Breaking News

Buah 1 memiliki genotipe BB dengan bentuk buah bulat, sementara buah 2 memiliki genotipe bb dengan bentuk buah lonjong.

Questions and Answers to Natural Science Class 9 Curriculum 2013 Revision 2018 Competency Test Fruit 1 has a genotype BB with a round fruit, while fruit 2 has a genotype bb with an oval fruit. Page 159 Chapter 3 (Inheritance of Traits in Living Things) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Uji Kompetensi Buah 1 memiliki genotipe BB dengan bentuk buah bulat, sementara buah 2 memiliki genotipe bb dengan bentuk buah lonjong Halaman 159 Bab 3 (Pewarisan Sifat pada Makhluk Hidup) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

B. Jawablah dengan benar pertanyaan berikut!

1. Buah 1 memiliki genotipe BB dengan bentuk buah bulat, sementara buah 2 memiliki genotipe bb dengan bentuk buah lonjong.

Apabila kedua buah tersebut disilangkan, tentukanlah kombinasi gen antara buah 1 dan buah 2 menggunakan tabel Punnet!

Apabila gen B dominan terhadap gen b, maka tentukan fenotipe dari hasil kombinasi gen yang kamu lakukan!

Fenotip: 100% hasil Fl adalah buah bentuk bulat

Bila gen B dominan terhadap gen b, fenotipe dari persilangan a adalah Filial 1 (F1) diperoleh genotipe Bb sehingga fenotipenya adalah bentuk bulat. Hasil persilangan induk diperoleh anakan dengan sifat buah bulat.

2. Seorang perempuan dengan genotipe XhX pembawa sifat hemofili, menikah dengan seorang laki-laki hemofili dengan genotipe XhY. Tentukan jumlah anak yang hidup dan anak yang mati!

Parental = XhX    x  XhY

Gamet    = Xh , X x  Xh , Y

Filial

Xh . Xh → Xhxh ⇒ Anak Perempuan , Hemofilia , Mati

Xh . X   → XhX  ⇒ Anak Perempuan , pembawa sifat ( carrier ) , Hidup

Xh . Y   → XhY  ⇒ Anak Laki Laki , Hemofilia , Hidup

X . Y     → XY    ⇒ Anak Laki Laki , Normal , Hidup

Rasio perbandingan F₁

[ XhXh ; XhX ; XhY ; XY ] = 1 : 1 : 1 : 1

Perbandingan Anak yang hidup dan mati : 3 : 1

3. Kacang biji bulat warna kuning dengan genotipe BBKK disilangkan dengan kacang biji lonjong warna hijau dengan genotipe bbkk, jika bulat – kuning dominan terhadap lonjong – hijau tentukan:

F1

F1 bergenotip BbKk dengan fenotipe Biji Bulat warna kuning.

P1: BBKK >< bbkk

Gamet: BK >< bk

F1: BbKk (bulat – kuning)

F1 bergenotip BbKk dengan fenotipe Biji Bulat warna kuning.

  1. F2, jika F1 disilangkan sesamanya

P2 : BbKk BbKk

Gamet: BK, Bk. bK. bk

F2 :

9 Berfenotipe Biji Bulat Warna kuning

3 Berfenotipe Biji Bulat Warna hijau

3 Berenotipe Biji Lonjong Warna kuning, dan

1 berfenotipe Biji Lonjong Warna hijau.

4. Pemuliaan tanaman bertujuan untuk menyiapkan bibit tanaman unggul. Apa saja tujuan dari penyiapan bibit tanaman unggul?

  • Memperbaiki dan meningkatkan kuantitas panen.

Ini adalah tujuan utama utama dari dihasilkannya bibit unggul, seiring perkembangan zaman, kebutuhan kian meningkat dan dengan adanya bibit unggul yang tercipta diharapkan dapat memenuhi semua kebutuhan tersebut.

  • Memeperbaiki dan meningkatkan kualitas panen.

Peningkatan jumlah panen diharapkan juga seimbang dengan kualitas yang dihasilkan. Pemuliaan tanaman bertujuan menghasilakan bibit unggul dengan kualitas panen yang lebih baik sebelumnya, misal : pemuliaan tanaman menghasilkan bibit mangga yang manis dan tanpa biji, serta memiliki warna yang unik saat matang.

