu mulai berkurang dan digunakan bersama dengan alat logam.

2. Peralatan yang dibuat oleh manusia purba dari batu dapat digunakan sebagai alat serba guna, coba jelaskan dan beri contoh!

Peralatan yang dibuat oleh manusia purba dari batu dapat digunakan sebagai alat serbaguna hal tersebut dikarenakan pada masa praaksara dulu perkakas yang dapat dihasilkan masih sangat sederhana dan manusia saat itu belum mampu untuk mengembangkan peralatan yang lebih canggih (lebih efektif) dari batu.

3. Coba kamu inventarisir alat-alat manusia purba pada zaman batu dan masukkan ke dalam tabel di bawah ini :

No. Nama Alat Kegunaan Daerah Temuan Gambar/Lukisan
1. Kapak Perimbas Benda ini digunakan untuk memahat, merimbas kayu dan tulang untuk dijadikan senjata. Alat ini ditemukan di daerah Pacitan (Jawa Tengah), serta di daerah Gombong (jawa Tengah), Sukabumi (Jawa Barat), Lahat (Sumatera Selatan)
2. Kapak Genggam Alat ini digunakan untuk menguliti dan memotong hewan buruan dan juga digunakan sebagai alat penggali tanah dalam mencari umbi-umbian. Kapak ini banyak ditemukan di daerah Pacitan.
3. Flakes Kegunaan alat ini adalah untuk mengupas makanan, untuk berburu binatang, menangkap ikan, dan mengumpulkan ubi dan buah-buahan. Ditemukan di daerah Punung dan Ngandong (Jawa Timur), Pacitan, Sangiran dan Gombong (Jawa Tengah)
4. Peralatan dari tulang binatang atau tanduk rusa Alat ini berfungsi sebagai alat pengorek ubi di dalam tanah, berburu, dan menangkap ikan. Alat ini ditemukan di daerah Ngandong
5. Kapak Persegi Beliung atau kapak persegi yang berukuran besar digunakan untuk mencangkul sedangkan yang kecil digunakan untuk mengukir atau memahat.  
6. Kapak Lonjong Kapak ini juga digunakan dalam kegiatan berburu hewan untuk makanan manusia purba. Sebagian besar peninggalan kapak lonjong ditemukan di daerah Papua.
7. Gerabah Fungsi gerabah ini adalah sebagai alat untuk menyimpan makanan dan juga alat saji. Peninggalan gerabah ditemukan di Kaliumpang (Sulawesi), pantai selatan Jawa dan Melolo, daerah Sumba.
8. Menhir Sebagai tanda kubur masyarakat tradisi megalitik di daerah Limapuluhkoto yang masih memuja dan menghormati arwah nenek moyang mereka dengan jalan memberikan hiasan-hiasan pada setiap media yang berfungsi sebagai tanda kubur. Banyak ditemukan di daerah Sulawesi Tengah, Sumatera dan Kalimantan.
9. Arca Batu Digunakan untuk kegiatan upacara keagamaan pada zaman Megalitikum Arca pada zaman batu ini sebagian besar ditemukan di wilayah Lampung, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Sumatera Selatan.

4. Setelah selesai mengisi tabel di atas, kamu lukiskan dalam bentuk peta persebaran peralatan manusia purba!

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Sejarah Indonesia Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Uji Kompetensi Mengapa manusia purba membuat peralatan dari bahan batu, kayu, dan tulang Halaman 68 Bab 1 (Menelusuri Peradaban Awal di Kepulauan Indonesia)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Sejarah Indonesia Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Uji Kompetensi Mengapa manusia purba membuat peralatan dari bahan batu, kayu, dan tulang Halaman 68 Bab 1 (Menelusuri Peradaban Awal di Kepulauan Indonesia). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

Kata Kunci:

  • https://laguasyik com/coba-kamu-diskusikan-mengapa-manusia-purba-membuat-peralatan-dari-bahan-batu-kayu-dan-tulang/

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Emilia akan menggunakan petunjuk yang tertera pada kemasan sirup rasa melon.“Tambahkan 13 cangkir air untuk setiap 2 cangkir sirup rasa melon.” Di antara proporsi berikut yang dapat digunakan untuk menentukan w, banyak cangkir air yang harus Emilia tambahkan untuk 5 cangkir sirup rasa melon adalah

[Kunci Jawaban] Emilia akan menggunakan petunjuk yang tertera pada kemasan sirup rasa melon. “Tambahkan 13 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!