Breaking News

Buatlah rangkaian peristiwa faktual yang kamu dapatkan dari berbagai rujukan dan sudah dibuat kerangka. Padukan dengan sisi lain kehidupan tokoh.

Questions and Answer Key Indonesian Grade 12 curriculum in 2013 Revised 2018 Instructions Prepare a series of factual events that you get from various references and already created a framework Page 82 Chapter 2 (Watching History Stories) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Tugas Buatlah rangkaian peristiwa faktual yang  kamu dapatkan dari berbagai rujukan dan sudah dibuat kerangka Halaman 82 Bab 2 (Menikmati Cerita Sejarah) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Tugas

Berdasarkan draf yang telah kamu buat pada pembelajaran sebelumnya, kembangkanlah sebuah novel sejarah. Berikut ini adalah panduan umum untuk membuat novel sejarah sebagai kelanjutan atas tugas sebelumnya.

1. Buatlah bagian-bagian peristiwa faktual, sisi lain kehidupan tokoh, serta imajinasimu ke dalam kerangka cerita. Kerangka ini dapat berwujud seperti kerangka karangan. Namun, sudut pandang yang dapat dijadikan dasar kerangka dapat saja berupa perjalanan waktu (misalnya, masa kecil, masa remaja, masa sekolah, masa kuliah, masa perjuangan, masa dewasa); latar tempat (di desa, di sekolah, di kota, di dunia).

2. Buatlah rangkaian peristiwa faktual yang kamu dapatkan dari berbagai rujukan dan sudah dibuat kerangka. Padukan dengan sisi lain kehidupan tokoh.

3. Jika langkah keempat sudah selesai kamu lakukan, buatlah rangkaian cerita berdasarkan daya khayalmu. Sudut pandang yang paling mudah adalah sudut pandang orang pertama “aku”

4. Masa pengerjaan satu bulan dengan aturan jumlah halaman 48, 1,5 spasi, time new roman, ukuran huruf 12.

Teks Cerita Sejarah Jenderal Soedirman

Pengenalan

Jenderal Besar Raden Soedirman adalah seorang perwira tinggi Indonesia pada masa Revolusi Nasional Indonesia. Sebagai panglima besar Tentara Nasional Indonesia pertama, ia adalah sosok yang dihormati di Indonesia.

Saat di sekolah menengah, Soedirman mulai menunjukkan kemampuannya dalam memimpin dan berorganisasi, dan dihormati oleh masyarakat karena ketaatannya pada Islam. Setelah berhenti kuliah keguruan, pada 1936 ia mulai bekerja sebagai seorang guru, dan kemudian menjadi kepala sekolah, di sekolah dasar Muhammadiyah; ia juga aktif dalam kegiatan Muhammadiyah lainnya dan menjadi pemimpin Kelompok Pemuda Muhammadiyah pada tahun 1937.

Urutan Kejadian

Setelah Jepang menduduki Hindia Belanda pada 1942, Soedirman tetap mengajar. Pada tahun 1944, ia bergabung dengan tentara Pembela Tanah Air (PETA) yang disponsori Jepang, menjabat sebagai komandan batalion di Banyumas. Selama menjabat, Soedirman bersama rekannya sesama prajurit melakukan pemberontakan, namun kemudian diasingkan ke Bogor.

Setelah Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945, Soedirman melarikan diri dari pusat penahanan, kemudian pergi ke Jakarta untuk bertemu dengan Presiden Soekarno. Ia ditugaskan untuk mengawasi proses penyerahan diri tentara Jepang di Banyumas, yang dilakukannya setelah mendirikan divisi lokal Badan Keamanan Rakyat. Pasukannya lalu dijadikan bagian dari Divisi V pada 20 Oktober oleh panglima sementara Oerip Soemohardjo, dan Soedirman bertanggung jawab atas divisi tersebut. Pada tanggal 12 November 1945, dalam sebuah pemilihan untuk menentukan panglima besar TKR di Yogyakarta, Soedirman terpilih menjadi panglima besar, sedangkan Oerip, yang telah aktif di militer sebelum Soedirman lahir, menjadi kepala staff.

