Berdasarkan tabel tersebut komposisi gizi kedelai lebih bagus daripada tempe, tetapi mengapa banyak orang mengatakan mengonsumsi tempe lebih baik daripada mengonsumsi kedelai?

Questions and Answers for Class 9 Natural Science Curriculum 2013 Revision 2018 Competency Test The data table above is the composition of nutrients in soybeans and tempeh. Based on the table, the nutritional composition of soybeans is better than tempe, but why do many people say that consuming tempeh is better than consuming soybeans? Pages 92-93 Chapter 7 (Biotechnology) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Uji Kompetensi Data tabel di atas merupakan komposisi zat gizi pada kedelai dan tempe. Berdasarkan tabel tersebut komposisi gizi kedelai lebih bagus daripada tempe, tetapi mengapa banyak orang mengatakan mengonsumsi tempe lebih baik daripada mengonsumsi kedelai? Halaman 92-93 Bab 7 (Bioteknologi) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

B. Jawablah dengan benar pertanyaan berikut!

1. Perhatikan data gizi bahan makanan pada tabel berikut.

Data tabel di atas merupakan komposisi zat gizi pada kedelai dan tempe. Berdasarkan tabel tersebut komposisi gizi kedelai lebih bagus daripada tempe, tetapi mengapa banyak orang mengatakan mengonsumsi tempe lebih baik daripada mengonsumsi kedelai?

Mengkonsumsi tempe lebih baik dari pada mengkonsumsi kedelai dikarenakan tempe mengandung senyawa sederhana yang mudah diserap oleh tubuh. Kedelai telah mengalami proses fermentasi oleh kapang Rhizopus, sehingga senyawa kompleksnya telah tercerna menjadi senyawa yang lebih sederhana dan lebih mudah dicerna oleh tubuh. Berbeda dengan kedelai yang memiliki banyak kandungan gizi, tapi zat tersebut sulit untuk dicerna tubuh.

Tempe merupakan kedelai fermentasi yang dibuat dari biji kedelai yang difermentasikan menggunakan kapang Rhizopus, yaitu kapan seperti Rhizopus oligosporus, Rhizopus oryzae, atau Rhizopus arrhizus (ragi tempe).

Dalam 100 gram tempe mengandung :

  • Energi: 150 kkal
  • Protein: 14 gram
  • Lemak: 7,7 gram
  • Karbohidrat: 9,1 gram
  • Serat : 1,4 gram
  • Kalsium: 517 mg
  • Natrium: 7 mg
  • Fosfor: 202 mg

Tempe mengandung lebih rendah gizi karena adanya perubahan nilai gizi yang disebabkan oleh proses pembuatan tempe seperti perendaman dengan air, pengupasan, hingga pemasakan. 

Tempe lebih disarankan untuk dikonsumsi karena zat gizi tempe lebih mudah dicerna, diserap, dan dimanfaatkan tubuh. Kapang pada tempe akan menghidrolisis senyawa kompleks menjadi senyawa sederhana sehingga mudah dicerna oleh tubuh. Selain itu, tempe juga mengandung vitamin B12 yang tidak dimiliki kedelai. Hal tersebut karena adanya proses fermentasi yang mampu meningkatkan penyerapan nutrisi dari kedelai dan juga konsentrasi peptida bioaktif yang terbentuk selama pemecahan protein kedelai dalam proses pembutan tempe. 

2. Salah satu teknik rekayasa genetika yang dikembangkan adalah kloning. Teknik ini dilakukan untuk menghasilkan keturunan yang memiliki sifat identik dengan induknya. Coba kamu jelaskan bagaimana proses kloning dilakukan oleh para ilmuwan!

Proses kloning yang dilakukan oleh para ilmuwan untuk menghasilkan hewan baru dilakukan dengan mengeluarkan sel somatik, seperti sel kulit, dari hewan yang ingin mereka kloning. Kemudian materi genetik DNA sel somatik hewan donor dipindahkan ke dalam sel telur tujuan.

Sel telur kemudian berkembang menjadi hewan yang dientik dengan hewan yang dikloning karena materi genetik DNA yang sama.

Ada tiga jenis kloning yang dapat dilakukan, yaitu kloning gen, kloning reproduksi dan kloning terapi.

  • Kloning gen menghasilkan salinan gen atau segmen DNA. Kloning reproduksi menghasilkan seluruh hewan baru. Kloning terapi menghasilkan sel induk embrionik yang bertujuan menciptakan jaringan untuk menggantikan jaringan tubuh yang terluka atau sakit.
  • Kloning yang digunakan untuk menghasilkan anakan hewan yang sama persis adalah kloning reproduksi. Hasilnya, setelah tumbuh, embrio akan menghasilkan individu baru dengan materi genetik yang sama persis dengan individu yang dikloning.
  • Breakthrough atau terobosan besar dalam proses kloning terjadi pada tahun 1996 setelah para ilmuwan dari Skotlandia berhasil membuat domba kloning, yang diberi nama “Dolly”. Domba ini menjadi mamalia pertama yang berhasil di kloning. Sejak itu, hewan lain berhasil dikloning, seperti sapi, kuda, kelinci hingga monyet.

