Breaking News

Bahan pewarna yang disarankan untuk dipakai dalam produk makanan dan minuman adalah

Questions and Answers to Natural Science Class 8 Curriculum 2013 Revised 2017 Analyze why people who circulate drugs should be arrested Pages 237-238 Chapter 5 (Additives and Addictive Substances) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Analisislah mengapa orang yang mengedarkan narkoba tersebut harus ditangkap Halaman 237-238 Bab 5 (Zat Aditif dan Zat Adiktif) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Uji Kompetensi

Pilihlah satu jawaban yang paling tepat!

1. Bahan pewarna yang disarankan untuk dipakai dalam produk makanan dan minuman adalah . . . .

A. Pewarna buatan karena pewarna buatan lebih mudah dibeli di toko

B. Pewarna alami karena lebih mudah diperoleh dibandingkan pewarna buatan

C. Pewarna alami karena tidak memiliki efek samping dalam penggunaan dengan skala besar

D. Pewarna buatan karena tidak akan menimbulkan penyakit apapun meski dipakai dalam jumlah banyak

Jawaban :

C. Pewarna alami karena tidak memiliki efek samping dalam penggunaan dengan skala besar

Pembahasan :

Bahan warna yang disarankan untuk dipakai dalam produk makanan dan minuman adalah pewarna alami karena tidak memiliki efek samping dalam penggunaan dengan skala besar.

Pewarna alami cenderung lebih aman walaupun dikonsumsi dalam skala yang besar. pewarna alami mengandung bahan-bahan yang alami sehingga tidak membahayakan bagi tubuh manusia. 

2. Berikut ini yang tidak termasuk bahan pewarna alami adalah . . . .

A. kunyit

B. kakao

C. daun suji

D. tartrazine

Jawaban :

D. tartrazine

Pembahasan :

Kunyit adalah salah satu jenis rempah-rempah yang banyak terdapat di Indonesia. Kunyit memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan maupun makan. Dalam bidang  kuliner, kunyit menjadi salah satu bumbu dan juga pewarna makanan, mislanya pada masakan nasi kuning, opor, gulai, dan sebagainya. Dalam bidang kesehatan, kunyit dapat digunakan sebagai ramuan untuk mengobati peradangan  pencernaan dan kulit,  mengurangi rasa mual, menyamarkan noda bekas jerawat, dan lain sebaginya. 

Kakao adalah salah satu jenis tumbuhan yang sangat dikenal di Indonesia. Tumbuhan ini memiliki beragam manfaat, salah satunya yang paling utama adalah sebagai bahan baku untuk membuat pewarna alami. Warna yang dihasilkan dari kakao antara lain warna cokelat pekat dan umumnya digunakan untuk pewarna kue, permen, es krim, dan sebaginya.

Daun Suji adalah adalah daun dari tanaman jenis perdu yang memiliki umur tahunan. Daun Suji cukup dikenal di kalangan masyrakat Indonesia. Pemanfaatan utama daun Suji adalah sebagai pewarna alami makanan dan juga minuman. Warna yang dihasilkan Daun Suji adalah hijau, sehingga seringga digunakan untuk pewarna pada dawet, cendol, agar-agar dan puding, dadar gulung, dan berbagai jenis makanan lainnya.

Tartrazin adalah pewarna makanan namun sifatnya sintetis. Pewarna yang dihasilkan adalah warna kuning lemon. Jenis makanan yang menggunakan pewarna makanan tartrazin antara lain yogurt, es krim, selai, sereal, dan sebagainya.

Jadi kesimpulannya bahan warna yang disarankan untuk dipakai dalam produk makanan dan minuman adalah pewarna alami karena tidak memiliki efek samping dalam penggunaan dengan skala besar. Sebaiknya kita tidak menggunakan pewarna makanan sintetis seperti tartrazin secara berlebihan karena dapat menimbulkan dampak yang tidak baik bagi kesehatan apabilai dikonsumsi dalam skala besar. 

3. Pemanis buatan yang tidak mengandung kalori dianjurkan untuk dikonsumsi para penderita penyakit tertentu yang ingin menikmati rasa manis secara aman. Penyakit tersebut adalah . . . .

A. kanker

B. diabetes mellitus

C. diabetes insipidus

D. tekanan darah tinggi

Jawaban :

B. diabetes mellitus

Pembahasan :

Pemanis buatan yang tidak mengandung kalori dianjurkan untuk dikonsumsi para penderita penyakit tertentu yang ingin menikmati rasa manis secara aman. Penyakit tersebut diantaranya adalah diabetes mellitus.

