Breaking News

Carilah peta yang menggambarkan negara bagian di Australia. Tulislah negara-negara bagian tersebut dan ibukotanya pada tabel berikut ini?

Questions and Answer Key Grade 9 Social Sciences Curriculum 2013 Revised 2018 Look for a map illustrating state in Australia. Write the states and their capitals in the following table? Page 48 Chapter 1 (Interaction Between Asian Countries and Other Countries) ~ Assalamualikum Semuanya, Kembali lagi Bersama laguasyik.com. Pada Kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Carilah peta yang menggambarkan negara bagian di Australia. Tulislah negara-negara bagian tersebut dan ibukotanya pada tabel berikut ini? Halaman 48 Bab 1 (Interaksi Antar Negara Asia dan Negara Lainnya) Kepada Para Siswa/Siswi Yang melihat Artikel Ini. Yuk, Kita Langsung saja ke Soal dan Jawabannya. ~

Aktivitas Kelompok

1. Carilah peta yang menggambarkan negara bagian di Australia. Tulislah negara-negara bagian tersebut dan ibukotanya pada tabel berikut ini?

No. Nama Negara Bagian Ibu Kota
1. New South Wales Sydney
2. Victoria Melbourne
3. Queensland Brisbane
4. Australia Selatan Adelaide
5. Australia Barat Perth
6. Tasmania Hobart
7. Australia Utara Darwin

2. Kondisi alam Australia membawa pengaruh terhadap komoditas yang dihasilkannya. Deskripsikanlah hubungan antara keadaan alam Australia dan komoditas yang dihasilkannya!

Australia adalah negara yang sebagian besar berupa daratan disertai pegunungan. Australia juga memiliki banyak sungai dan danau. Secara umum, tanahnya bersifat subur dan cocok untuk pertanian. Daerah yang lebih kering cocok untuk dijadikan peternakan. Dengan kondisi alam yang demikian, Australia terbukti mampu memanfaatkan lahan beserta iklimnya untuk pertanian seperti Gandum, Padi, Anggur, Gula, dan Buah-buahan. Sedangkan hasil Peternakan diantaranya Sapi dan Domba.

Sumber daya alam terutama pada hewan dan tumbuhan yang berada di australia adalah hewan dan tumbuhan yang mampu beradaptasi pada kondisi kering. Seperti hutan eukaliptus, rumput hummock, semak belukar, dan hutan akasia. Dengan kondisi padang rumput yang luas memungkinkan para penduduk australia untuk mengembangkan atau melakukan kegiatan peternakan.

  • Komoditas buah-buahan tropis seperti : nanas, mangga dan nanas banyak ditanam di wilayah utara Australia yang beriklim tropis.
  • Sedangkan biri-biri banyak diternakan di wilayah padang rumput di bagian timur dan barat wilayah Australia.
  • Untuk perikanan banyak diusahakan di wilayah pantai New South Wales dan Australia selatan yang kaya dengan ikan.
  • Pertanian Gandum ditanam di daerah Australia selatan, Australia Barat, Victoria sampai ke Queensland yang beriklim subtropis dan sedang.
  • Peternakan sapi hampir diusahakan seluruh negeri tetapi paling banyak di negara bagian Queensland yang memiliki padang rumput yang luas.
  • Minyak Bumi banyak ditemukan di Amadeus, Carnarvon, Browse, Bonaparte dan kota-kota lain dengan kapasitas produksi yang lebih kecil.

3. Kondisi alam Australia juga mempengaruhi distribusi penduduk Australia. Deskripsikanlah hubungan antara kondisi alam Australia dengan sebaran penduduknya!

Saat ini penduduk Australia mencapai 22 juta jiwa dengan sebagian besar tinggal di daerah perkotaan mencapai 85% dan sebanyak 15% hidup pedesaan. Sydney merupakan kota paling banyak penduduknya yang mencapai 4,3 juta jiwa, selanjut kota yang juga memiliki banyak penduduk adalah : Melbourne, Brisbane, Perth dan Adelaide. Penduduk Australia sebagian besar tinggal di dekat pantai sedangkan bagian dalam benua memiliki sedikit penduduk karena merupakan wilayah gurun yang kering.

Penduduk juga terkonsentrasi di wilayah peternakan dan memiliki padang rumput yang luas seperti New South Wales, Australia Barat, Victoria dan Queensland.

  • Bentuk Muka Bumi Australia

Di sana ada 4 jenis muka bumi, adalah : Plato, dataran rendah tengah, dataran tinggi timur dan dataran pantai. Lokasi dataran pantai bisa ditemukan di negara bagian Queensland dan Victoria yang menjadi wilayah paling padat penduduknya di Australia.

Sementara lokasi dataran tinggi timur (the great dividing range) berada di wilayah timur Australia dengan bentuk memanjang dari Cape York Peninsula sampai ke daerah Tasmania dengan panjang mencapai 3.500 km. Daerah ini berbentuk lembah-lembah dengan jurang-jurang yang curam tetapi tanah subur.

Dataran rendah tengah memiliki luas 1/4 wilayah Australia dengan tinggi permukaan tanah rata-rata 200 m di atas permukaan laut. Dataran ini sangat kering dan panas seperti gurun yang tersusun dari batuan yang sudah tua.

Plato mencapai 1/3  luas Australia yang tersusun dari batuan beku purba dengan iklim yang kering atau semi kering.

  • Kondisi alam Australia

Kondisi alam Australia juga mempengaruhi distribusi penduduk Australia. Kondisi wilayah bagian timur dan selatan Australia sangat subur dan memiliki curah hujan banyak, serta lokasi di pesisir memudahkan transportasi barang. Akibatnya wilayah ini sangat padat penduduk dan kota besar di Australia terletak di wilayah ini.

Kondisi wilayah bagian timur dan selatan Australia sangat subur dan memiliki curah hujan banyak, serta lokasi di pesisir memudahkan transportasi barang. Akibatnya wilayah ini sangat padat penduduk dan kota besar di Australia terletak di wilayah ini. Sebaliknya kondisi wilayah pedalaman dan bagian barat Australia berupa gurun yang kering dan tandus, sehingga tidak banyak orang yang tinggal di tempat ini.

Sebaliknya kondisi wilayah pedalaman dan bagian barat Australia berupa gurun yang kering dan tandus, sehingga tidak banyak orang yang tinggal di tempat ini.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Carilah peta yang menggambarkan negara bagian di Australia. Tulislah negara-negara bagian tersebut dan ibukotanya pada tabel berikut ini? Halaman 48 Bab 1 (Interaksi Antar Negara Asia dan Negara Lainnya)”, Dan Terima Kasih Sudah Berkunjung Blog Yang Sederhana. Semoga Kunci Jawaban Ini Bisa Membantu Kalian Yang Belum Menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Carilah peta yang menggambarkan negara bagian di Australia. Tulislah negara-negara bagian tersebut dan ibukotanya pada tabel berikut ini? Halaman 48 Bab 1 (Interaksi Antar Negara Asia dan Negara Lainnya). Jika ada Kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun Salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika Ada Pertanyaan Dan Ada Saran Untuk kelebihan dan kekurangan Selain Ini Bisa Komen Di Kolom Komentar.

About Muhammad

Check Also

Kunci Jawaban] Kelompokkan energi ke dalam kelompok sumber energi yang dapat diperbarui dan tidak dapat diperbarui. (Coret yang salah)

Kunci Jawaban] Kelompokkan energi ke dalam kelompok sumber energi yang dapat diperbarui dan tidak dapat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!