Carilah minimal tiga berita utama yang isinya sama dari tiga media yang berbeda!

  • 4 min read
  • Agu 16, 2021

Questions and Answer Key Indonesian Grade 12 curriculum in 2013 Revised 2018 Look for a minimum of three headlines which are identical from three different media Page 96 Chapter 3 (Understanding the Latest Issue By Editorial) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Carilah minimal tiga berita utama yang isinya sama dari tiga media yang berbeda Halaman 96 Bab 3 (Memahami Isu Terkini Lewat Editorial) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Tugas

1. Carilah minimal tiga berita utama yang isinya sama dari tiga media yang berbeda!

2. Tulislah peristiwa yang terdapat dalam ketiga teks berita tersebut!

3. Identifikasilah fakta/peristiwa yang terdapat dalam ketiga teks berita tersebut!

4. Berdasarkan peristiwa dan fakta yang sudah kamu kumpulkan, susunlah isu yang aktual, fenomenal, dan kontroversial!

Berita utama 1

Sumber : Tribun News

Kepsek SMAN 87 Dengar Pengakuan Murid soal Guru N Diduga Sebarkan Pesan Anti-Jokowi

Kepala Sekolah SMA Negeri 87 Jakarta, Patra Patiah, memberikan penjelasan terkait kabar guru agama SMA diduga menyebarkan pesan anti-Jokowi di hadapan murid.

Patra menjelaskan hal itu berawal pada Kamis (4/10/2018), ada yang mengirimkan sms dari nomor tak dikenal kepadanya, tentang pengaduan kepada guru yang dalam pengajaran dikatakan menyimpang.

Patra baru menjawab setelah SMS ke tiga, karena harus menafsirkan pesan itu secara seksama. Ia membalas kepada nomor yang mengadukan akan menindaklanjuti laporan tersebut pada Senin (8/10/2018).

Patra pun membentuk tim yang terdiri dari para wakil kepala sekolah untuk menginvestigasi masalah tersebut.

“Tolong selidiki pengaduan ini kebenarannya. Ambil sampel beberapa siswa yang diajarkan guru yang bersangkutan,” ujarnya di depan ruangannya di Jalan Mawar Bintaro II, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Rabu (10/10/2018).

“Ada beberapa murid yang saya ambil sampel, tidak semua, namun ada murid yang menyatakan beliau suka berpolitik. Nah berpolitik ini saya tidak paham, karena saya tidak pernah masuk ketika dia mengajar,” tambahnya.

Patra pun memanggil guru yang bersangkutan setelah mendapat data pendukung dari hasil

keterangan sampel para pelajar.

Ia menegaskan kepada guru agama itu, bahwa sekolah bukanlah tempat untuk menyampaikan pendapat tentang pilihan politik dan mengajak para muridnya.

“Saya sampaikan bahwa ibu salah dalam hal ini, dan beliau menerima, beliau meminta maaf kepada saya, kemudian menyatakan tidak akan mengulangi lagi,” jelasnya.

Ia pun mengaku sudah melaporkan peristiwa teraebut hingga ke Dinas Pendidikan untuk tindaklanjutnya.

Berita utama 2

Sumber : Kompas

Guru SMAN 87 Jakarta Akhirnya Minta Maaf kepada Presiden Jokowi

Seorang guru agama di SMAN 87 Jakarta, NK (sebelumnya disebut N), dilaporkan telah memberi doktrin anti Presiden Joko Widodo atau Jokowi kepada murid-muridnya dalam kegiatan belajar mengajar. Kepala Sekolah SMAN 87 Jakarta, Patra Patiah, mengatakan dia telah memeriksa NK.

Walau membantah telah memberi doktrin anti Presiden, NK tetap meminta maaf.

“Beliau sudah meminta maaf,” kata Patra di SMAN 87 Jakarta, Rabu (10/10/2018).

NK menolak diwawancarai wartawan. Melalui Patra, ia menyampaikan secarik surat bermeterai berisi permohonan maaf.

Berikut isi suratnya:

Menyatakan bahwa:

1. Paska gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah saya melakukan refleksi pembelajaran di masjid dengan menggunakan media video tentang bencana gempa dan tsunami

2. Selama dan setelah pemutaran video saya memberikan penjelasan/komentar tentang isi video. Ada kemungkinan saya salah ucap atau siswa salah mempersepsikan kalimat-kalimat penjelasan saya.