Pada tanggal 19 Desember 1948, beberapa hari setelah Soedirman keluar dari rumah sakit, Belanda melancarkan Agresi Militer II untuk menduduki Yogyakarta. Ketika Belanda mulai menarik diri, Soedirman dipanggil kembali ke Yogyakarta pada bulan Juli 1949. Meskipun ingin terus melanjutkan perlawanan terhadap pasukan Belanda, ia dilarang oleh Presiden Soekarno. Penyakit TBC yang diidapnya kambuh; ia pensiun dan pindah ke Magelang. Soedirman wafat kurang lebih satu bulan setelah Belanda mengakui kemerdekaan Indonesia. Ia dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Semaki, Yogyakarta.

Reorientasi

Kematian Soedirman menjadi duka bagi seluruh rakyat Indonesia. Bendera setengah tiang dikibarkan dan ribuan orang berkumpul untuk menyaksikan prosesi upacara pemakaman. Soedirman terus dihormati oleh rakyat Indonesia.

Teks Cerita Sejarah Candi Borobudur

Pengenalan

Candi Borobudur adalah sebuah candi Buddha yang terletak di kota Magelang, provinsi Jawa Tengah. Candi Borobudur adalah candi atau kuil Buddha terbesar di dunia, sekaligus salah satu monumen Buddha terbesar di dunia.

Urutan Kejadian

Lokasi Candi Borobudur berada sekitar 100 km dari Semarang, 86 km dari Surakarta dan 40 km dari DI Yogyakarta. Perkiraan waktu pembangunan candi didasarkan pada perbandingan antara jenis aksara yang tertulis di kaki tertutup Karmawibhangga dengan jenis aksara yang umumnya digunakan pada prasasti kerajaan abad ke-8 dan ke-9. Candi borobudur dibangun pada masa kerajaan dinasti Syailendra di Jawa Tengah yang bertepatan antara kurun waktu 760 sampai 830 Masehi.

Proses pembangunan candi Borobudur diperkirakan menghabiskan waktu 75  sampai 100 tahun lebih. Candi Borobudur baru benar-benar rampung 100% pada masa pemerintahan raja Samaratungga pada tahun 825 Masehi.

Perlu diketahui bahwa candi Borobudur sempat tersembunyi dan telantar selama berabad-abad. Borobudur terkubur di bawah lapisan tanah dan debu vulkanik yang kemudian ditumbuhi pohon dan semak belukar sehingga Borobudur saat itu benar-benar menyerupai bukit.

Baru pada tahun 1814 Masehi, candi Borobudur kembali ditemukan lagi. Saat itu pulau Jawa ada di bawah pemerintahan Inggris yang dipimpin oleh Thomas Stamford Raffles selaku gubernur jenderal. Raffles memiliki ketertarikan pada sejarah dan kebudayaan Jawa.

Setelah itu terus dilakukan penelitian terkait candi Borobudur oleh Pemerintah Hindia Belanda. Borobudur pun kian terkenal hingga mengundang kolektor candi untuk berkunjung.

Reorientasi

Meskipun kini Candi Borobudur tidak lagi masuk dalam 7 keajaiban dunia, namun Borobudur tetap masuk dalam Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1991 setelah restorasi panjang terhadap candi Buddha terbesar di dunia ini. Borobudur juga masuk dalam daftar memori dunia, diusulkan bersama Cerita Panji, Gerakan Non-Blok, dan Tsunami Aceh. Hal ini menunjukkan betapa kayanya sejarah dan budaya Indonesia pada dunia.

Teks Cerita Sejarah Candi Prambanan

Pengenalan

Candi Prambanan atau Candi Roro Jonggrang adalah kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 masehi. Candi ini dipersembahkan untuk Trimurti, tiga dewa utama Hindu yaitu Brahma sebagai dewa pencipta, Wisnu sebagai dewa pemelihara, dan Siwa sebagai dewa pemusnah.

Urutan Kejadian

Prambanan adalah candi Hindu terbesar dan termegah yang pernah dibangun di Jawa kuno, pembangunan candi Hindu kerajaan ini dimulai oleh Sri Maharaja Rakai Pikatan sebagai tandingan candi Buddha Borobudur dan juga candi Sewu yang terletak tak jauh dari Prambanan.

