Breaking News

Berikut ini yang tidak termasuk alat ekskresi adalah

Questions and Answers for Natural Science Class 8 Curriculum 2013 Revised 2017 Competency Test The following which does not include excretion tools are Pages 110-112 Chapter 9 (Human Excretion System) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Uji Kompetensi Berikut ini yang tidak termasuk alat ekskresi adalah Halaman 110-112 Bab 9 (Sistem Ekskresi Manusia) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Uji Kompetensi

Pilihlah satu jawaban yang paling tepat!

1. Berikut ini yang tidak termasuk alat ekskresi adalah . . . .

A. hati

B. kulit

C. ginjal

C. usus besar

Jawaban :

D. usus besar

Pembahasan :

Yang dimaksud dengan EKSRESI adalah proses di mana zat-zat yang merupakan SISA METABOLISME dibuang keluar dari tubuh. Zat ini adalah zat yang dianggap tidak memiliki guna bagi tubuh dan justru menjadi racun apabila lama ada di dalam tubuh.

Hati dikategorikan sebagai alat eksresi sebab organ ini bersama dengan ginjal memecah sejumlah senyawa yang sifatnya beracun. Hasil akhir dari proses pemecahan hati ini adalah urea, amonia dan lain sebagainya. Adapun kulit dikategorikan sebagai alat ekskresi sebab melalui organ ini tubuh mengeluarkan zat juga cairan yang tak lagi berguna bagi tubuh. Sedangkan Ginjal, disebut alat ekskresi sebab mengeluarkan sejumlah zat sisa melalui urin.

Selain Hati, Ginjal dan Kulit, alat ekskresi manusia lainnya adalah organ paru-paru sebab mengeluarkan gas karbon dioksida yang adalah zat sisa dari proses pernapasan.

2. Pernyataan berikut ini yang tidak berhubungan dengan sistem pengeluaran manusia adalah . . . .

A. ginjal menghasilkan urine

B. kulit menghasilkan keringat

C. pankreas menghasilkan enzim amilase

D. bagian kulit yang berperan sebagai alat ekskresi adalah kelenjar keringat

Jawaban :

C. pankreas menghasilkan enzim amilase

Pembahasan :

Ekskresi adalah proses pembuangan sisa metabolisme dan benda tidak berguna lainnya. Organ sekresi pada manusia adalah ginjal yang mengeluarkan urin, kulit mengeluarkan keringat, dan hati mengeluarkan empedu.

Sedangkan proses pengeluaran enzim amilase oleh pankres dinamakan sekresi. Sekresi adalah proses pengeluaran zat oleh kelenjar yang masih digunakan didalam tubuh. Zat yang dihasilkan berbentuk lendir (enzim dan hormon oleh sel dan kelenjar).

3. Perhatikan gambar di bawah ini!

Tempat untuk menampung urine sebelum dikeluarkan dari tubuh ditunjukkan oleh nomor . . . .

A. 1

B. 2

C. 3

D. 4

Jawaban :

C. 3

Pembahasan :

Nomor 1 menunjukkan bagian korteks dari ginjal, yaitu tempat proses filtrasi (penyaringan) darah.

Nomor 2 menunjukkan bagian ureter, yaitu saluran yang menghubungkan ginjal dengan kantung kemih.

Nomor 3 menunjukkan bagian kantung kemih, yaitu tempat penyimpanan sementara urin.

Nomor 4 menunjukkan bagian uretra, yaitu saluran yang menghubungkan kantung kemih ke lingkungan luar tubuh.

4. Perhatikan gambar di bawah ini!

Bagian yang berperan dalam proses pembentukan urine primer adalah . . . .

A. 1

B. 2

C. 3

D. 4

Jawaban :

A. 1

Pembahasan :

Nomor 1 menunjukkan bagian glomerolus, yaitu tempat filtrasi dan pembentukaan urin primer. Urin primer adalah urin yang masih mengandung zat bermanfaat bagi tubuh, seperti protein, glukosa, dan garam, yang selanjutnya akan diserap kembali pada tahap reabsorpsi di tubulus kontortus proksimal.

Nomor 2 menunjukkan kapsula bowman, yaitu yaitu kantung pembungkus glomerolus. Cairan dari darah pada glomerulus dikumpulkan di kapsula Bowman. Cairan ini nantinya akan diproses menjadi urin.

Nomor 3 menunjukkan bagian pembuluh darah arteri, yaitu tempat masuknya darah kotor, yang selanjutnya akan difiltrasi di glomerolus.

Nomor 4 menunjukkan bagian tubulus kontortus distal, yaitu tempat dimana terjadinya proses augmentasi dan pembentukan urin sesungguhnya. Augmentasi merupakan proses pengeluaran zat sisa yang tidak diperlukan oleh tubuh dalam bentuk urin.

5. Sisa penyaringan pada proses filtrasi menghasilkan urine yang masih mengandung zat yang berguna bagi tubuh. Berikut ini yang bukan merupakan zat yang terdapat pada urine hasil proses filtrasi adalah . . .

