Cara Cek Kuota SNMPTN 2022 di ltmpt.ac.id dan Info Lengkap SNMPTN 2022

Cara Cek Kuota SNMPTN 2022 di ltmpt.ac.id dan Info Lengkap SNMPTN 2022

Berita Terbaru Tentang SNMPTN 2022, berikut dibawah ini :

Apa kamu sudah cukup update seputar informasi SNMPTN 2022? LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) telah merilis jadwal SNMPTN 2022. Mulai dari kegiatan registrasi akun LTMPT, penetapan siswa yang eligible, dan pengisian PDSS oleh sekolah yang berlangsung sejak 8 Januari 2022 hingga 8 Februari 2022.

Untuk pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 akan berlangsung dari 14 hingga 28 Februari 2022. Lalu, bagaimana dengan informasi kuota SNMPTN 2021? Bagaimana cara mengetahui informasi tersebut?

Kuota Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SNMPTN 2021 sudah diumumkan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) pada Rabu, 1 Desember 2021 pukul 15:00 WIB kemarin. Pengumuman lengkap tentang kuota SNMPTN 2021 bisa dilihat melalui situs resmi LTMPT di https://ltmpt.ac.id.

Cara Cek Kuota SNMPTN 2022

Setelah masuk ke website https://ltmpt.ac.id, buka menu SNMPTN lalu submenu Kuota Sekolah. Dikutip dari CNNIndonesia.com, yang dimaksud kuota di sini adalah jumlah siswa yang ditetapkan pada setiap sekolah untuk bisa mengikuti SNMPTN 2021 menggunakan nilai akademik.

LTMPT memberikan waktu sanggah hingga 15 Januari 2021 pukul 15:00 WIB bagi pihak sekolah yang ingin melakukan perbaikan atau mengadukan kendala tentang kuota SNMPTN 2022 tersebut. Cara sanggah atau perbaikan bisa dilakukan melalui laman https://vervalsp.data.kemdikbud.go.id.

Pihak sekolah bisa mengajukan perbaikan atau sanggah kuota SNMPTN 2022 dengan menggunakan akun operator sekolah yang selama ini digunakan saat melakukan update data.

“Setelah melakukan perbaikan/pemutakhiran data, sekolah harus login ke laman http://portal.ltmpt.ac.id menggunakan akun sekolah, mulai tanggal 8 Januari 2022 untuk verifikasi data sekolah (pilih tombol UPDTATE),” demikian bunyi keterangan LTMPT melalui laman resminya.

Selanjutnya untuk kelengkapan atau kevalidan data dapat dilihat di dashboard https://pd.data.kemdikbud.go.id/ltmpt/. Nah, jika mengalami kesulitan, ada masalah atau membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai SNMPTN 2022, LTMPT menyediakan tiga jalur komunikasi yang bisa digunakan.

Tiga jalur komunikasi LTMPT terkait SNMPTN 2022 adalah:

  1. Helpdesk: https://halo.ltmpt.ac.id
  2. Email: sekretaris@ltmpt.ac.id
  3. Media sosial Instagram, Twitter, Facebook: @ltmptofficial

Ada pun untuk layanan call centre 0804-1-450-450 dan datang langsung (walk in) ke kantor LTMPT selama masa pandemi ditiadakan untuk menghindari lonjakan kasus COVID-19. Pihak sekolah dan siswa kelas XII yang berencana ikut SNMPTN 2022 dianjurkan untuk senantiasa rutin mengupdate informasi, baik melalui website mau pun akun media sosial LTMPT.

Cara Cek Kuota SNMPTN 2022

Informasi ini dapat dijadikan strategi untuk melihat peluang lolos ke jurusan dan/atau perguruan tinggi yang dituju.

Cara ini umum untuk dilakukan dan dapat jadi cara yang efektif dalam menyesuaikan hasil belajar selama ini dengan jurusan dan perguruan tinggi yang diinginkan.

Kalau begitu, langsung saja simak cara untuk mengetahuinya:

1. Buka laman LTMPT

2. Selanjutnya pilih menu SNMPTN yang terletak di sebelah kiri. Lalu, akan muncul submenu Jadwal dan Kuota Sekolah.

3. Jika pilih menu kuota sekolah maka akan tersedia pencarian berdasarkan lokasi atau NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional).

4. Kemudian pilih berdasarkan provinsi dan kabupaten/kota jika memilih pencarian berdasarkan lokasi sebelumnya.

5. Lihat dan cari nama sekolahmu untuk mengetahui persentase kuota siswa untuk mengikuti SNMPTN 2022.

Contoh Tampilan Kuota SNMPTN 2022

mungkin pernah mendengar bahwa setiap sekolah memiliki kuota yang berbeda-beda untuk mengikuti SNMPTN. Hal tersebut berdasarkan status akreditasi dan jumlah siswa masing-masing sekolah. Nah, berikut contoh tampilah kuota sekolah untuk SNMPTN 2021.

Nama Sekolah : SMA Negeri 33 Jakarta

NPSN : 20101620

Akreditasi : A

Persen Kuota : 40%

Jumlah Total Siswa

IPA : 108

Bahasa : 36

IPS : 108

Kuota Siswa

IPA : 44

Bahasa : 15

IPS : 44

Cari Tahu Daya Tampung dan Peminat di Jurusan yang Dituju

Setelah mengetahui kuota sekolah SNMPTN di atas, langkah selanjutnya yang penting untuk diketahui ialah perbandingan daya tampung dan peminat di jurusan perguruan tinggi yang kamu tuju.

Informasi ini dapat kamu jadikan pertimbangan yang efektif untuk mengukur peluang hasil rapor kamu yang nantinya akan didaftarkan melalui SNMPTN. Kamu dapat bertanya ke pihak sekolah, kakak angkatan terdahulu, atau melakukan riset secara mandiri.

Buat kamu yang masih bingung buat apa sih itu SNMPTN, aku saranin kamu baca deh artikel penjelasan jalur SNMPTN berikut ini :

About Muhammad

Check Also

Cara Mengisi Jarak Dari Pusat Kota KIP Kuliah

Cara Mengisi Jarak Dari Pusat Kota KIP Kuliah [Terupdate] Salah satu isian dalam menu rencana …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!