Bangunan ini pertama kali dibangun sekitar tahun 850 Masehi oleh Rakai Pikatan dan secara berkelanjutan disempurnakan dan diperluas oleh Raja Lokapala dan raja Sri Maharaja Dyah Balitung Maha Sambu. Berdasarkan prasasti Siwagrha berangka tahun 856 M, bangunan suci ini dibangun untuk memuliakan dewa Siwa, dan nama asli bangunan ini dalam bahasa Sanskerta adalah Siwagrha.

Bangunan candi ini diduga benar-benar runtuh akibat gempa bumi hebat pada abad ke-16. Meskipun tidak lagi menjadi pusat keagamaan dan ibadah umat Hindu, candi ini masih dikenali dan diketahui keberadaannya oleh warga Jawa yang menghuni desa sekitar. Candi-candi serta arca Durga dalam bangunan utama candi ini mengilhami dongeng rakyat Jawa yaitu legenda Rara Jonggrang. Setelah perpecahan Kesultanan Mataram pada tahun 1755, reruntuhan candi dan sungai Opak di dekatnya menjadi tanda pembatas antara wilayah Kesultanan Yogyakarta (Jogja) dan Kasunanan Surakarta (Solo).

Pada tahun 1733, candi ini ditemukan oleh CA. Lons seorang berkebangsaan Belanda. Candi ini menarik perhatian dunia ketika pada masa pendudukan Britania atas Jawa. Ketika itu Colin Mackenzie, seorang surveyor bawahan Sir Thomas Stamford Raffles, menemukan candi ini. Meskipun Sir Thomas kemudian memerintahkan penyelidikan lebih lanjut, reruntuhan candi ini tetap telantar hingga berpuluh-puluh tahun. Penggalian tak serius dilakukan sepanjang 1880-an yang sayangnya malah menyuburkan praktik penjarahan ukiran dan batu candi. Kemudian pada tahun 1855 Jan Willem IJzerman mulai membersihkan dan memindahkan beberapa batu dan tanah dari bilik candi

Kini, candi ini termasuk dalam Situs Warisan Dunia yang dilindungi oleh UNESCO, status ini diberikan UNESCO pada tahun 1991. Kini, beberapa bagian candi Prambanan tengah direstorasi untuk memperbaiki kerusakan akibat gempa Yogyakarta 2006. Gempa ini telah merusak sejumlah bangunan dan patung.

Reorientasi

Candi Prambanan merupakan salah satu situs bersejarah peninggalan zaman kerajaan yang dimiliki Indonesia. Candi Prambanan terletak di Jawa Tengah dan dikenal sebagai kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia.

Teks Cerita Sejarah Pahlawan R.A Kartini

Orientasi:

Raden Adjeng Kartini merupakan seorang perempuan dari kalangan bangsawan yang lahir di daerah Jepara pada 21 April 1879.

Beliau adalah Raden Ajeng Kartini Djojo Adhiningrat adalah nama lengkapnya tapi beliau biasanya disebut dengan R.A. Kartini. Di usia 25 tahun Kartini menghembuskan napas terakhir setelah beliau melahirkan R.M. Susalit, yakni pada tanggal 17 September 1904.

Urutan Peristiwa:

Ketika R.A. Kartini berusia 12 tahun, ia memulai perjuangannya di dunia pendidikan agar memperoleh pendidikan setinggi-tingginya. Namun sayangnya keinginan terbesar nya itu mendapat tentangan keras terutama dari ayahanda.

Sebab di usia itu, kebanyakan perempuan dahulu sudah dipingit dan menikah.Hingga suatu hari R.A. Kartini menikah dengan seorang bupati Rembang yakni Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat.

Hal yang tak terduga ternyata Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat sangat mendukung Kartini agar dapat meraih impiannya. Beliau bahkan mengizinkan Kartini mendirikan sekolah wanita.

Reorientasi:

Atas semua jasa yang telah diberikan Raden Ajeng Kartini terutama di bidang pendidikan untuk wanita. Beliau mendapatkan penghormatan dan penghargaan.

