Breaking News

Cara Menghitung Nilai UTBK 2022 Menggunakan Sistem Item Response Theory

Cara Menghitung Nilai UTBK 2022 Menggunakan Sistem Item Response Theory

Poin Penting Penilaian IRT

  • Bobot skor yang diperoleh oleh peserta di tiap nomor soalnya bisa jadi berbeda-beda tergantung tingkat kesulitan soal
  • Tingkat kesulitan soal tersebut tidak ditentukan di awal melainkan setelah semua ujian selesai dan berdasarkan berapa banyak peserta yang menjawab benar/salah di nomor soal tertentu
  • Sistem penilaian UTBK tidak menggunakan metode skor minus untuk jawaban yang salah

Sistem penilaian UTBK 2022 menentukan peluang lolos SBMPTN.

Berita dan Informasi SBMPTN Tahun 2022, berikut dibawah ini :

Bagi peserta UTBK 2022, mengetahui cara menghitung nilai UTBK amatlah penting. Pasalnya, berdasarkan nilai UTBK-lah pilihan kampus dan jurusan diambil. Kesalahan dalam kalkulasi peluang lolos dapat berakibat gagalnya SBMPTN 2022.

Bagaimana dengan UTBK 2022? Pilihan kampus dan jurusan sudah dilakukan sebelum UTBK. Masihkah kita perlu mengetahui cara menghitung nilai UTBK 2022?

Yes, you know the answer, Sobat. Kita masih perlu mengetahui cara menghitung nilai UTBK 2022 karena, salah satu manfaatnya, nilai tersebut dapat menjadi bekal kita merencanakan Seleksi Mandiri. Eitts, bukan berarti kita pesimis dengan SBMPTN. But it won’t hurt to have our plan B laid out.

Penilaian UTBK mulai tahun kemarin sangatlah rumit dan menggunakan sistem IRT yang dikerjakan dengan komputasi. Maksudnya adalah penilaian tidak berkutat dengan bila benar maka +4, salah -1, dan tidak menjawab 0.

Penilaian menggunakan sistem Item response teory (IRT). Sistem IRT merupakan penilaian terhadap butir pertanyaan yang dijawab dengan membandingkan rerata penampilan butir terhadap kemapuan kelompok yang diramalkan. Paham?

Sistem Penilaian Respon Butir/ IRT (Item Response Theory)

Sama seperti UTBK 2022, LTMPT masih menggunakan sistem penilaian IRT pada UTBK 2022. Artinya, nilai UTBK kita nanti tidak hanya dihitung berdasarkan jumlah soal yang dijawab benar dan salah. Dengan kata lain, penilaian dengan skema jawaban benar bernilai +4 poin, salah bernilai -1 poin, dan tidak dijawab bernilai 0 poin tidak berlaku lagi.

Dengan sistem IRT, yang diperhitungkan adalah karakteristik setiap butir soal. Soal dengan tingkat kesulitan tinggi memiliki sensitivitas untuk membedakan kemampuan setiap peserta. Soal dengan karakteristik seperti ini memiliki bobot nilai lebih besar daripada soal-soal yang lain.

Tahapan Penilaian UTBK dengan Sistem IRT

Perlu dicatat, kita sebagai peserta UTBK tidak akan mengetahui proses analisis IRT. Kita hanya akan menunggu dan kemudian menerima nilai UTBK. Tapi boleh penasaran dengan cara melihat nilai UTBK kan, Sobat? Nah, ini tiga tahapan cara menghitung nilai UTBK dengan sistem IRT.

Pertama, setiap jawaban benar kita akan memperoleh nilai 1 poin. Sedangkan untuk jawaban salah atau kita kosongkan akan bernilai 0 poin.

Kedua, sistem IRT mulai diterapkan. Setiap butir soal yang benar akan dianalisis karakteristiknya. Salah satu cara analisis ini adalah dengan membandingkan tingkat kesulitan setiap butir soal dengan soal yang lain.

Ketiga, nilai UTBK setiap peserta dihitung berdasarkan pada analisis karakteristik soal diatas. Soal yang relatif sulit akan menghasilkan bobot nilai lebih tinggi dibanding yang lain.

Artinya, semakin banyak peserta UTBK yang menjawab benar pada satu soal maka bobot nilai soal tersebut semakin kecil. Dan sebaliknya, semakin banyak jawaban salah pada suatu soal maka bobot nilai soal tersebut semakin besar.

