Buatlah biografi singkat tentang tokoh Sukarno atau Moh. Hatta

Indonesian History Questions and Answer Keys Class 11 Curriculum 2013 Revised 2017 Assignment Write a short biography of the character Ir. Soeakrno or Moh. Hatta Page 136 Chapter 6 (Free Indonesia) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Sejarah Indonesia Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tugas Buatlah biografi singkat tentang tokoh Ir. Soeakrno atau Moh. Hatta Halaman 136 Bab 6 (Indonesia Merdeka) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Tugas

Buatlah biografi singkat tentang tokoh Sukarno atau Moh. Hatta.

  • Biografi singkat tentang tokoh Ir. Soekarno

Ir. Soekarno adalah presiden pertama Republik Indonesia, sekaligus tokoh proklamator negara ini. Soekarno akrab dipanggil dengan julukan Bung Karno. Bung Karno juga dikenal sebagai Putra Sang Fajar karena lahir saat fajar menyingsing.

Bung Karno lahir di Surabaya, 6 Juni 1901 dan meninggal di Jakarta, 21 Juni 1970. Dikutip dari laman RRI, Soekarno awalnya diberi nama Koesno Sosrodihardjo. Karena sering sakit, namanya diganti menjadi Soekarno.

Soekarno merupakan putra dari Raden Soekemi Sosrodihardjo dan Ida Ayu Nyoman Rai. Ibunda Bung Karno merupakan bangsawan Bali. Kedua orang tua Soekarno bertemu saat sang ayah menjadi guru di Bali.

Soekarni hanya sebentar tinggal dengan kedua orang tuanya di Blitar. Kemudian beliau pindah ke Surabaya untuk menamatkan SD. Selama di Surabaya, Bung Karno tinggal di kediaman Haji Oemar Said Tjokroaminoto. Setelah tamat, Bung karno melanjutkan pendidikan di HBS (Hoogere Burger School).

Lulus tahun 1920, Soekarno melanjutkan pendidikan di THS (Technische Hoogeschool) di Bandung. THS ini merupakan cikal bakal Institut Teknologi Bandung. Soekarno lulus pada 25 Mei 1926 dan mendapat gelar “Ir”.

Setelah lulus, Soekarno mendirikan Biro Insinyur bersama dengan Ir. Anwari tahun 1926. Selama di Bandung, Bung Karno aktif dalam banyak organisasi. Beliau juga mendirikan Partai Nasional Indonesia pada 4 Juli 1927.

PNI adalah partai yang bertujuan untuk memerdekakan bangsa Indonesia. Karena tujuan inilah Soekarno di penjara pada 29 Desember 1929 di penjara Sukamiskin. Bung Karno kemudian berulang kali dipenjara karena beliau tetap teguh memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Perjuangan Soekarno cukup panjang sebelum akhirnya mampu menyatakan kemerdekaan Indonesia. Tepat pada tanggal 17 Agustus 1945, bersama Mohammad Hatta dan beberapa tokoh lainnya, beliau menyatakan kemerdekaan bangsa.

Dilansir dari laman RRI, Soekarno sebelumnya sudah mengemukakan dasar negara, Pancasila, pada sidang BPUPKI 1 Juni 1945. Dasar ini kemudian menjadi dasar negara Indonesia.

Kiprah Bung Karno tidak berhenti di lingkup negara Indonesia saja. Bung Karno tercatat berusaha menghimpun bangsa-bangsa untuk membuat Gerakan Non Blok. Gerakan ini beranggotakan bangsa-bangsa di Asia, Afrika, dan Amerika Latin. Gerakan ini merupakan hasil dari Konferensi Asia Afrika pada 1955 di Bandung.

Bersumber dari laman Kepustakaan Presiden-Presiden Republik Indonesia, Bung Karno memiliki 3 orang istri selama hidupnya. Dari ketiga istrinya, Soekarno dikarunia 8 orang anak. Fatmawati, istri pertama Bung Karno, melahirkan Guntur, Megawati, Rachmawati, Sukmawati, dan Guruh. Taufan dan Bayu adalah putra Soekarno dari Hartini. Ratna Sari Dewi, istri Soekarno berdarah Jepang, memiliki anak bernama Kartika.

Bung Karno menyerahkan jabatannya sebagai presiden Indonesia setelah terjadi gejolak politik. Gejolak ini disebabkan oleh pemberontakan G-30-S/PKI yang menewaskan banyak perwira TNI.

