Breaking News

Buah iman kepada rasul adalah

Questions and Answer Keys for Islamic Religious Education and Character Class 11 2013 Revision 2017 Curriculum Evaluation The fruit of faith in apostles is Pages 115-117 Chapter 7 (The Beloved Apostles of Allah SWT) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Evaluasi Buah iman kepada rasul adalah Halaman 115-117 Bab 7 (Rasul-Rasul Kekasih Allah Swt) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Evaluasi

Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, d, atau e yang dianggap sebagai jawaban yang paling tepat!

1. Iman kepada rasul memiliki arti . . . .

A. yakin bahwa Allah Swt. benar-benar mengutus rasul

B. mengingkari rasul dan nabi yang tidak diketahui namanya

C. membenarkan berita yang tidak jelas dari rasul

D. mengamalkan semua syariat rasul

E. meyakini tidak semua rasul itu maksum

Jawaban : A. yakin bahwa Allah Swt. benar-benar mengutus rasul

Penjelasan : Iman kepada rasul memiliki arti yaitu meyakini dalam hati kita bahwa sesungguhnya rasul itu merupakan utusan allah yang mana di tugaskan untuk memperbaiki atau membimbing kita kejalan yang benar dan menjauhi segala perbuatan yang dilarang oleh allah SWT agar kita selamat baik di dunia maupun di akhirat.

2. Buah iman kepada rasul adalah . . . .

A. menjadikan rasul sebagai teman dalam hidupnya

B. bersahabat dengan rasul mendapatkan kenikmatan tersendiri

C. mengetahui seluk beluk kisah kehidupan rasul

D. menjadikan teladan dalam hidupnya

E. mengagumi karena statusnya manusia sangat suci

Jawaban : D. menjadikan teladan dalam hidupnya

Penjelasan : Buah iman kepada rasul adalah menjadikan Rasul sebagai Panutan, mengikuti semua jejak Rasulullah, Menghidup-hidupkan Sunnah Rasul.

Pengertian iman kepada rasul Allah adalah mempercayai bahwa rasul Allah adalah orang yang diutus dan ditugaskan oleh Allah swt untuk menerima wahyu dan kemudian menyampaikan wahyu tersebut kepada umatnya agar dapat dijadikan sebagai pedoman hidup.

Iman kepada Rasul Allah merupakan rukun iman yang ke empat, setelah beriman kepada Allah swt, Malaikat dan Kitab-kitab.

Jumlah rosul ada 313 orang namun yang wajib kita ketahui ada 25 orang

3. Yang bukan tugas rasul di bawah ini adalah . . . .

A. mengajarkan manusia agar bertauhid yang benar

B. memperbaiki tatanan hidup manusia agar bersosialisasi dengan baik

C. meluruskan manusia agar beribadah dengan benar

D. menipu manusia dengan mengatakan dirinya Tuhan

E. memberitakan ancaman dan janji Allah Swt.

Jawaban : D. menipu manusia dengan mengatakan dirinya Tuhan

Pembahasan : Tugas para Rasul Allah SWT:

1. Mengajak manusia beribadah kepada Allah dan meninggalkan sesembahan selainNya. Sebagaimana firman Allah dalam Surat An-Nahl ayat 36.

وَلَقَدْ بَعَثْنَا فِي كُلِّ أَمَّةٍ رَّسُولاً أَنِ اعْبُدُوا اللهَ وَاجْتَنِبُوا الطَّاغُوتَ

Artinya:  Dan sesungguhnya Kami telah mengutus rasul pada tiap-tiap umat (untuk menyerukan): “Sembahlah Allah (saja), dan jauhilah thagut itu.