A. glukosa

B. asam amino

C. sel darah merah

D. garam-garam mineral

Jawaban :

C. sel darah merah

Pembahasan :

Glukosa berfungsi sebagai sumber energi pada proses metabolisme. Asam amino adalah salah satu bentuk protein yang paling sederhana yang diperlukan tubuh sebagai zat pembangun tubuh. Garam mineral merupakan zat mikro nutrien yang berfungsi untuk menjaga fungsi kerja alat tubuh. Sedangkan urea merupakan zat sisa yang dibutuhkan tubuh dan harus dikeluarkan dari tubuh.

  • Air (900 gram)
  • Bikarbonat
  • Natrium
  • Klorida
  • Protein (kurang dari 0,03%
  • Kalium
  • Glukosa
  • Garam
  • Asam amino (0,5 gram)
  • Ion Cr
  • Urea (0,3 gram)
  • Ion anorganik (7,2 gram)
  • Ion HCO

6. Sisa metabolisme yang dikeluarkan melalui paru-paru adalah . . . .

A. urea dan uap air

B. garam dapur dan air

C. asam amino dan amonia

D. karbon dioksida dan uap air

Jawaban :

D. karbon dioksida dan uap air

Pembahasan :

Ekskresi adalah proses pembuangan sisa metabolisme dan benda tidak berguna lainnya. Organ sekresi pada manusia adalah ginjal yang mengeluarkan urin, kulit mengeluarkan keringat, dan hati mengeluarkan empedu. Sedangkan paru-paru mengeluarkan zat sisa berupa karbon dioksida dan uap air.

7. Zat berikut yang tidak dihasilkan oleh hati adalah . . . .

A. urea

B. glukosa

C. bilirubin

D. getah empedu

Jawaban :

B. glukosa

Pembahasan :

Hati mensekresikan empedu, yang didalamnya terdiri dari kolesterol, garam mineral, garam empedu, pigmen bilirubin, dan biliverdin. Selain itu juga hati menghasilkan urea dari proses perombakan protein yang terjadi di hati.

8. Kulit berfungsi sebagai alat ekskresi karena . . . .

A. melindungi tubuh dari kuman

B. mempunyai kelenjar keringat

C. mempunyai ujung saraf reseptor

D. melindungi tubuh dari cahaya matahari

Jawaban :

B. mempunyai kelenjar keringat

Pembahasan :

Sistem eksresi adalah sistem yang digunakan oleh tubuh untuk membuang sisa-sisa metabolisme. Kulit merupakan salah satu organ sistem eksresi, karena kelenjar keringat di kulit menghasilkan keringat yang mengandung sisa metabolisme ini.

Keringat mengandung amonia dan urea, yang diproduksi oleh tubuh saat memecah protein dari makanan yang kita makan. 

Keringat juga mengandung gula dan garam, seperti sodium, klorida, dan kalium. Ini membuat adanya rasa asin pada keringat. Urea dihasilkan oleh dari siklus urea di ginjal.

Keringat adalah cairan yang keluarkan oleh kelenjar keringat (sudoripara) pada kulit mamalia. Keringat terutama mengandung air, tetapi juga garam dan produk limbah metabolik – terutama natrium klorida, urea, asam laktat, dan ion potassium.

Selain memiliki fungsi ekskresi, keringat juga berfungsi untuk melepaskan kelebihan air di tubuh. 

9. Adanya batu ginjal di dalam rongga ginjal dapat menimbulkan . . . .

A. nefritis

B. hematuria

C. hidronefrosis

D. diabetes insipidus

Jawaban :

C. hidronefrosis

Pembahasan :

Hidronefrosis adalah pelebaran renal pelvis dan renal calyx yang biasanya disebabkan oleh adanya penyumbatan aliran urin di ginjal. Penyumbatan urin ini salah satunya disebabkan oleh adanya batu ginjal yang menyumbat saluran urin.

10. Bila kadar glukosa dalam urine 1,5%, kemungkinan orang tersebut menderita . . . .

A. gagal ginjal

B. penyakit diabetes mellitus

C. penyakit diabetes insipidus

D. peradangan kandung kemih

Jawaban :

B. penyakit diabetes mellitus

Pembahasan :

Diabetes mellitus adalah penyakit yang ditandai dengan kadar gula darah yang tinggi yang disebabkan oleh gangguan pada sekresi insulin atau gangguan kerja insulin atau keduanya. Salah satu cirinya adalah terdapat glukosa di dalam urin.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Uji Kompetensi Berikut ini yang tidak termasuk alat ekskresi adalah Halaman 110-112 Bab 9 (Sistem Ekskresi Manusia)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Uji Kompetensi Berikut ini yang tidak termasuk alat ekskresi adalah Halaman 110-112 Bab 9 (Sistem Ekskresi Manusia). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal dari fosil secara berlebihan? Coba jelaskan!

[Kunci Jawaban] Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!