Soekarno wafat di RSPAD tanggal 21 Juni 1970 karena sakit yang terus memburuk. Beliau dimakamkan di Blitar, dekat dengan makam sang ibunda, Ida Ayu Nyoman Rai.

  • Biografi singkat tentang tokoh Moh. Hatta :

Mohammad Hatta atau yang memiliki nama lahir Mohammad Athar, lahir pada tanggal 12 Agustus 1902 di Bukittinggi, Padang. Ayahnya bernama Muhammad Djamil dan ibunya bernama Siti Saleha. Hatta mengenyam pendidikan di sekolah swasta lalu berpindah ke sekolah rakyat. Ia berpindah sekolah lagi pada pertengahan semester kelas tiga ke ELS. Setamatnya dari ELS, Hatta melanjutkan sekolah ke MULO. Karirnya di masa pergerakan terlihat dari keaktifannya dalam Jong Sumatranen Bond.

Hatta memilih untuk bersekolah di luar negeri, yaitu di Handels Hogeschool, Belanda dengan jurusan ekonomi. Selama bersekolah di luar negeri, Hatta turut aktif dalam organisasi Indische Vereeniging serta mengatur majalah Hindia Putera yang berganti nama menjadi Indonesia Merdeka. Setelah Indische Vereeniging berganti nama menjadi Perhimpunan Indonesia (PI) pada tahun 1924, ia terpilih menjadi ketua pada tahun 1926. Di bawah kepemimpinannya, PI mengalami banyak perubahan. Hatta pernah diasingkan ke Digul dan Banda Neira karena tindakan non-kooperatifnya. Beliau baru dibebaskan pada masa kependudukan Jepang. Hatta juga terlibat dalam berbagai lembaga-lembaga bentukan Jepang seperti Putera, BPUPKI, dan PPKI.

Hatta adalah salah satu perumus dari proklamasi kemerdekaan yang disusun di rumah Laksamana Maeda. Ia mendampingi Soekarno ketika beliau memproklamasikan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945. Keesokan harinya, lewat sidang PPKI pertama, Hatta terpilih menjadi wakil presiden pertama di Indonesia. Masa jabatannya terhitung sejak 1945 sampai 1956 dikarenakan pengunduran dirinya sejak 1 Desember 1956. Hatta wafat pada tanggal 14 Maret 1980 di Jakarta karena kesehatannya yang terus memburuk.

Jadi, Mohammad Hatta lahir pada tanggal 12 Agustus 1902 di Bukittinggi, Padang. Ia lahir dari keluarga pedagang sehingga lebih tertarik kepada bidang ekonomi. Hatta berhasil melanjutkan sekolah ke negeri Belanda dengan jurusan ekonomi. Disana, ia turut aktif dalam organisasi mahasiswa yang berasal dari Indonesia, bernama Indische Vereeniging. Setelah Indische Vereeniging berganti nama menjadi Perhimpunan Indonesia pada tahun 1924, ia terpilih menjadi ketua pada tahun 1926. Hatta sempat diasingkan ke Digul dan Banda Neira karena kegusaran pemerintah kolonial akan tindakan non-kooperatifnya. Pada masa kependudukan Jepang, Hatta ditunjuk untuk menjadi anggota berbagai lembaga bentukan Jepang seperti Putera, BPUPKI, dan PPKI. Ia menjadi salah satu orang yang merumuskan proklamasi kemerdekaan yang dikumandangkan pada tanggal 17 Agustus 1945. Keesokan harinya, pada sidang PPKI pertama, Hatta terpilih menjadi wakil presiden pertama Indonesia. Ia mengundurkan diri dari jabatannya pada tanggal 1 Desember 1956 dan wafat pada tanggal 14 Maret 1980 di Jakarta.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Sejarah Indonesia Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tugas Buatlah biografi singkat tentang tokoh Ir. Soeakrno atau Moh. Hatta Halaman 136 Bab 6 (Indonesia Merdeka)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Sejarah Indonesia Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tugas Buatlah biografi singkat tentang tokoh Ir. Soeakrno atau Moh. Hatta Halaman 136 Bab 6 (Indonesia Merdeka). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Kalor lebur es adalah 80 kal/g. Apa maksudnya?

[Kunci Jawaban] Kalor lebur es adalah 80 kal/g. Apa maksudnya? Pertanyaan: 3. Kalor lebur es …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!