Bagian terkecil dari suatu materi yang masih memiliki sifat materi tersebut disebut

Questions and Answer Keys for Natural Science Class 9 Curriculum 2013 Revision 2018 Competency Test The smallest part of a material that still has the properties of the material is called Pages 150-151 Chapter 8 (Particles Composing Objects and Living Things) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Uji Kompetensi Bagian terkecil dari suatu materi yang masih memiliki sifat materi tersebut disebut Halaman 150-151 Bab 8 (Partikel Penyusun Benda dan Makhluk Hidup) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Uji Kompetensi

Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat!

1. Bagian terkecil dari suatu materi yang masih memiliki sifat materi tersebut disebut ….

A. atom

B. unsur

C. partikel

D. molekul

Jawaban :

A. atom

Pembahasan :

Bagian terkecil dari suatu materi yang masih memiliki sifat materi tersebut disebut partikel materi (atom)

2. Dua atom atau lebih yang bergabung (melalui ikatan kimia), baik antara atom-atom yang sama maupun atom-atom yang berbeda disebut ….

A. atom

B. molekul

C. larutan

D. campuran

Jawaban :

B. molekul

Pembahasan :

Molekul adalah gabungan dari minimal dua atom atau lebih, baik atom-atom yang sejenis maupun atom-atom yang tidak sejenis

Bila terdiri dari atom-atom yang sejenis (dalam unsur yang sama), maka molekul ini disebut dengan molekul unsur. Contohnya adalah: molekul oksigen (O₂) yang tersusun dari dua atom oksigen (atom O).

Bila terdiri dari atom-atom yang berbeda jenis (dalam unsur yang berbeda atau tidak sama), maka molekul ini disebut dengan molekul senyawa. Contohnya adalah: molekul air (H₂O) yang tersusun dari dua atom hidrogen (H) dan satu atom oksigen (atom O).

3. Berikut ini yang bukan merupakan partikel penyusun atom adalah ….

A. proton

B. neutron

C. elektron

D. kulit atom

Jawaban :

D. kulit atom

Atom tersusun atas partikel-partikel penyusun atom atau partikel subatom, yaitu neutron (n), proton (p), dan elektron (e). Neutron dan proton membentuk inti atom. Elektron menempati kulit-kulit atom yang ada di sekitar inti atom. Elektron-elektron tersebut bergerak mengelilingi inti dengan kecepatan tinggi membentuk awan elektron. Elektron dan proton merupakan partikel subatom yang mempunyai muatan berlawanan, sedangkan neutron tidak bermuatan. Elektron memiliki muatan negatif sedangkan proton memiliki muatan positif.

Yang bukan merupakan partikel penyusun atom adalah kulit atom.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D

4. Kalsium mempunyai nomor atom 20 dan nomor massa 40. Jumlah proton yang terdapat dalam atom kalsium adalah ….

A. 10

B. 20

C. 30

D. 40

Jawaban :

B. 20

Pembahasan :

kalsium mempunyai nomor atom Z=20 dan nomor massa A=40 gr/mol. Jumlah proton (p), elektron (e) dan neutron (n) yang terdapat dalam atom kalsium adalah:

p = e = Z = 20

n = A – Z = 40 – 20 = 20

5. Atom atau sekelompok atom yang bermuatan listrik disebut ….

A. ion

B. unsur

C. molekul

D. senyawa

Jawaban :

A. ion

Pembahasan :

Atom atau sekelompok atom yang bermuatan listrik disebut ion.

Ion terbagi dua, yakni kation (bermuatan positif) dan anion (bermuatan negatif).

6. Berikut ini yang bukan merupakan penyebab perbedaan sifat suatu zat dengan zat lain adalah ….

A. perbedaan jumlah neutron suatu zat

B. perbedaan ikatan atom penyusun suatu zat

C. perbedaan jumlah dan jenis atom penyusun suatu zat

D. perbedaan struktur (susunan) atom penyusun suatu zat

Jawaban :

C. perbedaan jumlah dan jenis atom penyusun suatu zat

Pembahasan :

Hal-hal yang dapat menyebabkan perbedaan sifat suatu zat dengan zat lain adalah jumlah neuron pada zat, ikatan atom yang menyusun suatu zat, dan susunan atom yang menyusun zat. 

