Buatlah kesimpulan dari permasalahan Akhir-akhir ini, kita sering menyaksikan melalui media, banyaknya pelanggaran terhadap norma-norma agama

Questions and Answer Keys Islamic Religious Education and Character Class 11 2013 Revised 2017 Curriculum Student Activities Draw conclusions from the problem Lately, we often see through the media, many violations of religious norms Page 84-85 Chapter 6 (obedient behavior, Competition in Kindness, and Work Ethic) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas Siswa Buatlah kesimpulan dari permasalahan Akhir-akhir ini, kita sering menyaksikan melalui media, banyaknya pelanggaran terhadap norma-norma agama Halaman 84-85 Bab 6 (Perilaku Taat, Kompetisi dalam Kebaikan, dan Etos Kerja) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Aktivitas Siswa

1. Cermati pernyataan di atas, kemudian buatlah kesimpulan dari permasalahan tersebut!

2. Berikan tanggapanmu terhadap penyelesaian permasalahan tersebut!

Kamu diminta mengkritisi perilaku sosial berikut ini dari beberapa sudut pandang (contoh dari sisi agama, sosial, budaya, dan sebagainya)!

1. Akhir-akhir ini, kita sering menyaksikan melalui media, banyaknya pelanggaran terhadap norma-norma agama. Misalnya pencurian, penipuan, perampokan, pembunuhan, dan lain sebagainya. Pelakunya pun terkadang merasa tidak berdosa dan tidak ada beban sama sekali. Ada juga berita seorang anak yang tega membunuh ibu kandungnya sendiri hanya karena persoalan sepele, yaitu tidak diberi uang jajan pada saat mau berangkat sekolah. Bagaimana tanggapanmu?

Tanggapan saya mengenai pelanggaran terhadap norma-norma agama adalah moral manusia berada pada titik yang rendah. Hal ini disebabkan oleh faktor diri sendiri dan faktor lingkungan. Dari sisi agama, mungkin orang tersebut kurang dalam pendalaman agamanya dan tidak melaksanakan perintah-perintah agamanya dengan baik. Dari sisi sosial, rasa ketidakadilan sosial juga merupakan penyebabkan seseorang melakukan hal-hal yang dilarang oleh agama. Dari sisi budaya, lingkungan sekitar juga dapat memengaruhi tindakan seseorang.

Banyaknya pelanggaran terhadap norma-norma agama semakin hari semakin meningkat yang disebabkan oleh permasalahan dari diri sendiri dan lingkungan. Apabila disimak dari berita, masalah ekonomi memengaruhi sebagian besar alasan orang-orang tersebut melakukan pelanggaran norma-norma agama.

Tetapi, apa pun alasannya, apabila agama kita kuat, maka pelanggaran-pelanggaran tersebut dapat diminimalisir. Selalu mengingat perintah dan larangan Allah dapat menjauhkan kita dari dosa-dosa dan juga kita dapat menjalankan hidup yang tenang, aman, dan nyaman.

2. Sejak dahulu dalam dunia pendidikan sudah melaksanakan ujian nasional. Ujian nasional dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kualitas pendidikan di negeri ini. Ironisnya, setiap kegiatan ujian nasional berlangsung, terjadi perilaku negatif. Bocornya soal, siswa yang saling menyontek, dan perilakuperilaku negatif lainnya menjadikan kualitas pendidikan menjadi kurang baik. Semangat berkompetisi untuk mendapatkan yang terbaik di antara siswa tidak pernah tertanam. Bagaimana tanggapanmu?

Pada ilustrasi cerita teks diatas dapat kita ketahui banyak kecurangan yang terjadi selama pelaksanaan ujian nasional. Salah satu pendapat positif tentang teks diatas adalah sistem ujian nasional harus dirubah sehingga ujian yang dilaksanakan betul-betul menjadi sebuah tes yang mencerminkan kualitas pendidikan nasional.

