Breaking News

Cara untuk mengubah pola pikir umat Islam dari keterbelakangan adalah pendidikan. Hal ini secara jelas dikemukakan oleh

Questions and Answer Keys for Islamic Religious Education and Character Class 11 2013 Revision 2017 Curriculum Evaluation The way to change the mindset of Muslims from backwardness is education. This is clearly stated by Pages 178-179 Chapter 10 (Islamic Reformer) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Evaluasi Cara untuk mengubah pola pikir umat Islam dari keterbelakangan adalah pendidikan. Hal ini secara jelas dikemukakan oleh Halaman 178-179 Bab 10 (Pembaru Islam) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Evaluasi

Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, d, atau e yang dianggap sebagai jawaban yang paling tepat!

1. Di antara faktor yang melatarbelakangi bangkitnya umat Islam pada abad ke 18 adalah . . . .

A. tidak adanya misi Islam

B. benturan antara kekuatan Barat dan kekuatan Islam

C. kekuatan Islam yang semakin meningkat

D. kekuatan Eropa sudah mulai melemah

E. lemahnya umat Islam dalam beribadah

Jawaban : B. benturan antara kekuatan Barat dan kekuatan Islam

Penjelasan : Konfrontasi antara kekuatan Eropa yang nasrani dan Timur Tengah yang Islam telah menyadarkan bahwa Islam selama ini tertinggal jauh dari peradaban Eropa.Turki Usmani adalah yang pertama merasakan itu. Sebab mereka berada dipertemuan antara Asia-Eropa. Oleh sebab itu penguasa dan pejuang Turki untuk belajar di Eropa.

Di samping konfrontasi, ada juga muncul pemikiran modern umat islam khususnya dalam lingkup para cendekiawan muslim yang membangkitkan islam setelah kemunduran dalam segala bidang di masa Bani Abbasyiah jatuh dari tampuk kuasa. faktor ini terbagi dua yakni faktor internal dan faktor eksternal.

  • Adapun faktor internal adalah:
  • kemunduran pemikiran islam dan bercampurnya ajaran lain dalam islam.
  • Sementara faktor eksternalnya:
  • Adanya imperialisme barat misi penyebaran agamanya yang menjadikan kontak antara dunia islam dan barat terjadi.

Bukti kebangkitan umat islam pada abad ke 18, setelah adanya pendidikan umat islam, dan bangkitnya pendidikan islam pada masa itu, maka pada abad selanjutnya muncul hasil dari kebangkitan umat islam itu sendiri yakni pembaharuan Islam, modernisasi Islam, serta memunculkan tokoh-tokoh yang berperan dalam kebangkitan yang menyatukan umat islam itu sendiri seperti Muhammad Abduh, Rasyid Ridho dan Jamaluddin Al-Afghani. Salah satu yang dapat kita lihat adalah adalah Pan-Islamisme, yang mempersatukan umat islam, membangkitkan masa abad keemasan, serta melawan kekuasaan kolonial dari bangsa barat.

2. Cara untuk mengubah pola pikir umat Islam dari keterbelakangan adalah pendidikan. Hal ini secara jelas dikemukakan oleh . . . .

A. Al-Tahtawi

B. Rasyid Ridha

C. Syah Ahmad Khan

D. Muhammad Ali Pasya

E. Jamaludin Al-Afgani

Jawaban : C. Syah Ahmad Khan

Penjelasan : Pendapat yang menyatakan bahwa cara terbaik mengubah pola pikir umat islam dari keterbelakangan adalah dengan jalan pendidikan merupakan pendapat dari SYAH AHMAD KHAN. Ahmad Khan ini adalah salah satu cendekiawan muslim yang banyak mencurahkan pikirannya pada pembaharuan di dalam islam.

Berikut ini adalah beberapa pemikirannya mengenai pembaharuan islam tersebut:

Bahwa kemunduran dari umat islam tak lain disebabkan oleh gagalnya mengikuti perkembangan zaman dengan jalan penguasaan sains juga teknologi.

Bahwa sumber kemajuan IPTEK modern adalah bersumber dari penggabungan kemampuan akal manusia juga kebebasan dalam berbuat dan berkehendak yang berlajan seiring hukum alam.

Bahwa sumber pengajaran dalam agama islam hanyalah dua yakni Al-Quran juga Al Hadis.

Bahwa taklid harus ditentang dan diperlukan adanya ijtihad agar umat islam bisa berkembang sesuai dengan kemajuan zaman.

Bahwa cara satu-satunya untuk mengubah pola pikir umat islam yang tertinggal tersebut adalah melalui jalur pendidikan.

