Breaking News

Berikut ini yang bukan merupakan struktur penyusun Bumi adalah

Questions and Answers for Natural Science Class 7 Curriculum 2013 Revision 2016 Competency Test The following are not the structures that make up the Earth are Pages 141-144 Chapter 5 (Earth Layer) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Uji Kompetensi Berikut ini yang bukan merupakan struktur penyusun Bumi adalah Halaman 141-144 Bab 5 (Lapisan Bumi) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Uji Kompetensi

A. Pilihan ganda

Pilihlah jawaban a, b, c, atau d yang paling tepat.

1. Berikut ini yang bukan merupakan struktur penyusun Bumi adalah . . . .

A. Litosfer

B. Atmosfer

C. Kromosfer

D. Hidrosfer

Jawaban:

C. Kromosfer

Alasan:

  • Litosfer adalah lapisan Bumi yang paling luar atau biasa disebut dengan kulit Bumi
  • Atmosfer adalah Atmosfer adalah lapisan gas yang melingkupi sebuah planet, termasuk bumi, dari permukaan planet tersebut sampai jauh di luar angkasa. Di Bumi, atmosfer terdapat dari ketinggian 0 km di atas permukaan tanah, sampai dengan sekitar 560 km dari atas permukaan Bumi.
  • Kromosfer adalah lapisan tipis di atmosfer matahari. Lapisan ini terletak di atas fotosfer, dan memiliki kedalaman sekitar 2.000 Kilometer.
  • Hidrosfer adalah lapisan air yang ada di permukaan bumi.

2. Lapisan atmosfer yang memiliki tekanan paling rendah adalah . . . .

A. Troposfer

B. Mesosfer

C. Eksosfer

D. Stratosfer

Jawaban:

C. Eksosfer

Alasan:

Troposfer adalah lapisan pada level terendah bumi yang tebalnya kira-kira sampai dengan 10 kilometer di atas permukaan bumi.

Mesosfer adalah lapisan udara ketiga, di mana suhu atmosfer akan berkurang dengan pertambahan ketinggian hingga ke lapisan keempat, termosfer.

Eksosfer adalah lapisan tertinggi atau terluar pada atmosfer bumi. Lapisan  ini terletak di atas lapisan Termosfer (Ionosfer). Eksosfer berada pada ketinggian lebih dari 400 km – 1000 km di atas permukaan bumi.

Stratosfer adalah lapisan kedua dari atmosfer bumi, terletak di atas troposfer dan dibawah mesosfer. Ketebalannya sekitar 15-55 km. Di lapisan ini terdapat lapisan ozon yang terbentuk pada ketinggian 20 km.

Kesimpulan: Makin rendah suatu tempat, makin besar tekanannya. Sebaliknya, makin tinggi suatu tempat, makin rendah tekanannya. Penyebabnya adalah, semakin tinggi suatu tempat maka makin sedikit beban udara dari bagian atas yang ditanggung oleh udara di bawahnya. Udara yang berada di bawah tidak memberikan sumbangan pada tekanan di tempat itu. Tekanan udara di suatu tempat hanya ditentukan oleh udara di bagian atas tempat tersebut.

3. Berikut ini yang merupakan fungsi dari lapisan ozon di atmosfer adalah . . . .

A. melindungi Bumi dari cahaya Matahari

B. melindungi Bumi dari sinar ultraviolet

C. mengatur suhu Bumi

D. sebagai pemantul gelombang radio

Jawaban :

B. melindungi Bumi dari sinar ultraviolet

Alasan :

Salah satu fungsi penting dari keberadaan lapisan ozon di atmosfer adalah melindungi bumi dari paparan sinar ultraviolet dari matahari dan luar angkasa. Sinar ultraviolet dalam jumlah yang besar dapat menyebabkan kulit terbakar, kerusakan DNA, hingga memicu kanker kulit. Sinar ultraviolet dari matahari sebagian besar diserap oleh lapisan ozon yang ada di atmosfer, sehingga makhluk hidup yang ada di bumi terlindungi dari bahayanya. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan dan ketebalan lapisan ozon di atmosfer seperti dengan menghemat energi, mengurangi efek gas rumah kaca, dan sebagainya.

4. Susunan Litosfer dari dalam hingga ke permukaan Bumi secara berurutan adalah . . . .

A. inti dalam, inti luar, mantel Bumi, kerak Bumi

B. inti dalam, inti luar, kerak Bumi, mantel Bumi

C. inti dalam, mantel Bumi, inti luar, kerak Bumi

D. inti dalam, astenosfer, inti luar, kerak Bumi

Jawaban:

A. Inti dalam, inti luar, mantel Bumi, kerak Bumi

Alasan:

Urutan lapisan litosfer bumi dari yang paling kuar ke yang paling dalam: Kerak Bumi adalah lapisan terluar Bumi yang terbagi menjadi dua kategori, yaitu kerak samudra dan kerak benua.

