Bagian testis yang berperan dalam produksi sperma dan hormon testosteron disebut

Questions and Answers for Natural Science Class 9 Curriculum 2013 Revised 2018 Competency Test The part of the testes that plays a role in the production of sperm and the hormone testosterone is called Pages 47-48 Chapter 1 (Human Reproductive System) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Uji Kompetensi Bagian testis yang berperan dalam produksi sperma dan hormon testosteron disebut Halaman 47-48 Bab 1 (Sistem Reproduksi Manusia) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Uji Kompetensi

Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat!

1. Bagian testis yang berperan dalam produksi sperma dan hormon testosteron disebut . . . .

A. epididimis

B. vas deferens

C. vesikula seminalis

D. tubulus seminiferus

Jawaban :

D. Tubulus seminiferus

Pembahasan :

Tubulus seminiferus

Tubulus seminiferus adalah struktur yang terletak di organ seks pria yang disebut testis. Fungsi dari tubulus seminirferus adalah untuk menghasilkan sperma, menjaga sperma, dan untuk menyimpan sperma.

Epididimis

Epididimis adalah saluran panjang yang berkelok-kelok yang keluar dari testis. Epididimis terletak dekat dengan testis dan dikelilingi oleh suatu lipatan dari tunika vaginalis. Fungsi dari epididimi adalah sebagai tempat penyimpanan sementara sperma hingga sperma menjadi matang dan dapat bergerak ke vas deferens.

Vesikula seminalis

Vesikula seminalis adalah pasangan kelenjar yang terletak di bagian belakang- bawah kantung kemih dari pria. Kelenjar ini dapat menyekresikan cairan untuk membentuk air mani. Sekitar 70% dari cairan mani manusia berasal dari vesikula seminalis. Panjang vesikula sekitar 5 cm.

Vas deferens

Vas Deferens membentang dari epididimis ke uretra. Vas deferens juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan sperma sebelum dikeluarkan melalui penis. Saluran ini bermuara dari epididimis. Saluran Vas Deferens menghubungkan testis dengan kantong sperma.

2. Pasangan antara bagian alat reproduksi laki-laki dan fungsinya berikut ini yang benar adalah . . . .

A. skrotum berfungsi sebagai pembungkus testis

B. tubulus seminiferus berfungsi sebagai saluran tempat keluarnya sperma

C. uretra berfungsi sebagai tempat pematangan sperma

D. vas deferens berfungsi sebagai tempat produksi sperma

Jawaban :

A. skrotum berfungsi sebagai pembungkus testis

Pembahasan :

Mari kita Lihat Opsi satu persatu :

A. skroktum berfungsi sebagai pembungkus testis. (Benar)

B. Tubulus seminiferus berfungsi sebagai saluran tempat keluarnya sperma. (Salah)

Karena Tubulus seminiferus merupakan tempat produksi sperma.

C. Uretra berfungsi sebagai tempat pematang sperma. (Salah)

Karena Tempat pematangan sperma adalah Epididimis.

D. Vas deferens berfungsi sebagai tempat produksi1 sperma. (Salah)

Karena tempat produksi sperma pada testis yaitu pada tubulus seminiferus.

3. Pernyataan yang benar terkait dengan jumlah kromosom spermatogonium dan spermatozoa adalah . . . .

A. spermatogonium bersifat diploid, spermatozoa bersifat haploid

B. spermatogonium bersifat haploid, spermatozoa bersifat diploid

C. spermatogonium bersifat diploid, spermatozoa bersifat diploid

D. spermatogonium bersifat haploid, spermatozoa bersifat haploid

Jawaban :

A. spermatogonium bersifat diploid, spermatozoa bersifat haploid

Pembahasan :

Pernyataan yg benar terkait dg jumlah kromosom spermatogonium dan spermatozoa adalah a. spermatogonium bersifat diploid, spermatozoa bersifat haploid. Spermatogonium berasal dari pembelahan sel primordial. Sel ini mengalami pembelahan mitosis sehingga bersifat diploid (2). Adapun spermatozoa adalah diferensiasi dari spermatid. Spermatid yang mengalami pembelahan meiosis kedua menghasilkan sel bersifat haploid. 

4. Ovarium adalah tempat terjadinya . . . .

A. fertilisasi

B. implantasi

C. pematangan ovum

D. perkembangan bayi

Jawaban :

C. pematangan ovum

Pembahasan :

Ovarium adalah tempat terjadinya Oogenesis atau pembentukan sel telur. Di ovarium terjadi pembelahan pembelahan dari sel induk menjadi sel ovum yang matang yang siap dibuahi oleh sel sperma.