3. Jamaludin Al-Afghani adalah tokoh pembaru Islam dari negara . . . .

A. Pakistan

B. Afganistan

C. Turkistan

D. Turki

E. Arab Saudi

Jawaban : B. Afganistan

Penjelasan : Jamaludin Al-Afghani adalah salah satu tokoh pembaharu islam modern yang berasal dari AFGHANISTAN. Meski begitu pada sejumlah sumber disebutkan bahwa sebenarnya ia terlahir di Asadabad, Iran. Namun sumber lain berselisih bahwa maksud Asadabad di sini bukan Iran melainkan Asadabad di Afghanistan.

Nama lengkap Jamaluddin Al-Afgani adalah Sayyid Muhammad bin Safdar al-Husayn. Ia disebutkan sebagai aktivis politik, pencetus Pan Islamisme serta seorang nasionalis islam. Ia sering berpindah-pindah negara. Indonesia masuk ke dalam daftar salah satu negara yang pernah ia jadikan tempat tinggal sekian waktu.

Jamaluddin Al-Afghani ini seseorang dengan pikiran yang sangat terbuka dan selalu mengajak muslim lainnya untuk tidak kolot atau memperlakukan dirinya eksklusif dengan berbaur dengan dunia secara terbuka.

4. “Kekuasaan raja yang absolut harus dibatasi oleh syariat, raja harus bermusyawarah dengan ulama dan intelektual”. Gagasan ini dimunculkan oleh . . . .

A. Al-Tahtawi

B. Rasyid Ridha

C. Syah Waliyullah

D. Muhammad Ali Pasya

E. Jamaludin Al-Afgani

Jawaban : A. Al-Tahtawi

Penjelasan : Al Tahtawi

  • Rafi’Al-Tahtawi adalah nama lengkap dari Al-Tahtawi. Ia lahir pada tahun 1801 M di kota bernama Tahta yang letaknya di bagian selatan Mesir.
  • Al tahtawi meninggal pada tahun 1873 M di Kairo.
  • Saat Al Tahtawi berusia 16 tahun, ia pergi ke Kairo untuk menuntut ilmu di Al-Azhar.
  • Selama lima tahun Al Tahtawi menuntut ilmu di Al Azhar dan ia selesai dari studinya pada tahun 1822 M.

Beberapa hal tentang pembaruan Islam yang dikemukakan oleh Al Tahtawi:

  • Ajaran Islam tidak hanya mementingkan soal akhirat, tapi juga mengenai hidup di dunia. Umat Islam perlu memperhatikan kehidupan dunia.
  • Kekuasaan raja yang absolut harus dibatasi oleh syariat, raja harus bermusyawarah dengan ulama dan intelektual].
  • Syariat harus diartikan sesuai dengan perkembangan modern.
  • Kaum ulama juga harus mempelajari filsafat dan ilmu pengetahuan modern agar syariat pun dapat menyesuaikan diri dengan kebutuhan masyarakat modern.
  • Pendidikan harus bersifat universal, contohnya wanita harus mendapatkan pendidikan yang sama dengan kaum pria. Istri harus menjadi teman dalam kehidupan [secara] intelektual dan sosial.
  • Umat Islam harus [bisa] dinamis dan meninggalkan sifat statis.

5. Ijtihad merupakan dasar penting dalam menafsirkan kembali ajaran Islam. Hal ini secara jelas dikemukakan oleh . . . .

A. Al-Tahtawi

B. Rasyid Ridha

C. Syah Waliyullah

D. Muhammad Abduh

E. Jamaludin Al-Afgani

Jawaban : D. Muhammad Abduh

Penjelasan : Ijtihad merupakan dasar penting dalam menafsirkan kembali agama Islam dikemukakan oleh Muhammad Abduh salah seorang tokoh pembaharuan dunia Islam masa modern. Adapun pernyataan tersebut merupakan salah satu ide pembaharuan Islam yang kemudian membawa dampak positif terhadap pengembangan pemikiran Islam.

Pernyataan mengenai ijtihad yang dikemukakan oleh Muhammad Abduh dikenal dengan pembukaan pintu ijtihad. Adapun ide-ide lain dari Beliau yang dianggap membawa dampak positif terhadap pengembangan pemikiran Islam, yakni penghargaan terhadap akal dimana Beliau beranggapan bahwa Islam merupakan ajaran rasional yang sejalan dengan akal sebab dengan akal, ilmu pengetahuan akan maju. Beliau juga mengemukakan bahwa kekuasaan negara harus dibatasi oleh konstitusi yang dibuat oleh sebuah negara.