Diabetes mellitus (DM) merupakan penyakit yang ditandai dengan kadar gula darah tubuh (glukosa) tinggi yang jauh di atas normal. Penyakit ini bersifat jangka panjang atau kronis. Apabila penderita DM terus-menerus mengonsumsi gula alami dengan kalori tinggi dikhawatikan akan terjadi peningkatan insulin yang berfungsi mengatur kadar gula darah. Oleh karena itu mereka sangat disarankan untuk menggunakan pemanis buatan (artificial sweetener), sebagaimana halnya terhadap mereka yang sedang menjalani diet rendah kalori.

Bedakan dengan diabetes insipidus. Penyakit jenis ini disebabkan oleh gangguan pada hormon ADH (antidiuretic hormone) yang berfungsi sebagai pengatur jumlah cairan dalam tubuh. Penderita mengalami gejala kehausan yang berlebihan dan dibarengi dengan sering buang air kecil dalam jumlah yang sangat banyak.

4. Pengawet digunakan dalam pembuatan bahan makanan, karena . . . .

A. mempermudah dalam pengemasan untuk pendistribusian

B. mencegah reaksi kimia tertentu pada bahan makanan

C. membantu proses penumbuhan berbagai mikroorganisme pada bahan makanan

D. mencegah makanan dikonsumsi dalam jangka waktu tertentu

Jawaban :

B. mencegah reaksi kimia tertentu pada bahan makanan

5. Monosodium glutamat (MSG) memiliki rasa yang khas dan dapat membuat makanan menjadi lebih sedap, namun penggunaan MSG harus dibatasi. Bahan campuran yang dapat digunakan untuk menggantikan MSG adalah . . . .

A. gula dan asam

B. garam dan asam

C. gula dan garam

D. garam dan serbuk lada

Jawaban :

C. gula dan garam

Pembahasan :

Monosodium glutamate memiliki rasa yang khas tetapi penggunaannya harus dibatasi. Bahan campuran yang dapat menggantikan rasa dari MSG adalah gula dan garam.

MSG adalah singkatan dari monosodium glutamate atau nama lainnya adalah mononatrium glutamate. Penyedap rasa makanan sintetis ini sudah terkenal memberikan rasa gurih terhadap makanan. Namun ada beberapa penelitian bahwa mengonsumsi MSG yang berlebihan akan berpengaruh terhadap perkembangan syaraf dan otak. Oleh karena itu diperlukan bahan campuran bersifat alami yang dapat menggantikannya.

Bahan campuran yang dimaksud adalah gula dan garam. Rasa manis dari gula bertemu dengan rasa asin dari garam cukup dapat mendekati rasa gurih dari MSG. Untuk serbuk lada sudah cukup jelas menghasilkan rasa pedas, begitu pula dengan asam yang rasanya sesuai dengan namanya.

6. Ikan adalah salah satu jenis makanan yang memiliki kandungan protein tinggi. Tetapi, ikan mudah sekali busuk jika tidak segera diolah. Berikut ini cara pengawetan ikan yang tepat adalah . . . .

A. pengeringan, pembekuan, dan penambahan gula

B. pendinginan, pengasapan, dan penambahan enzim

C. pendinginan, pengalengan, dan penambahan garam

D. pengalengan, pengeringan, dan penambahan enzim

Jawaban :

C. pendinginan, pengalengan, dan penambahan garam

7. Beberapa zat adiktif dapat meningkatkan aktivitas sistem saraf pusat atau fungsi organ tubuh lainnya, seperti meningkatkan denyut jantung. Zat adiktif yang memiliki sifat tersebut termasuk dalam kelompok . . . .

A. sedatif

B. stimulan

C. hipnotik

D. halusinogen

Jawaban :

B. stimulan

Pembahasan :

Beberapa zat adiktif dapat meningkatkan aktivitas sistem saraf pusat atau fungsi organ tubuh lainnya, seperti meningkatkan denyut jantung. Zat adiktif yang memiliki sifat tersebut termasuk dalam kelompok stimulan.

Kelompok stimulan akan meningkatkan denyut jantung, membuat syaraf lebih peka, dan meningkatkan tekanan darah. Contohnya adalah kafein (dari kopi), kokain, methamphetamin (sabu-sabu) dan sebagainya.

Sebaliknya, kelompok depresan akan membuat denyut jantung melambat, membuat kita merasa ngantuk, dan menurunkan tekanan darah. Contohnya adalah alkohol dan barbiturat. Kelompok depresan ini disebut juga obat penenang.

Sementara itu, kelompok halusinogen akan membuat pengguna menjadi melihat halusinasi atau bayangan-banyangn yang mebuat menjadi seperti ada padahal tidak ada. Contoh dari zat adiktif kelompok halusinogen ini misalnya adalah ganja (marijua) dan LSD.

8. LSA (Lysergic acid amide) dan LSD (Lysergic acid diethylamide) merupakan obat psikotropika yang dapat memberikan efek khayal seperti mendengar atau melihat sesuatu yang sebenarnya tidak nyata atau disebut dengan . . . .