Astenosfer adalah lapisan yang terletak di bawah litosfer dan di atas mantel atas bumi yang terliat dalam pergerakan lempeng tektonik dan penyesuaian isotatik.

Mantel adalah lapisan yang berada di antara kerak dan inti luar. Inti luar Bumi adalah lapisan cair dengan ketebalan sekitar 2,266 km (1,408 mi), terdiri dari besi dan nikel yang terletak di atas inti dalam dan di bawah mantel.

Inti dalam Bumi adalah bagian paling dalam, yang berbentuk bola padat dengan jari-jari sekitar 1.220 km

5. Jika terdapat dua lempeng yang bertumbukan, maka yang akan terjadi adalah . . . .

A. terbentuk patahan/sesar

B. terjadi penekukan lempeng, lempeng yang memiliki massa jenis yang lebih besar menekuk ke bawah lempeng yang massa jenisnya lebih kecil

C. terjadi penekukan lempeng, lempeng yang memiliki massa jenis yang lebih kecil menekuk ke bawah lempeng yang massa jenisnya lebih besar

D. tidak terjadi apa-apa

Jawaban:

B. Terjadi penekukan lempeng, lempeng yang memiliki massa jenis yang lebih besar menekuk ke bawah lempeng yang massa jenisnya lebih kecil

Alasan:

Sifat dari dua lempeng yang bertumbukan adalah sebagai berikut:

  1. Terdapat aktivitas vulkanisme, intrusi dan ekstrusi
  2. Merupakan daerah hiposentrum gempa dangkal dan dalam
  3. Lempeng dasar samudra yang massa jenisnya lebih besar menunjam ke bawah lempeng benua (massa jenisnya lebih kecil)
  4. Terbentuk palung laut di tempat tumbukan itu
  5. Pembengkakan tepi lempeng yang merupakan deretan pegunungan
  6. Penghancuran lempeng akibat pergesekan lempeng dan
  7. Timbunan sediman campuran yang dalam geologi di kenal dengan nama bantuan baneuh atau melenge.

Perhatikan gambar berikut untuk menjawab soal nomor 6-7

6. Tanda panah pada gambar di atas menggambarkan aliran konveksi dalam Bumi yang mengakibatkan pergerakan lempeng. Lempeng bergerak sesuai dengan aliran konveksi tersebut. Pernyataan berikut yang benar tentang pergerakan lempeng pada titik A ialah . . . .

A. lempeng bergerak searah

B. lempeng bergerak saling mendekat dan bertumbukan

C. lempeng bergerak saling menjauh

D. lempeng tidak bergerak

Jawaban:

C. lempeng bergerak saling menjauh

Alasan:

Kerak bumi tersusun atas berbagai lempeng-lempeng tektonik yang saling bergerak, baik menjauhi, mendekati atau bergesar antara satu sama lain.

Pergerakan lempeng bumi disebabkan konveksi pada magma di lapisan mantel bumi. Pergerakan ini membentuk benua, lautan dan pegunungan di Bumi.

Pergerakan ini dapat berupa:

  • Divergen (saling menjauh)

Pergerakan lempeng divergen terjadi ketika dua lempeng tektonik bergerak menjauh satu sama lain. Gempa bumi sering terjadi di sepanjang pertemuan lempeng divergen ini. 

Pergerakan divergen ini biasanya terdapat di dasar samudera, seperti  di Mid-Atlantic Ridge,  yang meruakan batas divergen antara Lempeng Amerika dan lempeng Eurasia. 

  • Kovergen

Ketika dua lempeng bergerak saling mendekati hingga bertumbukan, batas tektonik ini  dikenal sebagai batas konvergen. 

Akibat dari dua lempeng yang bertabrakan ini bisa menyebabkan ertemuan lempeng tektonik terangkat, yang membentuk pegunungan tinggi. Misalnya adalah pegunungan Himalaya yang terbentuk akibat tumbukan Lempeng Eurasia oleh lempeng Indo-Australia.

  • Transform

Dua lempeng yang bergerak bergeser melewati satu sama lain membentuk batas lempeng transform. 

Pada batas lempeng ini, bebaatuan akan dihancurkan saat lempeng bergerak, menciptakan lembah lurus yang panjang atau ngarai bawah laut. Pertemuan bentuk ini disebut patahan (fault) atau sesar. Pergerakan di patahan ini dapat menyebabkan gempa bumi.

