Breaking News

Bentuk negara Indonesia adalah kesatuan. Berkaitan dengan hal tersebut, berikan alasan yang mendukung bahwa negara kita tidak cocok dengan bentuk negara serikat, tetapi lebih cocok dengan negara kesatuan!

Questions and Answer Keys for PPKN Class 12 Curriculum 2013 Revised 2018 Competency Test Chapter 4 give reasons that support that our country is not compatible with the form of a union state Page 120 Chapter 4 (Dynamics of Unity and Unity in the Context of the Unitary State of the Republic of Indonesia) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Uji Kompetensi Bab 4 berikan alasan yang mendukung bahwa negara kita tidak cocok dengan bentuk negara serikat Halaman 120 Bab 4 (Dinamika Persatuan dan Kesatuan dalam Konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Uji Kompetensi Bab 4

Jawablah soal-soal di bawah ini secara singkat, jelas, dan akurat.

1. Bentuk negara Indonesia adalah kesatuan. Berkaitan dengan hal tersebut, berikan alasan yang mendukung bahwa negara kita tidak cocok dengan bentuk negara serikat, tetapi lebih cocok dengan negara kesatuan!

Negara Kesatuan adalah sebuah negara yang sistem kekuasaanya atau kepemimpinannya dipegang oleh pemerintah pusat.

Negara Federal adalah Negara yang berdiri dari gabungan beberapa Negara-negara seperti Negara Amerika Serikat.

  • Penduduk Indonesia mengalami trauma dengan konstitus negara Ferderal. Hal ini dikarenakan Indonesia pernah menjadi negara Federal setelah Konferensi Meja Bundar sekitar tahun 1950. Penduduk Indonesi merasa kalau Negara Federal adalah negara boneka untuk merusak kesatuan negara Indonesia.
  • Indonesia adalah negara dengan beragam Suku, Agama, Ras dan Adat Istiadat. Hal ini menyebabkan jikalau Indonesia menjadi negara Federal, banyak warga Indonesia lebih mengurusi negara federal daripada negara Indonesia sehingga menimbulkan resiko pembubaran Indonesia.
  • Permasalahan di Indonesia ketika menginginkan negara Federal agar mengharapkan pembangunan merata disetiap daerah. Sedangkan untuk konstitusi negara warga Indonesia sangat menyetujuinya.

2. Mengapa persatuan dan kesatuan bangsa sangat penting bagi keutuhan sebuah negara?

Persatuan sangat penting bagi bangsa Indonesia untuk mengindari konflik serta perpecahan antargolongan masyarakat. Hal ini dikarenakan Indonesia terdiri dari berbagai macam kebudayaan.

Arti pentingnya persatuan memang tidak lepas dari perjuangan kemerdekaan yang sudah dicapai bangsa Indonesia. Dengan hal itu, Indonesia tidak akan terombang-ambing dan memiliki keteguhan untuk hidup bersama.

“Bhinneka Tunggal Ika”, yang mengandung makna meskipun Indonesia berbhinneka, tetapi terintegrasi dalam kesatuan. Hal ini merupakan sebuah keunikan tersendiri bagi bangsa Indonesia yang bersatu dalam suatu kekuatan dan kerukunan beragama, berbangsa dan bernegara yang harus diinsafi secara sadar.

Sehingga Sasanti Bhineka Tunggal Ika bukan hanya suatu selogan tetapi merupakan pemersatu bangsa Indonesia. Keberagaman bangsa berlangsung selama berabad-abad lamanya, sehingga Indonesia tumbuh dalam suatu keragaman yang komplek.

Negara yang memiliki keunikan berbagai suku bangsa seperti Indonesia dihadapkan pada dilematisme tersendiri. Di satu sisi membawa Indonesia menjadi bangsa yang besar dengan kekayaan beragam budaya, tetapi di sisi lain merupakan suatu ancaman.

Maka bukan hal yang berlebihan bila ada ungkapan bahwa kondisi multikultural diibaratkan seperti bara dalam sekam yang mudah tersulut dan memanas sewaktuwaktu. Kondisi ini merupakan suatu kewajaran sejauh perbedaan disadari dan dihayati keberadaannya sebagai sesuatu yang harus disikapi dengan toleransi.

3. Bagaimana cara bangsa Indonesia dalam memperkukuh persatuan dan kesatuan di antara para warganya?

Satu diantaranya adalah dengan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dan menjaga semangat persatua dan kesatuan.

Semangat persatuan dan kesatuan adalah kebulatan tekad menjadi satu bangsa, satu dengan seluruh warga yang ada dalam masyarakat untuk mewujudkan cita-cita bersama.

Persatuan dan kesatuan berasal dari kata satu yang berarti utuh, tidak pecah belah, persatuan mengandung pengertian disatukannya berbagai macam corak yang beraneka ragam menjadi satu kebulatan. Dengan perkataan lain, hal-hal yang beraneka ragam itu, setelah disatukan, menjadi sesuatu yang serasi, utuh dan tidak saling bertengkar antara satu dengan yang lain.