Penilaian Tes Potensi Skolastik pada UTBK 2022

Nilai UTBK 2022 nantinya hanya diperoleh dari Potensi Skolastik (TPS) saja. Baik pada rumpun Saintek maupun Soshum, masing-masing kita akan menghadapi ujian (1) Kemampuan Penalaran Umum, (2) Kemampuan Kuantitatif, (3) Pengetahuan dan Pemahaman Umum, dan (4) Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis.

Dari keempat subtes tersebut, manakah yang kira-kira menyumbang nilai UTBK terbesar bagi kita? Sebagai perkiraan, kita perlu merujuk pada rekapitulasi nilai UTBK 2022 di laman LTMPT.

Pada Kelompok Ujian Saintek, misalnya, pada range nilai UTBK 801-900, peserta yang menjawab benar pada subtes Pengetahuan dan Pemahaman Umum adalah yang terkecil, hanya 13 orang. Sedangkan jawaban benar paling banyak berada pada subtes Kemampuan Kuantitatif, yaitu oleh 5.680 orang.

Dari sebaran ini, kita dapat mengambil kesimpulan sementara tentang cara melihat nilai UTBK. Soal-soal Pengetahuan dan Pemahaman Umum berpeluang memberi kita nilai UTBK lebih besar daripada soal-soal Kemampuan Kuantitatif. Tentunya, Sobat Pintar dapat menganalisis dan membandingkan lagi pada range nilai yang lain.

Pertimbangkan Nilai Rata-Rata pada Jurusan yang Dibidik

Sekedar mengetahui cara menghitung nilai UTBK saja tak cukup, Sobat. Kita pun harus punya target nilai UTBK agar memperbesar peluang lolos SBMPTN. Dan target nilai UTBK tersebut sebaiknya berada diatas nilai rata-rata jurusan. Again, kita dapat mengacu pada nilai UTBK sebelumnya.

Kita mengalami sedikit kesulitan disini karena nilai rata-rata UTBK 2022 diperoleh dari nilai TPS dan TKA. Sementara itu, cara menghitung nilai utbk 2022 hanya diperoleh dari TPS.

Namun secara umum, kita dapat menggunakan rekapitulasi nilai UTBK 2022 dari LTMPT lagi. Misalnya pada Kelompok Ujian Soshum, mayoritas peserta UTBK 2022 memperoleh nilai UTBK dalam range 401-500. There, we’d better set our goal at more than 500.

Gak ada perbedaan sistem penilaian UTBK 2022 gelombang 1 dan gelombang 2

Sistem penilaian IRT pada UTBK 2022 diterapkan untuk para pendaftar gelombang 1 dan gelombang 2 UTBK SBMPTN 2022. Jadi, kalau ada pemberitaan yang membahas mengenai perbedaan sistem penilaian kamu gak perlu khawatir ya guys karena sistem yang akan digunakan adalah sistem yang sama.

Para peserta gak perlu memikirkan skor gelombang UTBK, sebaiknya para peserta UTBK SBMPTN fokus pada usaha masing-masing agar bisa mendapatkan nilai terbaik.

Jumlah soal UTBK SBMPTN 2022

Ini adalah prediksi jumlah soal-soal yang akan dikerjakan oleh para peserta pada UTBK SBMPTN:

  • Jumlah soal Tes Potensi Skolastik (TPS) UTBK: 120 soal
  • Jumlah soal Tes UTBK 2022 Kelompok Saintek: 80 soal (masing-masing bidang 20 soal)

Jumlah soal Tes UTBK 2022 Kelompok Soshum: 100 soal (soal UTBK tersebut sudah termasuk matematika IPS. Namun, karena tahun 2022 tidak ada matematika IPS, total soal yang diberikan adalah 80 dengan masing-masing bidang 20 soal.

Selain perlu mempersiapkan diri untuk mengerjakan soal-soal TPS, peserta juga perlu belajar materi sesuai kelompok ujian yang dipilih. Tantangan lebih besar akan ditemui peserta yang memilih UTBK kelompok campuran. Sebab, peserta harus belajar lebih banyak dan melakukan manajemen waktu yang baik agar bisa menguasai seluruh materi.