Contoh batas lempeng tektonik transform adalah Patahan San Andreas di Negara Bagian California, Amerika Serikat.

7. Pergerakan lempeng jenis yang terjadi pada bagian B adalah . . . .

A. divergen

B. konvergen

C. transformasi

D. tidak jadi pergerakan

Jawaban:

B. Konvergen

Alasan:

Divergen adalah gerakan lempeng tektonik yang saling menjauh dan bergerak secara perlahan.

Konvergen adalah gerakan lempeng tektonik yang saling mendekat sehingga menimbulkan tabrakan antar lempeng. Jika lempeng samudra menabrak lempeng benua maka sisi lempeng samudra akan melengkung dan masuk kebawah lempeng benua, karena lempeng benua memiliki berat jenis lebih ringan. Karena arah gerakan lempeng pada gambar B berlawanan, maka termasuk ke dalam kovergen.

Sesar/Transformasi adalah gerakan dua lempeng tektonik yang bergeser dan menimbulkan patahan batuan lapisan kulit bumi.

Perhatikan gambar berikut untuk menjawab soal nomor 8-9

8. Berdasarkan gambar di atas, lempeng Indo-Australi dengan lempeng Eurasia bergerak secara . . . .

A. konvergen

B. divergen

C. transformasi

D. tidak bergerak

Jawaban:

A. Konvergen

Alasan:

Jawabannya konvergen karena jelas terlihat pada peta. Untuk mengingatkanmu mengenai jenis-jenis pergerakan lempeng bumi, berikut dijelaskan jenis-jenis pergerakan lempeng bumi.

Divergen adalah gerakan lempeng tektonik yang saling menjauh dan bergerak secara perlaban.

Konvergen adalah gerakan lempeng tektonik yang saling mendekat sehingga menimbulkan tabrakan antar lempeng. Jika lempeng samudra menabrak lempeng benua maka sisi lempeng samudra akan melengkung dan masuk kebawah lempeng benua, karena lempeng benua memiliki berat jenis lebih ringan.

Sesar/Transformasi adalah gerakan dua lempeng tektonik yang bergeser dan menimbulkan patahan batuan lapisan kulit bumi.

9. Pergerakan lempeng Indo-Australi dengan lempeng antartika terjadi secara . . . .

A. konvergen

B. divergen

C. transformasi

D. tidak bergerak

Jawaban:

B. Divergen dan C. Transformasi

Alasan:

Jawabannya divergen dan transformasi karena jelas terlihat pada peta. Untuk mengingatkanmu mengenai jenis-jenis pergerakan lempeng bumi, berikut dijelaskan jenis-jenis pergerakan lempeng bumi.

Divergen adalah gerakan lempeng tektonik yang saling menjauh dan bergerak secara perlahan.

Konvergen adalah gerakan lempeng tektonik yang saling mendekat sehingga menimbulkan tabrakan antar lempeng. Jika lempeng samudra menabrak lempeng benua maka sisi lempeng samudra akan melengkung dan masuk kebawah lempeng benua, karena lempeng benua memiliki berat jenis lebih ringan.

Sesar/Transformasi adalah gerakan dua lempeng tektonik yang bergeser dan menimbulkan patahan batuan lapisan kulit bumi.

10. Perhatikan gambar berikut.

Sebuah pusat gempa tercatat sejauh 1500 km dari sebuah stasiun seismik. Keadaan tersebut digambarkan penyebaran gelombang seismiknya. Pada gambar tersebut titik H berperan sebagai pusat gempa, yang disebut . . . .

A. episentrum

B. hiposentrum

C. patahan

D. titik primer

Jawaban:

B. Hiposentrum

Alasan:

Episentrum adalah pusat gempa di luar permukaan bumi.

Hiposentrum adalah sumber gempa di kedalaman bumi tertentu.

Patahan atau retakan adalah hasil dari gerakan tekanan horizontal dan tekanan vertikal yang menyebabkan lapisan kulit bumi yang rapuh menjadi retak dan

Titik primer (mungkin maksudnya gelombang primer) adalah egelombang yang asalnya dari titik pusat gempa patah.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Uji Kompetensi Berikut ini yang bukan merupakan struktur penyusun Bumi adalah Halaman 141-144 Bab 5 (Lapisan Bumi)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Uji Kompetensi Berikut ini yang bukan merupakan struktur penyusun Bumi adalah Halaman 141-144 Bab 5 (Lapisan Bumi). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal dari fosil secara berlebihan? Coba jelaskan!

[Kunci Jawaban] Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!