3. Sehubungan dengan itu, sebagai manusia yang tidak luput dari khilaf dan salah, dengan hati yang tulus saya meminta maaf kepada seluruh masyarakat yang merasa dirugikan dengan kejadian ini, khususnya kepada Bapak Presiden Jokowi yang terbawa-bawa dalam masalah ini, dan juga kepada teman-teman wartawan. Saya berjanji akan lebih berhati-hati di masa yang akan datang, agar ucapan dan tindakan saya tidak menyinggung siapa pun.

4. Saya mohon kepada teman-teman wartawan untuk menyebarluaskan permohonan maaf saya ini melalui media.

5. Saya juga mohon maaf kepada keluarga besar SMA Negeri 87 Jakarta yang merasa dirugikan atas kejadian ini, karena kejadian ini seharusnya tidak menyangkut institusi SMA Negeri 87 Jakarta.

Kepala Seksi Pendidikan Menengah Suku Dinas Pendidikan Wilayah 1 Jakarta Selatan Hermanto mengatakan, permohonan maaf itu disampaikan NK lantaran ia terkejut dan tidak bisa berkata-kata.

“Ibunya dari tadi nangis terus. Saya bilang tulis saja, ketik. Dia sangat syok. Kami sarankan minta maaf saja kalau menyesalkan, sekalian viralkan,” kata Hermanto.

Menurut Hermanto, NK harus menjalani pemeriksaan yang dilakukan kepala sekolah. Hasil pemeriksaan itu disampaikan ke Dinas Pendidikan DKI Jakarta. Jika terbukti bersalah, Kepala Dinas Pendidikan menjatuhkan hukuman disiplin terhadap NK.

Kasus itu bermula dari keluhan salah satu orangtua murid. Keluhan itu viral di media sosial.

Orangtua itu mengeluhkan anaknya dan siswa SMAN 87 Iainnya dikumpulkan NK di tempat ibadah dan ditunjukkan video gempa di Palu, Sulawesi Tengah. Menurut orangtua siswa itu, kepada para siswa NK menyampaikan bahwa banyaknya korban bencana di Sulawesi Tengah akibat ulah Jokowi.

Bawaslu DKI dan Dinas Pendidikan pun mengusut kasus tersebut.

Berita utama 3

Sumber: Detik News

Kontroversi Guru SMA 87 Dituding Doktrin Anti-Jokowi

Seorang guru SMA Negeri 87 Jakarta, Nelty Khairiyah, dituding memberikan doktrin untuk membenci Presiden Jokowi kepada peserta didiknya. Nelty langsung minta maaf.

“Kalau pembinaan, saya sudah (lakukan). Dia berjanji tidak akan mengulang lagi dan telah meminta maaf,” ujar Kepala SMAN 87 Jakarta Patra Patriah saat ditemui di kantornya, Bintaro, Jakarta Selatan, Rabu (10/10/2018).

Patra tak tahu persis bagaimana kejadiannya. Namun sempat viral aduan mengenai materi pelajaran yang diberikan oleh Nelty. Materi itu dinilai mengandung unsur doktrin yang menyudutkan Presiden Jokowi.

Dalam aduan yang viral tersebut, si pengadu yang mengaku orang tua murid menyebut anaknya dan siswa SMAN 87 lainnya dikumpulkan guru N di suatu tempat dan kepada mereka ditunjukkan video gempa di Palu, Sulawesi Tengah. Masih dalam aduan itu, si pengadu menjelaskan guru N menyebut banyaknya korban bergelimpangan akibat gempa merupakan salah Jokowi. Pengadu berkeberatan terhadap tindakan N yang dianggap telah melakukan doktrin anti-Jokowi. 

Kesimpulan

Berita utama merupakan berita yang menjadi perhatian masyarakat atau dinilai penting oleh tim redaksi media massa untuk diketahui publik.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Carilah minimal tiga berita utama yang isinya sama dari tiga media yang berbeda Halaman 96 Bab 3 (Memahami Isu Terkini Lewat Editorial)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Carilah minimal tiga berita utama yang isinya sama dari tiga media yang berbeda Halaman 96 Bab 3 (Memahami Isu Terkini Lewat Editorial). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

error: Content is protected !!