Breaking News

Temukanlah sebuah teks eksposisi dalam surat kabar, majalah, atau dari internet. Buatlah ringkasan dengan menggunakan gagasan umum dalam teks tersebut.

Questions and Answer Keys in Indonesian Class 8 Curriculum 2013 Revised 2017 Activity 3 Make a summary using the general ideas in the text Page 72 Chapter 3 (Exposition Text in Mass Media) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kegiatan 3 Buatlah ringkasan dengan menggunakan gagasan umum dalam teks tersebut Halaman 72 Bab 3 (Teks Eksposisi dalam Media Massa) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Kegiatan 3

B. Temukanlah sebuah teks eksposisi dalam surat kabar, majalah, atau dari internet. Buatlah ringkasan dengan menggunakan gagasan umum dalam teks tersebut. Jangan lupa cantumkan, sumber teks itu secara lengkap.

Judul Teks Sumber Edisi
Rokok dan Sembako http://www.pikiran-rakyat.com/opini/2016/08/25/rokok-dan-sembako-378277 25 Agustus, 2016
Ringkasan :

Gagasan umum paragraf 1 : WACANA untuk menaikkan harga rokok lebih dari dua kali lipat menjadi di kisaran Rp 50.000 menuai pro dan kontra.

Gagasan umum paragraf 2 : Pihak yang kontra paling keras dikemukakan oleh para pengusaha rokok. Selain itu pihak yang kontra juga diwikili oleh perokok.

Gagasan umum paragraf 3 : Secara ekonomi, rokok juga mempunyai andil yang besar bagi pemasukan negara.

Gagasan umum paragraf 4 : Bagi perokok kenaikan harga rokok ini dirasakan akan menjadi beban tersendiri.

Gagasan umum paragraf 5 : Di sisi lain pihak yang pro akan kebijakan menaikkan harga rokok adalah aktivis anak dan kesehatan.

Gagasam umum paragraf 6 : Sementara itu bagi aktivis kesehatan rokok merupakan bahan adiktif yang sangat berbahaya.

Gagasan umum paragraf 7 : Biaya yang harus dikeluarkan oleh seorang perokok jika konstan dalam satu hari satu bungkus maka dalam setahun harus mengeluarkan Rp 2.920.000. Dengan demikian akan terjadi pengurangan untuk membeli sembako dan kenakikan biaya untuk membeli rokok. 

Gagasan umum paragraf 8 : Pengurangan biaya sembako untuk membeli rokok tentunya akan membahayakan, karena akan mempengaruhi kualitas kehidupan dan kesehatan masyarakat.

Gagasan umum paragraf 9 : Masyarakat juga harus semakin peduli terhadap bahaya dari rokok yang dihisap baik secara aktif maupun pasif.

Kesimpulan

WACANA untuk menaikkan harga rokok lebih dari dua kali lipat menjadi di kisaran Rp 50.000 menuai pro dan kontra. Pihak yang kontra paling keras dikemukakan oleh para pengusaha rokok. Selain itu pihak yang kontra juga diwikili oleh perokok. Secara ekonomi, rokok juga mempunyai andil yang besar bagi pemasukan negara. Bagi perokok kenaikan harga rokok ini dirasakan akan menjadi beban tersendiri. Di sisi lain pihak yang pro akan kebijakan menaikkan harga rokok adalah aktivis anak dan kesehatan. Sementara itu bagi aktivis kesehatan rokok merupakan bahan adiktif yang sangat berbahaya. Biaya yang harus dikeluarkan oleh seorang perokok jika konstan dalam satu hari satu bungkus maka dalam setahun harus mengeluarkan Rp 2.920.000. Dengan demikian akan terjadi pengurangan untuk membeli sembako dan kenakikan biaya untuk membeli rokok. Pengurangan biaya sembako untuk membeli rokok tentunya akan membahayakan, karena akan mempengaruhi kualitas kehidupan dan kesehatan masyarakat. Masyarakat juga harus semakin peduli terhadap bahaya dari rokok yang dihisap baik secara aktif maupun pasif.

Judul Teks Sumber Edisi
Moyang Buaya Ternyata Beranak, Bukan Bertelur Situs Harian Kompas 19 Februari 2017
Ringkasan :

Moyang buaya ternyata beranak, bukan bertelur. Hal ini diketahui setelah para peneliti mempelajari fosil dinosaurus bernama Dinocephalosaurus. Fosil tersebut diketahui mengandung embrio, bukti bahwa Dinocephalosaurus berkembang biak dengan melahirkan.  Nenek moyang burung dan buaya itu adalah vertebrata pertama kelompok Archosauromorpha yang melahirkan.  

Kesimpulan :

Teks eksposisi menyajikan informasi berupa ilmu pengetahuan kepada para pembaca dan pendengarnya. Hal yang menarik dari teks ini adalah ilmu pengetahuan disajikan dalam bentuk padat dan ringkas.

Judul Teks Sumber Edisi
Kemacetan di Jakarta Buku Bahasa Indonesia Kurikulum 2013
Ringkasan :

Jakarta identik dengan kemacetan lalu lontas. Persoalannya, macet di Jakarta itu bukan hanya karena pertambahan jumlah kendaraan bermotor. Namun, juga karena tidak seimbang dengan pertambahan panjang ruas jalan dan masih ada banyak faktor yang tumpah tindih.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kegiatan 3 Buatlah ringkasan dengan menggunakan gagasan umum dalam teks tersebut Halaman 72 Bab 3 (Teks Eksposisi dalam Media Massa)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kegiatan 3 Buatlah ringkasan dengan menggunakan gagasan umum dalam teks tersebut Halaman 72 Bab 3 (Teks Eksposisi dalam Media Massa). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Jika a : b = 3 : 4, maka (6a + b) : (4a + 5b) adalah ….

[Kunci Jawaban] Jika a : b = 3 : 4, maka (6a + b) : …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!