Coba analisislah keterkaitan antara luas permukaan (A) pada gigi seri, gigi taring, dan gigi geraham dengan tekanan (p) yang dihasilkan, serta fungsi dari masing-masing jenis gigi saat melakukan pencernaan secara mekanis!

Questions and Answers for Natural Science Class 8 Curriculum 2013 Revision 2017 Do you remember the material about force (F) and pressure (p) Page 182 Chapter 4 (Human Digestive System) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Masih ingatkah kamu materi tentang gaya (F) dan tekanan (p) Halaman 182 Bab 4 (Sistem Pencernaan Manusia) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Ayo, Kita Diskusikan

Masih ingatkah kamu materi tentang gaya (F) dan tekanan (p)? Perhatikan struktur gigi pada Gambar 4.12! Bersama kelompokmu, coba analisislah keterkaitan antara luas permukaan (A) pada gigi seri, gigi taring, dan gigi geraham dengan tekanan (p) yang dihasilkan, serta fungsi dari masing-masing jenis gigi saat melakukan pencernaan secara mekanis!

Materi mengenai kaitan antara Gaya (F), tekanan (P) dan luas permukaan (A) dapat di rumuskan sebagai berikut :

P= F/A.  P = merupakan tekanan yang dihasilkan

             F = Gaya yang diberikan

             A =  luas permukaan benda

Pada saat gaya yang diberikan sama, maka luas permukaan berperan besar dalam menentukan besar kecilnya tekanan yang di hasilkan. Semakin besar luas permukaan, maka tekanan yang dihasilkan akan semakin menurun. Jika semakin kecil luas permukaan maka tekanan yang dihasilkan akan semakin besar. 

Contoh paling sederhana bisa terlihat saat kita menggigit lengan teman kita. Dengan menggunakan 3 jenis gigi (geraham,seri dan taring) maka gigitan akan paing sakit jika dilakukan dengan menggunakan gigi taring. Karena tekanan yang dihasilkan paling besar (sebagai akibat dari sempitnya bidang permukaan). Jika digigit dengan menggunakan gigi seri, maka rasa sakitnya adalah sedang dan paling tidak terasa sakit jika digigit dengan gigi geraham. 

Penjelasan

Pengamatan pada gigi seri, taring dan geraham membuktikan bahwa: luas permukaan gigi geraham lebih luas di bandingkan dengan gigi seri, gigi seri mempunyai luas permukaan lebih luas di bandingkan dengan gigi taring (gigi geraham > gigi seri > gigi taring),sehingga menghasilkan tekanan (gigi geraham < gigi seri < gigi taring).  Sehingga dapat dikatakan bahwa 

  1. Gigi geraham yang permukaannya luas menghasilkan tekanan paling rendah di bandingkan gigi seri dan gigi taring. Gigi geraham sangat sesuai untuk fungsi mengunyah makanan.
  2. Gigi seri mempunyai luas permukaan menengah sehingga menghasilkan tekanan yang sedang. Sangat sesuai untuk fungsi memotong makanan
  3. Gigi taring dengan permukaan yang sempit menghasilkan tekanan yang kuat saat menggigit. Gigi taring sangat sesuai untuk fungsi merobek makanan.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Masih ingatkah kamu materi tentang gaya (F) dan tekanan (p) Halaman 182 Bab 4 (Sistem Pencernaan Manusia)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Masih ingatkah kamu materi tentang gaya (F) dan tekanan (p) Halaman 182 Bab 4 (Sistem Pencernaan Manusia). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Kalor lebur es adalah 80 kal/g. Apa maksudnya?

[Kunci Jawaban] Kalor lebur es adalah 80 kal/g. Apa maksudnya? Pertanyaan: 3. Kalor lebur es …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!