Berdasarkan berita di atas, identifikasi besarnya magnitude gempa, kategori, serta efek dari gempa tersebut.

Questions and Answers to Natural Science Class 7 Curriculum 2013 Revision 2016 Based on the above news, the identification of the magnitude of the earthquake magnitude category and the effects of the earthquake Page 114-115 Chapter 5 (Earth Layer) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Berdasarkan berita di atas identifikasi besarnya magnitude gempa kategori serta efek dari gempa tersebut Halaman 114-115 Bab 5 (Lapisan Bumi) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Penerapan Konsep

Bacalah berita berikut.

Gempa 5,1 Skala Richter Goyang Lombok Utara (NTB) Liputan6.com, Jakarta – Gempa 5,1 Skala Richter (SR) menggoyang Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB), Senin dinihari. Hal itu diinformasikan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

“Gempa terjadi pada pukul 00.45 WIB,” tulis situs BMKG yang dikutip Liputan6.com, Jakarta, Senin (5/10/2015).

Gempa berada pada lokasi dengan koordinat 7,82 derajat Lintang Selatan (LS) – 116,99 derajat Bujur Timur (BT) dengan kedalaman pusat gempa 323 km.

Gempa itu berada pada 80 km Timur Laut Lombok Utara, 112 km Timur Laut Sumbawa Barat, NTB dan 1.144 km Tenggara Jakarta.

BMKG menegaskan, gempa ini tidak berpotensi menimbulkan ancaman tsunami.

Analisis

1. Berdasarkan berita di atas, identifikasi besarnya magnitude gempa, kategori, serta efek dari gempa tersebut.

Besarnya magnitude gempa berdasarkan berita tersebut adalah 5,1 SR, termasuk dalam kategori gempa bumi sedang dan efeknya antara lain : menyebabkan kerusakan pada bangunan yang lemah, kaca pecah, dinding dengan pondasi lemah runtuh, dan permukaan air di daratan membentuk gelombang air.

2. Dimanakah letak hiposentrum dan episentrum gempa tersebut?

Episentrum gempa terletak pada Koordinat 7,82 Lintang Selatan 116,99 Bujur Timur 80 km Timur Laut Lombok Utara, 112 km timur laut Sumbawa Barat, NTB dan 1144 tenggara Jakarta. Sedangkan Hiposentrum gempa terletak pada  titik koordinat tersebut diatas dengan kedalaman 323 km.

Perbedaan Hiposentrum dan Episentrum

  • Hiposentrum adalah titik pusat gempa yang terdapat di dalam bumi.
  • Episentrum adalah titik pusat gempa di permukaan bumi yang merupakan gelombang hasil rambatan dari hiposentrum.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Berdasarkan berita di atas identifikasi besarnya magnitude gempa kategori serta efek dari gempa tersebut Halaman 114-115 Bab 5 (Lapisan Bumi)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Berdasarkan berita di atas identifikasi besarnya magnitude gempa kategori serta efek dari gempa tersebut Halaman 114-115 Bab 5 (Lapisan Bumi). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Kalor lebur es adalah 80 kal/g. Apa maksudnya?

[Kunci Jawaban] Kalor lebur es adalah 80 kal/g. Apa maksudnya? Pertanyaan: 3. Kalor lebur es …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!