Breaking News

Bantulah Dhayu, untuk mengambil keputusan menu makanan yang sebaiknya dia beli di warung tersebut!

Questions and Answers for Natural Science Class 8 Curriculum 2013 Revised 2017 Mr. Badu is a 45 year old teacher Give advice to Mr. Badu how much energy intake is needed daily and the menu he should consume Page 163-164 Chapter 4 (Digestive System Human) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bapak Badu seorang guru yang berusia 45 tahun Beri saran pada pak Badu berapa jumlah asupan energi yang diperlukan sehari-hari dan menu yang sebaiknya ia konsumsi Halaman 163-164 Bab 4 (Sistem Pencernaan Manusia) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Ayo, Kita Selesaikan

Tahukah kamu total asupan kalori yang direkomendasikan dalam sehari agar tubuh tetap sehat? Perhatikan Tabel 4.3, Tabel 4.4, dan Tabel 4.5 berikut!

Berdasarkan Tabel 4.3, Tabel 4.4, dan Tabel 4.5, diskusikanlah pertanyaan berikut ini!

1. Dhayu adalah pelompat tinggi berusia 19 tahun. Suatu malam, Dhayu diundang oleh beberapa temannya untuk makan di warung. Warung tersebut menyediakan harga spesial. Dhayu menyimpan catatan apa yang dia makan setiap hari. Setelah dihitung, total asupan kalori dari sarapan pagi dan makan siang sebesar 1.700 kkal. Dhayu tidak ingin total asupan energi dalam tubuhnya berkurang 500 kkal dari total kalori yang direkomendasikan sehingga menyebabkan dia semakin kurus atau bertambah 5oo kkal sehingga dia semakin gemuk. Bantulah Dhayu, untuk mengambil keputusan menu makanan yang sebaiknya dia beli di warung tersebut!

Dhayu adalah pelompat tinggi berusia 19 tahun suatu malam dari diundang oleh beberapa temannya untuk makan di warung tersebut menyediakan harga spesial dari menyimpan catatan apa yang dia makan setiap hari, setelah dihitung total asupan kalori dari sarapan pagi dan makan siang sebesar 1700 kalori kkal. Dayu tidak ingin atau asupan energi dalam tubuhnya berkurangnya Meratus KKL dari total kalori yang direkomendasikan sehingga menyebabkan dia semakin kurus atau bertambah 15 KKL sehingga dia semakin gemuk. Menu makanan yang sebaiknya Dhayu beli di warung adalah  sup jamur 1 mangkok, ayam goreng 1 potong, nasi putih 1 mangkok, pisang goreng 3 potong.

2. Bapak Badu seorang guru yang berusia 45 tahun. Beri saran pada pak Badu, berapa jumlah asupan energi yang diperlukan sehari-hari dan menu yang sebaiknya ia konsumsi!

Jumlah asupan energi yang diperlukan sehari-hari: 2350 kkal dan membutuhkan kecukupan protein 60 gram.

Sarapan disarankan beragam dengan menu yang mengandung karbohidrat (nasi, oar atau roti) dan protein (daging ayam, telur ikan), dan dilengkapi dengan sumber vitamin (buah-buahan dan sayuran).

Kebutuhan kalori perhari seseorang bergantung pada jenis kelamin, berat badan, usia dan aktivitas yang dia lakukan sehari-hari. 

Pria memiliki kebutuhan kalori yang lebih besar dari wanita, dan sorang yang gemuk memiliki berat kebutuhan kalori yang lebih besar. Semakin berat aktifitas maka semakin banyak pula kalori yang diperlukan. Sebaliknya, pada usia lanjut, semakin tua usia seseorang kebutuhan kalori semakin sedikit.

Dalam soal ini pak Badu berusia 45 tahun, sehingga masuk kedalam kategori usia 30-49 tahun. Jenis kelamin pak Badu adalah laki-laki. 

Sehingga kebutuhan kalori perharinya adalah: membutuhkan kecukupan energi 2350 kkal dan membutuhkan kecukupan protein 60 gram

Jenis sarapan yang diperlukan oleh pak Badu harus lengkap, dengan kebutuhan kalori, karbohidrat, protein dan lemak yang mencukupi.

Kalori dan karbohidrat dapat diperoleh dari nasi, atau penggantinya seperti oat dan roti. Sumber ptotein yang disarankan adalah telur dan ikan. Kandungan omega3 di dalam ikan atau minyak ikan juga akan berfungsi menurunkan tekanan darah tinggi dan risiko arrhythmia.

Daging yang kaya protein juga dapat memenuhi kebutuhan ini. Namun, disarakan menggunakan daging yang rendah lemak, seperti daging ayam, dan menjauhi daging berlemak seperti gajih.

Selain karbohidrat dan protein, juga dibutuhkan vitamin dalam jumlah cukup, untuk menjaga fungsi tubuh. Vitamin didapat dari buah-buahan seperti wortel (vitamin A) dan buah seperti jeruk (vitamin C).

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bapak Badu seorang guru yang berusia 45 tahun Beri saran pada pak Badu berapa jumlah asupan energi yang diperlukan sehari-hari dan menu yang sebaiknya ia konsumsi Halaman 163-164 Bab 4 (Sistem Pencernaan Manusia)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bapak Badu seorang guru yang berusia 45 tahun Beri saran pada pak Badu berapa jumlah asupan energi yang diperlukan sehari-hari dan menu yang sebaiknya ia konsumsi Halaman 163-164 Bab 4 (Sistem Pencernaan Manusia). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Perhatikan tabel hasil percobaan tentang pemuaian zat cair berikut ini a. Rumuskan masalah yang sesuai dengan tabel di atas! b. Berdasarkan masalah dan data tabel tersebut, apa kesimpulannya?

[Kunci Jawaban] Perhatikan tabel hasil percobaan tentang pemuaian zat cair berikut ini a. Rumuskan masalah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!