Cara Penilaian UTBK SBMPTN dengan Sistem Penilaian IRT

Kamu wajib memahami dengan baik sistem penilaian IRT yang akan digunakan pada UTBK SBMPTN 2022 nanti. Sistem penilaian IRT adalah sistem penilaian dengan konsep pemberian bobot nilai berbeda pada setiap sub tes. Adapun konsep penilaian IRT tersebut dilakukan dalam tiga tahap berikut:

  • Pada tahap pertama, semua jawaban benar akan mendapatkan skor 1 poin, sedangkan soal yang tidak dijawab atau dibiarkan kosong akan mendapatkan skor 0 poin.
  • Pada tahap kedua, terdapat pendekatan teori respons butir atau item response theory (IRT). Pada tahapan ini, setiap jawaban soal yang benar akan dianalisis lagi karakteristiknya sesuai tingkat kesulitan soal-soal tersebut.
  • Pada tahap ketiga, skor peserta akan dihitung dari tiap-tiap soal yang didapatkan dari tahap kedua. Peserta akan mendapatkan bobot skor tinggi pada soal-soal yang sulit dan mendapatkan bobot skor lebih rendah pada soal yang lebih mudah.

Setelah semua hasil dijumlahkan, peserta akan mendapatkan hasil UTBK 2022 berupa skor yang rentangnya bervariasi, yaitu:

  • Di bawah 300
  • 300 – 400
  • 401 – 500
  • 501 – 600
  • 601 – 700
  • 701 – 800
  • 801 – 900
  • Di atas 900

Secara singkat, sistem penilaian IRT lebih mengutamakan karakteristik tiap soal. Semakin sulit suatu soal yang kamu jawab, maka akan semakin tinggi pula bobot skor yang bisa kamu peroleh. Sistem penilaian ini tidak hanya mempertimbangkan jumlah soal yang berhasil dijawab dengan benar atau salah, tetapi juga mempertimbangkan sulit atau tidaknya suatu soal.

Namun, bobot skor setiap butir soal baru akan ditentukan setelah melihat respons peserta setelah ujian selesai. Cara ini dianggap dapat membedakan kemampuan setiap peserta dengan lebih baik. Dengan menggunakan sistem ini, diharapkan perguruan tinggi akan benar-benar mendapatkan calon mahasiswa yang teruji, dilihat dari hasil seleksi SBMPTN.

Mekanisme Scoring Bersama UTBK SBMPTN 2022

Ketua LTMPT mengumumkan bahwa pihaknya akan melakukan penghitungan skor UTBK atau scoring UTBK gelombang 1 dan gelombang 2 bersamaan. Jadi, setelah UTBK gelombang 1 dan UTBK gelombang 2 dilaksanakan, akan dilakukan penskoran. Penyelenggara tes kemudian akan melihat skor tersebut dan melakukan pembobotan.

Peserta UTBK SBMPTN 2022 diharapkan menghindari informasi sistem penilaian IRT yang beredar selain dari LTMPT, apalagi UTBK belum dimulai. Mendekati hari pelaksanaan UTBK, akan ada banyak oknum yang menyebarkan informasi hoax dan tidak benar demi keuntungan tertentu. Peserta UTBK 2022 diimbau untuk tidak mudah percaya dan panik ketika menerima informasi yang tidak bersumber dari LTMPT secara langsung.

Tips dan Trik mengerjakan soal dengan Sistem IRT UTBK!

Dalam mengerjakan soal-soal UTBK 2022, kamu bisa mengikuti beberapa tips dan trik khusus yang bisa kamu lakukan saat mengerjakannya, misalnya seperti:

Saat mengerjakan soal, kamu jangan ragu untuk mengerjakan soal yang menurutmu mudah lebih dulu. Hal ini bisa membuat peluang menjawab banyak soal benar semakin besar. Selain itu, kamu juga bisa lebih menghemat waktu ujian karena gak menghabiskan waktu mengerjakan soal sulit.

Gunakan metode eliminasi opsi jawaban yang paling mungkin salah. Semakin sedikit opsi jawaban yang tersisa, maka semakin besar juga peluang memilih jawaban benar.

Jangan menghabiskan banyak waktu untuk mengerjakan soal-soal yang sulit hanya untuk mengejar skor yang tinggi. Bobot tingkat kesulitan soal baru ditentukan setelah ada pengecekan ke semua peserta, bukan ditentukan berdasarkan tipe soal yang menurutmu sulit.

Paling aman menjawab pertanyaan dengan banyak yang benar dan sedikit yang salah atau kosong.

Alangkah baiknya kamu tidak berkutat pada soal-soal yang sulit saja hanya untuk mengejar skor tertinggi. Bobot tingkat kesulitan soal baru ditentukan setelah ada pengecekan ke semua peserta, bukan ditentukan berdasarkan tipe soal yang menurut kamu sulit saja.

