Berdasarkan jumlah tetesan iodium tinktur, sari buah apa yang mengandung vitamin C paling tinggi?

Questions and Answers for Natural Science Class 8 Curriculum 2013 Revised 2017 Based on the number of tincture iodine droplets, which fruit juices contain the highest vitamin C Pages 175-176 Chapter 4 (Human Digestive System) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Berdasarkan jumlah tetesan iodium tinktur, sari buah apa yang mengandung vitamin C paling tinggi Halaman 175-176 Bab 4 (Sistem Pencernaan Manusia) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Ayo, Kita Lakukan

Aktivitas 4.4 Uji Kandungan Vitamin C pada Buah

Vitamin C banyak ditemukan pada buah dan sayuran. Tiap-tiap jenis buah memiliki kadar vitamin C yang berbeda-beda. Untuk mengetahui kadar vitamin C pada masing-masing jenis buah,mlakukan kegiatan berikut ini.

Apa yang kamu perlukan?

  1. 4 tabung reaksi
  2. Gelas
  3. Rak tabung reaksi
  4. Tepung maizena
  5. 2% iodium tinktur
  6. Pipet
  7. Pengaduk kayu
  8. Timbangan
  9. Beberapa jenis sari buah misalnya sari buah jambu, sari buah jeruk, sari buah tomat, sari buah mangga, sari buah pepaya, sari buah salak, atau sari buah yang ada di lingkunganmu.

10.Perlu kamu perhatikan! Jangan mencicipi salah satu sari buah. Iodium dapat menodai kulit dan pakaian. Bila terkena mata dapat menyebabkan iritasi. Beritahu gurumu jika terjadi tumpahan.

Apa yang harus kamu lakukan?

  1. Beri tanda empat tabung reaksi A-D (sesuai dengan jumlah sari buah yang hendak kamu uji).
  2. Isi masing-masing tabung reaksi 5 mL dengan sari buah yang berbeda.
  3. Larutkan 0,3 g tepung maizena, dalam 50 mL air.
  4. Tambahkan 5 mL larutan maizena ke masing-masing tabung reaksi, aduk sampai rata.
  5. Teteskan iodium tinktur ke tabung reaksi A-D sambil diaduk. Catat jumlah tetesan yang dibutuhkan untuk mengubah sari buah sampai berubah menjadi ungu.
  6. Ulangi langkah 5 sampai 3 kali.
  7. Tulislah data hasil percobaanmu pada Tabel 4.9!

Catatan: Semakin banyak jumlah tetesan tinktur untuk mengubah warna menjadi ungu makin banyak kandungan vitamin C.

Tabel 4.9 Data Hasil Percobaan Uji Kandungan Vitamin C pada Buah

Apa yang perlu kamu diskusikan?

1. Berdasarkan jumlah tetesan iodium tinktur, sari buah apa yang mengandung vitamin C paling tinggi?

  • Jambu Biji

Mengandung 200 mg melebihi jeruk

  • Pepaya

Mengandung 94 mg vitamin C

  • Kiwi

Mengandung 92,7 mg vitamin C

  • Strobery

Mengandung 52 mg vitamin C

2. Berdasarkan hasil percobaanmu, apa yang dapat kamu sarankan pada penderita sariawan?

  • Belimbing

Buah belimbing merupakan salah satu buah yang dapat mencegah sariawan menurut buku Terapi Jus Buah & Sayur yang ditulis dr. Titi Sekarindah, MS. Sp GK dan Hartin Rozaline. Belimbing kaya akan potasium, zat besi, karotenoid, dan vitamin C. Selain mencegah sariawan, belimbing juga dapat mengontrol tekanan darah tinggi. Karena rendah kalori, belimbing juga cocok dikonsumsi untuk kamu yang sedang diet dan ingin menurunkan berat badan.

  • Jambu Biji

Kandungan vitamin C dalam buah jambu biji sangat tinggi. Dalam 100 g jambu biji mengandung 273 mg vitamin C sehingga baik dikonsumsi oleh penderita sariawan atau stomatitis. Selain itu, jambu biji juga mengandung zat besi, seng, dan potassium yang cukup tinggi.

  • Jeruk Bali

Selain mengandung vitamin C yang cukup tinggi dan dapat mengobati sariawan, jeruk bali juga punya banyak manfaat lainnya. Jeruk bali dapat membantu menurunkan kolesterol, sebagai antioksidan dan menjaga kesehatan kulit serta mencegah konstipasi.

  • Jeruk Nipis

Jeruk nipis biasanya dimanfaatkan oleh penderita batuk untuk membantu mengencerkan dahak. Akan tetapi, jeruk nipis juga bermanfaat untuk meredakan sariawan dan sakit flu. Jika tidak terlalu suka karena rasanya yang asam, kamu bisa mengombinasikan jeruk nipis dengan buah lainnya menjadi jus.

  • Kiwi

Kiwi termasuk buah yang kaya kandungan nutrisinya, mulai dari kalori, potasium, zat besi, seng, vitamin B2, betakaroten dan vitamin C. Selain bermanfaat untuk mengobati sariawan, kiwi juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga kamu tidak mudah sakit.

  • Mangga

Kandungan mineral dalam mangga cukup tinggi, terdiri atas potasium, magnesium, kalsium dan selenium. Begitu pun vitaminnya, dalam buah mangga terdapat vitamin B1, B2, Vitamin C, hingga asam folat. Di samping membantu meredakan sariawan dan influenza, mangga juga dapat menambah kalori, cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan berat badan.

