Breaking News

Carilah defnisi hak dan kewajiban asasi dari beberapa pendapat pakar

Questions and Answers to PPKN Class 11 Curriculum 2013 Revision 2017 Independent Assignments 1.1 Look for definitions of human rights and obligations from some expert opinions Page 7 Chapter 1 (Harmonization of Human Rights and Obligations in the Perspective of Pancasila) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tugas Mandiri 1.1 Carilah defnisi hak dan kewajiban asasi dari beberapa pendapat pakar Halaman 7 Bab 1 (Harmonisasi Hak dan Kewajiban Asasi Manusia dalam Perspektif Pancasila) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Tugas Mandiri 1.1

1. Carilah defnisi hak dan kewajiban asasi dari beberapa pendapat pakar. Kalian dapat menemukannya dari buku sumber lain atau media online. Tulislah hasil temuan kalian dalam tabel di bawah ini.

No. Nama Pakar/Ahli Definisi Hak Asasi Manusia Definisi Kewajiban Asasi Manusia
1. Professor Koentjoro Poerbopranoto Suatu hak yang memiliki sifat yang mendasar dan asasi. Suatu kewajiban yang dimiliki setiap manusia berdasarkan kodratnya dan tidak bisa dipisahkan dari dirinya sehingga bersifat suci.
2. Oemar Seno Adji Suatu hak yang tidak bisa dipisahkan dari martabat manusia yang merupakan ciptaan Tuhan Yang Maha Esa dan bersifat tidak bisa boleh dilanggar, dirampas, atau dirusak. Kewajiban untuk menghargai hak milik manusia lain dan tidak boleh melanggar, merampas, atau merusak hak orang lain tersebut.
3. John Locke Hak yang diberikan secara langsung dari Tuhan Yang Maha Esa kepada manusia sebagai hak kodrat. Setiap manusia memiliki kewajiban untuk menegakkan hak asasi manusia karena hal tersebut merupakan kodrat dari tiap manusia.

2. Setelah kalian berhasil menemukan pendapat para pakar tentang defnisi hak dan kewajiban asasi manusia, analisislah persamaan dan perbedaan definisi-definisi tersebut.

Untuk definisi hak asasi manusia, ketiga pendapat pakar tersebut sama-sama menyebutkan bahwa hak asasi manusia merupakan suatu hak dan bersifat kodrat (tidak dapat dipisahkan/mendasar). Sedangkan untuk perbedaannya, Professor Koentjoro Poerbopranoto tidak menyebutkan bahwa hak asasi manusia diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Untuk definisi kewajiban asasi manusia, ketiga pendapat pakar tersebut sama-sama menyebutkan bahwa kewajiban asasi manusia merupakan kewajiban yang wajib ditegakkan oleh tiap manusia. Sedagnkan untuk perbedaannya, pendapat pakar pertama menjelaskan tentang definisi, pendapat pakar kedua menjelaskan hal yang perlu dilakukan untuk melakukan kewajiban tersebut, sedangkan pendapat pakar ketiga menjelaskan tentang mengapa harus menegakkan kewajiban tersebut.

3. Coba kalian rumuskan sendiri definisi hak dan kewajiban asasi manusia.

Menurut saya, hak asasi manusia merupakan suatu hak yang dimiliki oleh setiap manusia sejak lahir hingga meninggal dan bersifat kodrat, sehingga tidak boleh ada yang mengganggu atau merusaknya. Sedangkan kewajiban asasi manusia adalah kewajiban yang dimiliki oleh setiap manusia untuk melaksanakan dan menghormati hak-hak asasi dari individu lain.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tugas Mandiri 1.1 Carilah defnisi hak dan kewajiban asasi dari beberapa pendapat pakar Halaman 7 Bab 1 (Harmonisasi Hak dan Kewajiban Asasi Manusia dalam Perspektif Pancasila)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tugas Mandiri 1.1 Carilah defnisi hak dan kewajiban asasi dari beberapa pendapat pakar Halaman 7 Bab 1 (Harmonisasi Hak dan Kewajiban Asasi Manusia dalam Perspektif Pancasila). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Sebagaimana diketahui energi yang dihasilkan untuk satu gram lemak lebih besar dibandingkan dengan energi yang dihasilkan oleh 1 gram karbohidrat. Namun, karbohidrat dijadikan sebagai sumber energi utama. Bagaimana analisis kamu mengenai hal tersebut? Coba jelaskan!

[Kunci Jawaban] Sebagaimana diketahui energi yang dihasilkan untuk satu gram lemak lebih besar dibandingkan dengan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!