Ovarium adalah nama lain dari Indung Telur yang hanya dijumpai pada betina. Secara umum fungsi dari ovarium ini ada dua yakni mengasilkan sel telur atau OVUM dan memproduksi hormon tertentu.

Pada ovarium ini berlangsung produksi sel telur. Sel telur atau ovum ini kemudian akan berkembang dan dinamakan oogenesis. Ketika ovum sudah matang maka ia akan dikeluarkan dari ovarium sebab sudah siap untuk dibuahi sel kelamin dari pria. Apabila ovum yang sudah matang ini berhasil dibuahi sel spermatozoa maka selanjutnya sel telur akan berkembang dan membentuk zigot.

Terkait produksi hormon, ovarium menghasilkan hormon bernama estrogen dan progesterone. Dua hormon ini berperan pada tubuh ketika wanita masuk usia pubertasnya.

5. Pernyataan yang benar mengenai oogenesis adalah . . . .

A. oogenesis dimulai sejak bayi dilahirkan

B. hasil akhir oogenesis adalah satu ovum dan tiga badan polar

C. badan polar merupakan hasil pembelahan oosit sekunder secara meiosis

D. ketika bayi perempuan lahir proses pembentukan sel telur sampai pada fase pembentukan oosit primer

Jawaban :

C. badan polar merupakan hasil pembelahan oosit sekunder secara meiosis

Pembahasan :

Pernyataan yang benar mengenai OOGENESIS adalah bahwa hasil akhir oogenesis adalah sebuah ovum dan 3 badan polar. Oleh sebab itu, jawaban yang benar adalah C.

Pada pilihan jawaban A dan B sudah pasti keliru karena yang dimaksud dengan OOGENESIS sendiri adalah proses pembentukan OVUM yang berlangsung di dalam OVARIUM dan dimulai pada saat bayi berusia sekitar 5 bulan di dalam kandungan. Dan saat bayi menginjak usia 6 bulan, baru oosit primer akan membelah (meiosis).

Hasil akhir dari oogenesis adalah satu ovum dan 3 badan kutub. Ovum sendiri merupakan perkembangan lanjut dari Ootid. Ootid dihasilkan dari oosit sekunder yang membelah diri.Oleh sebab itu jawaban yang benar adalah D. Hasil akhir oogenesis adalah satu ovum dan tiga badan polar.

6. Tahap oogenesis pada bayi perempuan yang baru lahir telah sampai pada fase . . . .

A. ootid

B. oogonium

C. oosit primer

D. oosit sekunder

Jawaban :

C. oosit primer

Pembahasan :

Merupakan proses pembentukan proses dari pembentukan hingga pematangan sel kelamin pada perempuan.Proses ini berlangsung dalam ovarium. Proses oogenesis Dimulai dari pembelahan sel induk telur atau oogonium yang terdapat dalam ovarium semenjak bayi masih dalam kandungan hingga dewasa. Oogonium pada masa bayi membelah secara mitosis membentuk oosit primer. Ketika bayi berusia 6 bulan oosit primer mengalami meiosis 1, namun berhenti saat mengalami pubertas.

Pada masa puber, oosit primer melanjutkan meiosis I . Pada tahapan ini oosit primer membelah menjadi 2 sel dengan ukuran yang berbeda, Sel yang besar disebut oosit sekunder (n) dan sel yang kecil disebut badan kutub primer (n) Selanjutnya oosit sekunder melanjutkan tahapan meiosis II.

Namun meiosis II ini tidak berlanjut melainkan berhenti sampai pada waktu ovulasi,bila tidak terjadi pembuhan oosit sekunder akan mengalami degenerasi. Jika terjadi pembuahan oosit sekunder dan badan kutub primer akan melanjutkan meiosis II , pembelahan meiosis sekunder menghasilkan satu ootid dan satu badan kutub sekunder. Pembelahan badan kutub primer akan menghasilkan dua badan kutub sekunder.

Jadi dari meiosis II dihasilkan 1 ootid dan 3 badan kutub sekunder. Selanjutnya ootid akan berkembang menjadi ovum atau sel telur.

7. Hormon yang memicu berkembangnya folikel dan penebalan dinding rahim secara berturut-turut adalah . . . .

A. LH dan FSH

B. LH dan estrogen

C. FSH dan progesteron

D. estrogen dan progesteron

Jawaban :

C. FSH dan progesteron

Pembahasan :

Siklus Menstruasi pada perempuan terdiri dari beberapa tahap yang berlangsung selama 28 hari. Proses menstruasi dan tahapannya ini diatur dengan pengeluaran hormon-hormon tertentu.