7. Berikut ini yang bukan merupakan sifat fisika suatu zat adalah ….

A. kerapatan

B. kekerasan

C. elastisitas

D. kestabilan

Jawaban :

D. kestabilan

Pembahasan :

Yang bukan merupakan sifat fisika dari suatu zat yaitu kestabilan. Kestabilan zat merupakan sifat kimia dari suatu zat atau unsur.

8. Berdasarkan elastisitasnya, bahan berikut yang cocok digunakan sebagai bahan pembuatan skok (shock absorber) kendaraan bermotor adalah ….

A. besi

B. baja

C. karet

D. aluminium

Jawaban :

C. karet

Pembahasan :

Berdasarkan elastisitasnya,bahan berikut yg cocok digunakan sbg bahan pembuatan shock absorber kendaraan bermotor adalah karet (Jawaban C). Karet merupakan kelompok polimer yang memiliki elastisitas hingga lebih dari 500%. Selain bahan karet juga digunakan untuk ban kendaraan bermotor, tali hingga keperluan teknik.

9. Zat yang digunakan untuk menurunkan titik beku dan digunakan sebagai pendingin mesin kendaraan bermotor adalah ….

A. glukosa

B. glikogen

C. etilen glikol

D. anti freeze protein

Jawaban :

C. etilen glikol

Pembahasan :

Zat yg digunakan untuk menurunkan titik beku dan digunakan sebagai pendingin mesin kendaraan bermotor adalah ETILENA GLIKOL.

Etilena glikol merupakan senyawa organik yang dipakai sebagai bahan mentah pada pembuatan fiber poliester, indutri pabrik, atau polietilena tereftalat (PET) yang biasa dipakai pada botol plastik. Beberapa juga dipakai sebagai pendingin. Ciri khas senyawa ini adalah tak berwarna, tak berbau, namun cukup berbahaya karena rasanya yang manis. Bahkan, produk antibeku yang digunakan pada kendaraan mengandung propilen glikol sebagai pengganti etilena glikol karena lebih aman karena rasanya yang tidak enak.

Di daerah yang beriklim dingin, air radiator mobil akan mudah membeku dan akan menyebabkan kerusakan sehingga ke dalam air radiator biasanya ditambahkan etilena glikol. Dengan penambahan etilena glikol ke dalam air radiator, diharapkan titik beku air dalam radiator menurun, sehingga air radiator tidak cepat membeku. Selain itu, etilena glikol dengan massa tertentu di dalam radiator mobil bisa menaikkan titik didih air dalam radiator, sehingga larutan dalam radiator tidak mendidih pada suhu 100°C apabila mesin panas.

10. Bahan berikut yang paling sesuai digunakan sebagai bahan pembuatan peralatan memasak adalah . . . .

A. besi

B. timah

C. tembaga

D. aluminium

Jawaban :

D. aluminium

Pembahasan :

Bahan yang paling sesuai digunakan sebagai bahan pembuatan peralatan memasak adalah alumunium.

Karena sifatnya yang kuat, ringan, dan tahan karat.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Uji Kompetensi Bagian terkecil dari suatu materi yang masih memiliki sifat materi tersebut disebut Halaman 150-151 Bab 8 (Partikel Penyusun Benda dan Makhluk Hidup)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Uji Kompetensi Bagian terkecil dari suatu materi yang masih memiliki sifat materi tersebut disebut Halaman 150-151 Bab 8 (Partikel Penyusun Benda dan Makhluk Hidup). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Apa perbedaan antara suhu dan kalor?

[Kunci Jawaban] Apa perbedaan antara suhu dan kalor? Pertanyaan: Apa perbedaan antara suhu dan kalor? …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!