B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan ini dengan singkat dan tepat!

1. Apa alasan bangsa Eropa menjajah negara-negara Islam atau negara berpenduduk mayoritas Islam?

Kemukakan alasan bangsa eropa menjajah negara negara islam atau negara perpenduduk mayoritas islam!

Alasan bangsa Eropa menjajah negara-negara islam atau negara berpenduduk islam adalah untuk menyebarkan ajaran agama Kristen pada masyarakat di daerah daerah tersebut.

Tujuan penjajahan oleh bangsa Eropa sebagai berikut :

  • Gold, bangsa Eropa ingin mendapatkan kekayaan harta yang berlimpah ruah dengan menjajah bangsa lain dan memanfaatkan harta yang ada untuk diri mereka sendiri.
  • Glory, bangsa Eropa ingin mendapatkan kejayaan. Dengan semakin banyak jajahan mereka, maka wilayah negara mereka juga akan bertambah luasnya dan semakin berjaya.
  • Gospel, bangsa Eropa ingin menyebarkan ajaran Kristen kepada masyarakat sebagai bentuk balas dendan dan lanjutan perang Salib.

2. Bagaimanakah pemikiran pembaruan yang digagas oleh Jamaluddin Al-Afghani?

Pemikiran pembaruan yang digagas oleh Jamaludin al-Aghani adalah

  • Kemunduran umat Islam disebabkan oleh dalam diri umat Islam sendiri, bukan karena agama Islam itu sendiri.
  • Umat Islam harus kembali kepada ajaran Islam yang murni agar dapat kembali berjaya dan mampu menghadapi dunia modern.
  • Corak pemerintahan otokrasi dan absolut harus diganti dengan pemerintahan demokratis. Kepala negara harus bermusyawarah dengan pemuka masyarakat yang berpengalaman.
  • Rasa solidaritas antarumat Islam (Pan Islamisme) harus dihidupkan kembali di dunia Islam dan tidak ada pemisahan antara politik dengan agama.

3. Apa saja usaha-usaha yang dilakukan oleh Sayyid Ahmad Khan untuk memajukan umat Islam India di bidang iptek?

Usaha-usaha yang dilakukan Sayyid Ahmad Khan untuk memajukan umat Islam di India di bidang iptek adalah

  • Memberikan pemahaman bahwa kemunduran umat Islam karena disebabkan oleh umat Islam sendiri yang tidak mengikuti perkembangan sains dan teknologi produk Barat.
  • Memberikan pencerahan-pencerahan, seperti: hukum alam dan Alquran tidak bertentangan, tidak mengikut pendapat ulama di masa lampau yang tidak sesuai dengan zaman modern, dan mendorong umat Islam untuk memiliki sikap dan perilaku yang mencerminkan semangat berpikir, bukan sikap dan perilaku taklid.
  • Mendirikan sekolah yang diberi nama Muhammedan Anglo Oriental College (MAOC) yang terletak di Aligarh.

Usaha-usaha Sayyid Ahmad Khan merupakan hasil pemikirannya tentang pembaruan Islam di India yang mundur akibat kekuasaan Inggris di India. Umat Islam di India sangat antipati dengan Inggris yang menyebabkan Inggris berusaha menghilangkan Islam dari India.

4. Apa hikmah mempelajari perkembangan Islam pada masa modern?

Agama Islam pertama kali masuk ke Indonesia pada abad ke-7 langsung dari Arab. Penyebaran pertama kali ini terjadi ketika Rasulullah SAW masih hidup. Sejarah-sejarah dalam perkembangan dan penyebaran Islam wajib senantiasa kita pelajari dengan baik, agar tidak tertipu informasi-informasi palsu dalam penyelewengan kebenaran sejarah perkembangan dan penyebaran agama Islam. Setidaknya ada 3 hikmah kita dalam mempelajari perkembangan Islam terutama pada masa modern, 3 hikmah tersebut adalah : 

  • Harus Menjaga Nilai-Nilai Ketauhidan dan Akidah Islamiah

Pada perkembangan Islam abad modern, Islam mengalami penurunan salah satunya disebabkan oleh terkikisnya nilai-nilai ketauhidan dan akidah Islamiah. Para pemimpin Islam waktu itu bersikap nepotisme dan mementingkan kepentingan golongan daripada mementingkan kemajuan peradaban Islam secara global dan signifikan.

