Berdasarkan teks berita tersebut, tentukan isu aktual yang disajikan.

  • 2 min read
  • Agu 16, 2021

Questions and Answer Key Indonesian Grade 12 curriculum in 2013 Revised 2018 Text Based Such news Determine Actual Issues Presented Page 103 Section 3 (Understanding the Latest Issue By Editorial) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Berdasarkan Teks Berita Tersebut Tentukan Isu Aktual yang Disajikan Halaman 103 Bab 3 (Memahami Isu Terkini Lewat Editorial) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Tugas

1. Berdasarkan teks berita tersebut, tentukan isu aktual yang disajikan.

2. Carilah dari sumber lain data mengenai isu yang terdapat dalam berita tersebut secukupnya.

3. Hubungkan isu-isu yang kamu peroleh serta melengkapinya dengan pendapatmu.

4. Apa simpulan dan rekomendasi yang dapat kamu berikan.

Kemukakan hasil kerjamu ke dalam tabel berikut ini.

Isi Aktual Argumentasi
Penilaian Kritik Prediksi Harapan Saran/Rekomendasi
1. Penutupan tiga pabrik Toshiba dan Panasonic di Indonesia membawa dampak Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sebanyak lebih dari 2.500 karyawan.

2. Hal ini terimbas dari lesunya penjualan produk elektronik dua perusahaan raksasa asal Jepang itu akibat penurunan daya beli masyarakat.

3. Presiden Konfederasi Serikat Pekerja (KSPI), Said Iqbal mengungkapkan, Toshiba telah menutup pabrik televisi di Kawasan Industri Cikarang, Jawa Barat.

4. Perusahaan lainnya, kata Said yang ikut terhantam pemburukan ekonomi adalah Panasonic lighting. Sebanyak dua pabriknya resmi ditutup, seperti Panasonic Lighting Indonesia (PLI) di Pasuruan, Jawa Timur di awal Januari ini dan satu pabrik lainnya di Kawasan Industri Bekasi pada Februari 2016.

1. Penutupan tiga pabrik Toshiba dan Panasonic di Indonesia membawa dampak Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sebanyak lebih dari 2500 karyawan

2. Hal ini terimbas dari lesunya penjualan produk elektronik dua perusahaan raksasa asal Jepang itu akibat penurunan daya beli masyarakat.

1. Dengan demikian, apa kita bisa memaksa pabrik walkman untuk tidak tutup, tentu tidak bisa, karena pasarnya sudah bergeser

2. Sebenarnya Nasional (Panasonic) malah membesarkan, tapi saya tidak tahu di mananya. Tapi kan itu Gobel (Rachmat Gobel) kan di sini (Indonesia), jadi itu kan Nasional Panasonic saya pikir masih oke saja. saya tidak tahu di sebelah mananya, mungkin ada bagian tertentu yang bersaing kan ada produksinya bermacam-macam kulkas. mungkin ada bagian tertentu yang sulit bersaing, tutup tidak semua

3. Sekarang sudah masuk manufaktur sudah ada yang masuk bahan baku

Perubahan operasional pabrik tersebut menimbulkan ancaman PHK, namun pemerintah terus bergerak agar sektor industri terus tumbuh di tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil. Secara umum industri elektronik masih mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan. Terlihat, dari investasi sektor industri manufaktur yang mencapai Rp 90 triliun tahun lalu. Jadi, berharap pertumbuhan dan perkembangan serta kemajuan industri elektronik semakin maju agar tidak terjadinya PHK besar-besaran yang menyebabkan banyaknya masyarakat yang kehilangan pekerjaannya. Sebaiknya perusahaan harus selalu kreatif dalam merespon kebutuhan masyarakat akan produk mereka.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Berdasarkan Teks Berita Tersebut Tentukan Isu Aktual yang Disajikan Halaman 103 Bab 3 (Memahami Isu Terkini Lewat Editorial)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Berdasarkan Teks Berita Tersebut Tentukan Isu Aktual yang Disajikan Halaman 103 Bab 3 (Memahami Isu Terkini Lewat Editorial). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

error: Content is protected !!