Breaking News

Carilah 6 orang tetanggamu yang mengalami mobilitas sosial seperti materi yang kalian pelajari

Questions and Answer Key Grade 8 Social Sciences Curriculum 2013 Revised 2017 Activities Individuals Seek 6 neighbors who have social mobility as the material you learned Page 83 Chapter 2 (Social Interaction Effect Against Social Life and Nationality) ~ Assalamualikum Semuanya, Kembali lagi Bersama laguasyik.com. Pada Kali ini saya akan   memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas Individu Carilah 6 orang tetanggamu yang mengalami mobilitas sosial seperti materi yang kalian pelajari Halaman 83 Bab 2 (Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Kehidupan Sosial dan Kebangsaan) Kepada Para Siswa/Siswi Yang melihat Artikel Ini. Yuk, Kita Langsung saja ke Soal dan Jawabannya. ~

Aktivitas Individu

Tugas Individu

1. Carilah 6 orang tetanggamu yang mengalami mobilitas sosial seperti materi yang kalian pelajari!

2. Tuliskan secara singkat proses mobilitas sosial yang terjadi pada orang tersebut!

3. Tuliskan faktor-faktor apa yang menyebabkan mereka mengalami mobilitas sosial!

4. Tuliskan hasil identifikasimu pada kertas folio bergaris.

Enam orang tetanggamu yang mengalami mobilitas sosial :

  • Seorang pengrajin kayu sangat dibutuhkan di desa, sehingga orang-orang yang menganggur mulai tertarik untuk menjadi pengrajin kayu.
  • Dikarenakan di Jakarta sangat padat penduduk, orang yang tadinya merantau ke Jakarta pulang ke desanya untuk mencari pekerjaan lain lagi.
  • Petani yang dulunya menggarap sawah dengan cara tradisional dengan memanfaatkan tenaga kerbau, sekarang diganti dengan menggunakan traktor.
  • Dikarenakan terdapat tempat pariwisata dan membuat para turis berdatangan, menyebabkan penduduk belajar bahasa asing secara umum.
  • Di desa yang dulunya masih acuh tak acuh tentang pentingnya kesehatan, sekarang makin lebih mengetahui bahwa kesehatan sangat penting dan harus dicermati dalam kegiatan kesehariaany agar tidak ada yang keliru.
  • Dikarenakan tahun lalu kepala desa korupsi, sekarang penduduk lebih selektif lagi dalam memilih dan menentukan pemimpin yang baik  secara akhlak dan perilaku juga.
  • Dulu masyarakat masih membedakan orang lain dengan sistem kasta, sekarang semuanya sama.
  • Pak budi adalah petani,karena hasil panennya baik ia pun menjadi pengusaha beras.
  • Pak Reza berpindah ke sekolah lain namun ia tetap menyandang jabatan sebagai kepala sekolah.
  • Vizay awalnya sekolah di SMP Pertiwi 2,karena ayahnya berpindah tugas , ia pun juga pindah sekolah ke SMP AL Huda.
  • Pak raka adalah seorang penjual bakso,karena ia malas dan curang , baksonya pun tidak laku dan bangkrut akhirnya pak raka menjadi pengangguran.
  • Pak gayus diturunkan pangkatnya karena melanggar aturan yang telah ditentukan.

2.) Proses mobilitas dipengaruhi oleh perubahan sosial yang ada di sekitar lingkungan. Mobilitas terjadi ketika seseorang berpindah dari suatu posisi ke posisi lain, baik antarlapisan sosial berbeda maupun dalam lapisan sosial yang sama.  

Mobilitas sosial berkaitan dengan hal-hal yang dianggap berharga dalam masyarakat. Oleh karena itu, kepemilikan atas hal-hal tersebut akan menjadikan seseorang menempati posisi atau kedudukan yang lebih tinggi. Akibatnya, dalam masyarakat terdapat penggolongan yang memengaruhi struktur sosial. Hal-hal tersebut antara lain kekuasaan, kehormatanm ilmu pengetahuan, dan kekayaan.

3.) Mobilitas sosial dikarenakan adanya perubahan sosial. Perubahan sosial dipengaruhi oleh :

  • Perbedaan tingkat migrasi (dikarenakan perkembangan di bidang ekonomi,politik, sosial, dan keamanan yang menyebabkan penduduk semakin berkembang dan semakin rumit).
  • Tingkat reproduksi (tidak bisa menghasilkan apa yang dibutuhkan).
  • Perubahan sikap (mengatur sikap untuk mendapatkan apa yang diinginkan dan adanya keinginan terus maju).
  • Perubahan teknologi (adanya kemajuan yang pesat dalam transportasi di bidang perhubungan).
  • Perubahan kemampuan (karena semakin berkembangnya keterampilan dan pendidikan penduduknya).
  • Perubahan kondisi sosial.Struktur kelas dan kasta dalam masyarakat dapat berubah dengan sendirinya karena adanya perubahan dari dalam maupun luar masyarakat. Kemajuan teknologi misalnya, dapat membuka kemungkinan timbulnya mobilitas ke atas dan perubahan ideologi juga dapat menimbulkan stratifikasi baru.
  • Ras atau kesukuan. Tingkat diskriminasi tertentu terhadap anggota-anggota ras dan kelompok-kelompok suku tertentu tidak dapat dimungkiri masih terjadi dalam dunia bisnis, industri, bahkan pendidikan. Latar belakang ras dan suku bisa saja menjadi faktor-faktor penting yang mempengaruhi kemungkinan maupun peluang seseorang untuk melakukan mobilitas vertikal (ke atas).
  • Ekspansi teritorial dan gerak populasi. Ekspansi teritorial dan perpindahan penduduk yang cepat, misalnya perkembangan kota, transmigrasi, membuktikan ciri fleksibilitas struktur stratifikasi dan mobilitas sosial.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas Individu Carilah 6 orang tetanggamu yang mengalami mobilitas sosial seperti materi yang kalian pelajari Halaman 83 Bab 2 (Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Kehidupan Sosial dan Kebangsaan)”, Dan Terima Kasih Sudah Berkunjung Blog Yang Sederhana. Semoga Kunci Jawaban Ini Bisa Membantu Kalian Yang Belum Menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas Individu Carilah 6 orang tetanggamu yang mengalami mobilitas sosial seperti materi yang kalian pelajari Halaman 83 Bab 2 (Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Kehidupan Sosial dan Kebangsaan). Jika ada Kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun Salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika Ada Pertanyaan Dan Ada Saran Untuk kelebihan dan kekurangan Selain Ini Bisa Komen Di Kolom Komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Terdapat 42 siswa yang mengikuti kelas paduan suara. 31 siswa yang mengikuti kelas paduan suaraadalah perempuan. Di antara proporsi berikut yang digunakan untuk menentukan x, yakni persentase siswa laki-laki yang mengikuti kelas paduan suara adalah . . . .

[Kunci Jawaban] Terdapat 42 siswa yang mengikuti kelas paduan suara. 31 siswa yang mengikuti kelas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!