Hal inilah yang dapat kita ambil sebagai pelajaran bahwa nilai-nilai tauhid dan akidah Islamiah adalah penggerak suatu peradaban. Dengan akidah islamiah, perilaku kita akan sesuai dengan ajaran Islam dan terjaga dari sifat tamak dan egois.

  • Menjaga Persatuan dan Kesatuan

Persatuan dan kesatuan adalah komponen yang penting bagi suatu peradaban. Persatuan dan kesatuan umat Islam di Indonesia adalah persatuan yang mengesampingkan perbedaan pendapat dan mazhab. Jangan sampai terjadi konflik horizontal antarumat muslim sendiri yang hanya akan merugikan umat Islam sendiri.

  • Meningkatkan Kesadaran akan Pentingnya Ilmu Pengetahuan

Ilmu pengetahuan adalah jembatan yang menghubungkan suatu peradaban dengan lingkungan luar. Implikasinya dalam kehidupan adalah dengan ilmu pengetahuan yang luas kita akan mampu eksis dalam menghadapi perubahan zaman dan kemajuan global.

  • Meningkatkan Penguasaan Ilmu Teknologi

Peradaban Islam abad modern mengalami kemunduran karena ketidakantusiasan umat Islam dalam teknologi dan informasi. Oleh karena itu, kita sebagai generasi penerus bangsa dan agama hendaknya selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dengan antusias dan positif dalam menggunakannya.

  • Menjaga Kemurnian Ajaran Islam

Kemurnian ajaran Islam adalah ajaran Islam yang tidak tercampur dengan budaya manusia dan pengaruh dari luar. Apabila  suatu ajaran tercampur dengan budaya manusia, maka ajaran tersebut akan menyimpang. Perkembangan Islam pada masa modern masih banyak penyimpangan-penyimpangan ajaran Islam. Umat Islam harus terlepas dari belenggu bidah, khurafat, dan takhayul. Akan tetapi, jika budaya manusia tersebut tidak melanggar syariat Islam, maka tidak masalah bila dijalankan.

  • Menjaga nilai-nilai akidah dan tauhid.
  • Mendorong semangat dalam meningkatkan kualitas diri.
  • Menjaga kemurnian ajaran agama Islam.

5. Seperti apakah contoh peristiwa perkembangan Islam di bidang ilmu pengetahuan pada masa modern?

A. Peristiwa gerakan modernisasi ideologi Muhammad bin Abdul Wahhab

Muhammad bin Abdul Wahhab lahir di Uyaina, Najed, Saudi Arabia pada tahun 1703 M. Ia seorang keturunan ulama terkemuka di wilayah itu. Muhammad bin Abdul Wahhab memandang persoalan tauhid merupakan ajaran yang paling dasar dalam Islam, sehingga apabila terjadi penyimpangan maka ia segera meluruskannya. Ia berpendapat:

  • Allah SWT yang harus disembah, apabila ada yang menyembah selain Alloh SWT maka ia telah syirik.
  • Kebanyakan orang Islam tidak menganut paham tauhid yang sebenarnya, karena meminta pertolongan bukan kepada Alloh SWT.
  • Menyebut nama nabi, syekh, atau malaikat sebagai perantara dalam do’a juga merupakan syirik.
  • Pemikiran-pemikiran Muhammad bin Abdul Wahhab yang menarik untuk diperhatikan, antara lain:
  • Hanya Al Qur’an dan Hadits yang merupkan sumber asli ajaran Islam. Pendapat ulama, wali, dan atau siapa pun tidak bisa dijadikan sumber ajaran Islam.
  • Taklid kepada ulama dan wali tidak diperkenankan.
  • Pintu ijtihad tetap dibuka.

B. Peristiwa gerakan modernisasi politik Islam Jamaludin Al Afgani

  • Gerakan Pan Islamisme Al Afgani

Menurut Al Afgani salah satu sebab kemunduran umat Islam adalah karena tidak bersatu. Tali persaudaraan Islam telah terputus bukan hanya pada kalangan awam, akan tetapi juga pada kalangan ulama, kaum bangasawan, dan para penguasa Islam.

  • Majalah politik Al Urwatul Wutsqa

Al Afgani menerbitkan majalah Al Urwatul Wutsqa. Akan tetapi, karena kekhawatiran dunia Barat tentang pengaruh besar Al Afgani dengan majalahnya itu, maka mereka melarang majalah tersebut masuk ke negara-negara Islam yang menjadi jajahan mereka. Meskipun demikian, ia tidak putus asa dan tetap berjuang membela kepentingan umat Islam secara menyeluruh melalui organisasinya Al Urwatul Wutsqa. Samapi akhirnya majalah itu diterbitkan kembali oleh para pengikutnya di Paris sepeninggal Al Afgani.

