Carilah dua buah kasus hukum dan tentukan kasus yang kalian temukan termasuk ke dalam jenis hukum yang mana

Questions and Answer Keys for PPKN Class 11 Curriculum 2013 Revised 2017 Look for two legal cases and determine which case you find belongs to which type of law Page 83 Chapter 3 (Legal and Judicial System in Indonesia) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Carilah dua buah kasus hukum dan tentukan kasus yang kalian temukan termasuk ke dalam jenis hukum yang mana Halaman 83 Bab 3 (Sistem Hukum dan Peradilan Di Indonesia) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Tugas Kelompok 3.1

Carilah dua buah kasus hukum dari surat kabar atau media online. Kemudian, tentukan kasus yang kalian temukan termasuk ke dalam jenis hukum yang mana. Jangan Iupa berikan alasannya dan komunikasikan kepada kelompok yang lain di depan kelas.

1. Kasus Pertama adalah Kasus Gubernur DKI Jakarta, Basuki Cahaya Purnama atau biasa dipanggil Ahok.

Melalui pernyataannya yang sempat dinilai oleh sebagian umat Islam sebagai kasus penistaan agama Islam, Ahok dinilai sudah memberikan pernyataan yang tidak benar dan melecehkah surat Al-Maidah ayat 51 (Al-Quran). Masyarakat Indonesia yang pada umumnya pemeluk agama Islam tidak terima akan hal itu dan melakukan beberapa tindakan seperti melaporkannya ke polisi serta melakukan aksi demo. Pada tanggal 4 November 2016, sejumlah ormas-ormas Islam melakukan demo besar-besaran ke kota Jakarta tepatnya di HI, Istana Presiden, Masjid Istiqlal dan Perumahan tempat tinggal Ahok. Kesimpulan : Kasus diatas merupakaan kasus hukum penistaan agama, dimana pelakunya dinilai melecehkan agama Islam.

2. Kasus Kedua adalah kasus pembunuhan adik kecil yang bernama Angeline di Bali.

Angeline yang berusia 8 tahun dikabarkan hilang oleh orang tua angkatnya (Margareth Megawe). Ketika komnas perlindungan anak dan polisi ikut membantu mencari Angeline, setelah beberapa hari ternyata Angeline sudah ditemukan tewas dan terkubur dibelakang halaman rumahnya. Kecurigaan awal polisi adalah pada pembantu Margareth yang bernama Agustay. Setelah dilakukan penyelidikan oleh polisi dan komnas perlindungan anak maka ditetapkan otak penyiksaan dan pembunuhan Angeline adalah orang tua angkat nya dan Agustay sebagai pelaksana. Polisi menetapkan Margareth dihukum seumur hidup dan Agustay dihukum 12 tahun penjara. Kesimpulan: Kekerasan terhadap anak sangat rawan terjadi dan biasanya pelaku utamanya adalah orang terdekatnya.

3. Artikel berjudul “Kasus TPI, Kesepakatan ke BANI Adalah Hal Tertinggi di Hukum Perdata”, yang dimuat pada news.okezone.com pada tanggal 19 November 2014, merupakan contoh kasus hukum perdata karena merupakan kasus pada wilayah hukum perdata, yakni ketentuan yang mengatur hak-hak dan kepentingan antara individu-individu dalam masyarakat. Dalam hal ini, yang disengketakan ialah perdata dalam sengketa bisnis dan investasi.

4. Artikel berjudul “Akhir Drama Hukum Pollycarpus, Siapa Otak Pembunuhan Munir?”, yang dimuat pada news.detik.com pada 7 Oktober 2013, merupakan contoh kasus pidana pembunuhan berencana. Hukum pidana yakni keseluruhan dari peraturan-peraturan yang menentukan perbuatan apa yang dilarang dan termasuk ke dalam tindak pidana, serta menentukan hukuman apa yang dapat dijatuhkan terhadap yang melakukannya. Contoh perbuatan pidana ialah menghilangkan nyawa orang lain alias pembunuhan.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Carilah dua buah kasus hukum dan tentukan kasus yang kalian temukan termasuk ke dalam jenis hukum yang mana Halaman 83 Bab 3 (Sistem Hukum dan Peradilan Di Indonesia)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Carilah dua buah kasus hukum dan tentukan kasus yang kalian temukan termasuk ke dalam jenis hukum yang mana Halaman 83 Bab 3 (Sistem Hukum dan Peradilan Di Indonesia). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Bagaimana persamaan kalor untuk menaikkan suhu benda dan kalor untuk mengubah wujud benda? Coba jelaskan!

[Kunci Jawaban] Bagaimana persamaan kalor untuk menaikkan suhu benda dan kalor untuk mengubah wujud benda? …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!