Semangat persatuan dan kesatuan, wajib dimiliki setiap warga negara untuk mewujukan cita-cita bangsa Indonesia sebagaimana tercantum didalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Indonesia 1945 alinea keempat yang berbunyi, “Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu Pemerintahan Negara Indonesia yang melindungi segenap Bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, maka disusunlah kemerdekaan, Kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar Negara Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan Negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar kepada Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, dan Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, serta dengan Mewujudkan suatu Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia”.

Berikut ini adalah empat cara bangsa Indonesia dalam memperkukuh persatuan dan kesatuan:

  • Mengamalkan nilai-nilai Pancasila

Nilai-nilai Pancasila telah ada dan berasal dari adat istiadat, budaya, dan nilai-nilai religi yang berkembang dari bangsa Indonesia sejak dulu. Pancasila telah melalui proses yang lama sepanjang sejarah bangsa Indonesia.

Nilai-nilai Pancasila yang diterpakan dalam kehidupan sehari-hari diantaranya dengan bersikap dan bertingkah laku: menjaga kerukunan warga dengan sikap tolong-menolong, saling menjaga perasaan, saling menghormati, saling menghargai hak orang lain, tidak membeda-bedakan suku, agama dan daerah, bersikap arif, mau bekerja sama dengan orang lain, serta mau bekerja keras dalam membangun bangsa.

Tingkah laku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, dapat memperkukuh persatuan dan kesatuan bangsa.

  • Gotong royong diantara warga masyarakat

Gotong royong adalah kepribadian masyarakat Indonesia. Masyarakat Indonesia, sejak dahulu kala dalam kehidupan sosialnya sudah terbiasa dalam suasana gotong royong. Dalam keseharian, kita dengan mudah menjumpai warga yang bekerjasama membersihkan lingkungan, membangun tempat ibadah, sampai tolong menolong saat terjadi bencana alam. Itulah contoh sehari-hari tentan gotong royong.

Gotong royong dapat berarti, bekerjasama untuk mencapai hasil yang diinginkan. Sikap gotong royong adalah menyelesaikan pekerjaan secara bersama-sama dan menikmati hasil pekerjaan tersebut secara adil.

Gotong royong memiliki arti penting dalam memperkokoh persatuan dan kesatuan serta meningkatkan solidaritas dan rasa kekeluargaan dengan sesama. Oleh karena itu, gotong royong menjadi tanggung jawab setiap warga masyarakat.

Gotong royong muncul atas dorongan dari hati dengan dibarengi kesadaran dan semangat untuk mengerjakan serta menanggung akibat dari suatu karya, terutama yang benar-benar, secara bersamasama, serentak dan beramai-ramai, tanpa memikirkan dan mengutamakan keuntungan bagi dirinya sendiri, melainkan selalu untuk kebahagian bersama, seperti terkandung dalam istilah ‘Gotong.’

Saat membagi hasil karyanya, masing-masing anggota mendapat dan menerima bagian-bagiannya sendiri-sendiri sesuai dengan tempat dan sifat sumbangan karyanya masingmasing, seperti tersimpul dalam istilah ‘Royong’.

  • Musyawarah mufakat unuk menyelesaikan persoalan

Musyawarah merupakan konsep diskusi yang asli Indonesia, dalam musyawarah yang dipikirkan adalah mencapai keputusan yang dianggap paling utama berdasarkan hati nurani, pertimbangan akal sehat, serta dapat dipertanggungjawabkan dihadapan Tuhan Yang Maha Esa serta nilai-nilai Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab.

​Contoh musyawarah untuk mencapai mufakat dalam kegiatan sehari-hari di masyarakat, misal saat pemilihan ketua kelas. Di masyarakat, dilakukan untuk memilih ketua RT atau RW.

Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi Negara, digunakan sebagai tolak ukur dalam berpikir dan bertingkah laku.Makna sila ke-4 Pancasila, yaitu Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, adalah adanya penerimaan dari rakyat oleh rakyat, untuk rakyat dengan cara musyawarah dan mufakat melalui lembaga-lembaga perwakilan.

  • Mengukuhkan pemahaman tentang alat pemersatu bangsa

Alat pemersatu bangsa merupakan alat untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Kelangsungan hidup negara dan bangsa Indonesia di era globlalisasi, mengharuskan kita untuk melestarikan alat pemersatu bangsa, agar generasi penerus bangsa tetap dapat menghayati dan mengamalkannya dan agar intisari nilai-nilai yang luhur itu tetap terjaga dan menjadi pedoman bangsa Indonesia sepanjang masa.

Kemerdekaan yang diraih oleh bangsa Indonesia bukanlah hadiah dari pemerintah kolonial Belanda atau pun Jepang. Kemerdekaan Indonesia diraih melalui perjuangan panjang oleh segenap lapisan masyarakat Indonesia.

