Breaking News

Berdasarkan grafik di atas buatlah perkiraan besarnya tekanan udara di puncak Jaya Wijaya dan puncak Himalaya

Questions and Answers for Natural Science Class 7 Curriculum 2013 Revision 2016 Based on the graph above, make an estimate of the amount of air pressure at the peak of Jaya Wijaya and the peak of the Himalayas. Page 93 Chapter 5 (Earth Layer) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Berdasarkan grafik di atas buatlah perkiraan besarnya tekanan udara di puncak Jaya Wijaya dan puncak Himalaya Halaman 93 Bab 5 (Lapisan Bumi) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Ayo Berdiskusi

Oksigen di Pegunungan

Atmosfer menyelimuti Bumi hingga ketinggian ratusan kilometer. Akan tetapi, semakin tinggi dari permukaan Bumi, maka jumlah molekul udara semakin berkurang. Jadi, semakin tinggi semakin kecil tekanan udaranya.

Identifikasi Masalah

Gambar 5.13 di samping ini merupakan grafik hubungan antara ketinggian dengan tekanan udara. Seorang pendaki profesional melakukan pendakian di gunung Jaya Wijaya Papua yang memiliki ketinggian 4.884 meter. Beberapa bulan berselang pendaki tersebut melanjutkan pendakian ke puncak Himalaya yang memiliki ketinggian 8.884 meter. Setelah melakukan pendakian, pendaki akan bercerita bahwa semakin tinggi gunung yang didaki maka semakin sulit pula ia bernapas.

Analisis Pemecahan Masalah

1. Berdasarkan grafik di atas buatlah perkiraan besarnya tekanan udara di puncak Jaya Wijaya dan puncak Himalaya.

Semakin atas letak suatu tempat, maka tekanana atmosfernya akan semakin rendah. Untuk menjawab pertanyaan di atas, kita tinggal melihat diagram yang telah disajikan, sehingga tekanan pada puncak Himalaya dengan ketinggian sekitar 10 km adalah 200 milibar, dan tekanan pada puncak Semeru dengan ketinggian sekitar 4 km adalah sekitar 500 milibar.

Sebenarnya jawaban di atas saja sudah cukup, menjawab berdasarkan data yang terdapat di grafik. Tetapi karena ada yang meminta perhitungannya maka kami akan jelaskan cara perhitungan tekanan dengan menggunakan rumus.

Untuk menentukan kisaran tekanan biasanya kita gunakan rumus:

Ph = (Pu – (h/100)) cmHg

Rumus di atas tidak akurat bahkan tidak berlaku untuk mengukur tekanan pada tempat yang sangat tinggi. Rumus yang kita gunakan untuk menghitung kisarannya adalah:

*Materi perhitungan ini belum diajarkan di SMP, tapi tidak ada cara lain lagiuntuk menghitung tekanan di ketinggian yang sangat tinggi selain dengan menggunakan rumus ini.

Keterangan:

P = tekanan di ketinggian tertentu (Pa)

H = ketinggian (m)

2. Hubungkan hasil perkiraan tekanan udara dengan jumlah molekul yang ada di udara tersebut.

Makin tinggi letak suatu benda maka tekanan udara akan semakin rendah dan jumlah molekul yang ada diudara tersebut juga semakin rendah.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Berdasarkan grafik di atas buatlah perkiraan besarnya tekanan udara di puncak Jaya Wijaya dan puncak Himalaya Halaman 93 Bab 5 (Lapisan Bumi)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Berdasarkan grafik di atas buatlah perkiraan besarnya tekanan udara di puncak Jaya Wijaya dan puncak Himalaya Halaman 93 Bab 5 (Lapisan Bumi). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Emilia akan menggunakan petunjuk yang tertera pada kemasan sirup rasa melon.“Tambahkan 13 cangkir air untuk setiap 2 cangkir sirup rasa melon.” Di antara proporsi berikut yang dapat digunakan untuk menentukan w, banyak cangkir air yang harus Emilia tambahkan untuk 5 cangkir sirup rasa melon adalah

[Kunci Jawaban] Emilia akan menggunakan petunjuk yang tertera pada kemasan sirup rasa melon. “Tambahkan 13 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!