Buatlah pengelompokan secara dikotom hewan-hewan berikut : paus, kucing, anjing, sapi, kuda laut, dan kuda zebra

Natural Science Questions and Answers for Class 7 Curriculum 2013 Revised 2016 Let’s Do It Explain the differences and similarities between fish and frogs Page 88 Chapter 2 (Classification of Living Things) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Ayo Kita Lakukan Jelaskan perbedaan dan persamaan antara ikan dan katak Halaman 88 Bab 2 (Klasifikasi Makhluk Hidup) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Ayo Kita Lakukan

1. Buatlah pengelompokan secara dikotom hewan-hewan berikut : paus, kucing, anjing, sapi, kuda laut, dan kuda zebra.

Paus –> 1a. Hidup di laut –> 2a. Beranak –> 3a. Paru – paru –> Mamalia
              1b. Hidup di air –> 2b. Bertelur –> 3b. Insang

(Kuda laut sama seperti pengelompokan dikotom Paus).

Kucing –> 1a. Hidup di darat –> 2a. Beranak –> 3a. Paru – paru –> Mamalia
                1b.. Hidup di air –> 2b. Bertelur –> 3b. Insang

(Sapi, dan kuda zebra sama seperti pengelompokan dikotom Kucing).

2. Jelaskan perbedaan dan persamaan antara ikan dan katak.

Persamaan :

  • Berkembang biak dengan cara bertelur

Perbedaan

Ikan :

  • Hidup di air
  • Bernafas dengan insang
  • Berenang dengan sirip

Katak :

  • Hidup di darat dan di air
  • Bernapas dengan paru-paru
  • Berenang dengan kaki

3. Bagaimana cara untuk mencegah penyakit cacingan pada anak-anak?

  • Mencuci tangan sebelum makan.
  • Mencuci bersih bahan makanan sebelum dimasak.
  • Memasak makanan hingga matang.
  • Buang air besar di kloset, tidak di tempat terbuka atau di sembarang tempat.
  • Menyimpan daging mentah dan ikan dengan baik, kemudian masak hingga matang.
  • Mencuci buah dan sayur dengan benar sebelum dikonsumsi.
  • Jika terkena infeksi cacing, basuh bagian anus Anda pada pagi hari untuk mengurangi jumlah telur cacing, karena cacing biasa bertelur pada malam hari.
  • Ganti pakaian dalam dan seprei setiap hari selama terinfeksi.
  • Cuci pakaian tidur, seprei, pakaian dalam, dan handuk dengan air panas untuk membasmi telur cacing.
  • Hindari menggaruk daerah di sekitar anus yang gatal. Gunting kuku agar tidak ada tempat untuk telur cacing. Jangan menggigit kuku.
  • Cuci tangan secara teratur, terutama setelah buang air, mengganti popok bayi, sebelum memasak dan sebelum makan.
  • Hindari berjalan tanpa alas kaki dan menyentuh tanah atau pasir tanpa sarung tangan.

4. Jelaskan tahapan-tahapan dalam mengklasifikasi makhluk hidup.

a. Identifikasi (Pencandraan) Makhluk Hidup

Identifikasi atau pencandraan ialah menentukan macam-macam persamaan apa saja yang paling penting. Salah satu dari pola klasifikasi yang pertama yaitu menempatkan semua jenis hewan yang hidup dalam habitat yang sama dalam satu kategori.

Untuk hal-hal yang harus diamati yaitu, morfologi, anatomi, fisiologi, kromosom, serta tingkah lakunya. Untuk dapat mengidentifikasi makhluk hidup yang baru saja ditemukan, tentunya kita memerlukan alat pembanding seperti gambar, spesimen (awetan hewan ataupun tumbuhan), kunci identifikasi (hewan ataupun tumbuhan yang sudah diketahui namanya). Kunci identifikasi sendiri sering juga disebut sebagai kunci determinasi.