2. Menyampaikan syari’at Allah kepada manusia dan menjelaskan agama yang diturunkan kepada manusia, sebagaimana firman Allah dalam Surat Al-Maidah ayat 67:

يَاأَيُّهَا الرَّسُولُ بَلِّغْ مَآأُنزِلَ إِلَيْكَ مِن رَّبِّكَ وَإِن لَّمْ تَفْعَلْ فَمَا بَلَّغْتَ رِسَالَتَهُ وَاللهُ يَعْصِمُكَ مِنَ النَّاسِ إِنَّ اللهَ لاَيَهْدِي الْقَوْمَ الْكَافِرِينَ

Artinya:  Hai Rasul, sampaikan apa yang diturunkan kepadamu dari Rabb-mu. Dan jika tidak kamu kerjakan (apa yang diperintahkan itu, berarti) kamu tidak menyampaikan amanatNya. Allah memelihara kamu dari (gangguan) manusia. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang kafir.

3. Membawa kabar gembira, sebagaimana Firman Allah dalam surat An-Nisa’ ayat 165.

رُّسُلاً مُّبَشِّرِينَ وَمُنذِرِينَ لِئَلاَّ يَكُونَ لِلنَّاسِ عَلَى اللهِ حُجَّةُُ بَعْدَ الرُّسُلِ وَكَانَ اللهُ عَزِيزًا حَكِيمًا

Artinya:  (Mereka Kami utus) selaku rasul-rasul pembawa berita gembira dan pemberi peringatan agar supaya tidak alasan bagi manusia membantah Allah sesudah diutusnya rasul-rasul itu. Dan adalah Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

4. Menjadi saksi sampainya hujjah kepada manusia. Sebagaimana Firman Allah dalam surat An-Nahl ayat 89

وَيَوْمَ نَبْعَثُ فِي كُلِّ أُمَّةٍ شَهِيدًا عَلَيْهِم مِّنْ أَنفُسِهِمْ وَجِئْنَا بِكَ شَهِيدًا عَلَى هَآؤُلاَءِ وَنَزَّلْنَا عَلَيْكَ الْكِتَابَ تِبْيَانًا لِّكُلِّ شَىْءٍ وَهُدًى وَرَحْمَةً وَبُشْرَى لِلْمُسْلِمِينَ

Artinya:  (Dan ingatlah) akan hari (ketika) kami bangkitkan pada tiap-tiap umat seorang saksi atas mereka dari mereka sendiri, dan Kami datangkan kamu (Muhammad) menjadi saksi atas seluruh umat manusia. Dan Kami turunkan kepadamu Al Kitab (Al Qur’an) untuk menjelaskan segala sesuatu dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang berserah diri.

4. Iman kepada rasul harus diiringi dengan perbuatan . . . .

A. menyanggah isi wahyunya

B. memboikot isi ajarannya

C. memprovokasi kejelekannya

D. menolak ajakannya

E. mengikuti perintahnya

Jawaban : E. mengikuti perintahnya

Penjelasan : Iman kepada rasul harus diiringi dengan perbuatan- perbuatan yang di anjurkan oleh rasul yang mana seseorang yang beriman kepada rasul akan tertanam dalam dirinya bahwa dia harus menjalan kan segala hal yang di perintahkan oleh rasul dan menjauhi apa- apa yang di larang oleh rasul, serta dia tidak akan membeda- bedakan antara rasul yang di utus allah SWT.

Iman kepada rasul juga di sebutkan allah dalam al quran yang mana terkandung dalam surah al baqarah ayat 285 yang mana bunyinya yaitu

آمَنَ الرَّسُولُ بِمَا أُنْزِلَ إِلَيْهِ مِنْ رَبِّهِ وَالْمُؤْمِنُونَ ۚ كُلٌّ آمَنَ بِاللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِنْ رُسُلِهِ ۚ وَقَالُوا سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا ۖ غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَيْكَ الْمَصِيرُ

Artinya :

Rasul telah beriman kepada Al Quran yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (Mereka mengatakan): “Kami tidak membeda-bedakan antara seseorangpun (dengan yang lain) dari rasul-rasul-Nya”, dan mereka mengatakan: “Kami dengar dan kami taat”. (Mereka berdoa): “Ampunilah kami ya Tuhan kami dan kepada Engkaulah tempat kembali”.