  • Pepaya

Makan pepaya bisa membuat sariawan sembuh tanpa rasa perih. Manfaat lain dari pepaya juga bisa melancarkan saluran pencernaan. Tekstur papaya cukup lembut sehingga bisa dikonsumsi langsung jika kamu sedang sariawan.

  • Tomat

Selain dimakan langsung atau dibuat jus, kamu juga bisa menempelkan tomat di sariawanmu untuk membantu meredakannya. Tomat mengandung vitamin A dan C yang dapat mencegah sariawan. Dalam tomat juga terdapat likopen yang tinggi yang berperan sebagai antioksidan dan dapat mencegah kanker.

  • Semangka

Dalam buku 9 Buah & Sayur Sakti Tangkal Penyakit yang ditulis Agus Suwarto, jika ingin mengonsumsi semangka sebagai obat sariawan, sebaiknya saat mengupas semangka, bagian hijau yang dekat kulitnya jangan dibuang. Karena itu bagian terpenting untuk dimakan, selain daging buahnya yang segar.

Semangka rendah kalori dan mengandung air, serat, kalium serta likopen. Likopen merupakan antioksidan yang lebih unggul dari vitamin C dan E. Semangka tidak hanya baik dikonsumsi penderita sariawan tapi juga untuk hipertensi dan anemia, hingga penderita infeksi kandung kemih.

Banyaknya buah dan sayur yang dikonsumsi setiap harinya adalah minimal lima porsi, yaitu dua porsi buah dan tiga porsi sayur. Jika kamu tidak terlalu suka atau malas mengunyah buah utuh, kamu bisa memrosesnya menjadi jus. Selain lebih efisien, dengan menjadikannya jus, buah jadi lebih mudah dicerna dan diserap saluran pencernaan.

  • Yoghurt

Makanan yang satu ini juga bisa dijadikan obat sariawan. Yoghurt probiotik mengandung bakteri baik yang bisa membantu mempercepat pemulihan sariawan. Di samping itu, yoghurt juga bisa membantu untuk mengembalikan keseimbangan antara bakteri baik dan jahat di dalam mulut.

Menariknya, yoghurt merupakan makanan yang lembut, cocok untuk dimakan bagi seseorang yang sulit menelan akibat sariawan. Bila ingin menggunakan yoghurt sebagai obat sariawan, pilihlah yoghurt tanpa pemanis, sebab jamur penyebab sariawan bisa tumbuh subur dengan gula.

  • Madu

Madu merupakan salah satu obat sariawan yang alami dan cukup efektif. Madu memiliki sifat antiradang dan antibakteri. Keduanya bisa mengurangi rasa perih sekaligus mempercepat pemulihan sariawan. Cara menggunakannya gampang kok, oleskan madu di atas sariawan.

  • Makanan Kaya Vitamin C

Ketika sariawan menyerang, cobalah memperbanyak asupan vitamin C. vitamin C bisa meningkatkan kembali sistem imun dan melawan sariawan. Kita bisa kok mendapatkan vitamin C dari buah jeruk, berry, dan sayuran hijau.

  • Mengandung Vitamin B dan Asam Folat

Ingat sariawan bisa disebabkan oleh kondisi medis tertentu yang meliputi kekurangan zat besi atau vitamin B12. Nah, ketika sariawan menyerang, cobalah konsumsi makanan yang banyak mengandung kedua nutrisi tersebut.

Kamu bisa kok mengonsumsi daging sapi, bayam, tiram, brokoli, hingga hati ayam untuk mendapatkan sumber zat besi. Sedangkan vitamin B12 dari sarden, kerang, ikan salmon, ikan tuna, hingga susu.

Apa yang dapat kamu simpulkan?

  1. Berdasarkan percobaan dan diskusi yang telah kamu lakukan, apa yang dapat kamu simpulkan?
  2. Vitamin C adalah salah satu jenis vitamin yang larut dalam air dan memiliki peranan penting dalam menangkal berbagai penyakit.
  3. Vitamin C termasuk golongan vitamin antioksidan yang mampu menangkal berbagai radikal bebas ekstraseluler.
  4. Hipoaskorbemia (defisiensi asam askorbat) bisa berakibat sariawan, baik di mulut maupun di perut, kulit kasar, gusi tidak sehat sehingga gigi mudah goyah dan lepas, pendarahan di bawah kulit (sekitar mata dan gusi), cepat lelah, otot lemah dan depresi.
  5. Kelebihan vitamin C dapat menyebabkan diare. Bila kelebihan vitamin C akibat penggunaan suplemen dalam waktu yang cukup lama dapat mengakibatkan batu ginjal, sedangkan bila kelebihan vitamin C yang berasal dari buah-buahan umumnya tidak menimbulkan efek samping.
  6. Dari hasil percobaan didapatkan hasil larutan yang paling banyak mengandung vitamin C adalah minuman sari buah “B”, kemudian urutan berikutnya yaitu larutan vitamin C tablet, minuman sari buah “A”, sari buah jeruk, sari buah tomat, sari buah nanas, sari buah pepaya, sari buah belimbing, sari buah lemon dan yang terakhir minuman sari buah “C”.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Berdasarkan jumlah tetesan iodium tinktur, sari buah apa yang mengandung vitamin C paling tinggi Halaman 175-176 Bab 4 (Sistem Pencernaan Manusia)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Berdasarkan jumlah tetesan iodium tinktur, sari buah apa yang mengandung vitamin C paling tinggi Halaman 175-176 Bab 4 (Sistem Pencernaan Manusia). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Apa perbedaan antara suhu dan kalor?

[Kunci Jawaban] Apa perbedaan antara suhu dan kalor? Pertanyaan: Apa perbedaan antara suhu dan kalor? …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!