C. Peristiwa modernisasi pilitik dan pemerintahan Islam Muhammmad Abduh (1849-1905) M

  • Modernisasi Politik

Muhammad Abduh membentuk strategi politik pergerakan yang membuahkan hasil. Ia diangkat menjadi hakim suatu Pengadilan Negri. Pada tahun 1895 M ia diangkat sebagai anggota Majelis A’la dari Al Azhar.

  • Modernisasi pemerintahan (khilafah)

Muhammad Abduh menekankan pada persatuan umat Islam sebagai kunci kemajuan umat Islam, maka Abduh memandang pendidikan univesal dan global sebagai langkah awal dalam pembentukan khilafah, dan untuk mendorong lahirnya sistem khilafah tersebut hendaknya di mulai dari mecerdaskan umat Islam. Maka pedidikan merupakan hak asasi bagi setiap muslim.

D. Peristiwa modernisasi pemikiran keagamaan Muhammad Rasyid Ridha (1865-1935 M)

  • Modernisasi pemikiran Islam

Rasyid Ridha atas dukungan Muhammad Abduh segera menerbitkan majalah Al Manar. Di dalam edisi pertama dinyatakan bahwa tujuan, visi dan misi Al Manar sama dengan Al Urwatul Wutsqa, antara lain mengadakan pembaruan di bidang agama, sosial, ekonomi, memberantas tahayul dan bid’ah yang masuk kedalam tubuh Islam, menghilangkan paham fatalisme di kalangan umat Islam, meningkatkan mutu pendidikan, dan membela umat Islam dari kesewenang-wenangan bangsa Barat.

  • Modernisasi tafsir Al Qur’an

Muhammad Abduh memberikan kuliah tafsir selama enam tahun sampai ia meninggal tahun 1905 M dan semua catatan kuliahnya itu dirangkum oleh Rasyid Ridha untuk kemudian di muat dalam majalah Al Manar. Muhammad Abduh sempat memberikan tafsiran sampai dengan ayat 125 Surat An Nisa’ (jilid III dari tafsir Al Manar), da selanjutnya adalah tafsiran Muhammad Rasyid  Ridha.

E. Peristiwa modernisasi politik kenegaraan Mustafa Kemal Attartuk

  • Modernisasi politik pemerintahan

Pada tahun 1907 M Mustafa Kemal menjadi Staf Umum di Salonika. Akan tetapi, padda tahun 1908 M setelah terjadi revolusi Turki oleh aktivis organisasi Persatuan dan Kemajuan, ia berniat masuk kedalam organisasi itu dengan tujuan agar dapat melakukan pembaruan di Turki. Pada saat perang dunia I berlangsung, Mustafa Kemal di angkat sebagai Panglima Divisi 19 yang bertugas membebaskan wilayah-wilayah tersebut dari kekuasaan asing. Tugas itu dapat ia laksanakan dengan baik dan musuh dapat di buat menjadi mundur dan Turki menjadi utuh kembali.

  • Modernisasi dan sekularisasi agama

Mustafa Kemal melakukan sekularisasi dalam hal pemerintahan, pernikahan, dan pendidikan.

  • Reaksi ulama atas ide sekularisasi

Para ulama dan mayoritas umat Islam tidak terima dengan penghapusan khalifah dan sultan. Bagi mereka Islam bisa di tegakkan melalui kekuasaan. Oleh sebab itu, mereka melakukan gerakan bawah tanah yang bertujuan tetap mempertahankan Islam dan nilai-nilai luhur dibumi Turki.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Evaluasi Cara untuk mengubah pola pikir umat Islam dari keterbelakangan adalah pendidikan. Hal ini secara jelas dikemukakan oleh Halaman 178-179 Bab 10 (Pembaru Islam)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Evaluasi Cara untuk mengubah pola pikir umat Islam dari keterbelakangan adalah pendidikan. Hal ini secara jelas dikemukakan oleh Halaman 178-179 Bab 10 (Pembaru Islam). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Emilia akan menggunakan petunjuk yang tertera pada kemasan sirup rasa melon.“Tambahkan 13 cangkir air untuk setiap 2 cangkir sirup rasa melon.” Di antara proporsi berikut yang dapat digunakan untuk menentukan w, banyak cangkir air yang harus Emilia tambahkan untuk 5 cangkir sirup rasa melon adalah

[Kunci Jawaban] Emilia akan menggunakan petunjuk yang tertera pada kemasan sirup rasa melon. “Tambahkan 13 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!