Buat analisa, apa rencana PKI di balik usul tersebut, dan apa akibat yang ditimbulkan dengan adanya usulan PKI tentang dipersenjatainya petani dan buruh bagi masyarakat Indonesia pada masa itu !

Questions and Answer Keys for Indonesian History Class 12 Curriculum 2013 Revised 2018 TASK To analyze, what was the PKI plan behind the proposal, and what were the consequences of the PKI’s proposal about the arming of farmers and laborers for the Indonesian people at that time Page 20 Chapter 1 (The Struggle Facing the Threat of National Disintegration) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Sejarah Indonesia Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018 TUGAS Buat analisa, apa rencana PKI di balik usul tersebut, dan apa akibat yang ditimbulkan dengan adanya usulan PKI tentang dipersenjatainya petani dan buruh bagi masyarakat Indonesia pada masa itu Halaman 20 Bab 1 (Perjuangan Menghadapi Ancaman Disintegrasi Bangsa) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

TUGAS

Buat analisa, apa rencana PKI di balik usul tersebut, dan apa akibat yang ditimbulkan dengan adanya usulan PKI tentang dipersenjatainya petani dan buruh bagi masyarakat Indonesia pada masa itu !

Rencana PKI di balik usul dipersenjatainya petani dan buruh adalah untuk membentuk kekuatan baru sebagai tandingan dari kekuatan militer yang ada, yaitu ABRI.

Akibat yang ditimbulkan dengan adanya usulan PKI tentang dipersenjatainya petani dan buruh bagi masyarakat Indonesia pada masa itu adalah meningkatnya pertentangan TNI dan PKI.

Pertentangan antara Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI, sekarang TNI) dan PKI yang berfaham komunis sangat kuat. Pertentangan ini memuncak pada tahu 1960an menjelang akhir Demokrasi Terpimpin.

Untuk melemahkan pengaruh ABRI dan membentuk kekuatan tandingan, PKI mengusulkan dibentuknya “angkatan kelima” dari petani dan buruh yang dipersenjatai, sebagai tandingan ABRI. Usulan ini ditentang kuat oleh ABRI terutama Angkatan Darat.

Pertentangan ABRI dan PKI juga ditandai dengan beberapa “aksi sepihak”, yang dilakukan oleh PKI dan organisasi sayapnya yang menyerang beberapa perkebunan yang dijaga ABRI, untuk merebut tanahnya. 

Misalnya terjadi pada Peristiwa Bandar Betsi. Peristiwa ini adalah penyerangan yang dilakukan oleh organisasi sayap PKI, BTI (Barisan Tani Indonesia) ke perkebunan PTPN Bandar Betsi di kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Peristiwa ini terjadi pada 14 Mei 1965 dan menewaskan prajurit Angkatan Darat Letda Sudjono.

Karena penentangan dari Angkatan Darat ini maka PKI menyebarkan isu adanya “Dewan Jenderal” yang disebut ingin merebut kekuasaan dari Presiden Sukarno. Isu Dewan Jenderal dan pertentangan dengan ABRI ini kemudian menjadi salah satu pemicu terjadinya Peristiwa 30 September, dimana para jenderal pimpinan Angkatan Darat diculik dan dibunuh oleh pasukan yang diduga digerakkan oleh PKI.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Sejarah Indonesia Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018 TUGAS Buat analisa, apa rencana PKI di balik usul tersebut, dan apa akibat yang ditimbulkan dengan adanya usulan PKI tentang dipersenjatainya petani dan buruh bagi masyarakat Indonesia pada masa itu Halaman 20 Bab 1 (Perjuangan Menghadapi Ancaman Disintegrasi Bangsa)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Sejarah Indonesia Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018 TUGAS Buat analisa, apa rencana PKI di balik usul tersebut, dan apa akibat yang ditimbulkan dengan adanya usulan PKI tentang dipersenjatainya petani dan buruh bagi masyarakat Indonesia pada masa itu Halaman 20 Bab 1 (Perjuangan Menghadapi Ancaman Disintegrasi Bangsa). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Kalor lebur es adalah 80 kal/g. Apa maksudnya?

[Kunci Jawaban] Kalor lebur es adalah 80 kal/g. Apa maksudnya? Pertanyaan: 3. Kalor lebur es …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!