Breaking News

Berdasarkan hasil pengamatan kamu pada saat mengamati struktur anatomi batang pada kacang tanah dan jagung. Jelaskan perbedaan struktur jaringan dari kedua batang tersebut

Questions and Answers for Natural Science Class 8 Curriculum 2013 Revised 2017 Competency Test Explain the difference in the network structure of the two stems Page 152 Chapter 3 (Structure and Function of Plants) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Uji Kompetensi Jelaskan perbedaan struktur jaringan dari kedua batang tersebut Halaman 152 Bab 3 (Struktur dan Fungsi Tumbuhan) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

B. Jawablah dengan benar pertanyaan berikut!

1. Berdasarkan hasil pengamatan kamu pada saat mengamati struktur anatomi batang pada kacang tanah dan jagung, jawablah pertanyaan berikut.

a. Jelaskan perbedaan struktur jaringan dari kedua batang tersebut!

  • Pada batang kacang tanah berkas pengangkut menyebar, sedangkan pada batang jagung berkas pengangkut tersusun dalam suatu lingkaran.
  • Pada batang kacang tanah terdapat cabang, sedangkan pada batang jagung tidak terdapat cabang.

b. Berdasarkan ciri-cirinya, termasuk kelompok tumbuhan apakah jagung dan kacang tanah?

Kelompok Tumbuhan

Jagung: Monokotil

Kacang tanah: Dikotil

2. Fotosintesis adalah proses penyusunan atau pembentukan senyawa kompleks dari senyawa sederhana yang dilakukan oleh tumbuhan. Sebutkan 3 faktor yang memengaruhi proses fotosintesis!

Faktor Internal yaitu faktor yang berasal dari dalam tumbuhan. Hal ini dapat mempengaruhi laju fotosintesis pada:

  • Tahap pertumbuhan: Pada saat tahap pertumbuhan, laju fotosintesis jauh lebih tinggi pada tumbuhan yang berkecambah dari pada tumbuhan dewasa.
  • Pada kadar klorofil: Klorofil adalah zat hijau daum. Semakin banyak jumlah klorofil dalam daun maka proses fotosintesis berlangsung sangat cepat. Jika kadar klorofil berkurang maka daun akan menguning. Hal ini akan menurunkan laju fotosinesis.
  • Umur daun: Semakin tua daun maka kemampuan berfotosintesis semakin berkurang. Hal ini disebabkan karena adanya perombakan klorofil dan berkurangnya fungsi kloroplas.
  • Struktur daun dan stomata: Bentuk tebal tipisnya daun berpengaruh pada jumlah klorofil, stomata dan mudah tidaknya daun menyerap cahaya.
  • Penimbun hasil fotosintesis: Penimbunan hasil fotosintesis pada sel yang mengandung klorofil menghalangi pengikatan energi cahaya.
  • Kadar hasil fotosintesis: Jika kadar pada zat hasil fotosintesis berkurang maka laju fotosintesis akan naik.

Faktor Ekaternal adalah faktor yang berasal dari luar tumbuhan. Adapun faktor yang mempengaruhi pada proses fotosintesis yaitu:

  • Cahaya matahari: Cahaya matahari atau intensitas (tinggi rendahnya cahaya) yang diperlukan harus cukup agar proses fotosintesis berlangsung dengan efisien. Jika cahaya matahari terlalu tinggi maka akan merusak klorofil.
  • Suhu: diperlukan untuk proses fotosinesis harus berkisar 10ºC sampa 35ºC. Pada suhu tersebut kecepatan fotosintesis berbanding lurus dengan pertambahan suhu. Jika suhu terlalu tinggi diatas 35ºC fotosintesis akan terhenti karena enzim-enzim yang berperan dalam fotosintesis rusak. Oleh karena itu, tumbuhan menghendaki suhu optimal agar fotosintesis berjalan secara efisien.
  • Air: Ketersediaan air mempengaruhi laju fotosintesis. Karena air merupakan bahan baku dalam proses fotosintesis. Turunnya kadar air didalam tubuh tumbuhan akan menyebabkan stomata menutup. Hal itu menyebabkan kemampuan fotosintesis akan menurun.
  • Karbon dioksida: Karbon dioksida merupakan salah satu bahan dasar fotosintesis selain air. Makin tinggi kadar karbon dioksida makin meningkatkan kemampuan fotosintesis. Akan tetapi kenaikan karbon dioksida harus sesuai dengan intensitas cahaya.
  • Mineral: Fotosintesis dipengaruhi oleh mineral terutama yang menyusun klorofil, seperti magnesium dan besi. Kekurangan unsur tersebut dapat mengganggu pembentukan klorofil dan selanjutnya menghambat proses fotosintesis.
  • Oksigen: Kenaikan kadar oksigen dapat mengjambat fotosintesis karena oksigen merupakan komponen respirasi.

3. Akar pada tumbuhan berfungsi sebagai penopang tumbuhan untuk tumbuh, namun pada beberapa tumbuhan akar termodifikasi membentuk fungsi khusus. Sebutkan 3 macam jenis akar yang termodifikasi disertai dengan contoh tumbuhannya!

  • Akar lekat/lilit. Fungsi untuk melekatkan batang pada tembok maupun tumbuhan lain. Tumbuhan yang mempunyai akar pelekat. Contoh: sirih.
  • Akar penyimpanan. Fungsi: menyimpan cadangan makanan. Contoh: singkong.
  • Akar napas. Fungsi: menambah pasokan udara untuk tumbuhan. Contoh: bakau.