Sebagai contoh, ikan, ikan paus, serta burung penguin diklasifikasikan sebagai makhluk hidup yang dapat berenang. Untuk jenis klasifikasi ini sering kali didasarkan pada prinsip makhluk hidup yang memiliki kemiripan organ analognya. Organ analog yaitu organ dari suatu makhluk hidup yang memiliki fungsi yang sama, walaupun bentuknya berbeda.

b. Pengelompokan Makhluk Hidup

Setelah identifikasi atau pencandraan, tahapan selanjutnya untuk mengklasifikasikan makhluk hidup yaitu pengelompokan. Pengelompokan didasarkan atas identifikasi makhluk hidup dalam suatu kelompok yang sama. Makhluk hidup yang memiliki ciri-ciri yang sama dikelompokkan dalam bentuk tingkatan takson. Jenis pengelompokan dalam tingkatan takson diuraikan kurang lebih seperti urutan tingkatan dalam sistem klasifikasi, yaitu:

Pengelompokan yang membentuk takson genus terdiri dari dua atau lebih spesies dengan ciri-ciri tertentu.

  • Genus yang memiliki ciri-ciri tertentu tersebut di kelompokan dalam tingkatan takson famili.
  • Di atas Famili ada tingkatan ordo, tingkatan takson ordo terdiri atas beberapa famili dengan ciri tertentu.
  • Selanjutnya beberapa dari ordo dengan ciri-ciri tertentu dikelompokkan lagi sehingga terbentuklah takson kelas.
  • Tingkatan takson kelas dengan ciri-ciri tertentu pula dapat di kelompokan membentuk takson filum (untuk jenis hewan), serta tingkatan takson divisi (untuk jenis tumbuhan).

c. Pemberian Nama

Para ahli taksonomi yang telah melakukan penelitian terhadap berbagai jenis hewan maupun tumbuhan, mereka telah melakukan tahapan dalam klasifikasi dan akhirnya dapat memberikan nama terhadap suatu makhluk hidup. Untuk memudahkan dalam mencari nama dari suatu makhluk hidup yang baru dikenal, dapat menggunakan kunci determinasi.

Pemberian nama pada makhluk hidup memiliki tujuan sebagai jalan untuk mempermudah dalam mengenali suatu makhluk hidup, mempermudah dalam membedakan satu jenis makhluk hidup dengan makhluk hidup yang lainnya. Untuk sistem penamaan dari makhluk hidup sendiri ada berbagai sistem yang digunakan. Salah satunya yaitu sistem tata nama ganda (binomial nomenclature) dengan menggunakan bahasa latin.

Bahasa latin yang digunakan di dalam pemberian nama spesies dalam tingkatan takson karena bahasa latin merupakan bahasa yang universal pada waktu itu dan sampai sekarang. Kenyataan bahwa bahasa latin masih digunakan sampai sekarang karena bahasa latin tidak mengenal batas-batas politik. Nama-nama spesies bersifat tradisional tetapi dapat dikenal diseluruh dunia.

5. Bagaimana cara memberi nama ilmiah makhluk hidup?

  • Ditulis menggunakan bahasa latin
  • Terdiri dari 2 kata
  • Kata pertama genus, kedua spesies
  • Huruf pertama besar, lainnya kecil
  • Dicetak miring atau digaris bawahi. Contoh = Cygnus sp atau Cygnus sp

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Ayo Kita Lakukan Jelaskan perbedaan dan persamaan antara ikan dan katak Halaman 88 Bab 2 (Klasifikasi Makhluk Hidup)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Ayo Kita Lakukan Jelaskan perbedaan dan persamaan antara ikan dan katak Halaman 88 Bab 2 (Klasifikasi Makhluk Hidup). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Apa perbedaan antara suhu dan kalor?

[Kunci Jawaban] Apa perbedaan antara suhu dan kalor? Pertanyaan: Apa perbedaan antara suhu dan kalor? …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!