Di sana Kartini ditetapkan sebagai seorang pahlawan nasional Indonesia secara resmi yang di dasarkan. Sifat dan keyakinan beliau untuk terus mendapatkan pendidikan dan mencari ilmu setinggi langit yang patut ditiru.

Teks Cerita Sejarah Pribadi

Orientasi

Nama saya adalah Luqi Nur Afika biasa d panggil Luqi. saya lahir di Banjarnegara 3 Maret 1998. Saya adalah anak ke dua dari tiga saudara yaitu kakak dan adik perempuanku.

Urutan peristiwa

Pada tahun 2003 saya masuk ke taman kanak kanak atau TK. Karena dulu belum ada yang namanya PAUD saya langsung masuk ke TK.

Dulu saya selalu berangkat diantar oleh ayah saya setelah diantar ayah saya langsung pergi ke ladang untuk bercocok tanam dikebun.

Pada waktu libur tiba saya kadang ikut ke kebun bersama ayah untuk bermain main dikebun dan sekitar sungai.

Setelah beberapa waktu saya masuk ke sekolahh dasar atau SD. Saya bersama teman saya yang bernama Dani teman dari diriku kecil sampai saat ini.

Bersama Dani saya selalu duduk satu meja denganya dari kelas 1 sampai kelas 6 SD. Sampai dikelas 5 tepatnya kenaikan ke kelas 6. 2 kelas dibuat satu, satu kelas ada 50 orang dalam satu ruangan bersama.

Dan pada saat lulus sekolah SD saya dan Dani pun berpisah karena kita berdua memasuki sekolah yang berbeda. Saya masuk di SMP Negeri 1 Batur dan Dani masuk ke MTS Muhammadiyah 1 Batur.

Di SMP saya mempunyai banyak kenangan bersama dengan teman teman. Seperti pas waktu MOS atau masa orientasi siswa yang sering dikerjain oleh kakak kelas kami.

Tapi kami tidak pernah jengkel atau marah kepada kakak kelas kami, karena memang kami tidak berani melawan kakak kelas.

Setelah lulus SMP saya pun melanjutkan sekolah di SMA 1 Batur Banjarnegara dan ternyata Dani daftar disekolahan yang sama. Sehingga saya dan dani  berdua bersama kembali disekolah SMA.

Karena tahu di MOS SMA saya tidak terlalu minat saya dan Dani tidak mengikutinya. Saat masuk SMA saya sudah seperti remaja nakal biasanya.

Seperti merokok dan bolos sekolah saya biasanya melakukanya bersama dengan teman teman saya. Memang itu suatu hal yang negatif tapi saya mempunyai pengalaman disekolahan.

Tidak kaget juga kalo saya dan teman-teman biasa dipanggil ke ruang BK. Karena kenakalan kami yang sering kepergok oleh guru pas ketahuan merokok dikamar mandi.

Reorientasi

Selama masa TK SD SMP sampai SMA saya mempunyai banyak kenangan bersama teman teman saya.

Dari suka dan duka bersama teman teman saya yang sangat berharga dan tidak bisa digantikan dengan apapun.

Cerita Sejarah Kemerdekaan Indonesia

Orientasi

Berawal dari pecahnya “perang Asia Timur Raya”, dan Amerika Serikat menyatakan perang terhadap Jepang. Akibat serangan pasukan Jepang di pusat pertahanan Amerika Serikat “Pearl Harbor” pada tanggal 8 Desember 1941. Tentara Jepang dengan Angkatan Udara dan Lautnya semakin agresif mendarat diwilayah Indocina, Filiphina, Malaya dan Indonesia.

Pemerintah Hindia Belanda ikut Sekutu menyatakan perang terhadap Jepang. Jepang bertujuan mendarat di Indonesia yaitu untuk melumpuhkan pasukan Belanda. Pertama kali Jepang mendarat di Tarakan kemudian berlanjut didaerah Balikpapan, Manado, Ambon, Makasar, Pontianak, dan Palembang. Dan wilayah Jawa dikuasai olehnya, pada tahun 1942 Jepang mendarat di Banten, Indramayu dan Rembang.

