Carilah label salah satu minuman penyegar. Periksalah ion-ion yang dituliskan pada label minuman tersebut

Natural Science Questions and Answers for Class 9 Curriculum 2013 Revised 2018 Is the ion content in various brands of refreshing drinks the same or different? Find out more about the role these ions play in the human body. Page 123 Chapter 8 (The Particles that Make Up Living Things and Things) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Apakah kandungan ion dalam berbagai merek minuman penyegar sama atau berbeda? Carilah informasi tentang peranan ion-ion tersebut dalam tubuh manusia Halaman 123 Bab 8 (Partikel Penyusun Benda dan Makhluk Hidup) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Ayo, Kita Cari Tahu

Carilah label salah satu minuman penyegar. Periksalah ion-ion yang dituliskan pada label minuman tersebut. Kelompokkan ion-ion tersebut sebagai kation atau anion dalam satu tabel. Kamu juga dapat membandingkan jenis-jenis ion yang ada dalam beberapa minuman penyegar. Apakah kandungan ion dalam berbagai merek minuman penyegar sama atau berbeda? Carilah informasi tentang peranan ion-ion tersebut dalam tubuh manusia.

Kandungan ion dalam minuman penyegar Pocari Sweat :

No. Anion (mEq/L) Keterangan Peranan ion-ion dalam tubuh
1. CI  = 16 Klor menerima 1 elektron Klor digunakan tubuh kita untuk membentuk HCl atau asam  klorida pada lambung. HCl memiliki kegunaan membunuh kuman bibit penyakit dalam lambung dan juga mengaktifkan pepsinogen menjadi pepsin.
2. Sitrat  = 10 Sitrat melepas 3 elektron Fungsi asam sitrat dalam tubuh sebagai pengendali pH tubuh.
3. Laktat  = 1 Laktat menerima 1 elektron Asam laktat merupakan bahan energy yang penting selama olahraga yang berlangsung lama. Hal ini karena asam laktat yang dibentuk oleh sel otot dapat digunakan oleh sel otot lain nuntuk membentuk energy.

Kandungan ion dalam minuman penyegar Mizone :

No. Anion (mEq/L) Keterangan Peranan ion-ion dalam tubuh
1. Na = 10 Natrium melepas 1 elektron Berfungsi sabagai penentu utama osmolaritas dalam darah dan pengaturan volume ekstra sel.
2. K = 4 Kalium melepas 1 elektron Berfungsi untuk mempertahankan membran potensial elektrik dalam tubuh.
3. Mg = 2 Magnesium melepas 2 elektron Magnesium di perlukan untuk menjaga otot dan saraf agar berfungsi normal dan menjaga irama detak jantung. Dengan ini magnesium membantu untuk mendukung sistem kekebalan tubuh dan menjaga tulang yang kuat. Magnesium juga membantu mengatur kadar gula darah, sehingga dapat meningkatkan tekanan darah yang normal dan mendukung metabolisme energi dan protein sintesis.
4. Ca = 5 Kalsium melepas 2 elektron Berfungsi membangun tulang dan gigi yang kuat mengatur kontraksi otot, termasuk detak jantung Diperkirakan bahwa kalsium dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, Melenturkan otot, Menurunkan risiko kanker usus, Mencegah osteoporosis (keropos tulang), Membantu mineralisasi gigi dan mencegah pendarahan akar gigi, membantu pertumbuhan tulang dan gigi.
5. CI = 6 Klor menerima 1 elektron Klor digunakan tubuh kita untuk membentuk HCl atau asam klorida pada lambung. HCl memiliki kegunaan membunuh kuman bibit penyakit dalam lambung dan juga mengaktifkan pepsinogen menjadi pepsin.

Peranan ion-ion tersebut dalam tubuh manusia, yaitu :

  • Membantu keseimbangan air, asam, dan basa dalam tubuh
  • Membantu proses pembentukan energi dalam tubuh
  • Menurunkan tekanan darah
  • Mencegah osteoporosis
  • Mengaktifkan pertahanan/imun tubuh
  • Merangsang vesikel pembawa neurotransmitter melepaskan neurotransmitter
  • Membentuk daerah bermuatan dalam sel saraf. Misalnya ion K⁺, Na⁺, dan Cl⁻ yang merupakan penyebab muatan positif pada ekstraseluler sedangkan intraseluler bermuatan A⁻, Cl⁻, K⁺, dan Na⁺ negatif
  • Menyebabkan lompatnya impuls melewati isolator impuls (selubung mielin)

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Apakah kandungan ion dalam berbagai merek minuman penyegar sama atau berbeda? Carilah informasi tentang peranan ion-ion tersebut dalam tubuh manusia Halaman 123 Bab 8 (Partikel Penyusun Benda dan Makhluk Hidup)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Apakah kandungan ion dalam berbagai merek minuman penyegar sama atau berbeda? Carilah informasi tentang peranan ion-ion tersebut dalam tubuh manusia Halaman 123 Bab 8 (Partikel Penyusun Benda dan Makhluk Hidup). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Kalor lebur es adalah 80 kal/g. Apa maksudnya?

[Kunci Jawaban] Kalor lebur es adalah 80 kal/g. Apa maksudnya? Pertanyaan: 3. Kalor lebur es …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!