Perilaku menyontek ketika ujian tergolong kedalam perilaku tercela dan dosa ketika kita melakukannya. Maka ketika ujian kita tidak boleh menyontek dan harus menjawab soal ujian berdasarakan kemampuan kita. Berikut beberapa tanggapan mengenai kondisi ujian nasional berdasarakan teks diatas.

  • Sistem ujian nasional harus diperbaiki sehingga tidak terjadi kebocoran soal ujian
  • Guru harus menanamkan perilaku jujur kepada siswa
  • Perilaku menyontek ketika ujian merupakan perilaku tercela yang harus di hindari oleh setiap orang
  • Kompetisi dalam meningkatkan tebaik harus dilakukan secara jujur dan adil. Tidak boleh berkopetisi dengan mengahalalkan segala cara
  • Pengawasal dan panitia ujian lainnya harus mengawasi siswa ketika ujian dengan serius sehingga tidak ada siswa yang menyontek ketika ujian.

3. Bagaimana tanggapanmu mengenai banyaknya kaum tuna wisma yang meminta-minta di jalan? Tidak jarang mereka melakukan berbagai cara agar orang-orang merasa iba dan akhirnya memberikan sedekah/sumbangan kepada mereka.

Tanggapan saya mengenai banyaknya kaum tuna wisma yang meminta-minta di jalan adalah seharusnya mereka berusaha lebih baik dan lebih keras agar tidak meminta-minta di jalan dan martabat mereka manusia di mata manusia lain dan di mata Allah lebih baik lagi.

Allah telah menjadikan manusia sebagai makhluk ciptaannya yang tertinggi, karena manusia diberikan otak untuk berpikir. Salah satu kegunaannya adalah untuk berpikir agar hidup di dunia ini lebih baik lagi.

Meminta-minta adalah perbuatan hina, karena, menurut saya, meminta-minta merupakan tindakan tidak bersyukur atas pemberian Allah. Allah memberikan tubuh yang sehat dan lengkap, memberikan otak untuk berpikir, dan juga Allah memberikan umur untuk melakukan perubahan-perubahan yang bermanfaat.

Meminta-minta dengan berbagai cara agar dikasihani merupakan tindakan yang sangat tidak mulia. Tubuh yang sehat dan sempurna diubah menjadi cacat, keadaan yang masih diperbaiki diubah menjadi keadaan yang penuh dengan keputusasaan, dan lain-lain. Tentu saja, alasan apa pun tidak dibenarkan untuk meminta-minta, terkecuali malas.

Hadis yang melarang seseorang meminta-minta, yaitu

“Barang siapa meminta-minta kepada orang lain dengan tujuan untuk memperbanyak kekayaannya, sesungguhnya ia telah meminta bara api; terserah kepadanya, apakah ia akan mengumpulkan sedikit atau memperbanyaknya” (HR. Muslim no. 1041).

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas Siswa Buatlah kesimpulan dari permasalahan Akhir-akhir ini, kita sering menyaksikan melalui media, banyaknya pelanggaran terhadap norma-norma agama Halaman 84-85 Bab 6 (Perilaku Taat, Kompetisi dalam Kebaikan, dan Etos Kerja)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas Siswa Buatlah kesimpulan dari permasalahan Akhir-akhir ini, kita sering menyaksikan melalui media, banyaknya pelanggaran terhadap norma-norma agama Halaman 84-85 Bab 6 (Perilaku Taat, Kompetisi dalam Kebaikan, dan Etos Kerja). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

Kata Kunci:

  • https://laguasyik com/buatlah-kesimpulan-dari-permasalahan-akhir-akhir-ini-kita-sering-menyaksikan-melalui-media-banyaknya-pelanggaran-terhadap-norma-norma-agama/

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Kalor lebur es adalah 80 kal/g. Apa maksudnya?

[Kunci Jawaban] Kalor lebur es adalah 80 kal/g. Apa maksudnya? Pertanyaan: 3. Kalor lebur es …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!