Wilayah yang dikuasai Batavia diperluas dengan Batavia pada tanggal 5 Maret 1942, dan semakin meluas ke wilayah Surakarta, Cikampek, Semarang dan Surabaya. Belanda semakin terdesak oleh serangan Jepang dan diakhiri dengan pernyataan “penyerahan tanpa syarat” oleh Hindia Belanda.

Urutan peristiwa

Awalnya masyarakat Indonesia menyambut baik militer Jepang dengan sambutan yang bersahabat. Hal itu terlihat dari sikap kooperatif tokoh bangsa kita, Ir. Soekarno dan Moh Hatta. Pemerintah Jepang mulai merangkul rakyat dengan terbentuknya organisasi kemasyarakatan yang sebenarnya hanya untuk kepentingan Jepang pada Perang Dunia II.

Organisasi itu antara lain: Pusat Tenaga Rakyat, (PUTERA), Jawa hokokai, Fujinkai Keibodan, Heiho, MIAI, dan pembentukan BPUPKI.BPUPKI (Badan Penyelidikan Usaha Usaha Persiapan Kemerdekaan RI) dibentuk pada tahun 1943 dibawah pemerintah perdana Menteri Tojo.

Menteri Tojo bertugas mengkaji dan menyelidiki hal-hal yang penting dan perlu bagi pembentukan pemerintahan Indonesia. Selanjutnya BPUPKI dibubarkan dan diganti dengan nama pimpinan perjuangan kita. Dari BPUPKI sampai PPPKI dikenal dengan Docoritsu Junbi Inkai, dengan nama ini kesan bahwa PPPKI bukan bentukan Jepang. Tetapi hasil kesepakatan dan perjuangan para tokoh kemerdekaan Indonesia.

Peristiwa penting yaitu pertemuan antara Soekarno, M. Hatta dan Rajiman Wedyodiningrat dengan Jenderal Terauchi di Dalat menyampaikan.Bahwa pemerintah Jepang telah memutuskan akan memberikan kemerdekaan kepada Indonesia yang meliputi wilayah bekas Hindia-Belanda.

saat pasukan Jepang mulai melemah. Kekalahan dan kekalahan didapatkannya dan Amerika semakin kuat dan ditambahnya menarik pasukan pasukannya yang ada di Eropa.Tentara Amerika menghentikan serangan Jepang pada Mei 1942 dipertempuran Laut Koral dan 1942 dipertempuran Midway.

Jepang semakin melemah karena Amerika yang terus mengamuk. Pada 6 Agustus 1945, AS menjatuhkan bom atom untuk pertama kalinya di kawasan Hiroshima, dan tidak puas bahwa 3 hari kemudian pada tanggal 9 Agustus bom atom kedua dijatuhkan lagi di kota Nagasaki. Dua pusat kota pemerintahan Jepang akhirnya diratakan dengan daratan.

Akhirnya Jepang menyerah tanpa syarat kepada Sekutu pada tanggal 14 Agustus 1945. Dengan penyerahan itu dilakukan dikapal Missouri pada tanggal 2 September 1945 oleh kaisar Hirito (Jepang) dan Jenderal Douglas Mc Arthur (Sekutu).

Reorientasi

Berita kekalahan Jepang terhadap sekutu tidak bisa disembunyikan. Dengan perjanjian Post Dam Jepang menyerah kekuasaanya kepada sekutu dan otomatis di Indonesia kekosongan kekuasaan.

Kesempatan kali ini dimanfaatkan oleh Indonesia dengan memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Tugas Buatlah rangkaian peristiwa faktual yang  kamu dapatkan dari berbagai rujukan dan sudah dibuat kerangka Halaman 82 Bab 2 (Menikmati Cerita Sejarah)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Tugas Buatlah rangkaian peristiwa faktual yang  kamu dapatkan dari berbagai rujukan dan sudah dibuat kerangka Halaman 82 Bab 2 (Menikmati Cerita Sejarah). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

Kata Kunci:

  • https://laguasyik com/buatlah-rangkaian-peristiwa-faktual-yang-kamu-dapatkan-dari-berbagai-rujukan-dan-sudah-dibuat-kerangka-padukan-dengan-sisi-lain-kehidupan-tokoh/

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal dari fosil secara berlebihan? Coba jelaskan!

[Kunci Jawaban] Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!