Tahap pertama menstruasi terjadi pada hari ke 1 sampai ke 5. Pada tahap ini, terjadi peningkatan kadar hormon estrogen dan progesteron. Pada fase ini terjadi lepasnya ovum dan endometrium yang disertai robek dan luruhnya endometrium. Hormon progesteron juga memacu penebalan dinding rahim dan menjaga dinding rahim agar tetap stabil

Pada hari ke 5-14 ini adalah fase berikutnya yaitu pre-ovulasi. Hormon pembebas gonadotropin yang dikeluarkan hipotalamus akan memacu hipofise untuk mengeluarkan FSH (folikel stimulating hormone, hormon penstimulasi folikel) yang menyebabkan berkembangnya folikel.

Tahap berikutnya pada hari ke-14 terjadi mensturasi. Menstruasi ditandai dengan keluarnya darah dari vagina karena terjadi pengelupasan dinding rahim (endometrium). Pada tahap ini terjadi ovulasi atau proses pelepasan telur yang telah matang tersebut dari dalam rahim untuk kemudian berjalan menuju tuba falopi untuk dibuahi. 

Pada tahap ini terjadi peningkatan hormon LH (lutenizing hormone) dan kadar estrogen, yang berakibat pada penurunan kadar hormon FSH. 

Tahap terakhir adalah tahap pasca-ovulasi, yang terjadi setelah ovulasi hingga menstruasi berikutnya.

8. Berikut ini yang langsung terbentuk setelah proses fertilisasi adalah . . . .

A. janin

B. zigot

C. embrio

D. plasenta

Jawaban :

B. zigot

Pembahasan :

Proses fertilisasi merupakan proses pembuahan yang terjadi di tuba fallopi. Hal ini terjadi ketika sel sperma bertemu dengan sel telur yang dilepaskan dari ovarium. Saluran telur (tuba fallopi) atau oviduk berjumlah sepasang, yaitu kanan dan kiri yang memanjang ke arah samping dari uterus. Panjang tuba fallopi ini sekitar 10 cm. Setelah terjadi fertilisasi, saluran telur akan menyalurkan zigot (hasil fertilisasi) menuju uterus atau rahim.

Zigot yang terbentuk dari proses fertilitasi akan terus bergerak menuju uterus atau rahim. Pergerakan zigot menuju uterus tersebut dilakukan sembali melakuka pembelahan secara mitosis yang nantinya akan membentuk embrio yang akan berkembang di dalam rahim.

9. Proses meluruhnya sel-sel epitel yang menyusun dinding rahim disebut . . . .

A. ovulasi

B. fertilisasi

C. implantasi

D. menstruasi

Jawaban :

D. menstruasi

Pembahasan :

Menstruasi atau biasa kita sebut haid adalah peluruhan dinding endometrium pada bagian uterus. Menstruasi ini terjadi apabila ovum tidak dibuahi oleh sperma, siklus menstruasi  ini terjadi sekitar 28 hari, tetapi waktu tersebut pada tiap wanita tidak sama, bisa kurang atau lebih, hal ini dipicu oleh faktor hormon, dan genetis. Secara Global berkisar antara 20 hingga 40 hari.

10. Perhatikan ciri penyakit berikut ini!

  1. Disebabkan oleh Treponema palidum
  2. Biasanya menyerang daerah sekitar kelamin
  3. Gejala awal berupa borok pada tempat masuknya bakteri

Ciri-ciri penyakit di atas dimiliki oleh orang yang menderita penyakit . . . .

A. sifilis

B. gonore

C. HIV/AIDS

D. herpes simplex genitalis

Jawaban :

A. sifilis

Pembahasan :

Perhatikan ciri penyakit berikut ini

  • Gejala awal berupa borok pada tempat masuknya bakteri
  • Biasanya menyerang daerah sekitar kelamin
  • Disebabkan oleh Treponema pallidum

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Uji Kompetensi Bagian testis yang berperan dalam produksi sperma dan hormon testosteron disebut Halaman 47-48 Bab 1 (Sistem Reproduksi Manusia)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Uji Kompetensi Bagian testis yang berperan dalam produksi sperma dan hormon testosteron disebut Halaman 47-48 Bab 1 (Sistem Reproduksi Manusia). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Kalor lebur es adalah 80 kal/g. Apa maksudnya?

[Kunci Jawaban] Kalor lebur es adalah 80 kal/g. Apa maksudnya? Pertanyaan: 3. Kalor lebur es …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!