Proses kloning gen secara sederhana :

  • Mempersiapkan sel stem.
  • Sel stem diambil inti sel yang mengandung informasi genetik (DNA) kemudian dipisahkan dari sel.
  • Mempersiapkan sel telur.
  • Inti sel stem diimplantasikan ke sel telur.
  • Sel telur dipicu supaya terjadi pembelahan dam pertumbuhan.
  • Setelah membelah menjadi embrio siap diimplantasikan ke rahim.
  • Embrio tumbuh dalam rahim menjadi bayi dengan kode genetik persis sama dengan sel stem donor.

3. Bioteknologi berkembang dengan sangat pesat. Sebutkan lima contoh bahan pangan yang merupakan produk hasil bioteknologi yang dapat kamu temukan dalam kehidupan sehari-hari!

  • Tempe

Tempe adalah hasil fermentasi jamur tempe (Rhizopus oligosporus) pada kedelai. Tempe adalah makanan lauk yang sangat populer di Indonesia.

Jamur Rhyzopus oligosporus ini tumbuh dalam medium kedelai, dan berkembang dengan melakukan perombakan protein pada kacang kedelai. 

Kedelai bersifat keras, namun setelah difermentasi, akan menjadi lebih lunak dan mudah dicerna.

  • Kecap

Aspergillus oryzae (ragi kecap) digunakan dalam pembuatan kecap dari kedelai. Jamur ini adalah dari kelompok jamur Ascomycota yang memiliki ciri khas adanya ascus (kantung) yang digunakan sebagai organ reproduksi untuk menyimpan spora.

  • Keju

Jamur Penicillium roqueforti mengolah susu sapi dan kambing menjadi keju. Jamur ini akan mengurai karbohidrat di susu sehingga menjadi keju yang padat dan enak dimakan.

  • Mentega

Mentega juga dibuat dari fermentasi susu menggunakan mikroba, dalam hal ini bakteri Lactobacillus lactis

  • Spirullina

Spirulina adalah mikrorganisme dari jenis sianobakteria (bakteri ganggang biru-hijau) yaitu spesies Arthrospira platensis and A. maxima.

Spirulina dibuat dari biomassa bakteri ini, yang kemudian dikeringkan dan diolah, umumnya menjadi pil atau tablet. Spirulina ini diolah menjadi suplemen diet, sumber vitamin dan protein serta bahan untuk pakan hewan. Spirulina kering mengandung 5% air, 24% karbohidrat, 8% lemak, dan sekitar 60% protein. 

4. Perkembangan bioteknologi terus meningkat, sejalan dengan peningkatan kebutuhan pangan masyarakat. Menurut kamu apa dampak negatif penerapan bioteknologi bagi lingkungan?

Dampak negatif dengan penerapan bioteknologi bagi lingkungan adalah terjadi pencemaran gen. Menyebabkan hilangnya plasma nutfah. Menurunkan keanekaragaman hayati. Tanaman transgenik dapat mengganggu ekosistem.

5. Sebutkan tiga alasan mengapa perlu dikembangkan bioteknologi hewan dan tumbuhan transgenik?

  • Meningkatkan produksi sumber makanan

Hasil dari tanaman dan hewan transgenik dapat ditingkatkan produksinya dengan mengubah gen yang terkait. Misalnya dengan mengubah gen pada padi agar tanaman menjadi lebih cepat berbuah, atau sapi yang lebih gemuk dan banyak dagingnya

  • Meningkatkan kekebalan terhadap hama

Tanaman dan hewan transgenik dapat meningkatkan kekebalan tanaman terhadap hama. Misalnya dengan rekayasa genetika untuk menghasilkan tanaman padi yang tahan wereng.

  • Meningkatkan kadar gizi

Tanaman dan hewan transgenik dapat diubah gennya untuk menghasilkan senyawa gizi tertentu, untuk meningkatkan kualitas tanaman tersebut. Misalnya padi transgenik yang dinamakan dengan golden rice, karena biji padi ini direkayasa gennya sehingga berwarna kuning keemasan (golden) akibat kandungan beta-karoten (provitamina A).

Contoh lain adalah sapi yang direkayasa gennya agar susunya mengandung protein tambahan.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Uji Kompetensi Data tabel di atas merupakan komposisi zat gizi pada kedelai dan tempe. Berdasarkan tabel tersebut komposisi gizi kedelai lebih bagus daripada tempe, tetapi mengapa banyak orang mengatakan mengonsumsi tempe lebih baik daripada mengonsumsi kedelai? Halaman 92-93 Bab 7 (Bioteknologi)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Uji Kompetensi Data tabel di atas merupakan komposisi zat gizi pada kedelai dan tempe. Berdasarkan tabel tersebut komposisi gizi kedelai lebih bagus daripada tempe, tetapi mengapa banyak orang mengatakan mengonsumsi tempe lebih baik daripada mengonsumsi kedelai? Halaman 92-93 Bab 7 (Bioteknologi). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Mengapa orang menggigil ketika kedinginan?

[Kunci Jawaban] Mengapa orang menggigil ketika kedinginan? Pertanyaan: Mengapa orang menggigil ketika kedinginan? (Soal Latihan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!