4. Pada suatu pengamatan percobaan tentang fotosintesis ditemukan data sebagai berikut. Setelah ditetesi larutan kalium iodida (KI) kondisinya seperti gambar di samping!

a. Jelaskan pada bagian daun yang mana buktikan terjadi fotosintesis dan berdasarkan data pengamatan tersebut!

Fotosintesis terjadi pada bagian daun yang tidak ditutup. Pada bagian daun berwarna biru tua terjadi proses fotosintesis. Percobaan ini disebut percobaan Sachs. Kita menggunakan kertas timah untuk menutupi daun. Bagian daun yang melakukan fotosintesis adalah bagian daun yang tidak tertutupi timah. Hal tersebut dibuktikan dari warna biru kehitaman pada daun yang tidak tertutupi timah saat dilakukan uji larutan iodin. Warna biru kehitaman muncul akibat adanya amilum yang merupakan hasil fotosintesis di daun.

b. Apa fungsi dari memasukkan daun yang akan diuji pada air yang mendidih?

  • Tujuan mendidihkan di air adalah menghentikan reaksi yang terjadi pada daun. Jika proses yang terjadi dalam daun tetap berlangsung, amilum yang akan kita uji akan digunakan oleh daun sehingga tidak bisa kita uji. Tujuan lainnya adalah untuk memudahkan larutan iodin masuk ke dalam sel daun sehingga bisa mencapai amilum di dalamnya.
  • Fungsi dari memasukkan daun yang akan diuji pada air yang mendidih adalah untuk mematikan sel-sel pada daun, sehingga membran dan dinding sel menjadi rusak. Supaya klorofil mudah dilarutkan klorofinya jika dimasukkan dalam alkohol pada tahap selanjutnya.

c. Apa fungsi dari penggunaan alkohol dalam proses pengujian daun yang mengalami fotosintesis?

  • Fungsi alkohol adalah melarutkan klorofil dalam daun. Ketika warna hijau atau zat hijau daun dilarutkan, kita bisa melihat dengan jelas hasil dari uji amilum yang akan kita lakukan.
  • Fungsi dari penggunaan alkohol dalam proses pengujian daun yang mengalami fotosintesis adalah untuk melarutkan klorofil yang ada pada daun agar tidak mengganggu hasil pengamatan.

5. Tumbuhan membutuhkan berbagai bahan untuk fotosintesis. Salah satunya adalah air yang bergerak dari akar sampai ke ujung daun.

a. Bagaimanakah cara air yang diserap dari tanah dapat sampai ke daun paling atas?

Proses pengangkutan air dan mineral dari dalam tanah oleh tumbuhan berawal dari air di dalam tanah diserap oleh rambut akar. Air dan mineral dari tanah memasuki tumbuhan melalui epidermis akar, melintasi korteks akar, dan masuk ke dalam stele. Air tanah mempunyai kepekatan larutan yang lebih encer dibandingkan dengan cairan sel sehingga air tanah dapat masuk ke rambut akar. Air yang masuk ini mengakibatkan sel tumbuhan mengembang. Air didorong keluar dari satu sel ke sel berikutnya sampai ke pembuluh kayu. Selanjutnya, air diangkut oleh pembuluh kayu melalui batang sampai ke daun. Naiknya air ke daun dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain tekanan akar, kapilaritas batang, dan daya isap daun.

b. Bagian tubuh tumbuhan manakah yang berperan?

  • Epidermis akar (rambut akar): Rambut akar mengambil air secara osmosis karena dinding-dinding selnya bersifat semipermeabel dan cairan selnya lebih pekat daripada air tanah. Saat rambut akar menyerap air, cairan sel rambut akar akan menjadi lebih encer daripada cairan sel-sel yang terletak disebelah dalam rambut akar. Karena sel bagian dalam lebih pekat, maka sel bagian dalam akan menyerap air dari rambut akar. Dengan cara ini, air akan bergerak dari sel ke sel sampai pada pembuluh kayu.
  • Xilem: xilem merupakan pembuluh kapiler (pipa-pipa kecil) sehingga menghasilkan kapilaritas batang. Inilah alasan mengapa air dari bawah bisa naik ke atas.
  • Daun: Air di dalam daun dapat keluar melalui stomata. Keluarnya air tersebut melalui proses transpirasi (penguapan). Transpirasi menyebabkan cairan sel pada daun menjadi lebih pekat, sehingga sel daun menyerap air dari pembuluh kayu pada tulang daun. Air yang diambil dari pembuluh kayu daun akar digantikan oleh air dari pembuluh kayu batang. Air di pembuluh kayu batang akan digantikan oleh air dari pembuluh kayu akar. Seluruh proses tersebut akhirnya menimbulkan aliran air terus menerus dari akar sampai ke daun.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Uji Kompetensi Jelaskan perbedaan struktur jaringan dari kedua batang tersebut Halaman 152 Bab 3 (Struktur dan Fungsi Tumbuhan)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Uji Kompetensi Jelaskan perbedaan struktur jaringan dari kedua batang tersebut Halaman 152 Bab 3 (Struktur dan Fungsi Tumbuhan). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Perhatikan tabel hasil percobaan tentang pemuaian zat cair berikut ini a. Rumuskan masalah yang sesuai dengan tabel di atas! b. Berdasarkan masalah dan data tabel tersebut, apa kesimpulannya?

[Kunci Jawaban] Perhatikan tabel hasil percobaan tentang pemuaian zat cair berikut ini a. Rumuskan masalah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!