A. rileks

B. euforia

C. halusinasi

D. halusinogen

Jawaban :

C. halusinasi

Pembahasan :

LSA dan LSD memberikan efek hayal seperti mendengar atau melihat sesuatu yang sebenarnya tidak nyata disebut Halusinasi.

Saat manusai mengalami halusinasi yang ditunjukan adalah perubahan emosi atau perilaku sesuai dengan sensasi yang ia alami dan hal ini bergantung pada indera yang terpengaruh.

Berikut jenis halusinasi berdasarkan artikel yang pernah saya baca :

  • Halusinasi visual : menyebabkan orang yang mengalaminya melihat seseorang, benda atau objek lainnya yang sebenarnya tidak ada di sana.
  • Halusinasi olfactory : yang mempengaruhi indera penciuman baik dalam bentuk wangi maupun bau yang tidak sedap pada diri sendiri, suatu objek, maupun orang lain.
  • Halusinasi gustatory : mempengaruhi indra pengecap sehingga seseorang merasakan rasa tertentu. Hal ini sering terjadi saat seseorang mengalami epilepsi yang merasakan rasa permukaan besi pada lidah mereka.
  • Halusinasi auditory : jenis yang paling umum terjadi dimana seseorang dapat mendengar suara seperti langkah kaki, ucapan atau ketukan berulang.
  • Halusinasi tactile : yang terjadi pada indera peraba sehingga seseorang merasakan gejala seperti adanya langkah serangga, pergerakan organ dalam atau tangan seseorang menyentuh badan mereka.

9. Zat psiko-aktif yang secara alami terdapat dalam kopi adalah . . . .

A. tar

B. kafein

C. nikotin

D. kokain

Jawaban :

B. kafein

Pembahasan :

Kafein terdapat dalam minuman kopi, yang dihasilkan dari rebusan biji tanaman kopi (coffea arabica dan Coffea robusta). Satu cangkir kopi yang diseduh mengandung sekitar 70-140 mg kafein, atau sekitar 95 mg rata-rata per cangkir.

Kafein adalah stimulan sistem saraf pusat dari kelas methylxanthine. Kafein ini termasuk jenis zat psikoaktif, yang mempengaruhi kinerja syaraf dan otak.

Kafein adalah zat psikoaktif yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Tidak seperti banyak zat psikoaktif lainnya, kaefin legal dan bebas dikonsumsi, karena dampaknya yang relatif ringan dan tidak menyebabkan ekcanduan seperti zat psikoaktif lain yang berbahaya.

Kafein merangsang aktifitas otak, dan menjadikan peminum kopi menjadi lebih awas, meningkatkan refleks dan menghilangkan rasa kantuk dan rasa capek.

Namun ada dampak negatif dari konsumsi kafein, jika dalam dosis tinggi. Mengonsumsi lebih dari 500-600 mg kafein per hari (lebih dari 6 cangkir kopi) dapat menyebabkan insomnia (sulit tidur), gelisah, mudah marah, sakit perut, detak jantung yang cepat, dan bahkan tremor otot.

Selain pada kopi, kafein juga terdapat dalam kadar yang lebih rendah di cokelat, teh, dan produk turunan seperti es krim.

10. Jika kamu mendapati seseorang yang terkena psikotropika, yang dapat kamu sarankan kepada orang-orang di sekitarnya adalah . . . .

A. meminta untuk mengurangi dosis penggunaan psikotropika sesuai keinginan dirinya sendiri

B. meminta mengantarkannya ke rumah sakit tertentu untuk mendapat terapi penghentian penggunaan psikotropika

C. meminta untuk menggunakan bahan lain identik narkoba tapi tidak berbahaya, sehingga rasa sakit akibat kecanduan akan hilang

D. meminta membantu mengatasinya dengan menahan diri dari menggunakan bahan tersebut meskipun ada rasa sakit yang berlebihan

Jawaban :

meminta mengantarkannya ke rumah sakit tertentu untuk mendapat terapi penghentian penggunaan psikotropika

Pembahasan :

A. PENGGUNAAN PSIKOTROPIKA DAN REHABILITASI

  • Pengguna psikotropika hanya dapat memiliki, menyimpan, dan/ atau membawa psikotropika untuk digunakan dalam rangka pengobatan dan/atau perawatan.
  • Pengguna psikotropika sebagaimana dimaksud pada ayat (1) harus mempunyai bukti bahwa psikotropika yang dimiliki, disim-pan, dan/atau dibawa untuk digunakan, diperoleh secara sah sebagaimana dimaksud dalam Pasal 14 ayat (2), ayat (3), ayat (4), dan ayat (5).
  • Pengguna psikotropika yang menderita sindroma ketergantungan berkewajiban untuk ikut serta dalam pengobatan dan/atau pera-watan.
  • Pengobatan dan/atau perawatan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan pada fasilitas rehabilitasi.
  • Rehabilitasi bagi pengguna psikotropika yang menderita sindroma ketergantungan dilaksanakan pada fasilitas rehabilitasi yang di-selenggarakan oleh Pemerintah dan/atau masyarakat.

