Breaking News

Berikut ini yang merupakan peran tanah bagi kehidupan adalah

Questions and Answers for Natural Science Class 9 Curriculum 2013 Revision 2018 Competency Test The following is the role of land for life is Pages 196-198 Chapter 9 (Land and Sustainability of Life) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Uji Kompetensi Berikut ini yang merupakan peran tanah bagi kehidupan adalah Halaman 196-198 Bab 9 (Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Uji Kompetensi

Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat!

1. Berikut ini yang merupakan peran tanah bagi kehidupan adalah ….

A. menjaga suhu bumi

B. tempat hidup hewan dan bakteri

C. menjaga jumlah populasi tumbuhan

D. penyedia nutrisi yang dibutuhkan hewan dan manusia

Jawaban :

A. menjaga suhu bumi

Pembahasan :

Penjaga suhu bumi agar tetap hangat sehingga mahluk hidup dapat tumbuh dan berkembang biak dengan optimal adalah atmosfer, bukan tanah. salah satu mekanisme yang terjadi pada atmosfer yang mempertahankan suhu tetap hangat dinamakan efek rumah kaca. Tanpa efek rumah kaca suhu di bumi bisa mencapai -18 derajat celcius yang memicu punahnya mahluk hidup yang ada di bumi.

2. Salah satu peran organisme tanah adalah mengatur kegemburan tanah. Beni melakukan pengamatan pada beberapa jenis tanah dan mendapatkan hasil sebagai berikut!

Tanah yang mengandung organisme tanah berasal dari lokasi ….

A. A dan B

B. A dan D

C. C dan D

D. B dan D

Jawaban :

D. B dan D

Pembahasan :

Tanah lokasi yang jenis tanahnya lempung dan lempung berpasir lebih subur daripada tanah lainnya karena adanya aktivitas organisme tanah.

3. Tanah terdiri atas beberapa lapisan. Untuk mendapatkan bahan tambang, manusia melakukan penggalian hingga lapisan yang terdalam. Menurut pendapatmu hal yang mungkin terjadi pada keseimbangan lingkungan akibat penggalian tanah adalah ….

A. meningkatkan pendapatan penduduk

B. mengurangi jumlah mineral dalam tanah

C. mengganggu kehidupan organisme tanah

D. mempercepat pelapukan secara fisika dan kimiawi

Jawaban :

C. mengganggu kehidupan organisme tanah

Pembahasan :

Jika penggalian dilakukan hingga lapisan terdalam akan merusak lapisan-lapisan tanah dan mengganggu kehidupan organisme tanah karena merusak habitatnya.

4. Perhatikan gambar lapisan tanah berikut!

Lapisan tanah yang paling banyak mengandung materi organik adalah . . . .

A. lapisan A

B. lapisan B

C. lapisan C

D. lapisan D

Jawaban :

A. lapisan A

Pembahasan :

Lapisan tanah terdiri dari lapisan tanah atas, tanah bawah, dan batuan induk. Lapisan A merupakan lapisan tanah atas yang banyak mengandung materi organik.

5. Hujan dan air mengalir dapat mengikis tanah. Tanah yang paling banyak terkikis oleh hujan dan air mengalir adalah tanah dari . . . .

A. daerah datar yang tandus

B. daerah miring yang tandus

C. daerah datar dengan rerumputan

D. daerah miring dengan semak-semak

Jawaban :

B. daerah miring yang tandus

Pembahasan :

Daerah miring yang tandus akan mudah terkikis dan longsor karena posisinya miring dan tidak ada akar tumbuhan yang menahan terkikisnya tanah.

6. Sifat-sifat tanah berubah melalui proses alam dan aktivitas manusia. Berdasarkan pernyataan berikut yang menunjukkan perubahan tanah karena proses alam adalah . . . .

A. pengikisan nutrisi akibat hujan lebat

B. banjir akibat pembangunan bendungan

C. pembentukan gurun akibat penebangan pohon

D. degradasi nutrisi tanah akibat penggunaan pestisida

Jawaban :

A. pengikisan nutrisi akibat hujan lebat

Pembahasan :

Hujan lebat terjadi karena proses alam tanpa campur tangan manusia. Sebaliknya, pembangunan bendungan, penebangan pohon, dan penggunaan pestisida dilakukan oleh manusia.

7. Pelapukan tanah dapat terjadi secara biologi, kimia, dan fisika. Di antara lokasi berikut, lokasi yang tanahnya paling cepat mengalami pelapukan adalah daerah ….

A. hutan tropis yang subur

B. padang rumput yang kering

C. memiliki curah hujan tinggi

D. gurun pasir yang sangat panas

Jawaban :

A. hutan tropis yang subur

Pembahasan :

Pelapukan yang terjadi pada hutan tropis yang subur adalah pelapukan biologis karena ada banyak tumbuhan dan mikroorganisme tanah yang membantu proses pelapukan tanah.

8. Ion-ion dalam tanah yang dibutuhkan oleh tumbuhan antara lain ….

Jawaban :

D. Mg²⁺ dan NO₃⁻

Pembahasan :

Tumbuhan membutuhkan Mg²⁺ untuk pembentukan klorofil, lalu NO₃⁻ untuk proses asimilasi asam amino dan sintesis protein.

9. Tanah yang memiliki ukuran butiran sangat kecil, sulit ditembus air, dan tidak mengandung campuran pasir dan batuan disebut ….

A. tanah liat

B. tanah lempung

C. tanah liat berpasir

D. tanah lempung berpasir

Jawaban :

A. tanah liat

Pembahasan :

Tanah liat : partikelnya sangat kecil, sulit ditembus air, tidak mengandung campuran pasir dan batuan. Biasanya untuk bahan pembuatan keramik.

10. Akibat utama erosi tanah adalah ….

A. berkurangnya kemampuan tanah menyerap air

B. meningkatnya laju perpindahan mineral dari satu tempat

C. semakin banyaknya tumbuhan pada lapisan atas yang mati

D. hilangnya lapisan tanah teratas sehingga mengganggu organisme tanah

Jawaban :

D. hilangnya lapisan tanah teratas sehingga mengganggu organisme tanah

Pembahasan :

Erosi bisa terjadi karena proses alam seperti hujan deras, atau kecerobohan manusia seperti penebangan pohon sembarangan. Erosi bisa menyebabkan hilangnya lapisah tanah teratas sehingga mengganggu organisme tanah.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Uji Kompetensi Berikut ini yang merupakan peran tanah bagi kehidupan adalah Halaman 196-198 Bab 9 (Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Uji Kompetensi Berikut ini yang merupakan peran tanah bagi kehidupan adalah Halaman 196-198 Bab 9 (Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal dari fosil secara berlebihan? Coba jelaskan!

[Kunci Jawaban] Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!