Breaking News

Bentuk Sikap Positif terhadap Sistem Pemerintahan Indonesia

Questions and Answers to PPKN Class 10 Curriculum 2013 Revised 2017 Forms a Positive Attitude to the Indonesian Government System Page 27-28 Chapter 1 (Pancasila Values in the Framework of State Governance Implementation) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bentuk Sikap Positif terhadap Sistem Pemerintahan Indonesia Halaman 27-28 Bab 1 (Nilai-Nilai Pancasila dalam Kerangka Praktik Penyelenggaraan Pemerintahan Negara) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Refleksi

Setelah kalian mempelajari proses penyelenggaraan pemerintahan negara kita, kalian semakin memahami bahwa sikap positif warga negara terhadap proses penyelenggaraan pemerintahan yang sedang dijalankan mutlak diperlukan. Sikap positif dapat diwujud kan mulai dari ingkungan yang paling kecil, yaitu lingkungan keluarga. Coba kalian renungkan bentuk sikap positif yang dapat kalian tampilkan di berbagai lingkungan kehidupan.

Bentuk Sikap Positif terhadap Sistem Pemerintahan Indonesia

No. Bentuk Sikap Positif terhadap Sistem Pemerintahan Indonesia
Di Lingkungan Keluarga Di Lingkungan Sekolah Di Lingkungan Masyarakat
1. Menerapkan sikap demokratis dalam keluarga Melakukan pemilihan ketuan OSIS secara demokratis yakni dengan pemilihan langsung Memerapkan sikap demokratis dalam hidup bermsyarakat
2. Menerapkan sistem musyawarah dalam menyelesaikan permasalahan atau dalam mengambil keputusan Aktif menjadi pengurus dalam organisasi OSIS atau organisasi intra sekolah lainnya Mengutamakan musyawarah mufakat
3. Menghargai dan menghormati hak masing-masing anggota keluarga dan menghindari sikap yang tidak adil juga diskriminatif Melakukan pemilihan ketua kelas secara demokratis Ikut berpartisipasi dalam kegiatan gotong royong seperti kerja bakti, ronda dan lain sebagainya
4. Menghargai perbedaan haluan dan pandangan politik antar sesama keluarga Lebih mengutamakan pengambilan keputusan di dalam kelas secara musyawarah & mufakat Menerapkan sikap tenggang rasa dan toleransi
5. Tidak menginternalisasi hal-hal yang dilakukan oleh pemerintah pada ranah kehidupan privat Menghargai hak masing-masing pihak di sekolah, baik sesama siswa maupun guru. Menjaga semangat persatuan dengan mengamini perbedaan antar masyarakat
6. Patuh dan taat kepada kedua orang tua yakni ibu yang telah berjasa besar di hidup kita dan ayah sebagai kepala keluarga. Bersikap kritis terhadap kebijakan yang dibuat oleh pemerintah Mentaati peraturan-peraturan di masyarakat sekitar.
7. Saling mengingatkan sesama anggota keluarga untuk berbuat baik (sholat, mandi, menabung dll) Mematuhi tata tertib sekolah. Bertingkah laku baik sesuai dengan norma-norma yang berlaku di masyarakat.
8. Bersikap adil terhadap adik sesama anggota keluarga. Patuh dan hormat terhadap guru-guru disekolah. Berpartisipasi aktif ketika ada acara-acara di masyarakat seperti kerja bakti, gotong royong, tirakatan.
9. Saling menyayangi sesama anggota keluarga. Salin membantu sesama teman di sekolah saat kesusahan. Berpartisipasi aktif ketika rapat/kumpulan karang taruna.
10. Saling membantu dalam hal pekerjaan rumah (bantu ibu mencuci, bantu adik mengerjakan pr dll). Patuh terhadap ketua kelas, ketua organisasi yang telah dipilih secara bersama. Memberikan usulan-usulan kegiatan positif di masyarakat.
11. Berbagi tugas dalam mengerjakan pekerjaan rumah agar cepat selesai. Mengikuti berbagai organisasi dan kegiatan ekstrakurikuler untuk mengembangkan minat dan bakat. Hidup rukun dengan tetangga dan masyarakat sekitar.
12. Membuat peraturan-peraturan positif di keluarga, misal : jam belajar, wajib mencuci pakaian sendiri, wajib menabung dll. Aktif dan kritis terhadap kebijakan sekolah. Menjadi masyarakat yang peduli (tidak acuh tak acuh) terhadap kondisi di lingkungan masyarakat.
13. Selalu bermusyawarah dan berterus terang apabila terjadi masalah di keluarga. Aktif bertanya kepada guru ketika tidak paham tentang materi yang disampaikan. Selalu berkoordinasi dan berbagi tugas ketika mengadakan acara-acara di masyarakat.
14. Sebagai kakak harus menjadi kakak yang baik, sebagai adik harus menjadi adik yang baik dan sebagai anak harus menjadi anak yang berbakti kepada orang tua. Berusaha dan belajar yang tekun agar menjadi siswa yang berprestasi. Menjadi ketua karang taruna yang dapat membawa kemajuan bagi desa tersebut.
15. Selalu hormat kepada orang tua, tidak melawan dan mengucap kata-kata kasar. Jadilah pemimpin yang baik seperti ketua kelas, ketua osis, ketua pramuka dll. Saling mengawasi/menasehati apabila ada masyarakat yang melakukan pelanggaran seperti membuang sampah sembarangan, vandalisme.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bentuk Sikap Positif terhadap Sistem Pemerintahan Indonesia Halaman 27-28 Bab 1 (Nilai-Nilai Pancasila dalam Kerangka Praktik Penyelenggaraan Pemerintahan Negara)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bentuk Sikap Positif terhadap Sistem Pemerintahan Indonesia Halaman 27-28 Bab 1 (Nilai-Nilai Pancasila dalam Kerangka Praktik Penyelenggaraan Pemerintahan Negara). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal dari fosil secara berlebihan? Coba jelaskan!

[Kunci Jawaban] Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!