Breaking News

Coba jelaskan bagaimana buluh serbuk ini dapat tumbuh dan bergerak menuju tempat sel ovum secara tepat?

Questions and Answers for Natural Science Class 9 Curriculum 2013 Revision 2018 Try to explain how this powder reed can grow and move to the proper place of the ovum cells? Page 72 Chapter 2 (The Breeding System of Plants and Animals) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Coba jelaskan bagaimana buluh serbuk ini dapat tumbuh dan bergerak menuju tempat sel ovum secara tepat? Halaman 72 Bab 2 (Sistem Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Ayo, Kita Cari Tahu

Kamu telah mengetahui mekanisme penyerbukan dan pembuahan. Sel buluh serbuk akan tumbuh terus menuju bakal biji memberikan jalan bagi inti sel sperma untuk membuahi sel telur. Coba jelaskan bagaimana buluh serbuk ini dapat tumbuh dan bergerak menuju tempat sel ovum secara tepat? Kamu dapat mencari informasi dari buku, artikel, majalah, maupun internet! Petunjuk: kaitkan dengan bakal biji, sinyal kimia (protein dan asam aminobutirat), dan gerak kemotaksis.

Reproduksi pada tumbuhan terbagi menjadi 2 jenis yaitu reproduksi secara generatif dan reproduksi secara vegetatif. Reproduksi secara generatif dapat dilakukan dengan alat perkembangbiakan yang terdapat pada bunga, sedangkan reproduksi vegetatif dapat dilakukan oleh hampir semua organ tanaman.

Buluh serbuk sari dapat tumbuh dan bergerak menuju tempat sel ovum secara tepat karena adanya senyawa kimia yang dihasilkan ovum. Bergeraknya buluh serbuk sari tersebut disebut dengan kemotaksis. Kemotaksis adalah gerak seluruh tubuh dipengaruhi arah datangnya rangsang. Contoh lainnya adalah gerak sel sperma menuju ke sel telur.

Mekanisme bagaimana cara buluh serbuk sari dapat tumbuh dan bergerak menuju sel ovum secara tepat dapat dijelaskan sebagai berikut ini:

  • Serbuk sari akan jatuh di kepala putik
  • Serbuk sari akan menyerap nectar atau madu sehingga memicu serbuk sari pecah dan berkecambah membentuk buluk serbuk sari.
  • Buluh serbuk sari akan terus memanjang membawa serta 3 inti serbuk sari yaitu inti vegetatif, inti generatif 1 dan inti generatif 2.
  • Serbuk sari akan memanjang menuju ke tangkai putik dan terus berjalan menuju ke bakal biji karena ada rangsangan kimia yang keluarkan oleh ovum diterima oleh inti vegetatif, inti generatif 1 dan inti generatif 2.
  • Setelah sampai di mikrofil, maka inti generatif 1 akan melebur dengan ovum membentuk zigot
  • Kemudian inti generatif 2 akan melebur dengan inti kandung lembaga sekunder dan membentuk endosperma.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Coba jelaskan bagaimana buluh serbuk ini dapat tumbuh dan bergerak menuju tempat sel ovum secara tepat? Halaman 72 Bab 2 (Sistem Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Coba jelaskan bagaimana buluh serbuk ini dapat tumbuh dan bergerak menuju tempat sel ovum secara tepat? Halaman 72 Bab 2 (Sistem Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

Kata Kunci:

  • https://laguasyik com/coba-jelaskan-bagaimana-buluh-serbuk-ini-dapat-tumbuh-dan-bergerak-menuju-tempat-sel-ovum-secara-tepat/

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Sebagaimana diketahui energi yang dihasilkan untuk satu gram lemak lebih besar dibandingkan dengan energi yang dihasilkan oleh 1 gram karbohidrat. Namun, karbohidrat dijadikan sebagai sumber energi utama. Bagaimana analisis kamu mengenai hal tersebut? Coba jelaskan!

[Kunci Jawaban] Sebagaimana diketahui energi yang dihasilkan untuk satu gram lemak lebih besar dibandingkan dengan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!