5. Ayat di bawah ini mengandung arti

A. meninggalkan apa yang diperintahkan rasul

B. menjalankan apa yang dilarang rasul

C. meneladani perilaku para sahabat nabi

D. yang datang dari rasul adalah benar, ikutilah

E. jauhilah prasangka buruk kepada rasul

Jawaban : D. yang datang dari rasul adalah benar, ikutilah

Penjelasan : Arti dari ayat tersebut adalah dan apa yang dibawa oleh Rasulullah maka ambillah, dan apa yang dilarangnya maka jauhilah. dan bertakwa lah kamu kepada Allah.

B. Jawablah pertanyaan berikut dengan benar dan tepat!

1. Jelaskan perbedaan antara nabi dan rasul!

Agama Islam telah mengajarkan kepada umatnya bahwa terdapat perbedaan antara Nabi dan Rasul. Berikut ini beberapa perbedaan Nabi dan Rasul :

  • Nabi adalah manusia pilihan Allah Swt. yang diberi wahyu oleh-Nya untuk dirinya sendiri dan tidak mempunyai kewajiban untuk menyampaikan pada umatnya
  • Rasul adalah manusia pilihan Allah Swt. yang diangkat sebagai utusan untuk menyampaikan firman-firman-Nya kepada umat manusia agar dijadikan pedoman hidup.
  • Nabi menerima wahyu dari Allah SWT untuk dirinya sendiri, sedangkan Rasul menerima wahyu dari Allah SWT untuk disampaikan kepada umatnya
  • Nabi diutus kepada kaum yang sudah beriman, sedangkan Rasul diutus kepada kaum yang belum beriman (kafir);
  • Perbedaan Nabi dan Rasul ada pada jumlahnya. Jumlah Nabi sangat banyak yaitu kurang lebih 124.000 sedangkan jumlah Rasul adalah 312
  • Semua Nabi tidak berarti Rasul, namun Rasul sudah pasti Nabi
  • Perbedaan Nabi dan Rasul berdasarkan cara turunnya wahyu. Nabi hanya mendapatkan wahyu melalui mimpi, sedangkan Rasul dapat menerima wahyu melalui mimpi maupun melalui malaikat serta dapat melihat dan berkomunikasi secara langsung dengan malaikat
  • Ada nabi yang dibunuh oleh kaumnya, namun seluruh rasul yang diutus Allah SWT selamatkan dari percobaan pembunuhan yang dilancarkan oleh kaumnya.

2. Mengapa kita harus beriman kepada nabi dan rasul?

  • Beriman kepada semua Rasul Allah merupakan salah satu kewajiban yang bersifat mutlak bagi setiap muslim. Sebab beriman kepada Rasul Allah termasuk dalam Rukun Iman.
  • Orang yang tidak beriman kepada Rasul, berarti sama saja ia bukanlah orang Islam. Sebab ia telah mengkufuri salah satu rukun Iman.
  • Beriman kepada Nabi dan Rasul merupakan salah satu cara guna mendekatkan diri kepada Allah SWT agar selamat di dunia dan di akhirat.
  • Beriman kepada Nabi dan Rasul merupakan salah satu cara untuk membuktikan bahwa kita benar-benar mencintai Allah SWT.
  • Dengan beriman kepada Nabi dan Rasul, menjadikan kita mendapat rahmat dari Allah SWT serta mendapatkan figur yang dapat dijadikan suri tauladan.
  • Makin sempurna iman seseorang
  • Mendekatkan diri kepada Allah SWT
  • Kisah-kisah nabi dan rasul dapat menjadi teladan untuk menjalani kehidupan
  • Mengetahui kisah dari banyak kaum terdahulu dan belajar dari kisah tersebut
  • Perjalanan nabi dan rasul dapat menjadi motivasi hidup.

