Ceritakan kembali peristiwa sebelum proklamasi dilaksanakan dalam bentuk tulisan

Questions and Answer Keys for PPKN Class 7 Curriculum 2013 Revised 2016 Activity 6.2 Retell the events before the proclamation was carried out in written form Page 143 Chapter 6 (Regions within the Framework of the Unitary State of the Republic of Indonesia) ~ Assalamualikum Semuanya, Kembali lagi Bersama laguasyik.com. Pada Kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Aktivitas 6.2 Ceritakan kembali peristiwa sebelum proklamasi dilaksanakan dalam bentuk tulisan Halaman 143 Bab 6 (Daerah dalam Kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia) Kepada Para Siswa/Siswi Yang melihat Artikel Ini. Yuk, Kita Langsung saja ke Soal dan Jawabannya. ~

Aktivitas 6.2

1. Ceritakan kembali peristiwa sebelum proklamasi dilaksanakan dalam bentuk tulisan.

Setelah bocornya berita kekalahan Jepang terhadap Sekutu yang pertama kali didengar oleh Sutan Syahrir. Maka, golongan muda mendesak Sukarno mengambil kesempatan yang ada untuk segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Namun, atas pengaruh Jepang, Sukarno tidak ingin tergesa-gesa memproklamasikan kemerdekaan. Karena demikian, Sukarno dan Moh. Hatta dibawa secara diam-diam ke Rengasdengklok untuk diamankan dari pengaruh Jepang. Hal ini disebut peristiwa Rengasdengklok.

2. Mengapa terjadi ketegangan antara golongan pemuda dan golongan tua dalam menentukan proklamasi?

Ketegangan antara golongan muda dan golongan tua terjadi dalam proses menentukan kapan dan dimana proklamasi dilakukan. Golongan tua atas pimpinan Sukarno tidak memberikan keseriusan dalam memproklamasikannya, sehingga terjadilah Peristiwa Rengasdengklok. Dari peristiwa Rengasdengklok ini, golongan tua akhirnya mau mengikuti saran golongan muda yang pada pukul 23.00 tanggal 16 Agustus 2019 mulailah dirumuskan teks Proklamasi di Rumah Laksamana Muda Maeda.

3. Sebutkan minimal empat tokoh pendiri negara dengan perannya masing- masing dalam peristiwa proklamasi.

Empat tokoh pendiri negara dalam proses perumusan teks proklamasi dan menjelang kemerdekaan, yaitu sebagai berikut :

  • Soekarno, sebagai penulis naskah proklamasi pada kertas yang nantinya akan diketik ulang.
  • Hatta & Ahmad Soebardjo, mendampingi Sukarno dan memberikan ide-ide mengenai isi teks agar singkat, padat, dan jelas.
  • Sayuti Melik, sebagai pengetik ulang draft (rancangan) naskah proklamasi yang pada saat itu masih menggunakan mesin ketik.
  • Ibu Fatmawati, sebagai penjahit bendera merah putih.
  • Laksama Maeda, sebagai orang yang meminjamkan rumahnya dalam proses perumusan teks proklamasi.

Buatlah tulisan menarik yang berisi aktivitas 6.2 tersebut. Kumpulkan kepada guru kalian.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Aktivitas 6.2 Ceritakan kembali peristiwa sebelum proklamasi dilaksanakan dalam bentuk tulisan Halaman 143 Bab 6 (Daerah dalam Kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia)”, Dan Terima Kasih Sudah Berkunjung Blog Yang Sederhana. Semoga Kunci Jawaban Ini Bisa Membantu Kalian Yang Belum Menjawab Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Aktivitas 6.2 Ceritakan kembali peristiwa sebelum proklamasi dilaksanakan dalam bentuk tulisan Halaman 143 Bab 6 (Daerah dalam Kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia). Jika ada Kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun Salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika Ada Pertanyaan Dan Ada Saran Untuk kelebihan dan kekurangan Selain Ini Bisa Komen Di Kolom Komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Apa perbedaan antara suhu dan kalor?

[Kunci Jawaban] Apa perbedaan antara suhu dan kalor? Pertanyaan: Apa perbedaan antara suhu dan kalor? …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!