Secara ringkas, untuk memahami itu, maka akan dijelaskan secara singkat sebagai berikut.

  1. Benar atau salah

Seleksi pertama adalah jika siswa menjawab soal tersebut dengan benar maka akan mendapatkan bobot nilai 1 dan jika salah atau tidak menjawab maka akan otomatis mendapatkan nilai 0.

  1. Probabilitas

Membandingkan dengan probabilitas kelompok (semua peserta UTBK). Jika siswa menjawab benar, maka akan dilihat perbandingannya dengan siswa yang lainnya. Jika ternyata banyak yang bisa menjawab benar maka dianggap soal tersebut mudah, akan tetapi jika ternyata yang menjawab salah soal tersebut banyak maka dianggap soal tersebut sulit.

  1. Penilaian

Penilaian ini berkaitan dengan tingkatan sulit tidaknya soal tadi. Jika ternyata soal mudah, maka kemungkinan skor soal tersebut menjadi rendah apabila kalian menjawab benar. Jika kategori soal sulit dan menjawab benar maka skor soal tinggi.

Hal inilah yang mempengaruhi mengapa siswa yang bisa menjawab lebih banyak belum tentu nilai UTBKnya lebih tinggi daripada yang menjawab sedikit.

Logikanya : jika yang siswa yang menjawab banyak dan benar tadi ternyata kebetulan mengerjakan soal yang kebanyakan siswa bisa maka soal menjadi tingkat “mudah” dan skor rendah sedangkan yang satunya menjawab soalsedikit dan benar yang kebetulan tidak banyak siswa yang bisa mengerjakan maka soal diangap “sulit” dan skor tinggi.

Semakin banyak yang bisa jawab soal tersebut maka nilai soal tersebut semakin kecil, jika banyak yang tidak bisa soal tersebut maka nilai soal tersebut jika benar akan besar. Karena UTBK hanya sekali jadi, berlatihlah soal-soal yang out of the box ya.

Kemudian, jumlah salah juga mempengaruhi nilai akhir UTBK. Semakin banyak yang salah maka akan menurunkan nilai UTBK kalian. Jadi bijaklah dalam menjawab. Jika benar – benar tidak bisa, jangan dijawab lebih baik.

  1. Waktu

Terkait waktu, kemarin (saat faculty fair UGM dan talkshow 2022) terkait UTBK ini bawasannya penilaian tahun 2022 akan menerapkan penilaian terhadap waktu. Jadi siswa tidak bisa menjawab ngawur diakhir-akhir waktu kritis (mau habis). Akan tetapi, peraturan akan berubah seiring waktu, yang penting menunggu saja informasi ketika nanti mendekati UTBK (itu yang pasti).

Misalnya, jika siswa menjawab soal rata-rata membutuhkan waktu 2,8-2 menit. Kemudian, ketika waktu sudah akan berakhir 2 menit lagi dan soal masih ada 5 kemudian menjawab dengan “ngawur” maka rata-rata 5 soal terakhir menjadi 0,4 menit.

Nah, kecepatan ini akan direspon oleh komputer (program) sebagai jawaban “ngawur” karena terburu-buru diakhir dan akan dianggap “salah” serta akan mengurangi nilai total akhir.

*(Informasi terkait adanya faktor waktu ini disampaikan saat Faculty Fair di UGM Desember 2022 lalu). Akan tetapi, telah dikonfirmasi oleh panitia LTMPT bahwa hal itu tidak benar (HOAX). Yang tau secara penuh sistem IRT tahun 2022 nanti HANYA PANITIA saja.

Intinya yang paling aman adalah jawablah pertanyaan dengan benar (banyak yang benar) dan sedikit yang salah atau kosong. Terkait waktu biar urusan Panitia saja, kita belajar sesuai kapasitas kita bukan panitia. Karena sifat dari sistem IRT UTBK – SBMPTN sangat rahasia.

Semoga dapat dipahami dengan penjelasan singkat diatas ya. Untuk nilai tertinggi per soal kategori mudah dan sulit kami tidak tau dan hanya panitia yang mengetahui program tersebut.

Selain artikel tentang SBMPTN di atas, kamu juga bisa cek beberapa artikel tentang SBMPTN pada postingan berikut ini:

About Muhammad

Check Also

Cara Mengisi Jarak Dari Pusat Kota KIP Kuliah

Cara Mengisi Jarak Dari Pusat Kota KIP Kuliah [Terupdate] Salah satu isian dalam menu rencana …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!