4. Uraikan secara singkat dinamika persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia dari masa ke masa!

Dinamika persatuan bangsa penting untuk dipelajari sebagai upaya menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sejak proklamasi kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945 telah banyak dinamika untuk mempertahankan utuhnya Indonesia.

Persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia dalam perwujudannya sangat dinamis. Berbagai pemberontakan dan upaya memisahkan diri dari NKRI pernah terjadi.

Dinamika bangsa Indonesia, telah dimulai sehari setelah proklamasi. Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI), tak bisa lepas dari sejarah Indonesia.Sehari setelah proklamasi kemerdekaan, yakni tanggal 18 Agustus 1945, Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) bersidang untuk menetapkan tiga keputusan penting, yaitu menetapkan UUD 1945, memilih presiden dan wakil presiden, dan membentuk KNIP untuk membantu presiden.

Secara singkat dapat disimpulkan, bahwa Hukum Dasar hasil karya BPUPKI itu oleh sidang PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia) pada 18 Agustus 1945 dijadikan sebagai naskah Rancangan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia dan akhirnya disahkan oleh PPKI dan Undang-Undang Dasar 1945 itulah yang akhirnya menjadi konstitusi di negara kita.

Persatuan Indonesia telah terbentuk sejak zaman dahulu yaitu pada masa kerajaan-kerjaan yang terdapat pada masing-masing daerah. Pada masa tersebut kerajaan nusantara memiliki sikap persatuan guna untuk menciptakan kerajaan terkuatnya masing-masing. Dalam hal ini, satu kerjaan yang berhasil menyatukan Indonesia adalah kerajaan majapahit. Kemudian Tak lama setelah itu Indonesia disatukan oleh agama Islam setelah datangnya ajaran agama Islam. Ketika Belanda dan imperialisme datang menuju Indonesia, kita mulai belajar untuk bersatu dalam skala yang lebih besar lagi hingga pada akhirnya kita menuju kemerdekaan dengan melakukan persatuan di seluruh nusantara.

Indonesia sendiri telah tercatat beberapa upaya dalam hal konstitusi diantaranya:

  • Pembentukan Undang-Undang Dasar;
  • Penggantian Undang-Undang Dasar;
  • Perubahan Undang-Undang Dasar dalam arti pembaruan Undang-Undang Dasar.

Perlu kita ingat bahwa di Indonesia telah terjadi pergantian Undang-Undang Dasar sebanyak empat kali diantaranya yaitu:

  • Undang-Undang Dasar 1945
  • Konstitusi RIS (Republik Indonesia Serikat) 1949
  • Undang-Undang Dasar Sementara 1950
  • Dengan dikeluarkannya Dekrit Presiden tanggal 5 Juli 1959 maka konstitusi di Indonesia kembali lagi pada UndangUndang Dasar 1945.

5. Bagaimana cara Anda dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia apabila dikaitkan dengan posisi Anda sebagai generasi muda? Kontribusi seperti apa yang bisa Anda berikan kepada negara?

Generasi muda merupakan salah satu hal yang berperan dalam menjaga kesatuan dan persatuan bangsa jika generasi muda kita dirusak oleh hal-hal negatif otomatis negara juga akan ikut hancur karena generasi muda kelak akan menjadi orang-orang yang memimpin bangsa ini di masa depan oleh karena itu generasi mudah mulai dari sekarang harus ikut berperan dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa indonesia misalnya dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang bernilai positif seperti

  • Gerakan peduli lingkungan
  • Membuat taman baca bagi anak -anak jalanan
  • Mempelajari tari daerah
  • Melakukan diskusi dalam menyelesaikan masalah
  • Menjauhi narkoba
  • Menerapkan perilaku nilai-nilai toleransi,saling menghormati, tolong menolong, dan peka terhadap hal-hal sekitar.

Generasi muda yang melakukan hal positif buat bangsa akan membuat bangsa ini menjadi lebih kuat dan siap dalam menghadapi tantangan kedepannya sehingga persatuan dan kesatuan bisa terus terjaga.

Kontribusi yang dapat kita lakukan sebagai generasi muda terhadap persatuan dan kesatuan bangsa:

  • Menjaga toleransi antar masyarakat
  • Melestarikan budaya bangsa
  • Menjalankan nilai-nilai pancasila
  • Belajar dengan giat
  • Melakukan kegiatan-kegiatan positif
  • Menjaga fasilitas negara dengan baik
  • Menjalankan kewajiban

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Uji Kompetensi Bab 4 berikan alasan yang mendukung bahwa negara kita tidak cocok dengan bentuk negara serikat Halaman 120 Bab 4 (Dinamika Persatuan dan Kesatuan dalam Konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Uji Kompetensi Bab 4 berikan alasan yang mendukung bahwa negara kita tidak cocok dengan bentuk negara serikat Halaman 120 Bab 4 (Dinamika Persatuan dan Kesatuan dalam Konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal dari fosil secara berlebihan? Coba jelaskan!

[Kunci Jawaban] Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!