3. Berilah contoh perilaku yang mencerminkan bahwa seseorang itu beriman kepada rasul Allah Swt.! (minimal 2 contoh perilaku)

  • Jujur dalam segala perbuatan
  • Berkata baik dan benar kepada siapa saja dan apabila tidak bisa berkata baik, maka lebih baik diam.
  • Melaksanakan amanah dari orang tua, amanah dari guru, amanah dari orang lain, maupun amanah agama.
  • Berusaha sekuat tenaga untuk berjuang, menegakkan kebenaran dan berjuang untuk mencapai kesuksessan degan penuh kesadaran dan semangat mencari Ridha Allah swt.
  • Gemar menuntut ilmu pengetahuan agar hidupnya berkualitas
  • Gemar membaca shalawat atas Nabi Muhammad saw
  • Tidak mengingkari janji
  • Melaksanakan atau menaati risalah yang telah disampaikan oleh para rasul.
  • Meneladani perilaku mulia Rasul Allah.
  • Menjalankan ibadah-ibadah sunnah seperti yang dilakukan Rasulullah.
  • Taat beribadah sesuai dengan yang diajarkan Rasulullah.
  • Gemar membaca sejarah-sejarah Nabi sehingga kita dapat mengambil hikmah di dalamnya.
  • Rutin membaca kita suci Al-Quran, karena Al-Quran adalah wahyu yang diterima Allah SWT.
  • Banyak mengingat dan menyebutnya (Rosulullah)
  • Berharap berjumpa Beliau, dan rela berkurban apapun demi dapat berjumpa beliau
  • Memperbanyak belajar al-qur’an (mengkaji maknanya)
  • Mencintai orang-orang yang dicintai Rasulullah
  • Menjauhi apa yang dilarang Rosulullah

4. Mengapa Allah Swt. memberi mukjizat kepada para rasul? Sebutkan jenis-jenis mukjizat yang kamu ketahui!

Allah SWT telah memberikan mukjizat-mukjizat yang berbeda-beda antar Rasul dan Nabi yang ia pilih. Pemberian mukjizat ini bukan tanpa tujuan, Allah SWT memberikan mujizat ini kepada Rasul antara lain berguna sebagai bukti kekuasaan Allah SWT, berguna sebagai bukti kebenaran risalah yang dibawah oleh para Rasul, dan berguna untuk melawan dan melemahkan musuh-musuh Allah SWT. Sehingga kebenaran dapat ditegakan dan kebathilan dapat dihilangkan.

Mukjizat yang diberikan Allah kepada Rasul-Nya memiliki 4 jenis. Yaitu Mukjizat Kauniyah, Mukjizat Syakhsiyyah, Mukjizat Salbiyyah, dan Mukjizat Aqliyyah.

  • Mukjizat Kauniyah.

Merupakan Mukjizat yang berkaitan dengan peristiwa Alam.

Contohnya = Terbelahnya bulan oleh Nabi Muhammad SAW, membelahnya laut oleh tongkat Nabi Musa a.s, Tongkat Nabi Musa a.s yang berubah menjadi ular besar, terpancarnya 12 mata air dari celah-celah batu yang dipukul oleh Nabi usa a.s, Nabi Isa a.s yang dapat berbicara sewaktu kecil.

  • Mukjizat Syakhsiyyah.

Merupakan mukjizat yang keluar dari diri/tubuh seorang Rasul itu sendiri.

Contohnya = Cahaya yang terpancar dari tangan Nabi Musa a.s, air yang keluar dari celah jari Nabi Muhammad SAW.

  • Mukjizat Salbiyyah.

Merupakan mukjizat yang menjadikan sesuatu tidak berdaya.

Contohnya = Api yang tidak dapat membakar Nabi Ibrahim a.s.

  • Mukjizat Aqliyyah.

