Breaking News

Berdasarkan uraian sebelumnya, temukanlah bukti perbandingan antara teks sejarah berikut ini dengan kutipan novel sejarah Rumah Kaca karya Pramoedya Ananta Toer.

Questions and Answer Key Indonesian Grade 12 curriculum in 2013 Revised 2018 Evidence Task Text Comparison Between Historical Novel Borobudur with Quote Historical Greenhouse Page 52-58 Section 2 (Watching History Stories) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Tugas Bukti Perbandingan Antara Teks Sejarah Borobudur dengan Kutipan Novel Sejarah Rumah Kaca Halaman 52-58 Bab 2 (Menikmati Cerita Sejarah) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Tugas

Berdasarkan uraian sebelumnya, temukanlah bukti perbandingan antara teks sejarah berikut ini dengan kutipan novel sejarah Rumah Kaca karya Pramoedya Ananta Toer.

Perbandingan teks sejarah Borobudur dengan kutipan novel Rumah Kaca adalah terletak pada sifat kedua teks tersebut. Teks sejarah merupakan teks yang didasarkan seluruhnya pada fakta sejarah, sehingga tergolong nonfiksi. Sementara novel Rumah Kaca dibangun berdasarkan pemikiran penulisnya dan tidak terikat pada penggunaan fakta, sehingga tergolong ke karya fiksi.

Unsur sejarah dapat menjadi salah satu unsur pembangun karya sastra. Novel sejarah, misalnya, merupakan novel yang mengambil setidaknya salah satu latar waktu dan/atau tempat di masa lalu. Latar yang diambil pun sesuai dengan peristiwa sejarah yang benar-benar terjadi.

Bandingkan teks sejarah tersebut dengan kutipan novel Rumah Kaca karya Pramoedya Ananta Toer berikut.

Teks Sejarah Borobudur:

Teks sejarah Borobudur merupakan teks yang berdasarkan fakta sesungguhnya. Pada penulisan teks ini, penulis menyajikan dengan hati-hati dengan menggunakan bahasa yang baku dan dituntut untuk menyajikan fakta sebagaimana adanya. Penulis mengetengahkan deskripsi Candi Borobudur mulai dari luasnya, jumlah patung Buddha jumlah stupa dan stupa induk. Untuk menghasilkan tulisan tersebut, penulis harus menguasai secara detail sejarah Borobudur, di mana letak Borobudur, dan siapa saja yang terlibat dengan pembangunan candi tersebut.

Novel Sejarah Rumah Kaca

Meskipun Rumah Kaca dikategorikan novel sejarah, bukan berarti semua yang terjadi di dalamnya merupakan fakta atau sepenuhnya fiksi. Perihal nama-nama tokoh bisa jadi fiksi ada juga yang nyata. Akan tetapi untuk rangkaian cerita yang menjadi kekuatan sebuah novel, kemungkinan besar merupakan kisah tidak nyata atau fiksi. Termasuk dialog-dialog yang terjadi di dalamnya.

Kesimpulan : Teks sejarah sangat ketat dan harus bisa dibuktikan oleh ilmu yang berkaitan, sementara novel sejarah tidak dituntut untuk selalu berdasarkan fakta.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Tugas Bukti Perbandingan Antara Teks Sejarah Borobudur dengan Kutipan Novel Sejarah Rumah Kaca Halaman 52-58 Bab 2 (Menikmati Cerita Sejarah)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Tugas Bukti Perbandingan Antara Teks Sejarah Borobudur dengan Kutipan Novel Sejarah Rumah Kaca Halaman 52-58 Bab 2 (Menikmati Cerita Sejarah). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

Kata Kunci:

  • https://laguasyik com/berdasarkan-uraian-sebelumnya-temukanlah-bukti-perbandingan-antara-teks-sejarah-berikut-ini-dengan-kutipan-novel-sejarah-rumah-kaca-karya-pramoedya-ananta-toer/

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal dari fosil secara berlebihan? Coba jelaskan!

[Kunci Jawaban] Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!