  • Menciptakan jenis tanaman baru yang tahan terhadap hama dan penyakit.

Seiring berkembangnya zaman maka semakin banyak jenis penyakit dan hama yang berkembang. Karena sebab itulah pemuliaan tanaman dilakukan dengan harapan tanaman yang dihasilkan dapat tahan penyakit dalam jangka panjang.

  • Menciptakan tanaman yang tahan dari suhu ekstrim.

Selain tahan terhadap hama penyakit, pemuliaan tanaman juga diharapkan menghasilkan bibit unggul yang tahan terhadap keadaan ekstrim seperti tanah basah, kekeringan, ph tanah yang tidak stabil dan perubahan iklim.

  • Tahan terhadap hama dan penyakit
  • Bisa tumbuh dan berkembang di lingkungan yang ekstrem (contoh: kekeringan)
  • Waktu panen/berbuah menjadi lebih cepat
  • Hasil panen berlimpah

5. Ginjal merupakan salah satu organ tubuh manusia. Ketika masih muda ada seseorang yang diambil ginjalnya karena suatu penyakit.

Kemudian orang tersebut mempunyai anak.

a. Berapakah jumlah ginjal yang dimiliki anaknya saat dilahirkan?

Jumlah ginjal yang dimiliki anaknya saat dilahirkan adalah 2 buah ginjal.

Jumlah ginjal yang 2 buah, meskipun manusia bisa hidup dengan 1 ginjal, adalah agar penyaringan zat sisa di dalam tubuh untuk dibuang bisa lebih efektif.

b. Jelaskan jawabanmu!

Ginjal adalah organ yang terletak di bagian perut dalam manusia. Organ ini merupakan bagian dari sistem ekskresi. 

Fungsi utama ginjal adalah untuk menyaring dan membuang kotoran dari tubuh. Ginjal bertindak sebagai filter untuk membuang limbah dan cairan ekstra dari tubuh. Ginjal menyaring sekitar 200 liter darah setiap hari untuk menghasilkan sekitar 1 sampai 2 liter urin. 

Urin mengandung limbah dan cairan ekstra yang tidak diperlukan dan malah berbahaya bagi tubuh. Penyaringan dan pembuangan ini mencegah penumpukan limbah dan cairan sisa agar tubuh tetap sehat.

Memiliki dua ginjal tidak wajib untuk bisa bertahan hidup pada orang dewasa. Orang yang menyumbangkan satu ginjal untuk transplantasi, dapat hidup normal dan tidak memiliki peningkatan risiko komplikasi.  Namun, dengan 2 ginjal, akan lebih banyak sel nefron yang menyaring sisa metabolisme tubuh. Sehingga tubuh akan lebih efektif membuang kotoran ini.

Bila ginjal tidak mampu lagi menyaring darah maka terjadi gagal ginjal, sehingga kotoran sisa metabolisme dalam darah tidak bisa dikeluarkan sehingga menumpuk dan membahayakan tubuh. Untuk menangani ini, yang bisa dilakukan adalah cuci ginjal atau dialisis dan cangkok atau transplantasi ginjal.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Uji Kompetensi Buah 1 memiliki genotipe BB dengan bentuk buah bulat, sementara buah 2 memiliki genotipe bb dengan bentuk buah lonjong Halaman 159 Bab 3 (Pewarisan Sifat pada Makhluk Hidup)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Uji Kompetensi Buah 1 memiliki genotipe BB dengan bentuk buah bulat, sementara buah 2 memiliki genotipe bb dengan bentuk buah lonjong Halaman 159 Bab 3 (Pewarisan Sifat pada Makhluk Hidup). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Rasio dari dua dua bilangan adalah 3 : 4. Jika masing-masing bilangan ditambah 2, rasionya menjadi 7 : 9. Tentukan hasil kali kedua bilangan itu!

[Kunci Jawaban] Rasio dari dua dua bilangan adalah 3 : 4. Jika masing-masing bilangan ditambah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!