Merupakan Mukjizat yang dapat diterima oleh akal pikiran manusia.

Contohnya = Risalah Al-Quran yang disampaikan Nabi Muhammad SAW.

Sebutkan macam-macam mukjizat yang dianugerahkan Allah kepada Nabi Muhammad! Sebutkan mukjizat para Rasul!

  • Nabi Nuh a.s

Nabi Nuh a.s. diberi mu’jizat oleh Allah dapat membuat perahu yang sangat besar yang dapat  memuat semua umatnya yang beriman kepada Allah dan semua jenis hewan yang hidup pada zaman tersebut sepasang-sepasang.

  • Nabi Ibrahim a.s

Mu’jizat yang diberikan oleh Allah kepada Nabi Ibrahim a.s. adalah tidak terbakar oleh api ketika dibakar oleh Raja Namrudz.

  • Nabi Musa a.s

Mu’jizat yang diberikan oleh Allah kepada Nabi Musa a.s. adalah tongkatnya dapat berubah menjadi ular raksasa, tangannya dapat mengeluarkan cahaya ketika diminta bukti atas kerasulannya, serta dapat membelah laut Merah menjadi jalan  ketika dikejar oleh raja Fir’aun dan bala tentaranya.

  • Nabi Isa a.s

Mu’jizat yang diberikan oleh Allah kepada Nabi Isa as. adalah dapat mengobati berbagai macam penyakit  yang sulit disembuhkan, membuat burung dari tanah, dan dapat menghidupkan orang yang sudah meninggal walaupun sebentar.

  • Nabi Muhammad SAW.

Mu’jizat yang diberikan oleh Allah kepada Nabi Muhammad saw. adalah terbelahnya bulan menjadi dua walaupun hanya tampaknya, dapat mengeluarkan air dari celah-celah jarinya, al-Qur’ān sebagai kitab yang paling lengkap dan sempurna serta selalu dijaga kemurniaannya sampai akhir zaman serta peristiwa isra’ mi’raj dari Masjidil Haram sampai Sidratul Muntaha.

5. Buatlah contoh perbuatan seorang rasul yang menunjukkan bahwa ia seorang yang as siddiq, al amanah, at tablig, dan al fatanah

As siddiq : Rasulullah Saw. tidak pernah berdusta dalam setiap ucapan beliau. dan jika rasulullah Saw. berkata, maka pasti itu akan terjadi. Karena rasulullah tidak pernah bohong.

Amanah : Rasulullah selalu menjalankan apa yang telah di amanatkan kepada beliau, dan tidak pernah mengingkari janji. dan jika rasulullah mendapatkan wahyu, maka ia langsung menyampaikan kepada umatnya.

Tabligh : Rasulullah menerima amanat yg paling besar, yaitu dakwah, setelah beliau menerima wahyu di umur (kurang lebih) 40 tahun, maka Allah memerintahkan beliau untuk berdakwah mulai dari yg terdekat, seperti keluarganya, saudaranya, pamannya, bibinya, dll.

Fatanah : Rasulullah itu tidak bodoh, tetapi cerdas, beliau mengatur strategi perang dengan cerdik sehingga menghasilkan kemenangan dengan izin Allah, dan lain-lain.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Evaluasi Buah iman kepada rasul adalah Halaman 115-117 Bab 7 (Rasul-Rasul Kekasih Allah Swt)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Evaluasi Buah iman kepada rasul adalah Halaman 115-117 Bab 7 (Rasul-Rasul Kekasih Allah Swt). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Perhatikan tabel hasil percobaan tentang pemuaian zat cair berikut ini a. Rumuskan masalah yang sesuai dengan tabel di atas! b. Berdasarkan masalah dan data tabel tersebut, apa kesimpulannya?

[Kunci Jawaban] Perhatikan tabel hasil percobaan tentang pemuaian zat cair berikut ini a. Rumuskan masalah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!