Breaking News

Bagaimana upaya-upaya yang dapat kamu lakukan sehubungan dengan masalah-masalah yang terdapat dalam teks di bawah ini?

Questions and Answer Key Indonesian Class 11 Revised 2017 Curriculum 2013 Task 5 What efforts you can do with respect to the matters contained in the text below Page 35 Chapter 1 (Compiling Procedure) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tugas 5 Bagaimana upaya-upaya yang dapat kamu lakukan sehubungan dengan masalah-masalah yang terdapat dalam teks di bawah ini Halaman 35 Bab 1 (Menyusun Prosedur) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Tugas 5

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!

1. Bagaimana upaya-upaya yang dapat kamu lakukan sehubungan dengan masalah-masalah yang terdapat dalam teks di bawah ini?

1) Kelas tidak punya dana untuk menyambut peringatan HUT RI. Padahal, kepala sekolah mewajibkan setiap kelas untuk menghias kelasnya masing-masing. Selain itu, setiap kelas harus mengirimkan utusan dalam berbagai perlombaan sekolah. Semuanya itu memerlukan dana yang tidak sedikit, terutama untuk membeli alat dan bahan-bahan hiasan serta untuk konsumsi utusan kelas.

2) Kakak ingin melanjutkan kuliah. Waktu itu Ayah tidak memiliki dana yang cukup karena uangnya digunakan untuk membiayai perawatan kakek yang sakit. Apabila keinginan tidak terpenuhi pada waktu itu, berarti kakak harus menunggu satu tahun lagi. Waktu setahun memang bukan waktu yang sebentar. Lagi pula teman-teman kakak hampir semuanya sudah kuliah dan beberapa di antaranya sudah bekerja.

b. Melalui kegiatan berdiskusi, ungkapkan upaya-upaya tersebut ke dalam sebuah tulisan yang berbentuk teks prosedur!

Rumusan Masalah

1. Kelas tidak punya dana untuk menyambut peringatan HUT RI. Padahal, kepala sekolah mewajibkan setiap kelas untuk menghias kelasnya masing-masing. Apa yang harus di lakukan?

2. Kakak ingin melajutkam kuliah, namun pada saat itu ayah tidak mempunyai dana yang cukup karena di pakai untuk berobat kakek. Satu tahun kakak menanggur. Apa yang sebaiknya kakak lakukan?

Jawaban:

1. Dari masalah yang pertama hal yang dapat di lakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah iuran masing-masing anak. Iuran yang di laksakan harus melalui kesepakatan bersama masing-masing anak, agar tidak terjadi kesalahpahaman. Dengan usaha tersebut maka masalah akan terselesaikan.

2. Dari permasalahan yang kedua adalah hal yang sebaiknya kakak lakukan adalah bekerja selama setahun atau membuka usaha kecil-kecilan seperti berdagang, membuat kerajian, dan sebagainya. Dengan usaha tersebut kakak akan mendapat uang dan dapat melanjutkan kuliah di tahun berikutnya.

3. Marilah kita berlatih menyusun teks prosedur secara mandiri! Ikutilah langkah-langkah berikut!

a. Pilihlah sebuah tema untuk teks prosedur yang bermanfaat bagi diri sendiri dan juga orang lain!

b. Susunlah teks tersebut dengan langkah-langkah seperti yang telah kita pelajari sebelumnya!

c. Sajikanlah hasil kegiatan kamu itu dengan susunan sebagai berikut!

Judul :

Nasi Goreng: Cara Jitu agar Terasa Enak

Tujuan :

Nasi merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia hampir setiap hari pasti Anda makan menggunakan nasi. Dan apabila Anda bosan makan menggunakan nasi yang seperti pada umumnya Anda bisa mencoba alternatif lain untuk makan nasi. Yaitu dengan menggoreng nasi tersebut sehingga menjadi sebuah nasi goreng. Cara membuat nasi goreng yang lezat dan juga nikmat cukup mudah sekali.

Sasaran Pembaca : Ibu Rumah Tangga

Susunan langkah-langkah :

Bahan resep nasi goreng spesial:

  1. 4 piring nasi putih
  2. 100 gr dada ayam, potong, dan goreng hingga matang
  3. 200 gr udang buang kepala dan kulitnya, goreng
  4. 2 sendok makan kecap manis
  5. 2 sendok makan saus tomat
  6. 2 buah cabai merah, buang isinya, lalu iris serong
  7. mentega untuk menggoreng

Bahan bumbu halus:

  1. 3 siung bawang putih
  2. 5 siung bawang merah
  3. 1/2 sendok teh gula pasir
  4. 1 sendok teh garam
  5. 1/2 sendok teh terasi

Bahan pelengkap:

  1. bawang goreng secukupnya
  2. 4 butir telur ceplok

Langkah-langkah yang harus dilakukan sebagai berikut.

  1. Panaskan mentega, lalu masukkan bumbu halus dan cabai merah, masaklah hinggaharum!
  2. Masukkan nasi, ayam, udang, kemudian aduk lagi hingga tercampur rata!
  3. Tambahkan saus tomat dan kecap manis, lalu aduk hingga benar-benar rata dantercampur sempurna!
  4. Sajikan selagi hangat dengan bahan pelengkapnya!

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tugas 5 Bagaimana upaya-upaya yang dapat kamu lakukan sehubungan dengan masalah-masalah yang terdapat dalam teks di bawah ini Halaman 35 Bab 1 (Menyusun Prosedur)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tugas 5 Bagaimana upaya-upaya yang dapat kamu lakukan sehubungan dengan masalah-masalah yang terdapat dalam teks di bawah ini Halaman 35 Bab 1 (Menyusun Prosedur). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Bagaimana cara kerja kincir angin? Jelaskan!

[Kunci Jawaban] Bagaimana cara kerja kincir angin? Jelaskan! Pertanyaan: 3. Bagaimana cara kerja kincir angin? …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!