B. PEMUSNAHAN

Pemusnahan psikotropika dilaksanakan dalam hal : 

  • Berhubungan dengan tindak pidana
  • Diproduksi tanpa memenuhi standard an persyaratan yang berlaku dan/atau tidak dapat digunakan dalam proses produksi psikotropika
  • Kadaluwarsa
  • Tidak memenuhi syarat untuk digunakan pada pelayanan kesahatan dan/atau untuk kepentingan ilmu pengetahuan.

C. PERAN SERTA MASYARAKAT

  • Masyarakat memiliki kesempatan yang seluas-luasnya untuk ber-peran serta dalam membantu mewujudkan upaya pencegahan penyalahgunaan psikotropika sesuai dengan undang-undang ini dan peraturan pelaksanaannya.
  • Masyarakat wajib melaporkan kepada pihak yang berwenang bila mengetahui tentang psikotropika yang disalahgunakan dan/atau dimiliki secara tidak sah.
  • Pelapor sebagaimana dimaksud pada ayat (2) perlu mendapatkan jaminan keamanan dan perlindungan dari pihak yang berwenang.
  • Ketentuan lebih lanjut mengenai peran serta masyarakat seba-gaimana dimaksud pada ayat (1) ditetapkan dengan Peraturan Pemerintah.

D. KETENTUAN PIDANA

Barangsiapa :

  • Menggunakan psikotropika golongan I selain dimaksud dalam Pasal 4 ayat (2) ; atau
  • Memproduksi dan/atau menggunakan dalam proses produksi psikotropika golongan I sebagaiman dimaksud dalam Pasal 6 ; atau
  • Mengedarkan psikotropika golongan I tidak memenuhi ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 12 ayat (3) ; atau
  • Mengimpor psikotropika golongan I selain untuk kepentingan ilmu pengetahuan; atau
  • Secara tanpa hak memiliki, menyimpan dan/atau membawa psikotropika golongan I.dipidana dengan pidana penjara paling singkat 4 (empat) tahun, paling lama 15 (lima belas) tahun dan pidana denda paling sedikit Rp. 150.000.000,00 (seratus lima puluh juta rupiah), dan paling banyak Rp 750.000.000,00 (tujuh ratus lima puluh juta rupiah)
  • Jika tindak pidana sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan secara terorganisasi dipidana dengan pidana mati atau pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara selama 20 (dua puluh) tahun dan pidana denda sebesar Rp 750.000.000,00 (tujuh ratus lima puluh juta rupiah).

Barangsiapa :

  • Memproduksi psikotropika selain yang ditetapkan dalam ketentuan Pasal 5; atau
  • Memproduksi atau mengedarkan psikotropika dalam bentuk obat yang tidak memenuhi standar dan/atau persyaratan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 7; atau
  • Memproduksi atau mengedarkan psikotropika yang berupa obat yang tidak terdaftar pada departemen yang bertanggung jawab di bidang kesehatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 ayat (1); dipidana dengan pidana penjara paling lama 15 (lima belas) tahun dan pidana denda paling banyak Rp. 200.000.000,00 (dua ratus juta rupiah)
  • Jika tindak pidana dalam pasal ini dilakukan oleh korporasi, maka di samping dipidananya pelaku tindak pidana, kepada korporasi dikenakan pidana denda sebesar Rp. 5.000.000.000,00 (lima milyar rupiah).

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Uji Kompetensi Bahan pewarna yang disarankan untuk dipakai dalam produk makanan dan minuman adalah Halaman 249-251 Bab 5 (Zat Aditif dan Zat Adiktif)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Uji Kompetensi Bahan pewarna yang disarankan untuk dipakai dalam produk makanan dan minuman adalah Halaman 249-251 Bab 5 (Zat Aditif dan Zat Adiktif). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Emilia akan menggunakan petunjuk yang tertera pada kemasan sirup rasa melon.“Tambahkan 13 cangkir air untuk setiap 2 cangkir sirup rasa melon.” Di antara proporsi berikut yang dapat digunakan untuk menentukan w, banyak cangkir air yang harus Emilia tambahkan untuk 5 cangkir sirup rasa melon adalah

[Kunci Jawaban] Emilia akan menggunakan petunjuk yang tertera pada kemasan sirup rasa melon. “Tambahkan 13 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!