Breaking News

Bahan Lain Pengganti MSG yang Tidak Berbahaya Bagi Kesehatan

Questions and Answers for Natural Science Class 8 Curriculum 2013 Revised 2017 Other ingredients for MSG substitutes that are not harmful to health Page 223 Chapter 5 (Additives and Addictive Substances) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bahan lain pengganti MSG yang tidak berbahaya bagi kesehatan Halaman 223 Bab 5 (Zat Aditif dan Zat Adiktif) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Ayo, Kita Diskusikan

Kamu sudah mengetahui bahwa penggunaan penyedap buatan secara berlebih dapat menyebabkan penyakit. Apakah yang kamu sarankan agar ketika ibu memasak tidak menggunakan MSG namun masakan tetap terasa enak? Coba temukan bahan lain pengganti MSG yang tidak berbahaya bagi kesehatan!

  1. Rempah-rempah

Rempah alami seperti bawang putih, rosemary, dan lada bisa menambah rasa pedas dan gurih pada masakan. Sementara itu rempah seperti kunyit dan jintan juga bisa jadi pengganti MSG yang membuat masakan terasa lebih hangat di perut.

Bergantung pada masakan yang dibuat, kombinasi berbagai rempah bisa menjadi stimulus indera perasa dan membuat masakan lebih lezat.

  1. Garam

Pengganti MSG lainnya adalah garam, terutama garam laut yang rasanya tidak setajam garam meja. Selain itu, ada banyak alternatif garam yang bisa dipilih. Namun tetap saja, jumlah garam yang digunakan dalam masakan jangan berlebihan karena rentan membuat tekanan darah meningkat.

  1. Konsentrat produk olahan susu

Konsentrat dari produk olahan susu atau dairy concentrates bisa menjadi pengganti MSG terutama jika ditambahkan ke masakan agar lebih terasa gurih. Umumnya, konsentrat produk olahan susu dibuat dari modifikasi enzim butter atau cream cheese.

  1. Kedelai

Dengan kandungan proteinnya yang tinggi, kedelai juga bisa menjadi pengganti MSG. biasanya, masakan Jepang dan Chinese diberikan penambah rasa dari kedelai untuk menambah kelezatannya.

  1. Tomat

Kandungan glutamate dalam tomat juga bisa menjadi pengganti MSG. Itu sebabnya banyak orang menambahkan tomat ketika memasak untuk membuat rasa lebih kuat.

  1. Jamur

Bagi orang yang tidak mengonsumsi protein hewani, jamur kerap dijadikan alternatif daging. Rasa dan protein dalam jamur juga cocok menjadikannya sebagai pengganti MSG. Kini, produk kaldu jamur alami juga sudah banyak dijual bebas dan jadi pilihan penyedap masakan.

  1. Kaldu Sapi

Bukan, ini bukan kaldu sapi bubuk yang siap pakai. Kaldu sapi bisa Moms buat sendiri dari tulang sapi yang direbus lama. Kaldu sapi dapat meningkatkan cita rasa daging dalam masakan sayuran ataupun daging.

Tulang sendiri merupakan sumber glutamat, terutama tulang sapi. Tak heran jika air kaldu yang berasal dari rebusan tulang memberikan rasa yang mirip dengan MSG.

  1. Kecap Asin

Kecap asin adalah salah satu bumbu yang banyak digunakan di berbagai masakan Asia dan kini telah banyak diadopsi di makanan barat.

Kecap asin mengandung natrium dan glutamat yang tinggi. Ada dua jenis kecap, yaitu hasil fermentasi dan hasil olahan kimia yang dibuat dengan protein kedelai terhidrolisis.

Jenis kecap yang difermentasi akan memiliki glutamat alami, sedangkan jenis yang kedua mungkin akan ditambahkan MSG dalam proses pembuatannya.

Bila tak ingin menggunakan MSG dalam masakan, kecap asin adalah alternatif yang baik. Tapi Vivianna Wou mengingatkan agar kita tetap menggunakan secukupnya, karena kecap asin sangat tinggi akan sodium.

  1. Keju Parmesan

Keju parmesan adalah jenis keju Italia yang sangat kaya akan glutamat. Keju sebenarnya merupakan salah satu sumber MSG alami.

Dan sama seperti MSG, keju dapat dapat memberikan rasa gurih dan enak. Keju parmesan dapat Moms manfaatkan sebagai pengganti MSG dalam hidangan Italia dan beberapa hidangan Eropa lainnya.

  1. Pasta Tomat

Tomat adalah sumber glutamat alami yang baik dan memberikan rasa umami dalam saus marinara dan hidangan serupa lainnya.

Untuk memberi rasa gurih yang lebih kuat, Moms bisa gunakan pasta tomat sebagai pengganti tomat segar atau saus tomat kalengan.

  1. Bawang merah-bawang putih

Hampir di semua masakan Indonesia menggunakan dua bahan ini. Biasanya penggunaan bawang merah, jumlahnya lebih banyak dibandingkan dengan bawang putih. Ini dikarenakan, bawang putih memiliki aroma dan cita rasa yang lebih kuat.

Dengan menumis campuran bawang merah dan putih sebentar, sebelum dicampurkan dalam masakan, akan membuat aroma dan rasa masakan kamu terasa lebih sedap.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bahan lain pengganti MSG yang tidak berbahaya bagi kesehatan Halaman 223 Bab 5 (Zat Aditif dan Zat Adiktif)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bahan lain pengganti MSG yang tidak berbahaya bagi kesehatan Halaman 223 Bab 5 (Zat Aditif dan Zat Adiktif). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Kota A dan kota B pada peta berjarak 6 cm. Jarak sebenarnya kedua kota tersebut adalah 120 km. Jika Kota B dan Kota C pada peta yang sama berjarak 4 cm, maka tentukan jarak sebenarnya Kota B dan Kota C!

[Kunci Jawaban] Kota A dan kota B pada peta berjarak 6 cm. Jarak sebenarnya kedua …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!